Sharing Tentang Puasa Saat Hamil

09:17

Assalamualaikum. Halo! Gimana kabar teman-teman yang menjalankan ibadah puasa? Semoga lancar ya. Saya sih bolong-bolong karena lagi hamil nih. Awalnya semangat banget pengen puasa terus. Tapi kadang saya nggak bisa tidur sampai dini hari jadi susah bangun sahur kalau pas sendirian. Atau berat saya turun setelah berhari-hari puasa. Nah kalau udah gitu saya nggak puasa dulu sehari atau dua hari.

Ini pengalaman perdana saya puasa dalam kondisi hamil. Sekaligus pengalaman pertama puasa setelah menikah. Mungkin sebagian teman-teman yang baru menikah pada semangat memberikan yang terbaik bagi suami dan keluarga ya. Saya sempat kepikiran begitu juga. Tapi pada akhirnya saya menerima kenyataan aja daripada stress, saya melakukan yang saya bisa aja. Kalau pas ngerasa agak-agak lemes, saya nggak maksain masak. Banyak sih yang mau diomongin tentang puasa saat hamil. Kita bahas satu-satu yuk.

Amankah Puasa Saat Hamil?

Kontrol dan Konsultasikan Ke Tenaga Kesehatan Sebelum Puasa

Pada dasarnya kalau tidak ada riwayat seperti flek atau kurangnya cairan ketuban maka ibu hamil relatif aman berpuasa. Tapi untuk lebih yakin sebaiknya lakukan kontrol ke tenaga kesehatan dengan USG untuk tahu apakah berat bayi dalam kandungan dan kadar air ketuban mencukupi. Sebenarnya di bidan bisa juga sih, tapi di bidan hanya bisa ditentukan estimasi berat badan janin dengan rumus berdasar tinggi rahim. Dari obgyn saya dan teman saya yang perawat semuanya mengkonfirm pada umumnya air ketuban ibu hamil akan aman-aman saja meskipun dalam kondisi puasa rutin.

Teman saya yang pernah flek di trimester pertama kehamilan tidak diperbolehkan puasa oleh obgynnya karena kadar air ketubannya kurang. 

Sharing dengan Ibu-Ibu Lain yang Sedang atau Pernah Hamil

Ada baiknya kita tanya-tanya ke teman dekat atau keluarga yang sudah pernah hamil pas bulan ramadhan. Tapi pilih-pilih juga nanyanya sih, sebisa mungkin ke yang jujur dan suka ngasih info positif, nggak nakut-nakutin. Beberapa teman saya yang sudah pernah hamil dan sehat ada lho yang nggak kuat puasa karena kliyengan ketika nyoba puasa.

Dari pengalaman saya, sharing dengan sesama bumil yang sedang puasa bikin makin semangat. Tapi tetap sadari kondisi tubuh masing-masing ya. Dan jangan menjudge ibu hamil yang tidak berpuasa, karena kondisi kehamilan tiap orang kan beda-beda. :)
A post shared by Nia Nastiti (@nianastiti) on

Jangan Memaksakan Diri/ Ambisius

Meskipun kehamilannya sehat, jangan memaksakan diri jika merasa pusing yang tidak wajar, lemas, atau dehidrasi. Awal puasa saya sempat takut dehidrasi karena terasa haus banget. Lapar nggak terlalu parah sih. Khawatir dehidrasi, saya selalu mengusahakan tidur siang tiap kali puasa. Biasanya bangun tidur siang kondisi jadi lebih enakan.

Memang Ramadhan sangat istimewa dan pasti sangat dinanti para muslimah yang ingin maksimal ibadahnya. Tapi kalau misalnya kondisi kita kurang fit dan maksain puasa, selain kasihan sama badan sendiri, kasihan juga janinnya. Dibolehkan untuk tidak puasa kan ya untuk ibu hamil dan menyusui apabila membahayakan dirinya atau janinnya. Bisa dengan bayar fidyah dan bayar utang puasa atau bayar fidyah aja tergantung kepercayaannya paham yang mana. Salah satu referensi yang bagus tentang puasa bagi ibu hamil dan menyusui bisa teman-teman baca nih dari Rumaysho.

Pantau Gerak Janin Dalam Kandungan

Untuk bayi dalam kandungan ada yang tetap bergerak aktif selama ibunya puasa, ada juga yang siang tidak banyak gerakan tapi malamnya terutama sehabis berbuka bayi sangat aktif. Saya sudah diwanti-wanti untuk memantau hal ini selama puasa dan bahkan sebelum puasa. 

Tips Puasa Saat Hamil

Jaga Asupan Nutrisi

Ibu hamil memiliki kebutuhan kalori 300 kalori lebih banyak dari wanita yang sedang tidak hamil dan menyusui. Jadi perlu diperhatikan nih menu buka puasa dan sahur ibu hamil. Paling tidak ada karbohidrat seperti nasi dan yang penting ada protein untuk berbuka dan sahur sekitar 2-3 jenis protein. Kalau kuat sih bisa makan nasi dikit sehabis tarawih meski sehabis magrib sudah makan nasi. Cuma saya nggak kuat kalau makan banyak-banyak takut muntah jadi ya semampunya aja nggak maksa.

Untuk glukosa bisa dilebihin dengan makan kurma yang lebih banyak dari orang biasa yang puasa. Kalau biasanya 3, maka ibu hamil bisa makan 5-7 butir kurma supaya gula darah segera terisi kembali. Jangan lupa makan sayur dan buah supaya terhindar dari buang air besar keras atau tidak lancar yang dapat memicu sembelit dan wasir. Untuk mengatasai jenuh makan buah atau malas, bisa dibikin jus atau malah smoothies sekalian dicampur sayur biar makin sehat. Nyuci buah sayurnya yang bersih dan pakai cairan khusus yang dapat meluruhkan pestisida dan kandungan berbahaya lainnya.

Jangan lupa penuhi kebutuhan air dengan tetap jaga minum air putih minimal 8 gelas sehari dan bahkan sebaiknya lebih untuk ibu hamil. Sharingnya Mba Tiananda dari obgynnya yang ia bagi di IG story bisa dijadikan contoh nih. Pas buka puasa banyakin minum dulu, makannya belakangan. Pas sahur silakan dahulukan makan, setelah itu minum air berangsur-angsur semampunya tapi kalau bisa tetep yang banyak ya sembari menunggu waktu imsak.
A post shared by Nia Nastiti (@nianastiti) on
Buibu juga sebaiknya mengkonsumsi tambahan vitamin terutama asam folat, kalsium, dan zat besi. Ini buat jaga-jaga barangkali asupan makanan yang kita konsumsi masih kurang memenuhi kebutuhan kita dan baby dalam kandungan. 

Masak Saat Fit

Untuk menunjang kebutuhan nutrisi tadi, akan lebih higienis dan terjaga kebersihannya kalau kita masak sendiri. Tapi bagi saya ini kadang berat banget. Sebenarnya bisa diatasi dengan bikin food preparation seperti yang sudah banyak ditulis di artikel dan blog. Jadi nggak ada alasan malas, ribet, atau makan waktu tentang masak sendiri.

Cuma saya kadang jenuh juga makan di rumah terus. Jadi kalau capek atau agak jenuh ya saya beli aja gitu di warteg terdekat yang kira-kira bersih. Apalagi kalau capek, warteg ini penyelamat banget buat sahur dan buka. Warteg jadi andalan karena puasa tuh maunya makan masakan yang ada sentuhan masakan rumahan. Hehe.

Syukur alhamdulillah suami saya nggak masalah sih meski saya nggak selalu masak sendiri. Jadi saya juga nggak merasa terbebani. Tapi beli mulu juga bikin bosen, paling beberapa hari kemudian mulai masak lagi.  Bulan puasa ini saya jadi lebih hemat karena jarang makan di luar yang di tempat ngopi atau resto. 

Perbanyak Istirahat

Sejak hamil kadang saya merasa lelah kalau sudah siang. Jadi jam istirahat kantor saya pakai untuk tiduran atau tidur siang beneran. Ini mungkin agak susah didapat ya. Nggak di semua kantor ada tempatnya. Kebetulan karena di tempat kerja saya kadang ada yang lembur sampai nginep, jadi ada gudang yang dialihfungsikan untuk tempat istirahat. Ada dua bed yang bisa dilipat gitu. Seperti yang buat ngegotong pasien yang mau dimasukin ambulans kali ya. Awalnya saya merasa jengah tiduran di sini karena agak-agak bau debu, hidung saya sangat sensitif. Tapi lama-lama kalau pegel kadang saya ke situ juga pake masker tidurannya. Haha. 

Mungkin ibu bekerja lainnya bisa istirahat di ruang laktasi. Di masjid juga bisa sih. Di kantor saya tiap dzuhur di bulan Ramadhan ada pengajian, Ibu-ibu biasanya nyimak sambil tiduran. Pas kajian selesai ada yang tidur beneran. Tapi akhir-akhir ini sepertinya saya mulai terbiasa, jadi nggak tidur siang pun nggak apa.

Berbagi Kerjaan Rumah

Perubahan fisik yang terjadi selama hamil bikin kita cepet capek, apalagi yang sudah masuk trimester 2 dan tiga yang perutnya sudah membuncit, jadi gampang keabisan nafas kalau jarang gerak. Sebenernya trimester pertama juga gampang capek dan malah masih rentan banget sih ya. Untuk menyiasati buibu bekerja yang nggak punya asisten rumah tangga dan malas panggil jasa bersih-bersih mari kita kembali tidak usah ambisius sama kondisi rumah. Rapi-rapi, nyapu, dan ngepel semampunya aja. 

Tapi komunikasikan dengan pasangan juga ya. Bilang tentang kondisi kita dan keadaan misalnya:"saya gampang capek, saya nggak sanggup beres-beres seperti biasanya. Jadi kalau rumah dirasa berantakan dan mau bantuin beresin silakan, tapi kalau enggak mau bantuin jangan dikomplain ya, nanti saya beresin kalau pas sempat dan fit."

Ndilalah suami saya mau nyapu kadang-kadang kalau pas di rumah. Kalau pas saya masak atau kita habis makan kadang suami juga yang cuci piring karena tau saya punya beban cuci baju yang gabisa dilaundry misalnya. Nah pas suami mau bantuin gini, gimanapun hasil kerjanya jangan dikomplain ya. Jadi supaya mereka tetap legowo untuk membantu. Hargai usaha mereka. Hehe.

Kalau perlu bagi-bagi tugas aja tentang kerjaan rumah kalau sama-sama kerja. Untuk ibu yang tinggal di rumah aja juga boleh banget kok bagi kerjaan dan sampaikan juga masalah ini. Supaya pas suami sampai rumah nggak ada kata-kata pemicu konflik seperti:"seharian ngapain aja?" Hahaha. Pokoknya balik lagi ke banyakin istirahat dan jangan ambisius yang bisa memicu buibu kelelahan dan stress sendiri. Apalagi bikin mara-mara, hindari aja.

Sempatkan Olahraga Ringan


Seiring dengan berkembangnya janin di dalam perut, kata bidan kita, ibu hamil perlu menyediakan ruang gerak untuk si janin berkembang supaya nggak gampang pegal dan sakit pinggang. Sempatkan olahraga untuk bumil yang sedang puasa. Olahraganya malam aja. Yoga sendiri di rumah dengan nonton tutorial di youtube misalnya. Bisa sehabis tarawih. Ibadah ramadhan seperti tarawih juga bagus sih, termasuk bikin gerak. Pokoknya jangan jadikan bulan puasa sebagai alasan skip olahraga. Nantinya baby kita akan butuh ibu yang kuat dan fit. Buat lahiran dan tahap selanjutnya seperti menyusui dan lainnya. Jadi, mari jaga kesehatan dengan olahraga rutin yuk buibu hamil.

Tambahan dikit nih, saya makin semangat puasa pas ada suami. Bangun sahur merasa ada kewajiban masakin dan menyiapkan hidangan sahur. Padahal sebenarnya yang bersangkutan nggak maslah nyiapin sendiri kalau saya misalnya berniat tidak puasa hari itu. Nah, kalau sendirian saya beberapa kali bablas ketiduran dan kalau kelewat sahurnya gini saya jadi nggak puasa karena kawatir janinnya kekurangan nutrisi. 

Itu aja sih sharingnya dari pengalaman saya yang masih newbie ini. Kemarin sebelum puasa saya banyak cari info di internet dan nanya-nanya ke buibu yang sudah lebih pengalaman. Tapi infonya terpecah-pecah, jadi saya coba satukan di post ini, siapa tahu nantinya buibu hamil newbie seperti saya butuh infonya juga biar lebih mudah bacanya komprehensif. Semoga bermanfaat. Dan untuk teman-teman yang udah punya pengalaman tentang tips puasa untuk ibu hamil, boleh dong dibagi tipsnya biar para bumil terutama yang newbie jadi makin semangat puasanya. :)

You Might Also Like

18 komentar

  1. selamat Nia..... Heuheuheu
    bojoku jg hamil pas ramadhan ini, sekitar 3 bulan
    minggu pertama puasa, muntah muntah teruss...
    alhamdulilah sekarang udah enggak muntah2 lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau masih trimester pertama mungkin susah puasa ya Ir. Alhamdulillah kalau sudah baikan. Asik Kenza punya adek. Sehat2 utk kehamilan istrimu yah :)

      Delete
  2. Bumil setrooong!! Hebat ni, bisa puasa pas hamil, aku mah dulu lemasssh hahahaha :D sharing sama temen2 yg positif ini bener banget, selama hamil & menyusui sebisa mungkin cari temen yg positif dan jauh2 sama yg negatif bikin sakit hati hihihii
    Sehat2 terus bumil & debay sampai nanti hari H yaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aku makin begaul denganmu ya Kak insyaAllah kalau sudah rejeki menyusyi.Amin2 :*

      Delete
  3. aku dulu pas hamil anak pertama cuma bisa 10 hari krn bb debay turun drastis sementara hpl tuh pas lebaran jd sama dokter jangan dulu deg :p sehat2 y mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin makasih Mba. semangat menyusui ya Mba Herva. Alhamdulillah kmrn cek berat masih oke masih naik dan sesuai. Tapi aku masih ngutang juga sik. Hihihi :p

      Delete
  4. Semangat Nia! Semoga sehat-sehat terus yaaa :)

    ReplyDelete
  5. aduh peruttt lucu amat hihihih. Betul Niaa, pokoknya sebelum mulai puasa harus konsultasi sama dokter, liat kondisi janin dan lain-lainnya. kalau kata dokter bisa dan aman, bismillahh kita puasa. kalau sebaliknya, yasudah mau gimana ya kan. Allah maha tahu kok. Lancar dan sehat-sehat yaa Nia hamilnyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih Put. Iya betul Allah Maha Tahu dan kondisi kehamilan tiap orang beda2 ya Put. Bahkan ibu yang sama biasanya beda2 di tiap kehamilannya ya :)

      Delete
  6. bumil sebenarnya tidak apa2 puasa..
    jika tidak mampu, masih dapat menggantinya nanti atau dengan membayar fidyah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya insyaAllah diusahakan pas masih mampu. Betul bayar fidyh disegerakan sama nanti ngeganti yah :(

      Delete
  7. gak apa2 yang penting asupan nutrsiinya jangan samapi kurang ay dan banyak minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bu, kadang kawatir soal minum dan nutrisi. Tapi jadi semangat puasa kalau liat sekeliling puasa semua. Thankyou sharingnya :)

      Delete
  8. Aku 30 hari terpaksa bolong karena riwayat medik sist...tp uda diniati fidyah...
    Soale aku ga mau ngambil risiko, hihihi

    Kadang aku juga tanya ginian males nanya ke yg suka menggampangkan trus menganggap yg ga puasa gimana gitu
    Paadahal memang ada rukshahnya yekan, lagipula untuk kepentingan ibuk dan debaynya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kalo kondisi tidak memungkinkan jangan dipaksa. Kasian baby dalam kandungan dan ibunya. Temenku ada yg hamil full puasa ada yg bolongnya full jg. haha. tapi kita semua sante2 aja karna kondisi beda2 ya kan. Semangat mengasihi ya Mba :)

      Delete
  9. Sebagai pria-hamil, info yang ada di sini sangat bermanfaat hahaha. *semoga nanti bisa dishare ke istri pas lagi hamil :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga rejekinya segera datang di waktu yang tepat yak :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram