Rencana Kembali ke Belitung Bertiga dengan Kai

23:26

Assalamaulaikum teman-teman. Kali ini saya mau cerita tentang kehidupan pribadi sekalian berbagi pengalaman travelling di Belitung. Jadi, suami saya tugas di Belitung sejak Juli 2017 pas kami sedang merencanakan pernikahan. Kemudian setelah menikah saya berkunjung ke Belitung di akhir pekan sekalian jalan-jalan ke tempat yang dulu belum sempat saya kunjungi ketika ke Belitung sebelumnya. Tentu sudah banyak perubahan yang terjadi di Belitung, banyak wisata alam dan kuliner enak yang bisa kita jajal di sana.
Sekarang suami saya sudah di Jakarta, tapi nanti bakalan ke Belitung lagi sebentar sekitar Bulan Juni. Rencananya saya mau ikut sekalian ngajakin Kai. Mau napak tilas ke beberapa destinasi di Belitung bareng Kai. Hihi.

Akaula Cafe

Tempat pertama yang akan kami kunjungi rencananya adalah Akaula Cafe. Sebenarnya saya merasa konsep cafenya agak aneh karena mengusung tema Bali di Belitung, hihi. Kebetulan waktu itu saya baru balik dari Bali jadi awalnya kurang antusias pas mau ke sana. Tapi teman kantor suami bilang tempatnya asik untuk menikmati sore. Jadi kami akhirnya beneran ke Akaula Cafe. 
Suasanya asik banget emang. Rencananya kami mau ajak Kai ke sini santai sore, kalau di jam makan sore Kai biar sekalian nyuapin Kai, suasananya enak soalnya. Kalau nggak makan ya biar Kai main pasir ajah. :)

Pantai Tanjung Tinggi

Destinasi selanjutnya yang kami rencanakan untuk dikunjungi bersama Kai adalah Pantai Tanjung Tinggi. Kai belum pernah ke pantai dan dia suka sekali air. Nanti di sini rencananya kita pertama kali memperkenalkan pantai ke Kai. Pasirnya putih, air lautnya relatif bersihan dibanding di Jakarta, cucok untuk pengalaman perdana Kai ke pantai ya semoga.

Hiking

Dulu kami sempat hiking di Bukit Peramun. Di Belitung banyak pilihan tempat hiking yang mulai dikelola dengan memberdayakan masyarakat lokal lho. Jadi penyuka hiking seperti saya makin enjoy banget ke Belitung, nggak cuma main ke laut melulu, bisa hiking juga menghirup udara segar dari pepohonan rindang.

Untuk sama Kai nanti, kami tidak akan ke Bukit Peramun karena medannya cukup bikin ngos-ngosan kalau sambil gendong bayi. Nanti mau nyari bukit lain yang lebih landai dan bersahabat jalurnya, hihi.

Kenapa mau ngajakin Kai hiking? Biar Kai menikmati oksigen pagi yang seger banget di perbukitan, juga sekalian biar Kai lihat banyak pohon.

Danau Kaolin

Selanjutnya kami akan mampir ke Danau Kaolin yang tersohor ituh. Kai bakalan pakai sunglasses ke sini karena silau banget. Danau Kaolin ini lokasinya paling dekat dari kantor Bapaknya Kai, jadi kita akan nyempetin pas ada waktu luang ajah. Biar Kai lihat danau cantik yang sebenernya menyedihkan ya karena bekas galian tambangnya nggak bisa ketutup, hehe.

Museum Kata Andrea Hirata

Destinasi terjauh yang kami rencanakan untuk dikunjungi bareng Kai adalah Museum Kata Andrea Hirata karena di sana warna warni gitu jadi bakalan menarik untuk bayi. Meski dia belum bisa baca, semoga jadi tertarik warna warninya dan siapa tau nanti jadi suka baca buku kan, hihi.

Karena lokasinya agak jauh dari pusat Kota Tanjung Pandan, kami akan merencanakan ke Gantong di hari khusus aja supaya Kai nggak kecapekan. Mungkin sembari mampir ke Danau Kaolin kali ya.
Karena belum pernah pergi jauh sama bayi, kami nggak ambisius dulu. Destinasinya segini aja semoga nggak kelelahan.

Sambil nulisin rencana ini saya jadi kepikiran bahwa Kai cukup beruntung bisa ke luar pulau sejak bayi ya insyaAllah. Lha saya pertama kali ke luar Jawa tuh ke Bali sewaktu study tour SMA. Hahaha. Dulu mah dibawa ortu ke kabupaten sebelah aja kayak yang udah jauh bener. Sekarang sepertinya ke luar negeri juga udah biasa ya buat para bayi. Bahkan kadang sejak dalam kandungan udah dibawa ke luar negeri. Maka dari itu sebelum janjalan ke luar nergeri, Kai musti nyobain pelesir di dalam negeri dulu.

Ke Belitung nanti rencananya menjadi kali pertama Kai naik pesawat, mudik lebaran kami mau bawa mobil aja insyaAllah. Karena merupakan penerbangan pertama, saya harus merencakan dengan cermat dong. Apalagi sekarang semua orang mengeluhkan mahalnya tiket domestik. Jadi ibuk harus cari promo jauh-jauh hari biar dapat harga tiket pesawat yang masuk akal plus bisa direduksi lagi dengan promo. Hihi.

Kebetulan kali ini saya nemu promo menarik dari Pegipegi. Ada potongan harga untuk tiket pesawat lho, periode terbangnya kapan aja terserah. Untuk planning keberangkatan kami Juni nanti sudah bisa dipesan. Jadi saya bisa pilih maskapai yang sekiranya bikin Kai nyaman dengan harga yang menarik plus dapat potongan harga tiket. Lumayan nih selisih budgetnya bisa buat nambah-nambahin dana buat staycation di Belitung ajah.
Aplikasi mobile appsnya Pegipegi ini gampang banget digunakan dan bisa nyimpen data keluarga atau teman juga. Jadi nggak usah repot input lagi deh kalau udah pernah pesenin dengan nama yang sama. Promonya juga jelas dan terpampang nyata. Untuk booking tiket pesawat gampang juga, user friendly pokoknya. Apalagi warnanya oranye, segerr. 
Satu hal yang paling saya suka adalah fitur terakhir dilihat. Jadi untuk teman-teman yang suka memantau harga pesawat berkali-kali seperti saya yang nunggu harga tiket turun dulu, bisa langsung klik aja fitur terakhir dilihat. Nggak usah input ulang kota asal dan destinasi serta tanggal keberangkatan dan pulang. Bahkan daftar nama yang kita input juga ikutan kesimpan. Ini contohnya saya dua kali cek-cek harga dan keduanya kesimpen lho. Bikin makin semangat berburu tiket yang harganya oke nih. :D

Ada yang merencanakan liburan juga? Atau belum dapat tiket mudik lebaran? Teman-teman yang lagi nyari tiket pesawat bisa cuss coba install aplikasi Pegipegi aja karena memudahkan pengguna banget menurut pengalaman saya. :)

You Might Also Like

68 komentar

  1. Aduuuh senangnya Kai nanti diajak ke tempat-tempat paling romantis di Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya Mba? belitung tempat romantis yak? Hihi semoga terlaksana ini rencananya :)

      Delete
  2. Saya juga suka pake pegi2 buat Cari hotel untuk staycation.. lumayan diskonnya Kalo pas lagi promo, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak mayan buat dialokasikan ke hal lain ya sisa dananya :)

      Delete
  3. Waktu ke Belitung aku blm ke Kampung kata2 & museum Andrea Hirata, pengen banget kesini lagi ngajak anak2 karena pantainya baguuussss. Pegipegi jadi salah satu apps yg selalu aku pake buat nyari diskon tiket & hotel, suka lebih murah dari yang lain, jadi pasti appsnya selalu ada di hp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Museum Kata Andrea Hirata emang bagus Mba, kalau Teteh yaya baru bisa baca pasti suka. Sama bisa foto-foto cantik juga :p

      Delete
    2. iya nih, pengen kesana ama anak2, semoga kelaksana :D aamiin!

      Delete
    3. Mau bareng kai nggak? Hayuk akhir juni atau awal juli, haha.

      Delete
  4. Aku belum pernah ke Belitung.
    Bisa jadi referensi beberapa tempat rekomendasi di Belitung ya, mba.

    Duh, aku kepo banget sama batu-batu raksasa di Pantai Tanjung Tinggi itu.

    Baidewei, subway,
    Idem sama Mba Sandra, PegiPegi juga menjadi salah satu opsi untuk cari tiket diskon, hihihi...
    Puas banget kalau bisa dapat tiket diskon maksimal, muahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba entah kenapa puasya kalau dapet diskon mayan, hihihii. Semoga segera ke Belitung ya Mba biar ke Tanjung Tinggi dan main petak umpet di batuan besarnya :D

      Delete
  5. Uh romantis banget sih suasana Akaula Cafe bikin gak mau cepet2 habis makanan n minuman pesannnya. Apalagi kalau bawa anak, gak kalah sweet daripada berdua ajah sama pasangan. Yaaa kannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha setuju bianget Mba, kemaren kita hemat2 biar sampe sunset, wkwk. Mungkin kalau ama anak si bocah lelarian sih ya :D

      Delete
  6. Sekian tahun yl bunda ke Belitung tanpa merencanakan pergi ketempat-tempat yg tersebut di postingan ini .kami sekeluarga sdh gak sabar ketika itu utk segera mencicipi kulinerannya Belitung, utamanya olahan beragam masakan serba ikan yg begitu nyaman dan lezat. Kami juga sangat menikmati jalan2 di pantai padir putihnta. Terpesona dengan menjulangnya bebatuan indah di laut bahkan di tengah laut. Noted nih isi t4
    menarik yg disebut postingan ini dan akan menjadi target yg harus dikunjungi suatu saat nanti bunda n keluarga kembali ke Belitung, pastinya melalui Pegipegi doonk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda masakan di Belitung emang enak-enak ya ikannya segar. Amin semoga Bunda sekeluarga bisa ke Belitung dan dapet diskon tiket pesawat dari Pegipegi yah :)

      Delete
  7. Aku udah pernahke Belitung dan suka banget karena pemandangan alamnya yang sungguh indah sekali. Apalagi jaraknya dari Jakarta ya nggak begitu jauh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mba, cuma 40 menitan di udara ya. Udaranya seger gitu meski nggak jauh dari Jakarta, pantainya juga bagus banget :D

      Delete
  8. Ih asyiik cafenya mau ah aku catet Nii..
    Kai pasti seneng banget nanti bulan juni ke sana. Destinasinya cakeep2 jugaaa. Ditunggu ceritaa di sana yaa^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Mba, sama ada resto enak banget tapi sepi. Sebelahnya Hotel Santika persis. Ada private beachnya dan gasibu2 gitu, hehe. Masakannya mantap banget, harganya oke. Akaula ini juga romantis buat menikmati senja. Babymoon ke Belitung Mba Ucig? hihi. Amin semoga Kai senang ya :)

      Delete
  9. Subhanallah, asyik-asyik banget ya tempatnya. Kepengen banget deh ih bisa main ke Belitung. Sejak booming Laskar Pelangi, udah jatuh cinta sama tempat ini. Semoga bisa kesampaian main ke sana segera. Aamiiiin :)

    ReplyDelete
  10. First impression yang muncul kalau dengan kota Belitung adalah adanya bebatuan yang super duper besar-besar, itu seperti yang ada di Pantai Tanjung Tinggi. Suka ngebayanagin dahulunya batu itu lontaran dari gunung Berapi yang letusanya super dahsyat kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin dari Gunung Krakatau dulu kali ya :D

      Delete
  11. pas banget, aku barusna nulis soal Belitung juga Nia. tapi aku klewat lo kafe itu ahhaa malah makan di angkringan jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemarin mampirin blog kamu tapi belom komen2, wkwk. Menarik deh yang dua post terakhir apa ya. Akaula ini baru ketahuan ama orang lokal mungkin yah. Nah kalau angkringan itu suamiku hampir tiap malem makan di sana keamren2 pas masih dinas :D

      Delete
  12. Saya dulu keluar pulau pertama kali pas udah kerja, dapat tugas dari kantor.
    Kalau anak-anak sejak dalam perut sering dibawa keluar pulau. Pas udah lahir malah nggak pernah diajak hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya merantau pertama juga karena kerjaan Mba, ke Sumatera hehe. Wah pas lagi hamil sering diajak dinas ya Mba, tangguh :D

      Delete
  13. Asyiiik Kai bakalan naik pesawat pertama kali ..semoga perjalanannya lancar jaya dan hepi ya. Kalau sejak bayi diajak jalan bakalan terbiasa nanti. Jadi kepo dengan Belitung, banyak yang keren nih...cus cek promo di pegipegi aja klo gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba monggo cek promonya, hehe. Amin semoga Kai menikmati perjalanan ke Belitung nanti :)

      Delete
  14. Pastiseru napak tilas double itunya Mbak. Kalau dulu cuma berdua sekarang bertiga dengan kai. Auranya pasti beda dan pasti juga lebih membahagiakan. Samping sudah banyak destinasi wisata yang kece, Kai adalah penambah kebahagiaan.. selamat libur Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya lebih ribet juga ya Mba, hihi. Tapi amin ya semoga lebih membahagiakan. Makasih Mba :)

      Delete
  15. Sama, aku pun punya cita-cita ke tempat honeymoon dulu sama anak, selain napak tilas kisah romantis *ciee tapi kalo traveling sama anak tuh lebih seru, semoga kecapai impiannya ke belitung sama Kai, udah mulai siap-siap tiket biar dapet tanggal dan harga yang oke ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tapi kami nggak honey moon ke Belitung Mba Mirna, hehe. Soalnya cuma ngunjungin suami aja nih waktu itu. Iya sama bayik sepertinya akan sangat seru dan remfong tapi insyaAllah happy, hehe. Semoga segera kesampaian balik ke temapt honeymoon sama anak ya Mba :)

      Delete
  16. Belitung memang ngagenin banget ya mba. Udah lama pengen main kesana lagi, pengen bawa anak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba kangen udara segarnya dan air lautnya, hehe. Cus rencanakan pas libur anak sekolah Mba :)

      Delete
  17. Wah adek Kai mau ke Belitung. Emang banyak lokasi bagus ya mbak di sana, pasti adek Kai seneng.
    AKu jg ada rencana traveling sama anak2 nih. nanti coba cari tiketnya di pegi2 ah :D
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah Tante, semoga Kai jadi ke Belitung ya. Selamat liburan dengan anak-anak Mba :)

      Delete
  18. Bagus-bagus ya spot yang ditunjukkan di atas. Akaula Cafenya kece, paling seneng ke pantai yang ada pasirnya yang bersih. Duduk di atas pasir sambil aduk2 pakai kaki aja rasanya udah seneng.
    Penasaran juga sama Danau Kaolin nih. Beberapa kali baca postingan tentang tempat tersebut. Jadi pengin piknik ke Belitung nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba pasirnya putih lembut di sana. Danau Kaolin cuma gitu aja sih Mba tapi emang bikin penasaran ya bekas cerukan tambang yang nggak ketutup kemudian keisi air hujan dan karena kandungan mineral tambangnya jadi berwarna menarik :)

      Delete
  19. Aku slalu suka deh bw anak2 jalan2 ke alam gini. Skalian bebasin bocils u lari2an n mamaknya jg olahraga ya kan. haha.. Suamiku sih udh bbrp kali ke belitung. Aku n anak2 ni blm pernah. Pengeeennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diintilin aja Mba Pak su nya, wkwk. Kebayang Acel kabur main aer di pantai :D

      Delete
  20. Nah ini, makin penasaran sama Belitung. Pengen jalan-jalan juga ke Belitung tapi belum ada waktu juga. Bolak-balik cek harga tiket di pegi-pegi tapi ga jadi juga.

    ReplyDelete
  21. Wah seru banget jalan2nya 😍😍 makasih info promonya

    ReplyDelete
  22. Ingin lihat langsung Pantai Tanjung Tinggi, pantainya indah sekali ya...
    Pesona daerah wisata Belitung memang sangat menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mak masih cantik sekali pantainya :)

      Delete
  23. Itu Akaula Cafe kok seru banget sih dan asik tempatnya, kalau aku sih belum pernah nih ke Belitung tapi habis ini malah jadi iseng nih mau cari tiket untuk ke Belitung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba cobain deh, asik wisata alam di Belitung :)

      Delete
  24. Wah museum Kata Andre Hiratanya udah colorful sekarang ya. Aku pernah nulis tentang ini dulu tapi museumnya masih belum warna-warni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak pas saya ke sana udah warna warni begini :)

      Delete
  25. Aku pengen banget ke Belitong ngajak anak2. Mau liat replika sekolah Laskar pelangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. DI gantong itu agak jauh dari pusat kota Tanjung Pandan dan bandara Mba. Semoga segera terlaksana niat baiknya ya Mak :D

      Delete
  26. Iyaa....aku sering banget ngecekin harga pesawat untuk mudik, karena tiap menit bahkan...harga bisa berbeda.
    Aku coba pakai pegipegi dengan fitur terakhir dilihat aah...
    Semoga dapet harga tiket yang cakep di kantong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak cobain deh tapi jangan sering2 dibuka nanti malah naek harganya, hehe.

      Delete
  27. Pengen bisa ke Museum Kata Andrea Hirata.

    ReplyDelete
  28. Iya mba akupun kangen sama belitung. Dulu pernah tinggal di manggar selama 1th lebih. Baru2 pertamakali nikah hehehehe.

    Pegi2 ini ada diskon upto 800rb ya mba? Keren sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mayan diskonnya pegipegi Mba Dine. Wah dulu suami bertugas di sana ya Mba? Suamiku di Tj Pandannya, kadang2 tugas ke Manggar. :)

      Delete
  29. Aku juga ingin kembali ke belituuung. Udah lama banget engga, pasti banyak yg berubah deh.

    ReplyDelete
  30. kangen belitonggg pake banget!!! btw akaula kafe aku belum pernah ke sana ni. Sama yang pulau itu namanya apa yah haha aku lupa

    ReplyDelete
  31. Sudah lama pengen jalan jalan ke Belitong, melihat negeri laskar pelangi hahaha. Iya, indah ya mba Belitung tuh

    ReplyDelete
  32. Sudah lama pengen jalan jalan ke Belitong, melihat negeri laskar pelangi hahaha. Iya, indah ya mba Belitung tuh

    ReplyDelete
  33. Sudah lama pengen jalan jalan ke Belitong, melihat negeri laskar pelangi hahaha. Iya, indah ya mba Belitung tuh

    ReplyDelete
  34. Aku udah lama nie ga kebelitung liburan.. Seneng banget ya pastinyaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram