Makan Bebas Ribet dengan Cashless McDonald's

20:21

There will be a time, I don’t know when, I can’t give you a date, when physical money is just going to chease to exist. (Robert Reich)

Ekonom politik Amerika, Robert Reich pernah mengungkapkan hal di atas. Mungkin dulunya apa yang beliau sampaikan tersebut kurang bisa dimengerti atau diterima ya. Namun saat ini nampaknya apa yang beliau ungkapkan tersebut sudah mendekati kenyataan. Cashless atau transaksi non tunai sedang gencar digaungkan di Indonesia. Bank Indonesia telah mencanangkan program transaksi tanpa uang tunai sejak tahun 2010. Masyarakat diajak untuk melakukan transaksi elektronik dengan menggunakan kartu kredit, debit, internet atau layanan transaksi dengan telepon seluler.  Pantas saja beberapa tahun terakhir banyak jenis e-money yang diterbitkan oleh bank besar di Indonesia.

Manfaat transaksi non tunai bagi kita para konsumen tentu saja kemudahan dalam bertransaksi dan ringkasnya isi dompet kita. Ketika membayar menggunakan kartu tersebut maka kita hanya perlu menggesek atau hanya perlu tap si kartu lalu selesai sudah transaksinya. Selain itu dompet kita tidak akan terlalu tebal dan berat karena harus membawa sejumlah uang yang akan kita belanjakan. Praktis ya.
Cashless McDonald's
Kepraktisan bagi konsumen rupanya berlaku juga bagi pihak bank maupun tenant tempat kita bertransaksi. Pencatatan yang otomatis, real time, akurat, serta kemudahan dalam rekonsiliasi merupakan beberapa manfaat transaksi non tunai bagi mereka. Petugas terkait yang semula harus menghitung ulang antara catatan dalam mesin dengan uang cash yang ada pada mereka kini dimudahkan tugasnya karena pencatatan transaksi sudah otomatis. 

Saya baru tahu jika transaksi non tunai ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi negara kita. Dengan kemudahan transaksi dan rekonsiliasi yang real time tersebut, ternyata mengurangi biaya yang biasanya dikeluarkan untuk mengelola transaksi tunai. Yakni penghitungan kembali uang tunai yang ada, pencetakan, penyimpanan dan pengedaran kembali uang tunai oleh pihak bank yang memakan waktu dan tenaga. Selain itu, transaksi non tunai juga mencegah adanya suap dan korupsi, karena semua tercatat real time dalam sistem. Dengan transaksi cashless maka uang beredar yang dikelola negara dapat lebih terkontrol, transaksi menjadi lebih efisien dan efektif sehingga mempercepat peredaran uang dan mendukung peningkatan ekonomi tadi.

Sekarang sudah mulai kelihatan preferensi masyarakat dalam membayar belanjaan atau transaksnya dengan kartu kredit maupun debit ya. Apalagi orang Jabodetabek, pasti banyak yang sudah punya kartu e-money untuk keperluan naik transportasi massal seperti bus Transjakarta maupun Commuter Line. Tapi belum ada nih kayaknya media pembayaran yang berupa kartu chip yang mengakomodir khusus untuk pembayaran pembelian makanan di suatu gerai bukan?
Pak Adrian-Ibu Yanti-Mas Bayu Oktara Corporate Communication Kartuku
Hari Kamis tanggal  8 Juli lalu rupanya tepat dua tahun lamanya Mc Donalds (McD) telah bekerja sama dengan Kartuku dalam mengusung inovasi pembayaran non tunai. McD sudah pada tahu kan ya? Merupakan brand restoran terkemuka yang tersebar di seluruh dunia. Sedangkan Kartuku yakni sebuah perusahaan di bidang penyediaan EDC (Electronic Data Capture). McD tidak mau ketinggalan dalam inovasinya untuk terus menjadi brand terdepan dalam memperbaiki proses bisnisnya supaya lebih efektif dan efisien. Sejak tahun 2013 McD bekerja sama dengan Kartuku merintis cashless McDonald’s dengan memulai menggalakkan pembayaran non tunai di McD. 

Tahap pertama cashless McDonald's telah dilaksanakan sejak 2013, konsumen bisa membayar transaksi di McD menggunakan kartu kredit tanpa transaksi minimal. Udah pernah nyobain belum? Ibu Yanti Lawidjaja, Finance and IT Director McD Indonesia bahkan menyatakan bahwa beli ice cream cone saja boleh lho bayar pakai kartu kredit. Bagi yang belum pernah nyobain dan penasaran, monggo nanti buka puasa coba ya transaksi di McD pakai kartu kredit. Saya sendiri kebetulan pernah nyobain di McD Sektor 9 Bintaro, dengan transaksi sekitar Rp 30 ribu, karena cash saya tinggal sedikit maka saya bayar pakai kartu kredit. Ternyata transaksi di bawah 10 ribu pun bisa ya.

Bisnis e-commerse semakin kencang dan berkembang. Tentunya para pelaku usaha harus terus berinovasi. Saat ini mesin EDC memang wajib ada di setiap tempat transaksi karena kebutuhan masyarakat akan transaksi non tunai semakin tinggi. Sejak adanya fasilitas pembayaran di McD menggunakan kartu kredit maka di semua gerai McD sudah ada mesin-mesin EDC. Rupanya kartu karyawan McD bisa digunakan juga untuk transaksi dengan mesin EDC di sana lho. Jadi jika punya teman atau saudara yang punya kartu karyawan McD bisa dipinjam tuh. :p

Nah sekarang McD dan Kartuku meluncurkan inovasi baru lagi dalam upaya mewujudkan cashless McDonald’s tahap selanjutnya. Yakni McDonalds Digital Gift Card yang dirilis hari itu juga. Ini merupakan inovasi pertama adanya kartu digital non tunai untuk pembayaran di suatu gerai bisnis restoran. Seneng banget nih saya bisa dapat pengalaman langsung nyobain Gift Cardnya. Apalagi saya lagi sering-seringnya ke McD. Bakal berguna banget bagi saya. Bahkan sehari sebelum ini saya berbuka puasa di McD sambil ngerjain tugas. Haha.

McD ini pasti jadi kenangan masa kecil kalian semua nggak sih? Pasti dulu banyak yang hobi ke McD karena di sana bisa foto dengan si Ronald McDonald’s kan? Ngaku deh :p

Kalau saya justru erat sekali dengan McD pada beberapa tahun terakhir. Sewaktu kecil saya jarang ke McD karena saya tinggal di kota kecil. Setahun ini adalah puncak keseringan berkunjung ke McD. Bahkan sepertinya McD Sektor 9 merupakan tempat yang paling sering saya datangi selain kampus dan gym. Di sana saya kadang berkumpul dan makan bareng dengan teman-teman, seringnya sih ke sana dalam upaya menyelesaikan tugas tadi. Entah kenapa kalau di rumah saya sulit sekali fokus. Padahal di McD selalu ramai lho. Enak sih ngerjain tugas di McD. Kalau waktu sholat tiba tinggal ke mushola. Jika saat datang belum lapar tinggal beli cemilan, saat lapar pun banyak pilihan makanan mengenyangkan, dan tentunya saat ngantuk tinggal pesan Ice Coffee Jelly yang sudah jadi minuman favorit saya.

Jadi apa itu McDonald’s Digital Gift Card?
Kartu ini merupakan kartu chip magnetic yang bisa digunakan untuk pembayaran di McD tanpa uang tunai. Kartunya sendiri terdiri dari dua nominal yakni Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu.

Apa untungnya punya McDonald’s Digital Card?
Sesuai namanya, Gift Card ini peruntukannya untuk diberikan kepada orang lain. Kalau untuk individu seperti saya ini kayaknya McD Digital Gift Card pas buat dibagiin ke keluarga maupun teman. Saat menjelang akhir ramadhan seperti sekarang ini, kita biasanya sibuk menyiapkan parsel maupun paket-paket lainnya untuk dibagikan ke keluarga, sahabat dan rekan kerja. Dengan kartu ini maka kita tinggal membagikan satu lembar kartu yang demikian ringan dan simpel kepada siapa saja yang kita rasa akan sangat senang hatinya ketika mendapati kartu ini. Siapa sih yang nggak suka McD? Selain itu kartu ini juga bisa kita bagikan ke ponakan-ponakan saat lebaran nih. Pasti mereka bakal kegirangan karena bisa beli Happy Meal lagi dan dapat tambahan koleksi minions. Nggak perlu repot antri ATM yang biasanya panjang bener deh saat menjelang lebaran.

Menurut Bapak Adrian Anwar, Chief Commercial Officer Kartuku, saat ini kebanyakan pengguna McD Digital Gift Card adalah perusahaan-perusahaan yang hendak membagikan bonus ke karyawannya. Gift Card ini untuk sementara fungsinya baru menjadi pengganti voucher kertas McD. Dulunya voucher kertas yang didapatkan dari McD hanya bisa digunakan untuk sekali transaksi, meskipun masih ada saldo yang tersisa maka tidak akan bisa kita gunakan lagi. Sedangkan Digital Gift Card ini jika masih ada saldonya maka bisa digunakan lagi untuk transaksi berikutnya. Kemarin banyak banget yang berharap kartu ini bisa di top up. Bahkan Bu yanti juga menyatakan hal yang sama kepada Pak Adrian di depan pers dan para bloggers. Tantangan besar untuk Kartuku nih ;)

Keamanan transaksinya gimana?
Sama seperti kartu chip magnetic dari bank yang berwujud e-money, tidak ada nama dan data kita dalam kartu tersebut. Jadi jangan sampai hilang ya jika sudah mengaktifkan kartunya. Soal pemotongan nominal uang yang ada dalam kartu nggak perlu khawatir mengenai ketepatan saldonya dan keamanan transaksinya. Kartuku memiliki tekhnologi Secure Payments Simplified dengan menciptakan layanan UNIFIED Payment berupa network cloud-based berstandarisasi dunia. Jadi dijamin aman kata Pak Adrian.
Bu Yanti yang sangat humble mendemokan cara cek saldo gift card dengan mesin EDC McD
Kami sendiri kemarin langsung dapat Gift Card ini dan langsung mencoba menggunakan kartunya saat hendak buka puasa di McD Sarinah. Saya sangat beruntung karena berpapasan dengan Ibu Yanti ketika hendak menggunakan kartunya. Saya ditunjukkan secara langsung oleh beliau mengenai cara mengecek saldo Gift Card tersebut pada mesin EDC McD. Ternyata caranya sangat mudah. Tinggal gesek saja. Pantas saja McD terus mengembangkan proyek cashless paymentnya, dengan kecepatan pelayanan yang lebih baik maka akan lebih banyak pelanggan yang dapat dilayani dalam jangka waktu yang sama dengan sebelumnya.
Saya lagi suka koleksi minions jadi kemarin saya mencoba Gift Card ini untuk membeli Happy Meal sekalian nyobain McFlurry Banana, varian baru McFlurry yang diluncurkan berbarengan dengan tayangnya film minions yang belum sempat saya coba sebelumnya. Selama ini belum nyobain karena sibuk nugas, makan dan ngopi aja kalau ke McD. Seperti yang ditunjukkan Bu Yanti tadi, petugas McD tinggal gesek Gift Cardnya lalu mengkonfirmasi total belanja saya dan menunjukkan saldonya. Tidak ada kerepotan mengambil kembalian lagi untuk pelanggan.
Ternyata di goodie bag ada satu kartu Gift Card lagi, maka saya segera memberikan pada teman saya yang paling sering ke McD. Anaknya juga suka banget koleksi minions. Kebayang deh senyum manis si gadis kecil favorit kami saat koleksi minionsnya bertambah. Makasih McD dan Kartuku, saya jadi bisa berbagi sedikit kebahagiaan :)
Happy friend, happy daddy :p
The Happy beautiful girl

Nah, bagi yang sedang pusing nggak sempat kirim-kirim parsel dan repot belum ambil uang untuk angpau lebaran, bisa nih langsung kontak Kartuku aja supaya bisa bagi-bagi McDonald’s Digital Gift Card aja.
Saya sebagai pelanggan McDonald's sangat mengapresiasi proyek Cashless McDonald's. Semoga kedepannya McDonald's dan Kartuku akan meluncurkan cashless card lainnya untuk pembayaran di McDonald's. Misalnya penerbitan e-money sebagai member card McDonald's. Si pemilik kartu bisa mengumpulkan poin atau mendapat harga khusus sebagai benefit dari kepemilikan kartu. Lebih jauh lagi semoga e-moneynya bisa digunakan untuk naik Commuter Line juga, jadinya para pelanggan setia McDonald's mendapatkan banyak nilai lebih dari si kartu. Thank you McDonalds dan kartuku atas inovasi barunya yang memudahkan pelanggan, sekaligus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan cashless society untuk menyokong pertumbuhan ekonomi negara kita :D

You Might Also Like

8 comments

  1. Jeng Nia udah post aja ha ha ha.....asek asek deh ya punya GiftCard dari McD wkkwkwk
    mampir tempatku jangan lupa Jeng #promo ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku suda meninggalkan jejak di postingan Locandamu Jeung.. Hihi. Btw postingan ini deadlinenya hari ini lho klo mau diikutin lomba... Buruan Jeung :p

      Delete
  2. Kemaren sampe belain lari-lari di Jl. Thamrin eh telat juga nyampenya. Hahaha
    Semakin ke sini semakin mengandalkan tramsaksi cashless ya kayaknya Mbak Nia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, kayaknya masyarakat emang lagi diarahkan ke sana ya sama pemerintah dan pelaku usaha karena efisiensinya itu. Eh berat amat bahasanyaa :p

      Oiya kmrn g sempet ktmu Mas Dani, padahal aku liat tuh Mba Yeye and the bloggers gank nya makan di pojokan :D

      Delete
  3. yukksss makan mc d lagi pake DGC. hihi... Niaa ijin minta fotonya yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punyaku tinggal satu saldo 55rebu sahaja.. Haha. Tp klo mau nge McD bareng ayok atuh. Monggo fotonya klo ada yg bisa kepake ambil aja Bu Yuu ;)

      Delete
  4. wah ga pake uang lagi ya cjckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakai kartu aja, sejenis e-money :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)