Event Report: Launching UNIQLO x Hana Tajima Spring Summer 2016

23:33

Sebelum intip mengintip koleksi kolaborasi Uniqlo dengan Hana Tajima, saya pengen sharing dulu nih tentang Modest Wear. Kebetulan di awal event ini ada talkshow dengan pembicara Mba Petty S. Fatimah, Editor in Chief Femina Magazine juga Natasha Rizky dan Marissa Nasution. MC acara ini Mba Ari Kirana berhasil membawa acara ini segar dengan joke-joke-nya, Mba Ari menggali beberapa hal penting tentang modest wear dari Mba Petty yang saya rangkum di paragaraf berikut.

Modest wear sudah lama dikenal oleh bangsa-bangsa di dunia. Modest wear mengacu pada pilihan busana yang "appropriate," yang tidak akan jadi perbincangan orang ketika mengenakannya. Saat ini modest wear muncul kembali ketika busana muslim populer di seluruh dunia. Permintaan busana muslim semakin banyak. Meski sebenarnya modest wear selalu ada, namun sekarang semakin "kelihatan" karena banyak ditampilkan oleh teman-teman yang berhijab. Modest wear sebenarnya bajunya biasa, tidak selalu busana muslim, tapi bisa diaplikasikan oleh teman-teman yang berhijab.

Marissa yang tak mengenakan jilbab pun merasa dekat dengan modest wear karena ia bisa memakainya ke kantor. Modest wear itu lebih sopan, lebih tertutup namun terlihat elegan sehingga terlihat lebih mature. Pilihan busananya dari koleksi UNIQLOxHanaTajima SS16 di atas didasarkan pada fungsi pakaian itu yang bisa dikenakannya sejak bangun tidur hingga malam hari. Oleh karena itu, kenyamanan menjadi faktor penting baginya mengingat cuaca di Indonesia cukup panas. Marissa sangat setuju dengan apa yang dikatakan Hana Tajima tentang koleksi ini: It's a Life Wear, pilihan pakaiannya bisa untuk semua, baik untuk yang berhijab maupun tidak. 

Natasha Rizky senang dengan modest wear karena bisa dipakai oleh yang berhijab maupun tidak. Bahkan bisa dipakai ke acara formal karena simpel. Faktor terpenting dari modest wear menurutnya adalah tertutup dan sopan. Juga harus santun dan tidak ketat. 

Menurut Mba Petty, modest wear di Indonesia masih akan terus berkembang. Jika saat ini hendak berbisnis pakaian, pilihlah plan bisnis modest wear. Pasarnya besar. Urutan konsumen terbesar di dunia yang pertama dipegang oleh Turki, lalu Uni Emirat Arab, dan nomor tiga oleh Indonesia. Kenapa Indonesia? Karena penduduknya banyak dan mayoritas beragama Islam. Potensi pasar busana muslim maupun modest wear menurut data BPS sampai 2020  kira-kira konsumernya sekitar 20 juta. Indonesia itu sangat unik. Budaya berpakaian santun sudah diterapkan sehari hari apapun agamanya. Karena di Indonesia banyak acara dan kegiatan sehari hari yang menuntut berpakaian sopan. Sopan dan santun sudah menjadi bagian dari karakter. Jadi modest wear akan selalu dibutuhkan.

Saat ditanya mengenai perkembangan modest wear untuk yang tidak berjilbab, Mba Petty menjawab bahwa modest wear sekarang, dalam hal ini yang kita bicarakan koleksi UNIQLO x Hana Tajima ini tidak ditujukan untuk kalangan tertentu. Tapi memang sangat mudah diaplikasikan untuk yang berhijab. Semua akan mendapatkan keuntungan dengan munculnya modest wear. Jika kita lihat di dunia, semakin banyak brand besar yang membuat modest wear karena mereka melihat pasar yang sangat besar pengguna modest wear baik yang berhijab maupun yang tidak. Tokoh wanita dunia yang selalu berpakaian tertutup/modest misalnya Amal Clooney dan Kate Middleton bisa menjadi panutan wanita lain untuk berpakaian demikian.

Ternyata menurut suatu penelitian, perempuan Indonesia yang mengenakan hijab menganggarkan Rp 500 ribu s.d. Rp 1 juta khusus untuk berbelanja pakaian. Mba Petty melihat adanya keinginan dari teman-teman yang berhijab untuk bisa berpakaian seperti biasa, tidak mengganti dengan abaya dan sejenisnya meskipun itu boleh. Modest wear memberikan jembatan untuk itu. Asalkan untuk yang berhijab seperti kata kedua perempuan cantik ini, baju yang digunakan harus loose dan tertutup. Ada survey lagi nih di tahun 2015 lalu, ternyata perempuan Indonesia sangat cerdas dalam berbelanja. Mereka membeli busana untuk memenuhi kebutuhan fungsi dan estetika, jadi bukan hanya unuk menutup tubuh tapi juga apakah busana yang dibelinya akan membuatnya keren atau tidak ketika dikenakan. Selain itu juga perlu disesuaikan apakah cocok dengan bentuk badan dan kepribadian kita.

Nah, cukup sudah kutip mengutipnya. Sekarang kembali ngomong atas nama diri sendiri. Saya suka banget dengan perkembangan modest wear yang kembali bangkit. Apalagi bangkitnya karena didongkrak trend fashion busana muslim. Saya senang dengan mendunianya modest wear, semoga perempuan berjilbab tak lagi dipandang berbeda di negara-negara yang agama mayoritasnya bukan Islam. Saya senangnya bukan pada bagian bisa belanjanya ya, karena I can't afford it. Seperti kata Sophia Amorusso "money look better in the bank." Haha. Meski begitu kita tentu harus berpakaian yang pantas. Jadi girls, kita emang harus pintar dalam urusan belanja. Saya cukup kaget dengan hasil survey penganggaran belanja wanita berjilbab di atas. Banyak juga ya. Kalian segitu juga kah belanja bulanan untuk pakaiannya girls? Atau lebih kali ya? Soalnya kata Mba Petty tadi banyak yang lebih dari itu. 
Mix and Match Uniqlo x Hana Tajima ala Sonia Eryka
Mix and match UNIQLO x Hana Tajima ala Puteri Hasanah
dua style ala Sonia Eryka ini favorit saya, dari sini jadi punya banyak ide untuk mix and match baju di lemari 
lucky "undian" winner bersama Perwakilan Uniqlo Indonesia dan para pengisi acara
Akhirnya kita bisa lihat koleksi UNIQLO x Hana Tajima juga nih. Kalian pasti pengen tahu range harganya kan? Langsung saya bocorin aja ya, harganya mulai dari 149 K sampai 699K. Pricey atau oke kah menurut kalian? 

Tema koleksi ini "A New Style of Comfort." Duh udah modest, comfort pula, semakin memikat hati para hijabers banget ya? Musenya masih Yuna Zarai. I love both Yuna and Hana! Kreatifitas, karakter kepribadian dan gaya berpakaian mereka sangat menginspirasi. Strong tapi masih girly. Koleksi comfort ini bisa dipakai untuk relax, dressy, active maupun refreshing, semua aktifitas difasilitasi banget nih. Kalau bingung mix and match-nya, bisa tiru padu padan dari Sonia Eryka dan Puteri Hasanah di atas lho. Hana Tajima mengungkapkan kalau kolaborasi ini semakin personal karena ia dan pihak Uniqlo sudah semakin mengenal satu sama lain. Karena makin personal, karya-karyanya makin dekat dengan selera fans Hana nih. Celana dan atasannya didesain flowi dengan material yang nyaman dan adem. Cocok banget dikenakan di Jakarta yang cuacanya tak menentu ini. Palazzo Pants sama outer yang multi fungsi banyak difavoritkan teman-teman saya yang datang di event ini.  Bahkan Sonia Eryka juga mengungkapkan kalau palazzo pantsnya sangat pas dengan postur perempuan Asia.
Datang ke launching sama teman-teman Indonesian Hijab Blogger. Me- Amuth Mba Witha - Anggi
Langsung survey ke Uniqlo di Lotte Shopping Avenue 
Wish list kamu yang mana girls? Apakah hijab instan ala Hana Tajima ini?
Mau intip-intip berapa harganya dan detail dari tiap koleksi Uniqlo x Hana Tajima season ini? Silakan klik di sini untuk langsung meluncur ke web Uniqlo! :)

You Might Also Like

22 comments

  1. Wah seru ya! Bajunya bagus bagus.. mau~
    Makasih sharing nya :)

    ReplyDelete
  2. I love palazzo pants. Stylenya hana tajima suka juga. Tapi harga celananya pasti di yang batas atas harga koleksi ya ni aka paling mahal, huhuhu. Sebulan belanjanya engga segitu si, kadang ngga belanja sama sekali, tapi kadang lebih, hahaha. *tutupmuka*

    ReplyDelete
    Replies
    1. 499 Mba kayaknya celana2ny.. hehhee.. batas bawah anggaran dr hasil survey ya :p

      Delete
    2. Mahal niaaa, hahaha. Sungguh aku emak irit yang cari barang diskonan, hahaha..

      Delete
    3. Tunggu diskon kali ya Mba, haha. Tapi kayaknya koleksi Hana Tajima yang F/W 2015 itu ga didiskon sampai sekarang :p

      Delete
    4. Tahun depan mungkin ni, aamiin, hahaha..

      Delete
    5. semoga ya Mba, aminin dulu :D

      Delete
  3. Hana Tajima itu hijaber favoritku. Aku suka gaya hijabnya dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba, aku juga suka banget style Hana Tajima :D

      Delete
  4. Waks... itu yg disurvey bukan aku pastinyaa. :D etapi jangan2 klo ditotal beli jilbab, beli baju, kaos kaki, rok bs sgitu jg ya. Haha.. Khas Uniqlo ya. Simple tp ttp keren. Iya bgt nih, skrg seneng liat org2 pd bpakaian ala Modestwear. Smoga mkn byk yg bpakaian ky gtu ya, jd yg tbuka2 lama2 ngilang. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditotalin BuYuu.. mgkn di atas batas minimal.. hihi :p

      Delete
  5. Replies
    1. Iya Mbaa pants nya emang kece.. kalau liat atasan2nya dalam wujud lebih detail mgkn Mba Qia bakalan sukak jugak.. bahhayaa nih koleksi ini :p

      Delete
  6. akhir tahun mampir, belum nemu koleksi yang begini.

    Thanks info nya ya Mba Nia. Mampir aah ke love....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Desy baru ada Kamis kemarin ini koleksinya, baru dilaunching. Hehe. Sama2 Mba Desy, selamat belanja :D

      Delete
  7. Harga nya uniqlo ini kadang masuk akal, kadang nyeleneh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih ini aku setuju banget sama statementnya Om Cum, sering belanja ya Om? Hahha, ketauan nih :D

      Delete
  8. huu ngiler banget liat koleksi barunya uniqlo. Tapi buat aku masih pricey Ni. Harga emang nggak bisa boong sih ya hehehhee. Btw thankyou postingannya. Jadi terinspirasi buat mix n match kaya gitu:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Ifa. Baru ngeh ama komennya. Hahaha

      Delete
  9. I have one! harga emang ga bohong. nyaman.
    Thanks for sharing :)

    Putri | shecalledfashion.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Iya Uniqlo selalu nyaman ya material dan cuttingnya :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)