3 Hal Tentang Vintage Fashion

16:15

Assalamuaikum. Kali ini saya pengen ngomongin Vintage Fashion. Mulai dari pengertiannya yang beragam, di mana tempat belanjanya dan inspirasi Vintage Fashion untuk Modest Fashion. Eh sebelumnya saya mau nanya gimana puasanya teman-teman muslim? Semoga lancar terus ya. Ibadah lainnya juga semoga konsisten, nggak nglokro. Untuk teman-teman yang tidak berpuasa semoga tak kesulitan untuk makan pagi dan siang. Kalau perlu sesekali ikut puasa aja yuk. Lumayan sekalian detoks kan ya. Nah sekarang mari kita mulai ngobrolin Vintage Fashionnya. dinikmati sambil minum teh boleh lho, tapi nanti ya kalau sudah berbuka puasa. Hihi.

3 Pengertian Vintage Fashion


  • Pengertian Vintage Fashion yang pertama adalah vintage fashion dalam artian pakaian jaman dulu yang memang diproduksi dari era aslinya yakni sekitar tahun 20-an hingga 70-an. Pakaian vintage orisinil ini seringkali dibuat dengan fabric dan detail khusus. Menemukan item bagus dari era tersebut ibarat mendapat harta karun bagi pecinta vintage style. Beruntung banget kalau punya Nenek yang fashionable dan merawat barang-barangnya hingga awet sampai kini. Kita bisa banget tuh dapat warisan pakaian vintage orisinil.  
  • Pengertian kedua, vintage fashion sering diartikan sebagai pakaian bekas. Entah stylenya dari era vintage atau bukan, pokoknya kalau beli barang bekas dari beberapa tahun silam ya disebut barang vintage.
  • Sedangkan yang ketiga ada pakaian dengan design dan style era 20-an hingga 70-an yang diproduksi ulang dengan fabric dan teknologi masa kini. Kalau saya lebih suka yang ini nih. Soalnya saya sering takut kalau beli barang dari jaman dulu. Kebayang kalau misalnya orang yang punya barang itu sudah meninggal. Haha. Berlebihan ya.
Pengertian vintage fashion lainnya bisa dibaca juga di Wikipedia Vintage Fashion ya. 

3 Tempat Belanja Pakaian Vintage

  • Pasar Senen adalah tempat yang menjadi percobaan pertama saya mencari pakaian vintage. Saya bela-belain ke sini sendirian lho. Meski ada rasa takut dan was-was, kenyataannya aman-aman saja kok berkeliling area penjual pakaian bekas di Pasar Senen. Waktu itu saya nggak dapat pakaian vintage karena kurang ngubek-ngubek barang yang ada. Malahan dapat celana jeans coklat Forever21. Untuk ke Pasar Senen kita bisa naik Commuter Line turun di Stasiun Senen.
  • Jl. Jatayu Gandaria. Sejujurnya saya belum pernah mencoba sendiri ke sini. Saya tau tempat ini dari instagramnya Fashion Blogger Sonya Erika. Barang-barang yang ia temukan di sana bagus-bagus. Mungkin karena sense of fashionnya dia emang udah tajem ya. Jadilah barang temuannya di sini kece-kece dan nggak kelihatan kalau itu beli di thrift shop. Di sini banyak dijual denim.
  • Cimol Gedebage Bandung. Di sini kita bisa berburu pakaian untuk musim dingin dan denim. Pilihannya sangat banyak. Parka dan bomber jacket juga ada asalkan jeli. Kita bisa nemu pakaian dengan pattern vintage seperi paisley dan polkadot. Saya pernah mencoba naik angkot dari Stasiun Bandung (Stasiun Hall) ke Pasar Cimol Gedebage di Sabtu siang, ternyata macet dan memakan waktu 2 jam perjalanan. 

3 Inspirasi Vintage Style for Modest Fashion

Vintage Fashion bisa banget diterapkan dalam cara berpakaian yang modest. Simak serunya mix and match vintage fashion dari tiga blogger berhijab berikut:
Nada memadukan midi dress paisley dengan outfit lainnya yang sangat kekinian seperti legging dan sneakers. See, vintage fashion cocok-cocok aja dipadukan dengan fashion item kekinian.

Padu padan cullotes dari Shea, baik yang casual maupun formal bisa kita contek jika kita suka dengan vintage style. Cullotes sedang sangat trend jadi bisa banget diapliaksikan dalam outfit keseharian kita supaya ada bau-bau vintagenya.
Saya menemukan blog ini secara random ketika mencari keyword vintage style for modest fashion. Tampilan Nazura Gulfira ini benar-benar vintage from head to toe. Caranya mengenakan scarf sudah seperti perempuan era vintage mengikatkan scarf di bawah leher. Vintage tak pernah lepas dari pakaian bermotif stripes dan tentu saja warna cokelat.

Semoga postingan ini bermanfaat atau sedikit menginspirasi ya. Nantikan tulisan fashion saya lainnya. Salam :)

You Might Also Like

32 comments

  1. Seru sih Nia lihat vintage fashion. Anggun kesannya. Tapi gw setuju buat milih pakaian yang diproduksi di masa sekarang dengan teknologi sekarang. Serem emang ngebayangin apa yang terjadi dengan pemilik sebelumnya. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anggun ya Mas. Hahhaa sama kepikiran klo beliau ada kisah2 tertentu..

      Delete
  2. The best style kalau menurut aku ya Vintage. Suka banget lihat apapun yang terkesan vintage, mulai dari fashion sampai interior rumah :D Kalau aku favoritnya Claradevi, fashion blogger yang gayanya vintage banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga suka stylenya Claire. Tapi karena di blog aku bahasnya modest fashion jadi gabisa kumasukin, hehe. Claire juga smart banget lho, keliatan banget kalau udah ngobrol sama dia :D

      Delete
  3. Gaya vintage memang classy yaa.. rasanya "aman" aja gitu dipakai kapan aja :D
    kalau modest wear yang gaya vintage, aku suka brand Meisje by Tantri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya Mba, aku juga sukaa Meisje :D

      Delete
    2. Nia, mau tanya dong. OOT sih ini hhehe. Itu bisa pakai gambar gif caranya gimana ya? :D

      Delete
    3. Di copy aja Mba kode htmlnya, hehe. Atau save dulu di komputer kita terus upload biasa kayak upload foto ;)

      Delete
  4. Nia, aku merasa tambah cebol pas pake celana gombrong gitu. Ada tipsnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shea Rasol itu kecil juga orangnya Lia, dia ngakalinnya pakai heels dan crop top, atasan yang ngepas di atas pinggang ;)

      Delete
  5. suka banget sama vintage style, dulu sebelum berhijab seringan pake baju vintage sekarang agak bingung mix n match nya ditambah size tumbuh yang melebar ke samping huhuhhu.. thanks reviewnya nia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama Kak Ai Aryuli. Aku lagi pengen berjilbab tp vintage nih Mba, haha.

      Delete
  6. Kangen beli item vintage! Huhuhu. Hayuk nia kapan2 hunting bareng di Senen. Dulu aku sm sahabatku rajin banget hunting di sana, hahaha. Gedebage juga pernah, aku dapat beberapa item buat winter dan vintage dress di sana. Entah kapan pergi ke negara winternya, yg penting beli aja dulu, hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba Lisna, aku mau deh kita ke Senen dulu. Jatayu juga bole, yang penting ada temennya. haha. Abis lebaran aja kali ya pas udah agak senggang ya kan...

      Delete
  7. celana pallazo / kulot emang lagi naik daun banget ya tp kalau gak tinggi rada2 susah hehe, mesti pake high heels deh. Aku suka banget celana lebar2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Shea ga tinggi jg Mba. Iya diakalin pakai heels atau wedges, lebih kece pake atasan yang crop top gitu, jadi efeknya kaki keliatan lebih panjang ;)

      Delete
  8. udah habis lebaran kita bikin trip ke SENEN :p

    Tips ke senen kalau dateng selasa dan sabtu jam 8 udah di sana, dijamin mereka baru dapet barang dan belom rebutan :D

    Jeng kamu mah ga bakal di colek, orang udah keburu males liat muka kamu (baca : kita) yang FIERCE :p


    Hayuklah ke JATAYU, kapan ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senen dulu yuk abis lebaran. Kita? Situ aja keleus, haha :p

      Delete
  9. Kalau berpakaian Mbak Nia seperti dalam foto-foto di atas disebut vintage style, itu mah keren banget. Jadi ada ya tempat tempat khusus yang menjual vintage style...Hehehe.. baru tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tempat jual baju bekas sih Mba sebenernya, cuma kita bisa dapat pakaian era lama yang seringnya masih bagus atau kadang branded. Iya Mba, itu ada vintagenya dikit-dikit darimotif atau model cuttingnya misalnya di celana cullotes :D

      Delete
  10. Baru tahu ada vintage fashion juga. Kirain selama ini vintage goods doang yang biasa jd inceran coffee shop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju juga Mas, incaran wanita pecinta vintage, hehe

      Delete
  11. Sebenernya aku juga suka banget vintage fashion, karena someday akan terulang lagi walau ada twistnya. Duh dari dulu belom kesampean nih hunting ke pasar loak kayak di Senen, pan kapan yuk! *lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Ratri nanti kalau kami planning ke Senen aku whatsapp ya :D

      Delete
  12. aku lagi seneng nyobain mini dress dg bawahan celana lurus nih, mini dressnya suka karena tetep nutupin pantat, hihi...
    niaa, kapan2 ayuk meetup di acara2 blogger..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya secara berjilbab kan ya, emang musti modest dan sopan, terutama memperhatikan bagian-bagian yang seharusnya tidak terlalu diekspos ya. Ayo Put insya Allah kapan2 ya. :)

      Delete
  13. kalo sekarang, gaya vintage identik ama generasi baby boomer ya..
    era 70an, yang cenderung "rapi"
    etapi itu di fashion pria sih,, ga tau de klo yang cewek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sih Mas, yang aku lihat vintage ini emang lekat banget ke preppy look ya, yang rapi gitu :D

      Delete
  14. Pake hijab ternyata bisa begaya apa aja dan tetep keliatan cantik manjah gitu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Om Cum, masi bisa cantik2 manja syar'i :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)