Mencari Pakaian untuk Hari Raya

12:46

Assalamualaikum. Tak terasa Idul Adha akan segera tiba. Kira-kira tinggal satu minggu lagi. Barangkali weekend ini ada yang sedang mencari pakaian untuk Idul Adha? Saya mau sharing beberapa tips tentang pakaian hari raya di postingan kali ini.

Tak Harus Baju Baru

Hari raya tak selalu harus menghabiskan banyak alokasi dana. Kita umat muslim dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik yang bersih pada hari raya. Oleh karena itu, pakaian yang kita kenakan di hari raya tak selalu harus baru. Bisa saja kita mengenakan pakaian terbaik yang sudah dipunya. 

Makanya membeli pakaian dan menjaganya ibarat investasi. Pilih yang modelnya basic sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lebih lama. Selain itu juga kita harus merawat pakaian yang sudah kita punya, supaya awet dan bisa dipakai lagi pada kesempatan lainnya. Trend akan terus berulang sebagaimana saat ini trend tahun 90-an sedang kembali digemari. 

Pakaian yang kualitasnya bagus tak selalu yang harganya mahal lho. Jika memang menginginkan baju baru, sebaiknya jangan membeli mendadak. Karena jika mendadak maka pilihannya akan semakin sedikit. Selain itu kita juga jadi pressure merasa "harus dapat pakaiannya hari ini juga." Akibatnya bisa saja membeli pakaian yang tidak bisa kita kenakan lagi di kesempatan lainnya. Jadi boros dan mubazir. Bertanya pada teman yang hobi belanja akan memudahkan kita menemukan tempat belanja pakaian berkualitas dengan harga yang membuat kita senang.

Pilih Pakaian yang Nyaman

Kenyamanan memang relatif bagi setiap orang. Menurut saya kenyamanan itu tergantung pada material dan cutting/model pakaian. Material/bahan selalu saya jadikan poin utama dalam memilih pakaian. Kualitas pakaian sangat tergantung dari materialnya. Tak apa memakai baju raya yang bahannya seperti yang saya pakai ini asalkan dalamnya ada furing dengan kualitas bagus yang nggak akan bikin saya kepanasan. 

Sholat Ied pasti ramai-ramai di Masjid atau lapangan ya, jadi musti pilih pakaian yang tidak akan membuat kita bercucuran keringat. Nanti malah jadi nggak bisa fokus ibadahnya karena kegerahan.
Selain material bagus, pakaian yang nyaman biasanya yang memudahkan kita begerak. Pilih yang model pakaiannya tidak terlalu merepotkan. Hindari mengenakan rok yang menyulitkan kita berjalan. Nanti malah ribet ketinggalan saat keluarga kita silaturahim untuk menyapa keluarga lain dalam perjalanan menuju dan sepulang lokasi sholat Ied. Untuk para muslimah sangat penting untuk tidak membeli pakaian yang lengannya tidak bisa dinaikkan sampai siku sehingga menyulitkan kita saat hendak berwudhu.

Pilih Pakaian yang Sesuai Ketentuan Agama

Memang tidak semua dari kita sudah mengikuti syariah secara kaffah, termasuk saya. Namun ada baiknya di Idul Fitri dan Idul Adha kita jangan memakai pakaian yang ketat. Nanti risih sendiri lho, sewaktu duduk gusar mikirin ada bagian yang seharusnya tak terlihat yang nongol apa enggak. 

Lagipula pakaian yang ketat kurang baik untuk sirkulasi udara ke kulit kita, alias nggak sehat. Menyiksa kulit. Selain itu juga jadi ngeganggu kenyamanan karena jadi gampang keringetan. Jangan sampai deh setelah lepas mukena kelihatan ngejeplak basah keringat di punggung atau bagian lainnya. 

Hindari Pakaian yang Mencolok

Di hari raya semua orang berbahagia. Semua orang menjadi sangat baik. Momentum bagus ini jangan sampai berubah menjadi area ghibah karena kita mengenakan pakaian dengan warna yang terlalu mencolok atau dengan hiasan yang menyilaukan sehingga memusingkan mata orang-orang yang melihat kita. Kalau banyak yang tersiksa karena kehadiran kita pasti bakalan ada aja yang ngomongin. Warna putih, pastel dan shabby akan cocok untuk dikenakan di hari raya.

Pakaian yang terlalu mewah juga termasuk pakaian yang mencolok. Di mata Allah semua orang sama kecuali amalan ibadahnya. Momentum hari raya merupakan momen langka di mana semua orang berbaur menjadi satu di Masjid atau lapangan untuk melaksanakan shalat Ied. Sebisa mungkin jangan mengenakan sesuatu yang berlebihan supaya silaturahim dengan semua Saudara-Saudara sesama muslim bisa lebih akrab. Setahun cuma dua kali lho,
Nah itulah beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk teman-teman yang sedang mencari pakaian untuk Idul Adha. Mencarinya tak harus di mall, toko, atau online shop lho. Bisa kita cari di lemari pakaian kita sendiri aja, jangan mencari di lemari orang, please. :p
Nah, dress bisa juga dijadikan pilihan untuk para muslimah. Saya suka mengenakannya di hari raya karena memberikan kesan anggun dalam kesederhanaan. Selain itu juga simple sekali, hanya satu piece saja. Mempersiapkannya juga lebih gampil. Tidak perlu bingung mix and match dengan atasan atau bawahan yang mana. Setrikanya juga jadi lebih cepat (ehm, alasan utama saya). 

Kalau bisa pilih dress berpotongan A Line seperti yang saya kenakan ini supaya mudah bergerak. Di hari raya saya selalu pulang ke rumah orang tua, jadi kadang-kadang dipanggil tetangga atau teman yang sudah lama tak melihat kita dan ketika mereka memanggil tentu saya harus segera menghampiri tanpa berlama-lama.

Kebetulan dress ini saya pakai di Idul Fitri yang lalu. Tentu saya tak bersepatu saat ke Masjid. Saya lebih suka mengenakan sandal yang simple supaya nyaman saat berjalan ke Masjid. Dress ini dari brand by Ummu Balqis. Salah satu brand yang selalu mengutamakan kenyamanan dan kemudahan untuk para muslimah yang mengenakan produknya. Saya beli dari instagram @gita_moslemstuff. Untuk saat ini sepertinya dress ini sudah tidak dijual lagi.

Ada tips mempersiapkan pakaian hari raya ala teman-teman  yang belum saya share di sini? Kasih tau di kolom komentar ya. Selamat bersiap untuk amalan-amalan menyambut Idul Adha. :)

You Might Also Like

12 comments

  1. Kalo lebaran idul adha mmg ngak harus baru yesss
    tapi kalo idul fitri, maka gw wajib beli baju baru HARUSSSSSSSS karena malu ama sang pencipta, kalo mau ngapel pacar aja baju baru, mau kondangan baju baru ... eh mau menghadap sang pencipta kok yaa baju sisa ihik ihik. Setahuns ekali baju baru buat sholat idul fitri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuwl Om klo komparasinya pas hablumminanaas beli baju baru pas ibadah di hari raya mah kudu beli baroe juga biar lbh berkah.;)

      Delete
  2. Ish...kece sekalih sisteriuz ini

    setuja sama oom cumilebay, kalau idul fitri musti baju baru hehehe kalau idul adha sih tergantung kadang baru kadang yang terbaik yang ada, pokoknya kalau menghadap kudu yang terbaik. Biasanya pilih gamis biar bisa langsung cusss sholat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kusuka gamis jg. Ciee mamtir setuju2 aja ama omcuum :p

      Delete
    2. Ish, sama suhu kudu setuju (selama bener) klo nggak ttp nanti di repisih kok *senyum jail*

      Delete
  3. Iya bajunya ngga mesti baru, yg penting kitanya aja yg cantik,hahaha. Bajunya bagus nii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi beautiful blogger Indonesia :*

      Delete
  4. Baju ngga perlu baru, tapi kalau ada rejeki bisa beli baru alhamdulillah hehehe, plus jangan lupa ber-kurban biar lbh afdol. Nice post neng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Qurban lebih utama ya. Makasi Mba Sandraa :D

      Delete
  5. Cantik banget bajunya... Jadi pengen juga. Yah ngga dijual lagi ya? Huhuhu
    Makasih ya infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang jual prelovednya Hana. Bajunya ucul ya :D

      Delete
  6. benar banget, saya setuju sama mbak nia..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)