JFW Report: Terrestrial - ETU Spring/Summer 2017.

Assalamualaikum, Sabtu lalu event fashion tahunan yang sudah saya tunggu-tunggu, yakni Jakarta Fashion week (JFW) akhirnya digelar juga. Saya berkesempatan menyaksikan pagelaran busana brand ETU by Restu Anggraini (Kak Etu) pada hari pertama JFW 2017. Tema peragaan busana dari ETU saat itu adalah "Terrestrial" yang terdiri dari 13 looks yang berhasil membuat saya kagum. Semua looks saya tampilkan di blog post ini. Jadi untuk teman-teman yang belum berkesempatan nonton fashion show ETU, enjoy this post!

ETU merupakan brand eksklusif dari Restu Anggraini. Ekslusifitas ETU di mata saya terletak pada material yang digunakan dan designnya yang lebih "serius." Brand Kak Etu yang lain yakni Restu Anggarini, lebih wearable for everyone in daily occasions.

Sebelum terlalu banyak spoiler tentang koleksi ini, saya akan menampilkan ke-13 looks yang bisa teman-teman nikmati dengan perspektif dan imajinasi masing-masing.
Sebagai pengamat designnya Kak Etu, saya merasa Terrestrial ini jauh lebih detail dibandingkan koleksi ETU sebelumnya (JFW 2016: ETU by restu Anggraini SS2016 The Rationalist). She really is evolving. Going better. It made me love her design more. Detail pada headpiece-nya juga menimbulkan kesan bahwa ETU is going stronger.

Saat mendengar terrestrial, saya ingatnya terrestrial sebagai suatu teritori khusus. Misalnya terkait dengan batas laut suatu negara seperti Zona Ekonomi Eksklusif yang ditetapkan 200 mil laut dari garis dasar pantai. Kemudian saya mencari pengertian terrestrial di wikipedia, ternyata begini pengertiannya "terrestrial refers to things related to land or the planet Earth" (Wikipedia, diakses pada 28 Oktober 2016). 

Terrestrial by ETU didominasi ruffles dan flounches yang mengingatkan saya dengan trend fashion Era Victorian yang sekarang sedang banyak digemari dan saya juga suka. Meski material yang digunakan terlihat tebal, flounches dan ruffle pada tiap koleksi terlihat sangat chic. It seems like being pretty in serious way.  As she mentioned herself, It’s like everyone loves you, but you’re untouchable. Because, you are the boss!” Terrestrial.

Palet warna yang dipilih pada koleksi ini masih sama dengan koleksi ETU sebelumnya, yakni earth tone, namun koleksi Terrestrial lebih banyak didominasi warna natural. Sesuai dengan tema koleksi ini yang mengesankan lebih dekat dengan alam dan lingkungan. Koleksi ekslusif "Terrestrial" ETU tediri dari outer, kemeja, dan wide cropped pants yang sangat wearable untuk dikenakan saat bekerja atau menghadiri event formal.
Selepas fashion show, saya dan teman-teman Indonesian Hijab Blogger bertemu dengan Kak Etu dan tentu saja foto-foto. Dari situlah saya baru tau kalau koleksi Terrestrial tadi materialnya dibuat dari daur ulang botol plastik. Benar-benar nggak kelihatan kan ya? Materialnya terlihat sangat eksklusif.

Saya senang sekali mendengar bahwa plastik bisa didaur ulang menjadi material yang bisa dibuat menjadi pakaian yang nyaman. Sustainable fashion, yakni keberlangsungan dunia fashion yang mendukung pelestarian lingkungan sepertinya bukan lagi gembar gembor. Dari instagram ETU saya jadi tahu kalau koleksi tersebut merupakan hasil kerjasama brand ETU dengan Toray Industries, Jepang. 

Toray Industries menggunakan material ramah lingkungan berteknologgi tinggi sehingga bahan-bahan seperti plastik yang sangat sulit diuraikan oleh tanah bisa menjadi koleksi fashion eksklusif dari ETU . Bahan pakaian yang tebal pada koleksi ini dibuat dengan material suede yang dikenal dengan branding Ultrasuede. Kabarnya Ultrasude dapat dikenakan sepanjang tahun dan akan terasa dingin saat musim panas. Sepertinya cocok ya untuk cuaca di Jakarta yang sering sangat panas kemudian tiba-tiba hujan dan udara menjadi dingin kemudian panas lagi.


My favorite look from this collection is no. 12. Tampilan sebelum penutup yang dibawakan oleh Paula Verhouven. What do you think about this collection? And which one is your favorite? :D

26 comments:

  1. Ya ampun cantik2 Banget desainnya :D suka sama quotesnya ”It’s like everyone loves you, but you’re untouchable. Because, you are the boss!” Terrestrial :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Hana, Girl Boss banget yak. Designnya Kak Etu emang supa cantik tapi jg strong, hehe :D

      Delete
  2. Womane rules banget ya ni koleksinya etu ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  3. Outernya cakep-cakep yah, Nia. Aku suka modelnya bergelombang gitu. Hahah. Lovely banget lah! ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beby makasih yah udah share di google+. Aku malah belum sempet. Iya bergelombang lucuk ya Beb. Aku juga sukak :D

      Delete
  4. Aku sukaaaa.. girl boss rules! Detailnya keren ya. Tp apakah ruffles akan membuatku makin lebar?! Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga juga Mba kayaknya, hehe. Dia nyamarin jg. Tapi jangan pilih yang bertumpuk banyak :D

      Delete
  5. Haduuu aku suka semuanya, gak nyangka bgt kalau itu hasil plastik yg didaur ulang. Anyway foto-fotonya jernih bgt. ๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ga nyangka ya kalau dari bahan daur ulang. Makasi Retno :*

      Delete
  6. Akoh suka no, 2 sama 7 hihihi...perlu punya kayaknya bagi gie yang suka tetiba kedinginan tapi males bawa jaket *alasan lain untuk belanja baju baru* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Outer2 ya Nggi? Aku jg skrg sering kedinginan di kantor dan kepanasan kalau keluar. Dilematis :p

      Delete
  7. Niaaa tulisan kmu bagus bangettttttt... Dan foto2nya jugaaa.. Looveeee

    Koleksi ETU emang kece-kece banget,detailnya apalagi. Setuju sm nia,ETU bener2 berkembang jauh bgtttt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi banyak Kak Put, aku melayang dipuji KakPut, haha. Iya Kak Etu warbiyasak yaa :D

      Delete
  8. Sukak banget sama semua koleksinya Etu! Semoga next time bisa liat langsung fashion show nya.. Amiin

    ReplyDelete
  9. Aku suka nomer 4.. Karena warnanya warna kesukaan aku dan outernya cantiikk.. Koleksi Etu kali ini bikin gemes yaaa.. Cantik semuanyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gemas banget Mamiir, smg harganya ga bikin gemas jg. Haha :p

      Delete
  10. Etu memang kereen. Aku suka outer2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget ya Mba Witha. Aku juga sukaak :D

      Delete
  11. niaaa, kalo nia yang pake tambah cocok banget, tinggi semampai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga harganya cucok juga ini nanti Mba :D

      Delete
  12. keren iihh Nia, bisa dapet semua foto-fotonya tampak depan dan belakang pulak... hehehe best view yah tempat duduknya kemarin :) kereeennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita dapat row 2 kan ya Mba klo ga salah, mayan :D

      Delete
  13. aku jatuh cinta sama look ke 5... karna yang pakai juga cantik yaa hahaha :D
    as always, koleksi ETU selalu keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampilan ke-5 sleek dengan detail di lengan ya Mba :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Powered by Blogger.