Premier BTDLA2: Apakah Penemu Amerika adalah Muslim?

Assalamualaikum. Ada yang suka dengan Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 1? Saya sangat suka dengan film pertama BTDLA tersebut. Kampanye bahwa Islam itu damai benar-benar dapet. Ketegangan dan misteri-misterinya saya suka. Maka ketika ada ajakan nonton bareng Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 dari Indonesian Hijab Blogger (IHB), saya mengusahakan untuk bisa ikutan. Sekalian ketemu teman-teman IHB.
Berbeda dengan BTDLA 1, kali ini premier BTDLA 2 diselenggarakan di Plaza Indonesia. Ini kali pertama saya nonton di PI. Saya emang jarang ke mall, jadi nggak usah heran kalau saya terakhir ke PI tahun 2012. Hahaha. Suasana sangat ramai di XXI PI. Saya yakin penikmat bioskop reguler agak terganggu dengan keramaian ini. Tapi bisa jadi mereka juga bersyukur karena barangkali bisa jumpa dan foto bareng aktor dan aktris pendukung BTDLA 2 seperti Abimana, Acha Septriasa, Nino Fernandez, Rianti Cartwrigh, Hannah Al Rashid, dan Ira Wibowo.
Iya saya tahu kalian pasti sudah penasaran dengan film ini. Kita langsung bahas filmnya aja yuk. Saya punya pesan ke teman-teman yang ingin nonton film ini. Pertama, jangan meleng sewaktu film ini mau mulai. Kenapa? Karena keterangan pada pembuka film dan adegan awal film akan menjadi kunci dari misteri yang harus dipecahkan Hanum di film ini. Kalau meleng atau nggak baca keterangan di awal film ada kemungkinan kalian akan bingung. Apalagi kalau teman nonton kalian termasuk tipe yang malas ditanya-tanya ketika sedang menikmati film. Jadi usahakan fokus ya dari awal, nanti di tengah-tengah film bisa meleng lagi kok.
Jadi ceritanya Hanum dan Rangga masih ada di Amerika. Mereka hendak kembali ke Wina tapi kemudian justru Getrude memberikan tugas baru untuk Hanum. Tugas apaan dan gimana dengan kelanjutan tokoh-tokoh lain seperti Stefan dan Jasmine? Gimana kabar Azima Hussein dan anaknya? Yuk mari kita bahas satu-satu supaya nggak penasaran lagi. Tenang saja saya tak akan memberikan spoiler, jadi semoga kalian jadi makin penasaran sama filmnya setelah baca review aku ini ya.

Hanum dan Rangga

Tugas yang harus diselesaikan Hanum dalam BTDLA 2 adalah membuat artikel mengenai penemu Amerika. Boss Hanum mendapatkan informasi bahwa sebelum Christoper Columbus menemukan Amerika, kaum Muslim dari Cina yang terkenal dengan julukan Cina Hui, telah terlebih dahulu menginjakkan kaki di Amerika. Saya pun ikut kepo karena merasa terwakili dalam dua hal oleh kaum Cina Hui. Pertama, mereka adalah saudara kita, sesama muslim. Selain itu sama dengan kita, Cina Hui juga berasal dari Asia.
Hanum diberitahu tentang sebuah koin emas peninggalan Laksamana Cheng Ho yang ada pada kaum Cina Hui yang tersisa. Bangga lagi nggak sih, Laksamana Cheng Ho juga pernah ke Indonesia. Ingat Masjid Cheng Ho yang ada di Surabaya kan? Kita sudah menjadi bagian dari peradaban besar Asia dan Islam sejak dulu lho. Sudah selayaknya kita meninggalkan mental terjajah yang mudah dihasut dan diadu domba. 
Nah, Hanum harus menemukan koin emas tadi dari tangan Peter Cheng (kalau nggak salah nama) yang ada di San Fransisco. Rangga pun setuju untuk ikut ke sana. Sekalian periksa ke dokter ahli kandungan karena Hanum dan Rangga sudah ingin punya anak.

Ternyata Peter orangnya sangat-sangat weird. Tapi pemerannya cakep, mirip Siwon. Kemudian saya tau dari Ifa kalau nama pemerannya Boy William. Ditemani Azima yang memang ahli sejarah dan dianggap sangat paham sejarah Islam di Amerika oleh Getrude, Hanum menemui Peter. Lalu mereka tiba-tiba ditemui seorang pria Cina lainnya yang ganteng. Eh.

Peter kabur saat melihat pria itu, kemudian koin yang diberikan tadi dibawa ke temannya Azima yang ahli tentang barang-barang antik dan sejarah. Seorang perempuan keturunan Cina yang muslim. Wanita itu berjanji akan memberikan info lanjutan pada Hanum. Setelah itu ketika Hanum berjalan sendirian dia diikuti pria Cina tadi, bahkan diancam dengan pisau segala.
Keesokan harinya Hanum dan Rangga bersiap untuk ke appoinment dengan dokter. Tapi kemudian Hanum ditelpon wanita ahli sejarah teman Azima tadi di suatu area pecinan yang kemarin. Ternyata Hanum masih diincar oleh pemuda Cina yang kemarin. 

Sebenarnya sepenting apakah koin itu dan apakah Hanum berhasil memecahkan misinya membuktikan bahwa Amerika ditemukan oleh kaum Muslim? Bagaimana dengan Rangga yang sudah mengusahakan appoinment dengan dokter tapi malah istrinya sepertinya sangat sibuk dengan misinya? Apakah ancaman yang dialami Hanum yang tidak diceritakan pada suaminya akan menjadi pemicu masalah hubungan mereka? Well, silakan saksikan sendiri filmnya ya kalau mau tau jawabannya. :p


Azima Hussein (Julia Collins), Sarah dan Mama Julia (?)

Saya nggak ingat apakah Mama Azima/Julia ada pada film BTDLA pertama. Namun demikian dalam BTDLA 2 kita akan melihat bagaimana Abdullah Hussein melamar Julia Collins dan perjuangan mereka hingga bisa menjadi pasangan suami istri. Saya makin salut dengan Azima Hussein setelah melihat adegan flashback tersebut. Nggak kebayang seorang mualaf yang suaminya dituduh teroris harus membesarkan anaknya sendirian.
Ada masalah dalam hubungan Azima dengan ibu kandungnya, Antara lain karena Julia memilih masuk islam dan menikah dengan ayah Sarah. Seperti Hanum dan Rangga yang punya misi kedua ikhtiar mendapatkan anak di San Fransisco, Azima juga punya misi lain selain menemukan bukti sejarah Amerika ditemukan oleh kaum Muslim. Azima berusaha membuka komunikasi dengan ibunya yang kini tinggal sendiri karena ayahnya memang sudah meninggal beberapa tahun lalu. 

Ternyata ibunya sangat membenci Azima dan bahkan tidak mau melihat Azima dan Sarah. Biasanya nenek-nenek gitu kan luluh ya kalau punya cucu, ini enggak lho. Beberapa teman saya menangis pada adegan-adegan Azima, Sarah dan sang nenek. Namun demikian saya dan Ifa justru sibuk membicarakan wig Ira Wibowo yang kurang alami. Padahal aktingnya udah bagus banget, hiks. Kira-kira kejadian apa ya yang nanti bisa bikin Azima bisa bersama ibunya lagi? 
Bagaimana almarhum Abdullah Hussein selalu menulis surat untuk Mrs. Collins membuat saya nambah ilmu. Dalam Islam tak ada mertua, adanya orang tua yang bertambah ketika menikah. Jadi meski Mrs. Collins menutup komunikasi dengan mereka, Ab tetap selalu mengirimi beliau surat dan menceritakan perkembangan keluarganya. Ketulusan hati dan kasih sayang Azima ke ibunya juga luar biasa, kali ini bukan kasih sayang orang tua ke anak yang digadang-gadang, kasih sayang anak pada orang tua pun tak ada habisnya.


Stefan dan Jasmine

Masih ingat akhir BTDLA 1 kan? Stefan yang tiba-tiba ingin menseriusi hubungannya dengan Jasmine tiba-tiba malah ditinggal Jasmine yang katanya sedang mengandung anaknya. Si ganteng Stefan dipaksa ikut ke San Fransisco oleh Rangga. Usahanya memperbaiki hubungan dengan Jasmine akan membuat kita tersentuh sekaligus tertawa lho. Meski dia sudah tobat, ternyata susah juga membuka hati pujaan hatinya yang sudah terlanjur kecewa. 

Well, film ini menunjukkan bahwa Islam memang sangat menghargai perempuan. Apabila seorang pria memang menghormati wanita yang ia cintai, maka dia akan mengajak menikah wanita tersebut.

Modest Fashion

Seperti halnya BTDLA 1, kita akan dimanjakan dengan pakaian-pakaian apik yang dikenakan Acha, Hannah, dan Azima. Stylistnya cucok dengan selera para penonton. Bisa jadi inspirasi berpakaian sehari-hari karena tak berlebihan.

Ngomong-ngomong soal fashion, hari itu saya mengenakan pleated cullotes pants, atasan turtle neck navy dari Restu Angrraini, Romanian Vest dari Saggnya dan scarf dari Kamiidea. Dresscode malam itu navy sih, outfit saya cukup mewakili navy lah ya semoga, hehe.
Oiya, ada tokoh penting dalam film ini, seorang tokoh kakek tua yang sudah sangat sepuh dan selalu ada di kursi roda. Beliau juga selalu memakai gamis. Beliau ada hubungannya dengan adegan pembuka film ini dan akan membuka kunci jawaban atas misteri BTDLA 2. Jika kalian penasaran, silakan diobati di bioskop terdekat mulai 8 Desember nanti! Saya jadi pengen berkunjung ke Ningxia Hui di Cina nih. :D

41 comments:

  1. Ya ampun lengkap banget reviewnya Nia.. Sama pengen ke Cina juga :) amin. semoga suatu saat bisa ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ga kepanjangan ya Hana reviewku, amiin semoga suatu saat kita bisa ke Cina ya :)

      Delete
  2. lengkap ampe ke kostum pemain film :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, biar ada kaitan ama niche blogku Mba :)

      Delete
  3. Suka kalo Nia me-review apapun, lengkap dan smart! :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Segera diedit, makasiy infonya Mba Lisna :D

      Delete
  5. Aku malah belum nonton yang nomor 1 :'(

    ReplyDelete
  6. Aku belum sempet nonton BTDLA 1, udah ada yg ke-2 aja. Ngerti ga yaa kira-kira kalo langsung nonton yang ke-2? Padahal film 99 Cahaya Di Langit Eropa aku udah nonton dua-duanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bakal tetep ngerti aja kok Indah, beda misteri yang dipecahkan. Bingung2 dikit di awal palingan. :D

      Delete
  7. Niaaaa.. knp kita ga fotbar kmrn yah hehehe

    Ahh aku di film ini dibuat meleleh sm Nino, biasanya Abimana hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mba, eh kita foto bareng ga sih? Lupa.. Lain kali musti inget! Hehe. Iya sama Mba, Nino kok makin ganteng ya #eh

      Delete
  8. Nia tolong jelaskan siapa pemain tampan sodaranya peter cheng #AkuPenasaran wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku juga belum tau Mba, aku tanya Ifa lagi nanti kali ya :p

      Delete
    2. Sodaranya yg main boy william yah? Aku juga blm tau siapa wkwkwk nanti deh ku kepoin duluuu~~

      Delete
    3. Nia kali ini pokus sama yang ganteng2 yaaaa,hahaha. Eh tp si mas cina saudaranya peter larinya culun. Hahaha..

      Delete
    4. Ifa: udah tau belum Fa skrg?
      Mba Lisna: akting larinya kurang oke ya? :p

      Delete
  9. Pengen nonton BTDLA2 tapi belum nonton yang 1 T.T
    Nice review, lengkap banget inii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba, seru jg lho BTDLA 1 :)

      Delete
  10. senengnya ada yg review lengkap, jd gak ngerasa ketinggalan walaupun gak ikut nobar kemarin (hiks!) salah fokus, jd terngiang-ngiang soal wig yg kurang pas. waktu BTDLA1 juga aku merasa begitu, wignya azima. tapi ketutup sama kualitas actingnya yg bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah, aku malah lupa yang Azima. Kalau itu beneran wig kan yah. Ini ceritanya sbg rambut asli, huhu

      Delete
  11. saya pengen banget nonton, tapi kebetulan berbarengan sama headshot. jadi saya pilih headshot dulu deh..hehe

    reviewnya bikin penasaran mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. I see, udah ada di bioskop mulai hari ini tuh. Headshot bagus ya?

      Delete
  12. Foto Acha sama Riantinya mana Niaaa?
    wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha maap Mas adanya poto aku dan teman-teman ya malahan :p
      Kemarin sempet liat Acaha sebelum acara, tapi ga ketemu lagi abis nobar :D

      Delete
  13. Uuuw aku menang banyak di postingan kali ini wkwkwkkwkw

    Review nia selalu kayak kripik bukan garing tapi renyah..

    Eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Azeek pujianmu selalu baru Fa, membuat hatiku berderu, hahahahaa. Iya jejer aku makanya nanri banyak fotonya :D

      Delete
  14. waaah aku jadi penasaran. Eh eh tapi kira kira kalau BTDLA 1 nya gak di tonton bakalan nyambung gak ya kalau langsung nonton yang kedua?

    Wkwkwkw dasar bu ibu malah salah fokus sama wig.

    btw suka gaya OOTD nya mba.
    Navy chic ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba, bakal nyambung aja kok Mba karna beda cerita dan beda misteri nih, hehe :)

      Delete
  15. 1. tumben potomu kecil2
    2. Salfok sama foto kamu dan ifa di belakang ada penampakan (bukan bunbes)
    3. Hayuk ke China, kapan ??? *rayu koko jadi guide* hahhaa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Karena kebanyakan foto muka makanya aku ga pakai ukuran biasanya :D
      2. Hahaha tar aku cek fotonya
      3. Dia pasti blm pernah ke Ningxia Hui lah :p

      Delete
  16. Lengkap banget kaka review nya... gak nyesel pilih nobar bareng kalian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Mba Oka, wah pas acara kmrn kita belum sempat ngobrol ya kayaknya, next time ngobrol2 yuk Mba :)

      Delete
  17. mau banget nonton ini, sabar dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini masih ada Mba, jadi paling nggak sampai Kamis masih ada mungkin ya :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Powered by Blogger.