First Experiencing Airbus A320 Neo from Citilink

"Kuda lumping makan beling, selamat datang di Citilink". Demikian sapaan hangat pramugari khas dari Citilink yang selalu saya ingat. Pantun yang kelihatannya sederhana ini sering menjadi obat yang meregangkan otot dari segala drama yang sudah dilalui setiap penumpang untuk sampai ke seat mereka. Perjalanan ke bandara memang seringkali punya banyak cerita. Ngomong-ngomong udah pada pernah naik Citilink kan? Dulu ketika saya masih tinggal di Sumatera Barat, saya cukup sering memilih maskapai ini karena dengan tarifnya yang bersaing, layanannya relatif selalu tepat waktu.
Meskipun sekarang jarang naik pesawat, Jumat 24 Februari lalu saya berkesempatan menyusup secara resmi ke Garuda Maintenance Facility di Hangar 4 Bandara Soekarno Hatta. Ini merupakan kesempatan langka karena tak semua orang bisa masuk ke maintenance facility gini. Kesempatan istimewa ini saya dapatkan berkat kedatangan pesawat terbaru Airbus A320Neo dari Citilink. Pesawat ini baru saja mendarat dari Tolouse-Perancis sehari sebelumnya. Masih baru banget.
Apa sih istimewanya Airbus A320Neo dibanding Kakaknya, Airbus A320 yang sudah lebih familiar di telinga kita? Material A320Neo yang didominasi komposit serat karbon sehingga membuat A320Neo jauh lebih ringan. Dampaknya tentu saja jadi lebih hemat bahan bakar hingga sekitar 15% dibanding armada sebelumnya. 

Kalau bahan bakarnya lebih hemat, otomatis emisi gas karbon yang dihasilkan juga jauh lebih rendah. Hal ini tentu saja membuat Airbus A320Neo lebih irit dari sisi finansial dan juga lebih ramah lingkungan. Kapasitas penumpang A320Neo 180 seats, sama dengan Airbus A320. Padahal kapasitas maksimal pesawat airbus bisa sampai 220 seats lho. Tapi Citilink menerapkan 180 seats supaya lebih nyaman dan spacious untuk penumpang. Dengan fokus layanan Low Cost Carrier, maka semua seats yang tersedia merupakan kelas ekonomi.
A320Neo digadang-gadang jauh lebih senyap dibanding pesawat komersial lainnya yang saat ini banyak digunakan oleh maskapai. Artinya jika penerbangan kita panjang, kita bisa tidur dengan lebih nyaman karena suara mesin yang masuk ke kabin jauh lebih senyap. Ini berkat mesin terbaru yang ada pada A320Neo. Ps. kepanjangan Neo: New Engine Option. Meski mem-branding dirinya untuk Low Cost Carrier, nyatanya Citilink sangat peduli dengan kenyamanan para penumpangnya ya. Tempat duduknya spacious dan mesin pesawat tebrarunya lebih senyap. Cocok buat yang perlu istirahat selama penerbangan.

Nantinya Airbus A320Neo akan digunakan untuk penerbangan dengan waktu tempuh yang cukup panjang, yakni sekitar 3 jam. Sasaran utamanya untuk rute Indonesia Timur, China, dan untuk jama'ah haji dan umroh.  Sementara ini A320Neo akan difokuskan untuk penerbangan domestik dulu. Tahun ini Citilink merencanakan akan mendatangkan 5 A320Neo. Untuk rencana jangka panjangnya, Citilink menargetkan untuk mendatangkan total 35 pesawat hingga 2021 nanti. 
Acara penyambutan A320Neo masuk ke hangar dibuka dengan musik gamelan dan tari-tarian dari beberapa daerah di Indonesia. Kemudian muncullah A320Neo pelan-pelan dan langsung disambut dengan water sallute. Pilot yang membawa masuk A320Neo ke hangar 4 sama dengan pilot yang membawa pesawat ini dari Toulouse ke Jakarta lho. Beliau tentu saja menjadi idola para tamu yang hadir di acara penyambutan Airbus A320Neo, banyak yang foto dan selfi bareng. Acara formalnya tidak terlalu lama, Plh Direktur Citilink Indonesia, Bapak Mega Satria membuka dan meresmikan acara penyambutan ini. Hal-hal yang saya ceritakan di awal postingan ini sebagian besar merupakan informasi yang beliau sampaikan.
Citilink tau aja kalau kami sudah mulai lapar, akhirnya aneka snack, bakso, dan minuman segar bisa kami nikmati. Wajah-wajah di hangar IV kembali sumringah, hehe. 

Event yang paling kami tunggu-tunggu pun tiba, kami boleh masuk ke A320Neo! Bahkan kami boleh menjajal duduk di kursi pilot. Pengalaman ini belum tentu akan terulang, banyak yang antusias untuk berfoto di cockpit hingga mengantri. Kami juga mencoba duduk-duduk santai di kursi A320Neo. tempat duduknya memang jauh lebih banyak dari pesawat yang biasa saya tumpangi. Kalau secara tampilan luarnya tidak terlalu banyak perbedaan antara A320Neo dengan A320.
Masuk ke cockpit ternyata menimbulkan ketegangan tersendiri, membayangkan diri saya mengendalikan moda transportasi yang mengangkut ratusan orang dari moncong terdepan pesawat, hmm... Kayaknya saya bakal mundur aja deh, jadi pramugari aja nggak apa. Moncongnya di depan banget gitu. Jadi makin salut dengan para pilot.

Saat tour experience di dalam A320Neo, kebetulan saya bareng beberapa blogger yang sudah saling kenal. Ada Jeng Nanda, Kak Eka Situmorang, Mas Salman Biroe dan Dee Rahma. Jadi kami bisa saling bantu ambil foto terkece. Kapan lagi bisa foto di dalam pesawat dengan bebas.
Event ini berlangsung di hari Jumat sore, jadi saya izin pulang cepat dari kantor. Outfit yang saya pakai untuk datang ke event ini saya usahakan tidak terlalu ribet supaya mudah bergerak. Selain itu juga saya usahakan supaya tidak perlu membawa ganti pakaian. Jadi dari rumah saya sudah pakai bluchers shoes, tailored pant, dan leather jacket andalan. Ketika ke kantor saya mengenakan batik karena hari Jumat memang wajib pakai batik. Kemudian saya berganti white peplum top jilbab bernuansa hijau yang merepresentasikan brand Citilink saat hendak berangkat ke bandara. What do you think about my outfit?
That was a very memorable day for me. Apalagi ketika saya mengupload foto saat berada di cockpit, teman-teman langsung pada komentar. Jadi makin senang. Ada yang bilang pengen, ada yang bilang "pilot cepetan berangkat", dan tentu saja ada yang bilang "jangan meleng Mba pilot," hehe. 

Saya sangat mengapresiasi Citilink yang memilih A320Neo sebagai armada terbarunya. Terutama karena emisi karbon yang dihasilkan jauh lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan. 

Harapan saya semoga kalau A320Neo Citilink nambah terus, layanan LCC yang berkualitas bisa ditawarkan dengan tarif affordable berkat penemuan teknologi mesin pesawat terbaru yang hemat bahan bakar. Saya yakin Citilink akan semakin jaya ke depannya karena selalu one step ahead dalam memberikan layanan terbaik untuk para pelanggannya. :)

14 comments:

  1. Akhirnya cita-cita main ke kokpit pesawat beneran tercapai~!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cita-cita jadi pilot juga tercapai Dee! :D

      Delete
  2. NAKSIR JAKET KULITNYA. Oke cukup sekian dan terima gaji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dudududuu aku mau bikin post khusus jaket kulit :D

      Delete
    2. Aku MAU JAKET KULITNYA. Jadi gengges, hahaha.. Kumenunggu blog postnyaa, ihiiy..

      Delete
    3. Yang di Cloud itu Mba jadinya postnya, hahaa

      Delete
  3. Wah bisa mencoba pesawat citilink tebaru apalagi duduk di bagian pilot, pasti seneng ya mbak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, seneng nih bisa ngerasain jadi pilot sejenak :D

      Delete
  4. mbak nia mau jadi pilot?
    eh mbak kok aku naksir sama sepatu n jaketmu ya..kece #gagalFokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mau jadi pilot kok, haha. Makasih :D

      Delete
  5. Aiiih keren banget potonya bisa bergaya di depan setir pesawat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Powered by Blogger.