Ngafe di Rumah dengan Mesin Kopi Dolce Gusto

Good day, Dear Friends! Nothing is more important than happiness in this life, isn’t it? How’s your daily? Banyak long weekend ya akhir-akhir ini. Pada travelling kemana? Saya di Jakarta aja, niatnya istirahat. Tapi kadang kerasa seharian nggak efektif banget, ngantuk melulu. Emang sih tidur itu termasuk me time. Tapi rasanya sayang sekali kalau terlalu banyak tidur. Hari-hari seolah berlalu begitu saja. Kayaknya saya perlu kopi dan quality time dengan orang-orang terdekat nih supaya lebih happy.
Sejak sering ngantuk melulu itulah saya jadi nyobain ngopi. Kopi sachetan sampai kopi racikan barista di café idola, semuanya saya coba. Lama-lama karena suka ngerasaan kopi bikinan barista jadi sering ke cafe. Tapi kok ya berasa effort banget keluar rumah, mengarungi kemacetan cuma buat ngopi doang. Kalau minum kopi sachet di rumah udah agak bosan. Belum lagi kebanyakan pemanis dan campuran lainnya kan. Karena ingin hidup saya makin produktif, maka saya memutuskan memboyong mesin kopi manual dari Nescafe Dolce Gusto ke rumah, supaya bisa ngopi enak di rumah.

Mesin Kopi Dolce Gusto

Sewaktu  pertama kali nyoba mesin kopi Dolce Gusto ini, saya kira mesinnya otomatis, pencet langsung jadi gitu. Ternyata mesin kopi ini termasuk yang manual, kita harus mengatur sendiri waktu pembuatannya. K mesinnya rusak karena saya malas baca manual, makanya pas mau nyobain mesin Dolce Gusto, saya ngajak Aryo yang lebih sabar dan telaten baca manual. Lebih kepo juga nyoba otak atik mesin. Lumayan sekalian quality time ngobrol sama “manusia lain,” haha. Kalau sendiri mana seru kan nyoba-nyoba hal baru. Kalau ada temannya bisa saling menertawakan kebodohan, terutama kebodohan saya sendiri. 
Ketawa karena lupa matiin mesin padahal timer dah bunyi :p
Kalau teman-teman mampir ke postingan ini dengan tujuan nyari tahu gimana caranya bikin kopi pakai Dolce Gusto dan pengen membuktikan beneran gampang plus praktis apa enggak, artinya kalian sudah berkunjung ke tempat yang tepat. Sebagai seseorang yang malas baca manual, saya akan dengan senang hati sharing sedikit pengalaman saya ketika pertama kali nyobain mesin kopi ini.

Dari pembelian mesin Nescafe Dolce Gusto, kita bakalan dapat satu box kapsul untuk diseduh. Di dalam box kapsul ini ada petunjuknya si kapsul itu peruntukannya dibikin single aja atau harus double, harus dengan kapsul lainnya (kapsul aja udah ada pasangannya, masa kamu enggak? Heuu).
Untuk pemakaian pertama mesin kopi Nescafe Dolce Gusto, kita harus membilas tangki airnya dengan air minum. Supaya bersih, nggak ada residu bahan kimia bawaan dari mesin baru. Setelah dibilas, isi lagi tangkinya dengan air minum sampai batas maksimal, lalu bersihkan mesin di kedua sisi. Jadi mesinnnya ini bisa untuk membuat minuman panas dan dingin. Kita bersihkan dulu satu per satu. Caranya nyalakan mesin, nanti tombol powernya akan berwarna merah. Jika tombol powernya sudah hijau, artinya sudah saatnya kita memilih untuk membersihkan yang biru (untuk minuman dingin) atau yang merah (untuk minuman panas). Setelah itu alirkan airnya. Kemudian ulangi untuk sisi satunya. Setelah mesin kopi baru saya ini bersih, artinya kita sudah bisa membuat kopi, yeaay.

Jika air yang digunakan untuk membersihkan tadi habis, isi dulu lagi tangki mesinnya dengan air mineral. Terus masukin kapsul sesuai rasa yang kita inginkan. Varian rasa kapsul yang tersedia dari Nescafe ada lumayan bayak, teman-teman bisa pilih sesuai selera. Ada cappuccinoespresso intensogrande intensomocha atau nestea peach.
Untuk percobaan pertama, kami pilih kapsul single dulu. Si espresso intense untuk Aryo yang suka kopi yang “nendang.” Cara menggunakan mesinnya, buka katup yang ada di kepala mesin, kemudian buka tempat untuk emnaruh kapsul. Taruh kapsulnya, lalu tutup lagi katup yang ada di kepala mesin Dolce Gusto. Setelah itu nyalakan tombol power dan tunggu sampai hijau. Jika sudah hijau, kita bisa memilih mau minuman panas atau dingin.

Bikin Kopi Pakai Apps

Nggak usah khawatir repot-repot ngukur waktu pakai stopwatch atau googling berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kopi panas/dingin yang kalian suka. Tinggal download aja Dolce Gusto Timer di appstore atau google play. Masuk ke aplikasinya lalu pilih jenis minuman yang akan dibuat. Di sana sudah tersedia jangka waktu yang dibutuhkan untuk tiap jenis minuman. Arahkan ke merah untuk membuat kopi panas berbarengan dengan tap start pada apps di smartphone. Kalau waktu di apps Dolce Gusto Timer sudah habis, mesin harus kembali pada posisi stop.
Kalau kapsul memudahkan kita dari keribetan meracik takaran kopi, Dolce Gusto Timer memudahkan kita dari distraksi yang bisa bikin takaran airnya nggak pas. Kedua hal inilah yang bikin kita bisa menikmati kopi dengan citarasa tinggi di rumah aja, tanpa perlu repot-repot ke café. Mau dibawa ke kantor juga bisa lho. Mesinnya nggak gede, bahkan ketika dimasukkan kardus, muat ditaruh di bagian depan motor matic.
Aroma Espresso Intenso yang baru kami seduh menguar ke seluruh ruangan, sedap betul! Jadi nggak sabar bikin cappuccino untuk saya sendiri. Kali ini harus dua kapsul. Di bawah kapsul cappuccino ini ada dua warna berbeda, putih dan hitam. Karena takaran air yang dianjurkan untuk warna putih lebih banyak, maka saya memilih mendahulukan kapsul putih. Sebenarnya bebas aja mau yang mana yang diduluin. Caranya bikinnya sama kayak sebelumnya, Cuma perlu dua kali untuk memproses dua kapsul. Cappuccino nikmat yang sesuai selera saya sudah siap diminum hanya dalam waktu 38 detik (waktu seduh kapsul cappuccino putih) dan 8 detik untuk kapsul hitam. Kalau waktunya habis, apps ini akan bunyi. Jadi boleh kok bikin sambal ngelamun meratapi nasib, tapi jangan lupa kembali ke dunia nyata pas apps Dolce Gustonya bunyi. Sayang kopinya kalau nggak segera dinikmati hangat-hangat.
Jadi kira-kira hanya dalam waktu kurang dari 5 menit kami sudah bisa menikmati dua cangkir kopi untuk dinikmati bersama dengan aneka percakapan random yang mengundang tawa. What a cool machine!

Kepraktisan Nescafe Dolce Gusto ini penting banget bagi saya yang suka mager bikin kopi padahal udah ngantuk banget dan banyak utang blog post yang harus dicicil! Nggak ada lagi alasan males-malesan gara-gara ngantuk. Tinggal masukin air dan kapsul, jadi deh kopi enak sesuai selera. Less than one minute! Waktu saya jadi lebih berkualitas karena digunakan untuk hal produktif. Selain itu saking cepetnya si mesin bikin kopi, saya bisa ngajak teman yang mau main bareng buat ngopi dulu biar nggak ngantuk di jalan.
Ternyata selain bikin keseharian saya makin produktif, untuk yang tinggal sendirian seperti saya, mesin kopi ini bermanfaat banget untuk menjadi lure supaya teman-teman mampir ke tempat saya. Hihi. Tadinya saya emang anaknya suka menyendiri, tapi akhir-akhir ini saya merasa hidup lebih seru kalau dinikmati dengan berbagi sedih maupun senang dengan teman-teman. Me time dengan ngobrol dengan orang-orang yang care sama kita ternyata jauh melegakan dibanding menyendiri.

Long weekend ini saya nggak perlu repot lagi ke cafe, apalagi kalau lagi ujan yang selain bikin repot juga biasanya macet. Saya cukup ngafe di rumah aja sambil nyelesain blog post dan buku-buku yang sudah menunggu untuk saya tuntaskan atau mengobrol. Ini bikin saya berdamai dengan diri sendiri, karena nggak ada lagi paksaan harus keluar di akhir pekan. Keharusan keluar cukup buat ngantor di hari kerja aja! :D
Kalau teman-teman pengen punya mesin Nescafe Dolce Gusto ini bisa coba cek di Lazada, sering ada promo lho di situ. Saya kebetulan dapat mesinnya sewaktu ada promo di acara launching mesin ini di Leon kamis lalu. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Saya lanjut ngopi plus ngobrol seru dulu di rumah. Btw kalau mau detail tutorialnya bisa lihat video aku di bawah ya :D

49 comments:

  1. Enak ya sekarang gak boros ke coffee shop lagi. Hehehe.

    Kalo aku senengnya karena praktis. Kebetulan aku gak ngerti cara nyeduh kopi. Hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Li, buat pemalas yang enggan keluar rumah. Hehe. Pas juga buat yang malas nyeduh kopi :)

      Delete
  2. makin rajin ngopi2 cantik di rumah dong yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ngopi2 lucu hemat ongkos transport :p

      Delete
  3. Praktis banget pake NDG Piccolo-nya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Winny, cepet banget bikin kopinya :)

      Delete
  4. ngakak baca yg lupa tarik tuas sampe kepenuhan, sama.. saya juga lupa jadi luber *LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, malah ketawa ya bukannya nyetop :D

      Delete
  5. NDG Piccolo cocok banget sama suasana sekarang yang setiap hari hujan jadi bikin mager keluar rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, menghangatkan suasana, tsah :p

      Delete
  6. Cafenya jadi pindah ke rumah gara - gara NDG Piccolo ya mba ^^

    ReplyDelete
  7. Klo punya bar sendiri, makin nambah kece nih mesin kopinya.

    ReplyDelete
  8. Ngopi enak di rumah bisa sambil dasteran atau tanpa perlu mandi, merdeka! hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa ((dasteran)) poin utamanya ya Mba, shantaay kan di rumah sendiri :)

      Delete
  9. Keren juga sih punya cafe sendiri. Rencana mau coba bikin di kantor juga. Kira kira butuh budget berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesinnya klo ga salah di range 1,5jt, tp bisa coba cek dulu di link yg ada di post, kali aja ada diskon. Btw ati2 sama produk aspal :D

      Delete
  10. Bikin irit pengeluaran sih klo ngopi2 di rumah sama temen2 deket atau keluarga tersayang.. klo nongki2 di luar kan gede jajannya yaak.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba Anin, jajannya jadi bisa dipangkaz :p

      Delete
  11. aku mupeng juga pengen punya Dolce Gusto satu di rumah x)
    ngopi enak jadi gak harus ke cafe lagi nih, bisa di rumah sambil selonjoran, hihi

    ReplyDelete
  12. kalau dihitung2 murahan ngopi dirumah ya. udah gitu bisa aja keluarga dan tetangga ngopi bareng 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bisa ajak tetangga, lebih pede bikinin kopi karna udah pas takarannya, hihi :D

      Delete
  13. Sekarang dah pinter bikin kopi ala cafe sendiri di rumah ya Mbaa :D

    ReplyDelete
  14. Bener2 bisa quality time dengan pasangan ya mbak

    ReplyDelete
  15. Nia ini gw tadi baca kalimat: "saya ngajak Aryo yang lebih sabar dan telaten baca manual" kirain gini: " saya ngajak Aryo yang lebih sabar dan telaten ngadepin saya" #eaaaaa

    Trus ditabokin ama Nia. Bahahahaha.

    Jadinya emang enak ya Nia bisa langsung ngupi dengan cuman mencet doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Daniii, ini best komen banget deh. Klo giveaway pake komen pasti pemenangnya Mas Dani. Sayange tyada hadiah. haha :p

      Delete
  16. Replies
    1. Iya Teh seru banget, haha. Awalnya bingung apa manfaat appsnya, pas udah ngerti jd pamer sama tmn :p

      Delete
  17. waah boleh nih diundang dan ngopi2

    ReplyDelete
  18. asik ya nia bisa ngopi asik santai di mana aja, gak perlu jauh-jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ev, sante aja di rumah :D

      Delete
  19. kayaknya aku juga harus punya alat ini dah .... hmmmm

    ReplyDelete
  20. asiiiiik ih bisa ngopi2 cantik di rumah ato bareng2 teman kantor, smart capsule-nya ucul kakaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ucul banget ini Mba, hehe. Bisa dibawa ke kantor juga :D

      Delete
  21. si mba senyum senyum terus nih.. karena kopinya apa karena teman ngopinya? eaaa

    ReplyDelete
  22. Eh tapi nggak semua kapsul Nescafe Dolce Gusto ada pasangannya kan kakak *eaaaaaa x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya yang single tuh yang tangguh2 kayak espresso sama grande intenso :D

      Delete
  23. mantep djiwa nih mbak baca postingannya :)
    *jadi pengen cepet2 balik n nyalain NDG Piccolo buat cappucino hi hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah sore ni Mas, bentar lagi pulang dong ya. Jadi bisa segera bikin cappuccino dengan crema banyaak :D

      Delete
  24. Replies
    1. Liat kopinya aja udah bikin melek ya Mba :D

      Delete
  25. Kopi pas banget buat temen nongkrong bareng sama temen.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Powered by Blogger.