3 Alasan Memilih Backpack

21:45

Halo! Di postingan kali ini saya mau ngomongin tas punggung atau yang biasa disebut ransel dan bacpkack. Bagi yang sering ketemu saya, pasti sudah tahu kalau saya biasa pakai backpack ke kantor setiap hari. Bahkan kadang di akhir pekan juga. Tapi kalau event blogger emang jarang bawa backpack karena bawaannya pasti dikit. Padahal dulu saya pikir bakalan lebih sering pakai tas yang lebih girly lho kalau udah di atas 25 gini. Ternyata saya malah lebih nyaman dengan backpack.
Pakai backpack ini salah satu kebiasaan yang baik, terutama bagi para perempuan yang barang bawaannya segambreng seperti saya. Makanya saya mau sharing tentang alasan saya mengenakan backpack. Pakai backpack atau ransel wanita tuh kece juga lho dipakainya.

1. Backpack Muat Banyak dan Bawaan Lebih Rapi di Dalam Backpack 

Kalau ada waktu senggang di kantor saya biasa bikin draft blog post. Karena nggak mau pakai fasilitas negara, tentu saja saya harus bawa laptop sendiri. Nah, gara-gara bawa laptop tiap hari inilah saya jadi kebiasaan pakai backpack. Supaya nggak kerasa berat bawaannya. Tiap hari saya bawa laptop dan backpack meskipun seringkali laptop nggak kepegang sama sekali selama di kantor. Dasar oportunis, saya kekeuh selalu bawa tiap hari, ya kali tiba-tiba ada senggang kan, hehe.
Tas punggung emang muat banyak. Laptop saya tuh ukurannya 14", bukan yang kecil ya. Jadi sudah bisa dipastikan makan tempat di tas. Belum lagi charger dan mousenya. Itu baru bawaan menyangkut laptop, belum lagi bawaan terkait kebutuhan pribadi seperti make up dan skincare pouch, dompet uang, dompet kartu, smartphone dan chargernya, modem, dan kadang saya juga bawa bekal atau buah dari rumah. Banyak ya. :D

Untuk mengakali bawaan yang banyak, saya biasa memasukkan barang printilan yang sejenis dalam satu pouch. Charger, kabel-kabel, dan flashdisk jadi satu. Make up dan skincare jadi satu. Kemudian dompet yang saya pisah dompet uang dan kartu. Alat tulis biasanya saya selipkan saja di tempat khusus ballpoint yang sudah ada di tas.

Fungsi mengorganisir barang bawaan dalam pouch adalah untuk memudahkan kita sendiri ketika mencari barang. Apalagi kalau nyarinya buru-buru, bakalan langsung ketemu deh kalau sudah terorganisir begini. Selain itu kita jadi bisa menata posisi pouch sesuai beratnya, jadilah distribusi di tas lebih seimbang dan nyaman dibawanya.
Kalau  teman-teman nggak suka bawa banyak pouch di dalam tas, bisa pilih tas yang banyak kantongnya aja. Jangan lupa pilih yang kantomg-kantongnya bisa terkunci rapat supaya tetap aman.

2. Pakai Backpack Lebih Aman dan Mudah Bergerak 

Tas punggung atau backpack yang dipakai untuk aktifitas sehari-hari yang penting bikin aman saat berkendara, terutama saat naik motor. Fyi, beban pada bahu bisa berkurang karena tas punggung ditahan oleh bangku motor atau mobil saat berkendara. 

Jadi kalau naik motor, tali tas punggung dipanjangin sampai dudukan motor aja biar nggak kerasa berat. Kalau motornya matic, bisa juga ditaruh di bagian depan motor. Kalau naik mobil atau angkutan umum mah enak ya, tinggal dipangku atau ditaruh di bawah kursi. 

Untuk aktivitas outdoor, membawa tas punggung biasanya lebih aman karena tas punggung juga mempunyai tali pengunci diantara dua tali lengan yang berguna untuk mengunci kedua tali agar tidak mudah lepas dari punggung. 


3. Backpack Lebih Nyaman dan Sehat Untung Pundak/Punggung

Menggunakan backpack dapat mengurangi resiko sakit pada punggung karena beban ditahan oleh dua bahu dan pinggang di mana ada dua otot terkuat dalam tubuh, yakni otot punggung dan otot-otot perut. Pilih ransel dengan bagian belakang yang empuk supaya nyaman, nggak gampang pegal, dan terlindung dari benda tajam di tas seperti pulpen atau penggaris. 
Supaya lebih nyaman lagi, pastikan menggunakan tali bahu backpack di kedua bahu (tidak hanya diselempangkan di satu bahu) dan dengan panjang yang sama. Salah satu kelebihan backpack adalah bisa disesuaikan panjangnya, adjustable per person. Tali bahu yang baik adalah yang cukup luas dan empuk. Tali yang terlalu sempit malah bisa menekan dan memicu sakit bahu. Kencangkan tali cukup erat dengan tubuh sehingga tas jatuh di tengah belakang dan tidak melorot ke pantat. 

Kebayang kan nyamannya bawa beban di pundak dan punggung dibanding di salah satu tangan atau salah satu pundak? Tapi jangan bawa barang bawaan yang terlalu banyak atau terlalu berat juga sih meski backpack bikin nyaman. 

Pertimbangan Sebelum Membeli Backpack

Hal pertama yang harus dipikirkan ketika hendak membeli backpack adalah mau dipakai untuk apa. Apakah untuk travelling, kegiatan sehari-hari, untuk sekolah? Travelling juga bisa beda jenis backpacknya untuk yang hendak berpetualang outdoor atau yang mau wisata kota saja. Kalau saya biasanya pilih yang bisa dipakai sehari-hari sekaligus muat untuk travelling 3 hari. 

Kedua, pilih bahan yang sesuai kebutuhan. Kalau sudah tahu butuhnya apa, selanjutya bisa menentukan jenis bahan tas. Bahan kulit biasanya tangguh, tapi sebagai perempuan tentu saya jarang memilih material tersebut untuk backpack karena kulit biasanya berat. Lagian saya pengennya backpack yang lebih kelihatan santai dan mudah perawatannya. Makanya saya pilih backpack kanvas karena tasnya ringan. Meski ringan, bahan kanvas ini juga kuat lho. Tas yang tangguh bisa untuk membawa banyak barang. 
Di musim hujan begini bisa dipertimbangkan untuk membeli tas yang tahan air alias anti air. Tapi kadang meskipun bahan tas sudah anti air, bisa juga airnya merembes masuk lewat sela-sela jahitan. Jadi saya lebih suka tas yang ada rain covernya. Praktis banget tinggal buka risleting rain cover yang ada di bagian bawah tas. Jadi nggak usah was-was akan perubahan cuaca karena tasnya sudah punya cover anti air.

Penting juga untuk memilih tas yang sesuai dengan ukuran tubuh kita. Saya akan memilih tas yang cenderung panjang, sesuai ukuran punggung saya.  Selain itu saya biasanya pilih tas ransel wanita yang nggak terlalu girly, yang unisex aja supaya bisa dipakai suami juga. Hehe. Untuk design atau modelnya sekarang lagi ngetrend yang retro dan vintage ya. 
Tas yang ada di postingan ini dari brand lokal asal Bandung, namanya Divinces. Kata teman-teman, tas saya yang ini mirip tas natgeo (National Geographic). Saya suka sama tas ini karena modelnya kece, sesuai selera saya nih vintage. Plus banyak kantong alias compartement. Bahannya kanvas, ringan dan kuat. Udah ada rain covernya juga nih. Selain itu bisa dipakai bareng suami. Pas ya syarat-syaratnya terpenuhi semua. :D

Kalau teman-teman lagi nyari tas ransel/ tas punggung/ backpack juga, silakan cek aja instagramnya @divinces. Atau kalau lebih suka main facebook ada juga FB pagenya: Divinces. Kalau webnya www.divinces.com ya. Saya kemarin lihat-lihatnya dari website itu, lumayan jelas foto, deskripsi, dan spesifikasinya.
Untuk teman-teman yang tinggal di Bandung, bisa pilih-pilih langsung tas yang mau dibeli di mini storenya Divinces yang beralamat di Jalan Rereng Borong No. 22, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Price range? Sekitar 230-280 ribuan. Di website juga ada. Yuk support produk lokal dan sayangi pundakmu dengan membawa tas yang tepat. :D

Kalau kalian biasanya pakai tas model apa untuk dipakai sehari-hari? :D

You Might Also Like

23 komentar

  1. Sayah juga pake tas backpack! Paling nyaman buat punggung euy. Bagus Nia tasnya... Mupeng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo diintip webnya Mas, hihihi. Iya Mas Dani aku lihat sering pakai tas punggung juga :D

      Delete
  2. wah aku enggak pernah pake backpack.
    kalau jalan jalan bawa tas slempang kecil aja isi kamera, heuheuheu

    tapi btw tas itu fotogenik yaaaa, klo foto pake tas itu, dr belakang, dengan latar pegunungan, jadinya anak Instagram abissss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku malah ga suka keliatan anak instagram abis Ir, meski aku selalu minta dipotoin juga kalau ke objek wisata. Eh gimana dong. Haha. Lho kalau liburan ke luar kota ga bawa backpack jg Ir? Apa bawa koper karena sekalian barangnya Kenza? :D

      Delete
  3. Sumpaaah aku kalo berpergian ke luar, nggak bawa Backpack juga maaaau matiiih rasanya mba.. tau sendiri ekor aku sudah dua kan ya.. bawaanya segambreng.

    Pas kmrn ke singapore nyesel banget daaah nggak bawa backpack.

    Investasi ke backpack juga gak ada salahnya ya mba.. karena kaya maanfaat.

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ini, temenku suka nanya juga aku pakai bacpack apa karena kelihatan nyaman. Anaknya masih kecil-kecil katanya, jadi lebih praktis dan mudah gerak pakai backpack :)

      Delete
  4. Backpack dong kak, hehe. Lebih praktis buat ke mana-mana. Saya juga lebih suka ransel sebab lebih nyaman di pundak. Pernah punya tas selempang tapi tidak muat banyak, terus suka lolos dari bahu, haha.
    Bagus euy tas ranselnya, soalnya bahannya kanvas, tapi ada rain cover-nya. Terima kasih buat rekomendasinya ya, Mbak, hehe. Boleh nih buat dibeli. Ransel kanvas saya sepertinya sebentar lagi masuk masa pensiun, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah vintage beneran ransel Gara ya? Makin belel biasanya makin cakep kalau ransel canvas. :D

      Masama Gara, makasih udah mampir.

      Delete
  5. Hai niaa aku jadi mupeng nih sama backpack kamu. Fix masukin di shopping list januari 2018 aku haha.

    Nah aku tuh jusru kebalikannya ni kalo tasnya gede tuh yg ada baeaannya makin segambreng. Makanya kalo lg gabawa laptop aku biasain pake tas kecil biar gabanyak bawaan hehe.

    Tasnya cakeuuup!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan banyak2 Fa nanti bungkuk, hihii

      Delete
  6. Leh uga backpacknya nia, hihihi. Mau cari yang lebih laki deh, buat suami, lumayan lebih miring harganya daripada beli tas natgeo asli, hahaha. Akupun kalo ke kantor sekarang seringnya pakai backpack, apalagi buat travelling, biar masuk segalaaaa.. Lagi suka backpack anello karena modelnya cakep, sayang harganya kalo di sini bikin miris, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha jauh pricingnya ini affordable ya Mba, lokal punya. Hihi. Iya buat travelling enak dan kece kok ini. Aku yang penting nyaman :D

      Delete
  7. Setuju banget sama kalimat pembuka : Kirain di usia 25++ bakalan lebih sering pakai tas girly wkwkkwwkwkkk, toss lah jeng suka pakai backpack. Habis muat segalanya, apalagi gie demen banget pakai jaket buat motoran. Sesekali bawa leptop yang lumayan bikin pundak pegel, walau sekarang mah kalau bikin draft di hape ajalah :D Rekomendasi tasnya juga kece, produk lokal berkualitas dengan harga masuk akal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh dirimu kayaknya lebih sering pake tas cewek kan tadinya? Tuntutan profesi ya Jeung :D

      Delete
  8. 2 tahun belakangan pas ngantor juga pake ransel. Toh aku jarang meeting keluar, jadi casual aja. Dan alasannya memang karena kesehatan. Kasian badannya. Nah yang pr klo ada acara semi formal sama formal. Bingung pake tas apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau ngantor dan ada acara blogger biasanya bawa sling bag yang muat kamera Li, hihi :p

      Delete
  9. Sekarang makin banyak produk lokal yang berkualitas yaa, liat sepintas mirip-mirip sama NatGeo :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba model begini kayaknya lagi ngetrend :D

      Delete
  10. Divinces modelnya kece, bahannya juga setrong ya mba.
    Mupenggggg
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  11. Aku ngantor pake backpack, tp klo meeting diluar, pake tas cewek hahaha

    Btw itu bagus yah tasnya, harganya juga ok, jadi pengen beli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Yeye, aku bawa sling bag di dalam backpack :p

      Delete
  12. pengen sich bawa backpack ke kantor tapi koq yach model ransel yang biasanya kupunya itu ransel bangat. jadi bingung padu padanin ama baju kantor. kalau punyamu koq lucu yach bisa masuk ke pakaian kantor sehari-hari hehehehe...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram