Belajar Tentang Manfaat Sentuhan Cinta untuk Perkembangan Buah Hati dengan Infant Massage

22:42

Assalamualaikum. Salam sejahtera. Memasuki trimester tiga kehamilan, selain survey tempat lahiran, membuat list kebutuhan newborn baby, saya juga kepikiran tentang ikut kelas laktasi dan bagaimana memandikan bayi yang baru lahir. Saya sempat agak takut ya, kawatir nggak bisa menghandle anak sendiri dengan gentle, padahal kan newborn baby masih sangat rentan. Beruntungnya, Selasa 5 Juni 2018 lalu bisa ikutan eventnya The Urban Mama (TUM) dan Johnson's Baby. Temanya tentang sentuhan cinta dengan pijat bayi, terutama untuk bayi yang baru lahir.  
Kenapa bayi yang baru lahir menjadi fokus sentuhan cinta? Ternyata karena pada 28 hari pertama kelahiran bayi atau yang bisa disebut dengan masa neo natus, bayi sedang beradaptasi dari lingkungan awalnya di dalam rahim yang tadinya banyak sekali pelindungnya, ada amnion, ketuban, dan dinding perut. Kemudian ia keluar dan merasakan sendiri sensasi dari faktor-faktor eksternal dengan kulitnya yang masih sangat tipis dan belum berkembang. Tak ada lagi lapisan pelindung seperti ketika ia dalam rahim. Kulitnya yang masih rentan dan rawan terkena infeksi. Pada masa ini bayi sedang belajar menggunakan panca indranya setiap hari. Sehingga merupakan saat yang tepat bagi ibu untuk melanjutkan bonding dengan bayinya seusai bonding pada masa kehamilan dengan memberikan sentuhan cintanya.

Saat belajar menggunakan panca indranya, bayi memerlukan penanganan khusus dan stimulasi yang rutin setiap hari dalam perawatannya. Karena tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kondisi kecerdasan, emosi, fisik, dan mental bayi pada tahap selanjutnya. Stimulasi multisensori yang dilakukan secara bersamaan, terintegrasi, dan terkait satu sama lain pada masa ini akan sangat optimal manfaatnya bagi bayi. Penerapannya bisa dilakukan dengan aktivitas rutin yang memang dilakukan setiap hari lho, misalnya dengan rutinitas memandikan bayi dan juga pijat bayi (infant massage).

Memandikan dan memijat bayi pada masa awal kelahiran bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar sirkulasi darah, memperbaiki kesehatan bayi secara keseluruhan termasuk organ dan pencernaannya yang tadinya belum optimal sehingga menyelamatkan hidup berharga bayi pada 28 hari pertamanya yang memang masih rentan tadi. Nah, kita coba bahas satu per satu ya. 

Bath Time

Waktu MC membuka permbahasan tentang ini, saya langsung nyimak dengan serius. Karena beberapa orang suka cerita kalau kewalahannya di bagian memandikan bayi ketika punya anak pertama. Ibu-ibu TUM sempat ditanya nih gimana dulu waktu baru lahiran, belajar memandikan bayi dari mana. Dan ada yang jawabnya dari youtube dong. Saya langsung melongo. Oiya bener juga ya, jaman sekarang mah semua ada di youtube ya, tinggal pintar-pintar pilih akun mana yang lebih terpercaya untuk dilihat tutorialnya. Saya pikir memandikan bayi ini kalau nggak diajari tenaga kesehatan sehabis persalinan ya diajari orang tua atau mertua, hehe. 
Penelitian ilmiah membuktikan bahwa memandikan bayi dengan stimulasi multisensorik dapat mengurangi tangisan dan stress bayi, selain itu berdampak juga pada pertambahan berat badan bayi, membentuk kemampuan komunikasi bayi, dan memperbaiki kualitas serta kuantitas tidur bayi.

Sehabis pulang dari acara, karena nggak praktek langsung cara memandikan bayi, saya cari beneran video tentang memandikan bayi baru lahir di akun youtube Johnson's baby dan cukup puas dengan videonya. Ketakutan pertama saya lumayan teratasi.

Pijat Bayi (Infant Massage)

Sebenarnya hal yang paling menarik yang bikin saya antusias langsung ke Gudang-Gudang Yoga Studio buat bisa ikutan acara ini sepulang dari kantor adalah karena saya bakal diajarin tentang pijat bayi. Bukan cuma nonton demo ya, beneran praktek sendiri-sendiri pakai boneka dan didampingi juga oleh Mas dan Mba ahli pijat bayi bersertifikasi dari Johnson's Baby.
Kami diajari dengan demo dan materi presentasi kemudian diminta praktek sendiri-sendiri dengan boneka yang sudah dibagikan. Massage atau pijatnya dimulai dari gerakan memijat bagian wajah bayi. Titik-titiknya mirip sama totok wajah untuk orang dewasa. Cuma gerakannya sangat gentle. Saya sampai nanya sama yang mendampingi nih, seberapa sih tekanan yang pas untuk memijat bayi. Kemudian saya diberitahu tekanannya kira-kira selembut saat kita menekan kelopak mata saat mata kita terpejam. Ini penting banget bagi saya dan bagi ibu-ibu semua karena saya takut terlalu keras memijatnya nanti malah mengganggu syaraf sensorik bayi kan. Nah di sisi lain kemarin dr. Matahari Harumdini, SpA juga berbagi cerita bahwa di rumah sakitnya sering kejadian ada bayi sampai muntah kotoran karena baru pijat dengan dukun pijat. Dan aneka kasus lainnya.
Waduh, jadi hati-hati ya buibu kalau memilih pijit bayi sebaiknya yang mengerti tentang perkembangan holistik bayi. Lagipula memijat bayi sendiri sepertinya sangat menyenangkan, saya yang cuma praktek sama boneka aja merasakan aura gembiranya. Karena ketika kita memijat bayi dianjurkan untuk menatap matanya dan dilakukan sambil tersenyum. Inti dari pijat bayi adalah bagaimana membuat aktifitas ini menyenangkan. Kalau bayi sepertinya enggan dengan suatu gerak pijatan, di skip saja Buibu, lanjutkan ke gerakan pijat lain yang membuatnya senang.

Gerakan pijat selanjutnya adalah badan, kemudian tangan dan kaki. Ini panjang banget kalau dijabarkan. Tapi ada lho di akun youtube Johnson's Baby. Bisa disimak di video di bawah ini ya.


Kapan Pijat Bayi Bisa Diterapkan?

Jawabnya tak usah jauh-jauh dicari di ujung langit seperti Sun Goku mencari Dragon Ball, hehe. Bayi boleh dipijat sejak baru lahir. Saat belum copot tali pusarnya, skip semua gerakan pijat untuk punggung maupun gerakan yang mengenai tali pusarnya. Setelah puput tali pusar ibu bisa lebih leluasa untuk memijat bayi secara lebih menyeluruh.
Kalau pijat dilakukan sebelum bayi mandi, bisa menggunakan baby oil sehingga pijatannya lebih lembut dan kulit bayi semakin terawat. Sedangkan kalau pijatnya dilaksanakan setelah mandi, maka pijat bisa dilakukan dengan menggunakan baby lotion. Ingat, pilih produknya yang khusus untuk newborn ya. Kemarin sih kemasan luarnya pink ya yang satu set untuk new born. Ada Johnson's Baby Top to Toe (khusus yang ini botolnya kuning), baby oil, dan baby lotion.
Kalau nanti kemudian kulit bayinya ternyata aman, tidak sensitif bisa lanjut ke varian produk lainnya. Kebetulan kemarin saya beruntung (lagi) dapat best dress code gitu makanya dapat segambreng produk Johnson's Baby. Lumayan nih buat persiapan setelah baby insyaAllah lahir. Rejeki baby, hehe.

Oiya ketinggalan tentang manfaat pijat bayi. Manfaatnya banyak banget nih kalau musti disebutkan satu per satu. Manfaatnya dobel lho secara fisik maupun emosional untuk bayi. Sama dengan manfaat memandikan bayi, tapi ini lebih banyak lagi dan bondingnya lebih kuat juga efeknya untuk ibu dan bayi. Bisa dilakukan oleh ayah juga lho pijat bayinya. Bayi yang dipijat orang tuanya sendiri bisanya menjadi bayi yang riang dan bagus sekali perkembangan fisik dan emosionalnya. Bahkan teman saya yang lihat instastory saya saat acara ini langsung membenarkan bahwa babynya sangat riang dan montok karena selalu ia pijat sendiri setiap hari. 

Program Sentuhan Cinta ke Seluruh Indonesia

Berdasarkan data kependudukan, Indonesia diperkirakan akan mengalami bonus demografi pada tahun 2020-2030, yakni penduduk usia produktif akan mencapai 70% dari total populasi. Sehingga kesejahteraan bayi pada saat ini akan berpengaruh pada kontribusi mereka nantinya untuk negara.
Johnson's Baby meluncurkan inisiatif terbarunya "Sentuhan Cinta" dengan mendorong para ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi supaya bayi di seluruh Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat tumbuh, berkembang, dan menggapai impiannya. Johnson's bekerjasama dengan Save the Children di Indonesia dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik mengedukasi ibu-ibu tentang ritual pijat dan memandikan bayi bagi para ibu dengan program "Kesehatan Ibu dan Anak."

Mereka memulai perjalanan Sentuhan Cinta ke daerah-daerah yang angka kematian bayinya relatif tinggi di pelosok Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara. Kemarin kami udah nonton videonya juga tentang liputan Sentuhan Cinta ini. Di Sumatera Utara ada seorang ibu yang selalu tersenyum dan senang bisa belajar memijat bayinya sendiri. Si bayi juga kelihatan sangat riang dan selalu tertawa. Kemudian ada lullaby lagu khas daerah mereka dengan bahasa daerah yang kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia bikin haru banget deh. Di Sumba lain lagi, Bapak di sana berperan aktif dalam mengasuh bayi. Termasuk dalam memandikannya. Bondingnya jadi lebih kuat dengan kedua ortunya, so sweet banget sih Bapak-Bapak Sumba.

Kita bisa turut serta dalam menyebarkan Sentuhan Cinta ke seluruh Indonesia lho. Dengan pembelian semua jenis produk Johnson's Baby minimal Rp 25.000 di Alfamart atau di Jonhson's Baby Care di Tokopedia dengan nilai yang sama maka setiap transaksi kita sudah ikut menyumbang Rp 500,00 untuk Save the Children dan ikut serta membantu edukasi ibu-ibu di seluruh Indonesia supaya bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.
Beneran nggak nyesel deh dulu abis nikah saya langsung daftar The Urban Mama meski jadi anggota pasif. Ternyata event pertama yang saya ikuti penuh faedah banget. Semua yang saya share ilmunya dapat dari sana lho. Yuk Buibu yang akan dan sedang punya bayi kita pijat dan mandikan baby sendiri yuk supaya tumbuh kembangnya optimal. :D

You Might Also Like

2 komentar

  1. jd sudah ada bekal u si kecil nanti yah nia. hihi.. sehat2 yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih BuYu. Iya aku bersyukur banget berkesempatan belajar duluan sebelum waktunya nih :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram