Menyebarkan Kebaikan dengan Nonton Nussa di Aplikasi Bukalapak

13:41

Assalamualaikum. Teman-teman sudah menonton Nussa? Waktu itu sempat viral ya di instagram story teman-teman yang saya follow bahwa bakal ada tayangan animasi karya anak bangsa yang bertajuk Nussa. Kemudian saya mengikuti ceritanya yang menarik sekali, tentang keseharian tapi mengena gitu. Karena pengemasannya melalui tayangan karakter anak segemas Nussa, jadinya saya nggak merasa digurui. Bikin nggak lupa doa-doa pendek dalam aktifitas sehari-hari. Konten videonya makin lucu dengan gaya bicara Nussa yang gemas, ada juga karakter Rara yang merupakan adik Nussa. Saya sering terharu dengan pesan-pesan kebaikan dalam video tersebut. 
Sebagai orang tua, saya sangat senang ada animasi asli Indonesia yang bagus sekali seperti ini. Saya akan menunjukkan video Nussa pada anak saya kalau dia sudah boleh melihat video melalui smartphone nanti. Karena banyak sekali ajaran kebaikan seperti tentang jangan marah-marah dan ada beberapa doa kegiatan sehari-hari yang bisa diteladani anak-anak yang menontonnya.

Ternyata animasi Nussa ini bikinan The Little Giantz yang awalnya merasa khawatir tentang konten di media digital  yang tidak semuanya ramah untuk anak. Dengan semangat dan kesungguhan, kemudian mereka menciptakan tayangan fun edutainment NUSSA yang memang bertujuan untuk menanamkan nilai kebaikan melalui kisah keseharian seorang Kakak yang bernama Nussa dengan adiknya Rara.
Saya lihat udah banyak banget nih yang suka nonton Nussa. Bahkan hal ini dibenarkan pihak The Little Giantz, bahwa range usia yang nonton Nussa justru tertinggi pada kisaran usia 35 tahun. Artinya banyak orang dewasa yang menontonnya. Padahal tujuan pembuatannya untuk anak-anak lho. Semoga orang dewasa yang menonton kemudian merekomendasikan dan mendampingi anak atau saudarnya yang masih anak-anak untuk menonton video keseharian Nussa dan Rara ya.

Nah untuk teman-teman penggemar Nussa dan Rara, ada kabar gembira nih. Terutama untuk teman-teman yang menggunakan aplikasi Bukalapak. Cerita keseharian Nussa yang menggemaskan itu, kini bisa dinikmati di aplikasi Bukalapak melalui fitur BukaNonton. Ada di menu favorit yah. Dibuka dulu menu favoritnya kemudian scroll ke bawah ke menu streaming. Kalau sebelumnya sudah pernah mengakses BukaNonton, maka fitur ini akan muncul di bagian paling atas.
Sekadar informasi, tadinya streaming BukaNonton hanya bisa diakses oleh pengguna yang membeli prioritas paket Gold di Bukalapak. Tetapi sekarang ada Nussa yang menjadi FREE CONTENT sehingga semua pengguna bukalapak sudah bisa mengaksesnya, tentu saja secara GRATIS ya.

Mulai kapan NUSSA ada di BUKANONTON?

Nussa sudah tayang di BukaNonton sejak 5 April 2019 pukul 04:30 dan episode spesial ini akan terus tayang di sana hingga 5 episode ke depan. Kemudian nantinya akan ada satu episode spesial NUSSA untuk bulan ramadhan di BukaNonton lho.
Video Nussa yang tayang Jum'at lalu tentang Libur Jangan Lalai. Saya sudah nonton dan merasa relate banget. Dulu pas masih SD suka kebablasan nonton TV kalau libur terus lupa ngerjain PR dan nyiapin baju untuk Seninnya. Hihi, persis banget deh lalainya sama Nussa dan Rara. Semoga anak saya nanti nggak kayak gitu kalau udah saya tunjukin video Nussa dan Rara. :D

Tema liburan tersebut tepat sekali dengan libur anak-anak sekolah dasar saat ini ya. Karena kalau nggak salah kakak-kakak kelas VI sedang ujian nasional. Pas banget nih jadi referensi tontonan untuk anak. Screentime nggak lagi semengerikan itu kalau banyak konten positif seperti cerita Nussa.
Ada yang bertanya-tanya nggak sih kenapa Bukalapak bekerja sama dengan The Little Giantz untuk menayangkan Nussa dalam fitur BukaNonton? Di Acara konferensi pers tentang kerja sama ini pada Kamis minggu lalu, Fajrin Rasyid selaku co-Founder dan Presiden Bukalapak mengatakan bahwa untuk menumbuhkan karakter yang positif harus dimulai dari anak-anak. Penting banget ada pendampingan dari orang tua dalam menghadirkan tayangan yang mendidik. 

Kalau tontonannya bagus, diharapkan anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang positif dan produktif. Istilahnya daripada ngomongin konten negatif, lebih baik "dilawan"dengan menyebarkan konten positif. Begituu ternyata manteman. :)

Salut sekali dengan kepedulian Bukalapak terhadap pendidikan anak-anak Indonesia yang nantinya akan jadi penerus bangsa. Konten seperti Nussa ini sangat memudahkan dan membantu otang tua untuk mengajarkan kebaikan pada anak dengan cara yang menarik. 
Semoga anak-anak yang menonton Nussa dan juga kita orang dewasa yang ikutan nonton jadi selalu ingat bahwa berbuat baik itu mudah. Jadi nggak harus melakukan hal besar untuk berbuat baik, bisa melalui hal-hal kecil dalam keseharian seperti tersenyum pada orang yang kita temui dan mengucapkan salam, ya kan? Kalau disapa dengan adem tentu jadi berasa maknyes dan pengen menebar rasa adhem tadi melalui kebaikan lainnya. 

Selain itu kondisi Nussa yang memiliki keterbatasan fisik tapi selalu ceria dan semangat juga sangat menginspirasi karena begitu menyentuh bagi saya. Rasanya seperti belum maksimal mengoptimalkan nikmat kelengkapan anggota tubuh dan jasmani serta rohani yang sehat ini untuk berbuat kebaikan, hehe.

Yaudah deh, saya mau nonton lagi episode Nussa di BukaNonton yang ada di aplikasi Bukalapak. Soalnya tadi nontonnya di tempat umum belum bisa pakai volume kenceng. Ini mau nyalain volume supaya bisa dengar suara Nussa yang menggemaskan.

Simak juga cerita tentang Nussa dari Mba Lisna: Kenapa Memilih Serial Animasi Islami NUSSA? dan Mba Sandra: SERIAL NUSSA SEBARKAN KEBAIKAN BARENG BUKALAPAK MELALUI BUKANONTON.

You Might Also Like

61 komentar

  1. aaakkk, makin kece ya Nussa Rara ini. Suka banget deh ini bs bikin film edukasi yg sampe mengedukasi ttg ke-nggak-lengkapan fisik Nussa. Skrg joinan sm Buka Lapak pulak. Uwowww..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba kosnepnya nggak kepikiran ya, huhu mengencourage para orang tua untuk menerima dan memeluk kekurangan anak kemudian menanamkan kebaikan. Iya alhamdulillah dapat sponsor yang tetep jaga konten Nussa tetep original ya :)

      Delete
  2. Aku malah baru tau tentang serial Nussa ini hahaha, baru nonton setelah ada di Bukalapak karena emang lebih gampang bukanya dan anak2 ngga bisa lanjut nonton yg lain kayak di kanal video :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bener banget Mba jadi anak2 nggak buka2 yang lain ya. Aku pun jadi bukanya via aplikasi bukalapak biar nggak ke mana-mana, hehe :)

      Delete
  3. Yang di buka nonton ini episode nya berarti belum tanyang di yutub gitu mak? Anak2ku biasanya nonton nussa lewat yutub aja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak tayang duluan di kanal bukanonton di aplikasi bukalapak duluan setiap Jum'at pukul 4:30 5 episode ke depan yah :)

      Delete
  4. Ini nih salah satu animasi edukatif yang ada di Indonesia. Sekarang makin keren aja bisa kolaborasi sama bukalapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren ya, jaman sekarang lebih bagus berkolaborasi daripada bersaing :D

      Delete
  5. Aku juga happy banget pas pertama nonton NUSSA karena berarti bertambah konten edukatif dan positif buat si ucul. Dan sekarang ada di BukaNonton Bukalapak pula, makin banyak deh kebaikan yang bisa ditularkan NUSSA. Ehh tapi nanti aja ya Kai nontonnyaaa, mamak bapaknya dulu aja yang nonton, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kai belum dikasih nonton bahkan tipi sekalipun, hihi. Alhamdulillah nanti kalau Kai boleh nonton insyaAllah jadi udah punya referensi buat ditunjukin :D

      Delete
  6. Waktu anak-anak saya masih kecil, sangat berharap ada kartun islami seperti ini. Sebetulnya dulu ada, tapi cuma sedikit banget episodenya. Seneng banget sekarang bisa menonton NUSSA di Bukalapak, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba lumayan banget nih buat dikasih ke anak, sambil merasa lagi have fun eh mereka dapat ilmu agama juga :)

      Delete
  7. Penasaran pengen nonton juga. Kan gratis ya? Buat yg episode ramadhan nanti gratis juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gratis akses semua Mak Nussa di BukaNonton alhamdulillah ya :)

      Delete
  8. Serial NUSSA ini ternyata digemari tidak hanya usia anak-anak tapi juga orang tua ya. Tontonan yang bagus dan mendidik tentunya, apalagi jelang Ramadhan ini. Btw aku baru tau loh tentang BukaNonton di BukaLapak ini. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba ternyata ada fitur streaming dengan BukaNonton di aplikasi Bukalapak. Iya cocok nih buat nemenin anak bulan ramadan nanti :)

      Delete
  9. Saya salut juga nih dengan kepedulian Bukalapak dalam membuat konten positif tontonan anak.. Ngeri juga membayangkan di luar sana byk banget konten2 yg blm layak buat anak2.. Alhamdulillah ada solusi melalui tontonan Nussa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, semoga tontonan positif seperti Nussa menjadi trend dan banyak yang bikin konten anak-anak yang bagus ya dengan didukungnya oleh ecommerce besar seperti Bukalapak ini :)

      Delete
  10. Bagus banget nih, anak Indonesia butuh tontonan yang bagus seperti ini. Jadi sejak anak-anak kecil, kita sebagai orang tua memang harus memilihkan tontonan mana yang sekiranya bisa membantu anak kita menjadi anak-anak yang berbudi pekerti luhur, rajin melakukan kebaikan. Tidak semua tontonan itu bagus kan... makanya kita harus aware dengan hal-hal seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, ortu selalu jadi filter pertama ya untuk tontonan yang dikonsumsi anak :)

      Delete
  11. Alhamdulillah tontonan anaknya positif banget mba, aku belum punya anak sih jadi ku kasih tau ponakan-ponakan dulu buat nonton Nussa di BukaNonton. Salut deh sama Bukalapak! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anakku pun belum nonton, hehe tapi bisa kita sebarin ke yang punya anak yang usianya dah boleh nonton youtube ya. Salut juga karena mau mendukung hal yang baik ya :)

      Delete
  12. Aku seneng banget Mbak, sejak diluncurkannya Nussa dan Rara. Itu artinya ada satu tontonan khusus anak yang mengajarkan tentang agama. Bagus dong ya, bisa nonton nussa dan rara di aplikasi BUkalapak gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, bisa buka aplikasi bukalapak terus amsuk ke BukaNonton :)

      Delete
  13. Ini salah satu peran aktif sekaligus inspiratif mengurangi penyebaran konten negatif

    Senang banget kalau semua pihak bisa bersinergi menyebarkan konten positif apalagi dilakukan secara masif, Insya Allah, efektif!

    ReplyDelete
  14. keren buka lapak. saya malah belum cek fitur buka nonton di BL hehehe. semoga makin banyak tayangan bagus yang free (halah maunya yg free free aja ^_^) di BN BL

    ReplyDelete
  15. Bagus nih, terobosan terbaru dari bukalapak, menghadirkan buka nonton dan ada film animasi Nussa. Film yang bagus ya, untuk anak-anak nih.

    ReplyDelete
  16. Eh aku tiap jumat subuh selalu nungguin ini. Ya ampun dulu belum loncing saja dah ga sabar. Secara baru kali ini ada Indonesia punya karya 😍😍

    Bedanya kalau nonton di channel nussa sama di Buka nonton apa ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya sebenarnya akan duluan tayang di Bukalapak via fitur BukaNonton Mak. Kalau faedah lainnya kayak yang dibilang Mba Sandra di atas, anak-anak jadi nggak nontonin video lainnya gitu karena lebih aman dari youtube ya fiturnya :)

      Delete
  17. Yeessss, aku senang banget dengan fitur bukalapak yang satu ini. Bermanfaat dan menghibur juga. Semakin optimis Indonesia maju karena para pelaku usahanya tidak melulu mengejar keuntungan tapi juga berbagi kebaikan. Sukses terus ya bukalapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul Mak, semoga ada animasi menarik lainnya yang diddukung sama karya anak bangsa lainnya ya :)

      Delete
  18. Aku bafu tau tentang film Nussa ini, apalagi sekarang bisa nonton di Bekalapak. Kadang kalau nonton di Bukalapak suka takut, takut kalap belanja. J

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, ini bukanya ke bukanonton aja Mak pas buka apps bukalapak biar lupa kaga belanja. Mumpung streaming grateis ya kan :)

      Delete
  19. BukaNonton sejak 5 April 2019 pukul 04:30 antengin BukaNonton 5 April 2019 pukul 04:30 . Saya bangga dengan karya anak bangsa yang bermisi mulia dengan mengedukasi kebaikan pada anak dan masyarakat seperti iNussa ini

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah ada tontona anak yang bagus nih mba. Zaman sekarang memang tontonan yang mendidik semakin hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga makin banyak yang memproduksi konten positif begini ya Mak :D

      Delete
  21. Belum pernah nonton Nussa.
    Abis ini langsung cuuss ke apps Bukalapak sama anak-anak.
    Amaan, in syaa Allah anak-anak suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak aman dr nonton rekomendasi tontonan lainnya dan iya biasanya anak-anak pada suka :D

      Delete
  22. Alhamdulillah ya Mak, ternyata Nussa diapresiasi sehingga bisa nonton di app Bukalapak langsung. Biasanya kami nonton di youtube saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mak, enak nonton di BukaNonton, anak-anak ga buka-buka video lainnya selain Nussa

      Delete
  23. Harus nonton cerita NUssa nih sama anak-anak. Biar mereka juga belajar tentang kebaikan.

    ReplyDelete
  24. Aku dan Nurani seneng banget nonton Nussa Rara, ga sabar nonton episode spesial pas puasa di bukanonton. Makasi udah dikasih tutorialnya...aku jadi nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihi Nurani udah nonton video ya Mba? Seru bisa nonton bareng :)

      Delete
  25. Ini berarti harus subscibe berbayar gitu yah mba nonton dibukalapak. Ini tontonan mendidik banget nih 👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gratis Mba, dan ga usah subsribe untuk buka aplikasi buka nonton di Bukalapak buat nonton Nussa :)

      Delete
  26. Jadi makin suka sama Nussa dan Rara. Bisa ngikuti di bukanonton, nih. Semoga di bukanonton akan semakin banyak tayangan anak-anak yang berbobot. Kalau buka di youtube suka was-was kadang pas search kadang keselip atau nonggol konten 'dewasa'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya betul Mak, aku setuju banget sama komentarnya :)

      Delete
  27. Waah aku malah baru tahu soal Nussa ini lhoo. Duh kudet banget deh aku. Tapi seneng banget ada orang-orang yang peduli dengan tontonan edukatif. Semoga makin banyak tontonan edukatif dan bermanfaat seperti ini yaa. Langsung cuss ah coba nonton Nussa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa Mak sekarang kan jadi udah tau yah? Hihi. Cuss mak, nagih deh :D

      Delete
  28. Semoga makin banyak yg bikin tontonan berkualitas buat anak ya ni. Biar anak2 kita jadi generasi maju berakhlak baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, iya semoga makin banyak konten positif untuk anak. Nussa termasuk pioneer ya :)

      Delete
  29. Nussa nih kesukaan anak aku yg perempuan. Semoga kedepan banyak tontonan yg edukatif seperti nusa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, wah asik ya Mba Dine bisa nonton bareng anak :)

      Delete
  30. Anakku Nada seneng banget nonton Nusa.. sampai gak pernah kelewat setiap eposidenya.. dan aku ngerasa aman juga Bangga ada karya anak bangsa yang mendidik untuk anak-anak. Wah ternyata sekarang bisa nonton di bukalapak juga yaa.. mantaapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak bisa via bukalapak di menu favorit ya, biar anak ga kemana mana nonton konten lainnya, hihi

      Delete
  31. Anakku suka banget nonton Nussa ini loh, baru tau bisa nonton di Aplikasi Bukapalak, keren

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram