Bintan Lagoon Resort, One Cool Place to Relax

16:41

Saya tak pernah menyangka bisa kembali ke Lagoi dan menginap di Bintan Lagoon Resort dengan private beach. Dua malam pula. Bagi yang belum tahu, Lagoi merupakan area di Pulau Bintan yang ada di sebelah utara. Tanjung Pinang berada di bagian selatannya. Mungkin teman-teman lebih mengenal Tanjung Pinang dibandingkan Lagoi ya.

Lagoi merupakan kawasan yang memiliki banyak resort dengan private beach. Saya pernah berkunjung ke sana sekali, cuma jalan-jalan di pantai milik salah satu resort. Saat itu saya bermimpi untuk menginap santai di salah satu resortnya suatu waktu nanti. Makanya saya senang sekali ketika mendapatkan tawaran menginap di Bintan Lagoon Resort. A dream come true.
Pantai Panjang di BLR saat mendung
Jika teman-teman suka ke Bali untuk menikmati pantai tapi sudah mulai malas ke sana karena kemacetan dan keramaiannya, maka Bintan bisa menjadi alternatif liburan yang nggak kalah menenangkan. Resort yang ada di Bintan memang jauh dari keramaian kota, tapi di situlah asiknya. Kita benar-benar mendapatkan ketenangan yang syahdu di tepi pantai berpasir putih.
Saya lebih suka liburan ke tempat yang sepi semacam resort ini, asalkan ada pantai atau ada pemandangan alam yang bagus. Kebutuhan liburan bagi saya adalah menikmati suasana, bersantai tanpa wajib melakukan ini itu.
Deburan ombak dengan pasir putih yang halus udah pas banget buat melupakan kemacetan yang setiap hari dilewati. Apalagi ditambah rayuan pohon kelapa yang melambai-lambai tertiup angin. Suasana makin damai. Bersyukur banget lahir di negara tropis yang puya banyak pantai dan  bisa kita nikmati tanpa menguras saldo rekening.

How to Go to Lagoi

Raja Haji Fisabilillah Airport
Lagoi bisa dijangkau dengan naik pesawat dari Jakarta ke Tanjung Pinang dengan lama penerbangan sekitar 1 jam 20 menit. Beberapa maskapai besar sudah membuka penerbangan langsung ke Tanjung Pinang. Rata-rata harga tiketnya lebih murah daripada ke Bali. Jika teman-teman sedang berada di Batam atau Singapura, maka kalian bisa ke Lagoi dengan naik feri. Bintan Lagoon Resort bahkan mempunyai dermaga feri tersendiri yang bisa dijangkau langsung dari Singapura. Karena tidak ada moda transportasi massal, sebaiknya teman-teman minta dijemput dari resort atau hotel tempat menginap saja jika hendak menyepi di Lagoi dengan moda transportasi udara.

The Room

Saya tak sendiri pada liburan kali ini. Tapi saya mendapat jatah Deluxe Room dari Bintan Lagoon Resort (BLR) untuk saya sendiri. Kamarnya luas sekali, 37 meter persegi, lebih luas dari rata-rata apartemen studio. Karena sayang dengan beddingnya yang lucu, saya menahan diri untuk menghambur ke tempat tidur. Memilih ke balkon, duduk santai untuk memandangi lautan sepuasnya sembari bernafas dalam-dalam menghirup udara segar khas pantai. Selain pantai, pemandangan kolam renang yang biru bisa saya nikmati juga dari balkon.
Pemandangan dari balkon kamar
Ketika matahari mulai tenggelam saya leyeh-leyeh saja sambil membaca buku di dalam ruangan. Kemudian saya berendam untuk relaksasi. Pegal-pegal dan penat luruh satu per satu. Marble bathroom-nya bikin betah. Ah, seandainya saya bisa tinggal di tempat seperti ini, barangkali ngantor setiap hari bukan menjadi hal yang berat lagi (atau malah makin berat beranjak dari kamar? :p). Setrika beserta papan setrikaan dan hairdryer lengkap tersedia. Deposit box juga ada. Arah kiblat tersedia di drawer.
Keesokan harinya saya diajak berkeliling resort. Tentu saya mau saja, pengen lihat kamar VIP dan villanya. Selain kamar deluxe yang terdiri dari 413 rooms, di Bintan Lagoon Resort ada juga jenis kamar Suite Room yang terpisah living room dan bedroom-nya, ada tempat berjemurnya juga, dan beberapa pilihan villa. Saya tak menginap di sana sih, cuma sempat foto-foto aja. Villanya nyaman banget, ada 4 kamar dan di belakangnya ada private swimming pool dengan pemandangan langsung ke pantai. Ngerasain hal-hal kaya gini bikin bermimpi. Boleh ya Allah suatu saat nanti punya satu. Villa-villa ini bisa banget dijadikan tempat menginap untuk acara kantor. Untuk meeting room ada beberapa pilihan ukuran dengan beragam kapasitas dan bahkan ada ballroom terbesar di Bintan lho di BLR.
Bintan Lagoon Resort ini luas sekali, kira-kira luasnya 300 hektar. Jadi untuk mobile dari satu tempat ke tempat lain jika agak jauh bisa menggunakan buggy. Asik banget bisa menikmati angin sepoi-sepoi sambil naik buggy. Kalau suka joging pasti bakalan rela bangun pagi buat lari pagi di pinggir pantai. Atau bisa juga joging di pinggiran lapangan golf yang ada di tepi pantai. Di ujungnya ada bukit kecil dengan panorama pantai dan padang golf yang menawan hati. Bakal rugi banget nih kayaknya kalau sampai nggak mau jalan-jalan mengeksplore resort.
My favorite corner from BLR main lobby
Satu hal yang beda dari BLR, mereka menyediakan banyak banget tempat duduk yang bikin betah di lobi utamanya. Jadi kalau bosan di kamar bisa duduk-duduk di sini sembari melihat kolam renang atau pantai. Kalau malam ada pertunjukan, sewaktu saya di sana ada tarian kontemporer gitu. Wisatawan dari luar Asia banyak yang tertarik ikutan nari, terutama yang cewek-cewek remaja.

Oiya Lagoi ini kan cantik banget ya, sayangnya jarang orang Indonesia yang nginep di sini. Kayaknya waktu saya menginap hanya rombongan saya saja yang orang Indonesia. Sempat semalam ada rombongan keluarga Zhang dari Medan. Selebihnya kebanyakan turis mancanegara dari Asia, terutama dari China, Jepang, Korea dan India. Sisanya turis dari benua lain.

Leisure Center

Menginap sendirian di resort yang jauh dari keramaian kota merupakan standar "liburan goal" bagi saya. Tanya saja pada orang-orang terdekat saya, pasti mereka bilang kalau saya jago menghabiskan waktu sendirian. Namun jika teman-teman tak suka sendirian (beberapa teman saya takut sendirian), mengajak teman dan keluarga ke sini akan sangat menyenangkan. Honeymoon juga bisa, hihi.

Banyak sekali aktifitas yang tersedia. Untuk yang bawa anak-anak, bisa dibawa ke Jungle Gym biar si anak sepuasnya main di sana. Ada juga batik painting untuk anak dan dewasa. Bisa banget dimanfaatkan untuk mengisi waktu dan mengasah kreatifitas.
Wanna indulge yourself? Cobain aja spa di sini. Tempatnya nyaman dan bersih. Semuanya pakai produk mustika ratu. Bisa pilih ruang spa untuk sendirian, untuk pasangan, atau bahkan untuk beramai-ramai.

Sayang banget kemarin saya nggak bawa baju olahraga jadi nggak bisa nyobain gym di Leisure Center. Oiya kalau kalian suka sama oppa-oppa Korea, biasanya di tempat karaoke ramai orang Korea lho. Terutama kalau malam. Ada beberapa pilihan ruangan karaoke yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Di dekat tempat karaoke ini ada bar dan meja bilyard juga.
Kalau suka renang tapi malas lengket renang di pantai, ada satu kolam renang besar di dekat pantai. Satu lagi ada di dekat Leisure Center. Kalau yang di dekat Leisure Center ini ada seluncurannya juga. Meja bilyard tersedia gratis di sini. Saya sempet nyobain main bilyard sambil nunggu hujan reda. Diajarin Mba Ayu dari Femina yang sabar banget ngajarin saya bilyard dari awal sampai kita bisa tanding. Asik juga ya bilyard, makin seru karena sama sesama cewek. Jadi nyaman dan bebas ketawa-ketawa kalau saya gagal nyodok. Meja pingpong juga ada, tapi sayang saya nggak dapat teman main pingpong.
Jika uang tidak menjadi masalah, golf merupakan salah satu daya tarik andalan Bintan Lagoon Resort (BLR). Mereka bahkan mempunyai beberapa padang golf. Banyak kompetisi yang sudah digelar di golf course milik BLR. Saya tentu saja memanfaatkan kesempatan baik ini untuk belajar main golf. Saya diajari dari cara memegang stick golf hingga bagaimana memukulnya. Well, saya suka olahraga. Tapi, golf adalah tantangan yang bisa dibilang udah di another level. Memadukan kelenturan dan kekuatan. Salah sedikit saja saat memutar punggung, hasil pukulan berubah jadi melenceng. Untunglah pelatihnya baik dan sabar ngajarin pelan-pelan. Saya hanya berani mengincar sampai 100 meter saja. Sementara Mas Him yang baru berlatih bareng saya sempat berhasil hampir sampai 200 m.
Dari padang golf saya bergeser ke arena archery-nya BLR. Sebelumnya saya pernah sekali ikut kelas panahan di Senayan. Jadi sudah lumayan punya basic cara memanah yang baik. Meski demikian, saya tetap harus mengikuti penjelasan pelatih dengan seksama. Barangkali banyak rules dan prosedur yang saya udah lupa. Pelatih di sini juga baek dan cerita-cerita katanya sempat ada acara TV pernah shooting di situ dan beliau juga yang saat itu bertugas jaga di wahana archery.

Adventorous Activity

Suka petualangan? berkendara ATV di pinggir pantai bisa menjadi pengalaman tak terlupakan. Dari pinggir pantai yang berpasir, kita akan diajak konvoi ATV menyusuri hutan mini. Saat kami berkendara ATV, angin berhembus sangat kencang dan langit berubah kelam. Sepertinya akan segera turun hujan. Tiupan angin kencang menambah sensasi menegangkan saat berkendara ATV.

Jika ATV dirasa kurang menantang, cobalah aneka wahana permainan air lainnya di Resorts Sea Sport Center. Merasa belum berani mencoba sendiri jetski atau olahraga air menantang lainnya? Tenang, semua wahana ada pemandu/pelatihnya yang berpengalaman.

Other Activity: Tour de Bintan

Sebenarnya Tour de Bintan merupakan nama acara balap sepeda gitu, tapi saya ambil judulnya karena dari BLR nyediadin juga aneka activity di seputaran Bintan. Kami nyobain ke Lagoi Safari yang punya beberapa spesies binatang langka. Satwa paling menonjol adalah beruang madu dan gajah.
The Smiling Elephant :D
Hal menarik lainnya dari Bintan Safari adalah aneka tanaman buah dan sayuran yang dikelola secara organik. Tanaman di sana sebagian besar ditanam oleh anak-anak sekolah dari Singapura dan dari sekitar Lagoi lho. Karena tanah di Lagoi ini tak terlalu subur, mereka mengelola sendiri tanah yang akan digunakan untuk menanam aneka sayur mayur dan buah. Saya paling suka petik-petik murbei di Lagoi Safari. Langsung dimakan aja gitu habis dipetik. Insya Allah sehat ya. Haha.
Puas keliling Lagoi Safari, kami disambut teh chrysanteum yang berwana merah marun. Wah, teh ini hasil kebun juga nih. Selain itu ada rujak segar menyambut kita. Selain Lagoi Safari, kita bisa juga ke Bintan Mangrove dan aneka tempat lainnya. Feel free to choose! :D

Untuk food experience di Bintan Lagoon Resort akan saya ulas tersendiri di post selanjutnya. Hint: makan di aneka resto di BLR bikin saya sedikit merasakan hebohnya makan ala Crzay Rich Asian! :D

Gimana, banyak banget kan aktivitas yang bisa kita pilih di resort? Mau santai-santai aja juga bisa banget. Waktu terbaik berkunjug ke Lagoi biasanya di bulan Maret sampai Agustus. Bulan Februari kemarin sering angin kencang dan hujan, jadi kadang kita nggak bisa jalan-jalan ke pantai. Tapi karena banyak aktivitas yang bisa kami lakukan, malah bikin lupa waktu. Kalau cuaca cerah dari pagi, biasanya kolam renang dan pantai mulai didatangi para pelancong yang juga sedang menginap di BLR. Tapi ya itu tadi, sebagian besar wisatawan asing.

Kalau mau tau rate menginap di BLR bisa langsung meluncur ke https://www.bintanlagoon.com/. Ratenya mulai sejutaan aja lho. Yuk liburan ke Lagoi! :D