Staycation Experience at Holiday Inn Pasteur

15:22

Assalamualaikum. Gimana ibadah puasa teman-teman? Semoga happy selalu ya. Kalau Bulan Ramadhan gini sepertinya banyak yang cuti dari travelling. Tapi, ada salah satu jenis pelesiran yang masih memungkinkan di bulan puasa lho, yaitu staycation. Tadinya saya pikir staycation itu semacam sebutan kekinian untuk liburan nyaman yang santai, stay in bed atau jalan-jalan yang tidak terlalu jauh. Tapi ternyata staycation memang beneran ada istilahnya. Berasal dari Bahasa Inggris, staycation merupakan gabungan dari stay dan vacation. Kabarnya kegiatan ini sudah menjadi trend di Inggris sejak sekitar 2009. Penyebabnya karena resesi ekonomi pada tahun-tahun sebelumnya.

Ngomong-ngomong soal staycation, di weekend terakhir sebelum puasa kemarin saya menyempatkan diri staycation. Bukan staycation yang berdiam diri di rumah dan jalan-jalan di sekitarannya sih, tapi saya memilih menginap di salah satu best 4 star hotel di Bandung, yakni Holiday Inn Pasteur. Alasan utama saya memilih hotel ini karena di sana ada dua kolam renang, indoor dan outdoor. Untuk yang indoor eksklusif hanya bisa diakses tamu yang menginap di executive room. Jadi lumayan private. Kebetulan saya dapat kamar yang pas banget buka pintu langsung kolam renang indoor ini. Airnya hangat lho. Kalau kolam renang outdoornya ada di dekat Ambassador Restaurant.

Kenapa kolam renang jadi pertimbangan saya? Karena saya sedang belajar renang, haha. Jadi tujuan staycation saya memang sengaja ke tempat yang nyaman untuk istirahat, plus asik buat ngelancarin renang, dan yang makanannya enak-enak supaya saya nggak perlu keluar hotel.

Selain karena hal itu tadi, saya memilih hotel ini karena lokasinya yang mudah dijangkau. Saya bisa naik travel dari seberang kantor saya di Gatot Subroto dan tinggal turun di depan hotel. Baliknya saya hanya perlu berjalan sekitar 100 meter, menyeberangi jembatan penyeberangan, kemudian naik travel lagi sampai depan kantor. Untuk yang membawa kendaraan pribadi dari Jakarta, lokasi Holiday Inn Pasteur dekat dengan pintu keluar dan masuk Tol Pasteur. Kalau naik pesawat, hotel ini juga tak jauh dari Bandara Husein Sastranegara.

Nah sekarang saya mau cerita pengalaman staycation saya di Holiday Inn Pasteur. Saya berangkat ke Bandung Jumat malam, sampai Holiday Inn sudah larut. Jadi langsung bersih-bersih kemudian tidur. Niatan memesan makanan ala carte ke Ambassador Resto yang katanya enak pun saya lupakan karena saking ngantuknya

Esoknya selepas bangun tidur saya ngeteh-ngeteh santai dulu sambil baca buku. Happy banget karena Holiday Inn menyediakan teh-teh favorit saya. Ada English Breakfast dan peppermint tea. Kopi juga ada kok. Disediain air mineralnya juga banyak. Jadi nggak repot belanja air sendiri. Eh tapi kalau mau belanja juga gampang sih di sini, ada Alfamart di lobi utama.

Nginep di hotel pasti yang diomongin menu sarapannya, ya kan? Karena keasikan baca buku, di pagi pertama saya telat datang ke Ambassador Restaurant. Pukul 09:30 saya baru ke resto. Saya pikir menu buffetnya sudah ludes, tapi ternyata semua pilihan makanan masih ada stoknya. Padahal suasana restonya ramai banget lho. Alhamdulillah masih rejeki makan banyak, haha.

Dari pengamatan saya menginap dua hari di sini, menu sarapan yang ditawarkan setiap harinya cukup beragam. Ada pilihan masakan tradisional yang diganti-ganti. Di hari pertama ada nasi uduk, saya nggak sempat nyobain karena udah kekenyangan menyantap makanan lainnya. Di hari kedua ada nasi kuning yang enak! Menu buffetnya ada dua dan dipisah, ada Asian dan Western. Jadi tinggal pilih mau sarapan makanan yang mana. Bubur ayam dan aneka pastry lezat juga tersedia untuk yang tak bisa sarapan nasi.

Karena di dalam resto suasananya cukup ramai, saya memilih duduk di luar dengan pemandangan outdoor swimming pool yang cantik. Breakfast by the pool surely is a leisure for my staycation.

Untuk makan siang saya kembali lagi ke Ambassador Resto. Berhubung sarapannya kesiangan, lunch pun ikut mundur jadwalnya. Sekitar pukul 14:00 saya baru ke resto. Ternyata baru saja ada acara yang sangat ramai. Menu buffetnya habis. Jadi tau kalau Holiday Inn Pasteur sering dijadikan pilihan institusi corporate untuk event karena meeting roomnya banyak. Untuk acara besar, ballroomnya pun sangat luas. Pantesan rame banget meski jam makan siang udah lewat. Tapi pas di room sih nggak kedengeran keramaian sama sekali. Damai. Thanks to executive room privilege. :p

Berhubung menu buffetnya habis, kali ini saya nyobain menu ala carte. Ketika saya menanyakan ke pihak Holiday Inn Pasteur, mereka merekomendasikan masakan tradisionalnya. Jadi saya coba pesan sop buntut. Selain itu saya juga mencicipi spaghetti. Keduanya disajikan dalam porsi yang sangat besar. Sekalian mumpung ngomongin makanan, di hari berikutnya saya makan siang di Ambassador Resto lagi sebelum balik Jakarta. Kali ini pesan boneless chicken breast yang saya lupa nama menunya apa. Dimasak dengan sayuran dan diselimuti keju yang meleleh dan terlihat sangat menggiurkan. Porsinya juga gede banget. Untuk makanan tradisionalnya hari itu saya mencicip iga bakar.

Sejujurnya masakan Indonesianya endes banget! Makanan Eropanya juga enak, tapi makanan tradisionalnya, si sop buntut dan iga bakarnya itu beneran di atas ekspektasi. Woth to try!

Kalau makan berat seperti saya, paling nikmat ditemenin virgin mojito. Bagi yang suka kopi, lumayan enak lho kopinya. Aneka minuman tak beralkohol lainnya juga banyak pilihannya. Saya sempat mencoba beberapa juga beberapa jenis minuman lainnya.

Karena staycation saya niatnya untuk memanjakan diri, sorenya saya nyobain spa. Untunglah saya datang sore-sore, katanya kalau malam sering full booked. Ruangan spa-nya luas banget dilengkapi bath up dan ruang shower. Jadi sehabis spa bisa berendam atau showeran air hangat. Pijitan Mbak therapystnya enak banget, saya sampai ketiduran dua kali. Padahal massagesnya cuma satu jam lho. Saking enaknya.

Sebenarnya ada satu hal menarik yang saya sempat kepo tentang Ambassador Resto yang belum saya ceritain. Jadi kalau malam di sini ada semacam gerobak gitu di pinggir outdoor swimming pool. Mirip-mirip angkringan. Sayangnya saya ketiduran sekitar pukul 20:00 jadilah saya lupa makan siang. Ini efek keenakan dipijit sore-sore nih kayaknya, haha.

Di hari kedua saya langsung renang sejak pukul 06:30. Ada beberapa balita dengan orang tuanya yang sudah mau beranjak dari sana. Lumayan, jadi nggak ada yang liat gaya renang saya yang masih nggak karuan. Haha. Kedalaman kolam renang indoor ini sekitar 150cm.

Setelah saya selesai berenang, ada beberapa keluarga silih berganti menggunakan kolam renang indoor ini. Mungkin karena hari minggu ya, jadi banyak keluarga yang menginap. Dari sedikit ngobrol-ngobrol dengan mereka, ternyata di lantai yang saya inapi ini kebanyakan memang family room. Mereka memang sengaja staycation seperti saya, sekalian ngajarin anak mereka renang. Quality time bersama keluarga di sini katanya.

Sehabis sarapan saya bersantai baca-baca buku di kolam renang outdoor. Baca di tempat terbuka emang selalu lebih menyenangkan. Di sebelah pohon-pohon di dekat gemericik air, suasananya menenangkan. Eits tapi kalau pagian dan sorean, kolam renang outdoor ini biasanya ramai. Padahal hanya tamu yang boleh menggunakan kolam renang ini lho.

Karena penasaran sudah jauh-jauh ke Bandung, saya nyempetin keliling hotel dulu sebelum balik ke kamar untuk rehat sebelum check out. Di sebelah tempat spa rupanya ada gym yang alatnya super lengap! Bikin saya tercengang dan menyesal kenapa kemarin males-malesan doang. Lumayan banget lho sebenarnya kalau saya nyempetin ngegym. Bahkan ada jacuzzinya di masing-masing ruang ganti dan kamar mandi pria dan wanita. Ya ampun menyenangkan sekali kayaknya ngegym terus berendam air hangat di Jacuzzi. Ketika saya tanya ke Mas-Mas yang jaga gym, yang menggunakan gym ini justru banyakan dari warga lokal yang jadi member. Soalnya cuma Holiday Inn yang punya Jacuzzi di gymnya. Pas saya tanya berapa biaya membershipnya, dibisikin sekitar IDR 400k saja lho. Malah buat mahasiswa sering promo biaya membership. Duh, pengen jadi mahasiswa lagi dan tinggal deket sana!

Sebenarnya ada satu alasan lain kenapa saya staycation di Holiday Inn. Saya mau foto outfit of the day! Udah lama banget nggak posting tentang fashion di blog ini. Makanya kemarin sekalian foto-foto gitu. Lumayan, dapat 3 looks. Soon bakalan diupdate di blog.

Last but not least, ngomongin kamar yang saya inapi. Saya suka konsep penataan interior di executive room. Jadi punya ide untuk mendesign kamar seperti ini. Kursi kerjanya nyaman banget lho, sampai saya intip merknya apaan, kali aja nanti pengen beli juga, haha. Layanan check in dan check out di sini cepat sekali. Terus sewaktu check in saya diberikan informasi bahwa untuk kamar non smoking yang saya pilih, akan dikenakan denda jika merokok di dalam kamar. Jadi jaminan mutu kamar kita bebas bau rokok. Para perokok tak usah panik, disediakan beberapa area smoking untuk yang merokok kok.

Oiya kalau teman-teman penasaran, untuk weekend package di Holiday Inn Pasteur rate kamarnya mulai IDR 650K nett. Berlaku but hari Jumat dan Sabtu seperti ketika saya menginap ini. Sudah termasuk sarapan untuk dua orang. Anak-anak di bawah 12 tahun free of charge lho di Ambassador Resto. Satu lagi hal yang paling saya suka, boleh extend atau late check out sampai pukul 4 PM lho kalau room kita masih tersedia. Enak kan, bisa sorean balik Jakartanya.

Kalau untuk yang family room tadi, ratenya mulai IDR 985K net per room. Dapat room yang ada bed khusus untuk anak. Free breakfast untuk 2 dewasa dan 2 anak dengan usia di bawah 12 tahun. Free access ke private swimming pool (indoor swimming pool yang berair hangat tadi), bisa late checkout juga, plus dapat tiket gratis ke Museum Geologi Bandung. Ini mah staycation beneran ya, nginep santai sambil berkunjung ke museum terdekat. Ps. Untuk anak-anak bakalan dikasih free tumblr gitu kalau menginap dengan package ini. Hari minggu sewaktu saya menginap di sini ada little chef cooking class yang kelihatannya seru banget. Ramai anak-anak lucu pakai seragam chef.

Karena kemarin saya nginepnya menjelang ramadhan dan udah kebayang bakal sempet postingnya pas udah puasa, saya sekalian nanyain ada promo menginap di bulan puasa apa tidak. Ternyata untuk Ramadan Stay Offer dibuka dengan rate IDR 588K nett include sahur untuk dua orang. Lebih mure dari rate weekend package! Jadi, bagi Buibu yang ingin rehat sejenak dari memasak sahur dan berbuka selama akhir pekan, monggo lho bisa ajak keluarganya menginap di Holiday Inn Pasteur. I had an enjoyable stay experience in here. :D