Rencana Liburan ke Labuan Bajo

13:25

Assalamualaikum. Sebelum bahas sesuai judul, saya mau cerita kenapa tiba-tiba merencanakan liburan ke tempat yang jauh dan outdoor banget begini. Saya baru ikutan tes gitu yang nantinya akan ninggalin Kai seminggu tapi setelah Kai setahun. Nah rencananya kalau berhasil, saya mau coba lagi beberapa bulan setelahnya buat me time ke Labuan Bajo, salah satu destinasi yang ingin saya kunjungi sedari masih single dulu yang belum kesampaian. Haha. Jadi rencana ke Labuan Bajo ini nggak ngajakin Kai ya. Cuma mau pergi sendiri atau mungkin kalau waktunya cocok mau pergi sama Bapaknya Kai sekalian. 
Labuan Bajo jadi kepengenan yang bikin keinget terus karena semua teman dekat yang pernah ke sana selalu bilang wisata Labuan Bajo "worth the money." Uang yang dialokasikan untuk pergi ke sana berasa berguna beneran gitu. Gimana nggak bikin penasaran ya kan. Mana 3-4 juta rupiah sudah cukup katanya. Padahal mereka udah pernah ke banyak tempat bagus di Indonesia dan udah pada pernah ke luar negeri. Plus lagi sekarang sudah ada pesawat langsung ya ke Labuan Bajo. Pasti jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Rencananya sih saya mau ambil paket wisata Labuan Bajo aja karena nggak mau ribet dan lagi-lagi kata teman-teman saya tuh lebih asik live on board alias hidup di kapal. Jadi bisa lihat sunrise dan sunset effortless dari kapal. Plus makan minum disediain dan dimasakin. Ngopi ngeteh syantik di atas kapal. Makanannya tentu saja fresh ya, apa yang dapat dari hasil mancing saat itu ya langsung dimasak. Kebayang dong ikan segar dari perairan Labuan Bajo yang masih jernih banget itu.

Ya meski kemarin ada kabar duka dengan terbakarnya Gili Lawa dan sebelumnya pernah ada yag terbakar juga di sana, ternyata masih banyak tempat bagus lainnya yang bisa dijadikan destinasi. Semoga dengan kita pada ke sana, kesadaran pengelolaan wisata Labuan Bajo makin oke yah.

Nah sebelum memilih paket wisata, tentunya saya udah punya rencana duluan dong mau ke mana aja. Tempat-tempat yang mau saya tuju ini nantinya musti ada dalam rangkaian perjalanan paket wisata yang saya pilih. Biar nggak pusing lagi pas mau menentukan paket wisata ke Labuan Bajo yang sesuai budget, hehe. 

Tempat yang saya tuju ini semuanya masih mainstream banget sih. Jadi sebenarnya kalau teman-teman mau ke sana tanpa menggunakan jasa paket wisata juga bisa nih dijadiin referensi. Untuk alokasi waktu yang saya sediakan adalah 4 hari 3 malam. Langsung saya coba jabarkan satu-satu aja ya rencana perjalanannya.

Hari Pertama
Tiba di labuan Bajo, check in di hotel untuk bersih-bersih kemudian istirahat sejenak leyeh-leyeh. Kalau masih on saya mau jalan-jalan di Labuan Bajo soalnya pengen berinteraksi dengan masyarakat lokal. Sorenya mau melihat sunset dong di Labuan Bajo. Malamnya menikmati bobok cantik di hotel dulu sebelum esok hidup di kapal.

Hari Ke-2
Nah di hari kedua inilah rencananya saya akan ikut kapal. Alias live on board untuk ke Pulau Komodo kemudian trekking di Pulau Komodo. Kalau kuat mau ke Regatta Hill sekalian.
Nah sorenya kapal biasanya akan ke Pulau Padar sekalian saya bisa menikmati sunset di sana. Kebayang syahdunya menikmati sunset di atas kapal, hihi. Biasanya kapal akan menaruh jangkar dan bermalam di sini.

Hari Ke-3
Karena kapal masih berlabuh di Padar, harapannya bisa menikmati sunrise di Pulau Padar. Jadi kombo ya di Padar dapat sunset dan sunrise kalau rejeki. Hari ini saya pengennya ke Pink Beach buat menikmati pantai yang landai dengan ombak yang bersahabat dan pasirnya yang pink.
Biasanya setelah dari Pink Beach pada suka mampir ke Manta Ray Points. Dan perjalanan ditutup dengan bermalam ke Pulau Kanawa. Mumpung bermalam di pulau, bisa pesta barbeque inih.

Hari Ke-4
Karena ini hari terakhir di kapal, rencanya mau snorkling aja di Pulau Kanawa sampai lelah. Kalau udahan langsung balik lagi ke Labuan Bajo buat istirahat lagi atau bisa langsung ke Jakarta lagi kalau jadwal pesawatnya sesuai.
Nah demikian rencana perjalanan saya ke Labuan Bajo. Masih agak ngawang sih karena saya belum beneran ke sana dan ini referensinya dari teman-teman yang sudah wisata ke Labuan Bajo. Foto dalam postingan ini semuanya dari teman saya JokeJoko. Kalau mau mampir ke postingan saya tentang jalan-jalan, silakan cek tab Journey aja ya teman-teman. Happy weekend :).

You Might Also Like

67 komentar

  1. Keindahan Labuan Bajo emang ngga ada duanya, semoga bisa terwujud planningnya ya mbak

    ReplyDelete
  2. Foto2nya bikin mupeng ke sana, cuma waktu belom bersahabat aja, semoga bisa menginjakkan kaki cantik di Labuan Bajo. Keindahannya emang menggoda dan menjadi daya tarik tiap wisatawan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak semoga kesampaian juga ya ke Labuan Bajo :D

      Delete
  3. wuiiih cantiknya itu foto foto, saya pengen banget emang ke Labuan Bajo tapi berbenturan dengan kebutuhan sehari hari *eh gimana hahahahhaha... semoga nyampe ke sini ama anak anak aja ah, pasti mereka senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga ada rejeki ya Mak buat ke Labuan Bajo sama anak-anak. Tapi anaknya harus kuat trekking dulu nih Mak soalnya puanas dan lama jalannya, hehe. :)

      Delete
  4. Rencana ke sini dari sebelum nikah. Rencana mau honeymoon ke sini. Eh sampai anaknya udah bisa jalan gak juga saya nyampai pantai pink. Pokoknya sebelum anak usia 2 tahun kudu ke sini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga kesampaian ya Mak, tapinya anak belum bisa diajak ya sepertinya. Puanas, hehe. :)

      Delete
  5. Foto-fotonya bagus-bagus... Bikin mupeng pengen ke sana, deh. Trus kalo beruntung bisa ketemu komodo yang banyak, wih... tambah seneng kali ya. Semoga rencana perjalanan ke Labuan Bajo biss terlaksana ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, iya Mak pemandangannya bagus bikin mupeng. Ketemu komodo seru2 ngeri, hehe.

      Delete
  6. Kalau ke Pulau Padar bahkan saya sudah bisa membayangkan kostum apa yng hendak dipakai saat foto di puncaknya.

    ReplyDelete
  7. 4 hari yaa kalau mau santai seminggu gitu termasuk perjalanan ke sana. Mau juga nih liburan ke Labuan Bajo sama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak bisa diagendakan seminggu biar lebih puas eksplore pulau2 nya :D

      Delete
  8. Ikuuuuttttt *nebeng di Kopernya mba Nia* hahahaha
    Labuan Bajo emang indaaahh banget ya.
    Masih jadi bucket list buatku
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. mau ikutan jugaaaaa. aku belum pernah nih ke Labuan Bajo. Duh memang Indonesia itu banyak banget yaa yg bisa dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Bu Yu agendakan bersama tapi ninggalin para jagoan tega nggak ya, hihi

      Delete
  10. Waaah aku dah pernah ketemu Komodo dan stay di labuan bajo tp blom puas krn waktunya minim bangeeet...
    Have fun yaaa...
    Swmiga cuaca lg bagus jg semua bs berjalan sesuai rencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nagih ya Mak kalau dah pernah ke sana. Betul semoga pas kita ke sana cuaca bagus supaya bisa bepergian sesuai rencana :D

      Delete
  11. pengen juga ikutan ke Labuan Bajo.....,
    pantai dan pula2unya itu pemandangannya indah banget ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Monda, duh pemandangannya tiada dua :D

      Delete
  12. Kalau mau paket kayaknya sulit untuk bisa dapet sunrise dan sunset-nya pulau Padar, kalau mau keduanya bagusnya berangkat sendiri cuma dapet temen yang sejalan dengan jadwal seperti itu yang sulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah well noted, enakan bawa rombongan sendiri ya jadi jadwal tripnya ngikutin kita?

      Delete
  13. Masya Allah indahnyaa.. labuan bajo memang luar biasa yaa, salah satu destinasi wisata impian saya sekeluarga, tapi nanti nunggu anak-anak agak besar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mak enakan pas anak sudah agak besar suapaya kuat trekking :)

      Delete
  14. Mauuuu.... ya Allah, mau banget ke sini. Tapi masih banyak benturannya, tapi ya gak apa-apa deh. Didoakan dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak doa dulu, jadi wish list dulu siapa tau ada jalan dan rejeki ya kan :)

      Delete
  15. Labuan Bajo ini salah satu destinasi yang udah lama pengen aku kunjungi. Lagi nyari temen nih mba yang se-visi dan misi buat traveling bareng 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi cuss travelling sebanyak banyaknya mumpung masih single Neng :D

      Delete
  16. Aduh Labuan Bajo. Destinasi wisata impianku juga ini. Kepengen deh nginjekin kaki di Pink Beach itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sameoga kesampaian ya Mak, sama pengen ngerasain lembutnya pasir pink beach :D

      Delete
  17. Indahnya Labuhan Bajo nggak ada duanya ya Mbak. Btw tapi katanya mau ditutup sementara tahun depan, bener nggak sih Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ditutup Gili Lawa Mak, yang kebakar itu :)

      Delete
  18. Labuan bajooo indaaaag bangett ya. Mauuukkk ke sanaaa baby moon

    Pakai paket wisatanya ah biar murah abis lahiran kayaknya huhuhu. Maen-maen di aer seruuuu pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak cuss, tapinya nunggu pulih dulu biar kuat trekking, hehe. Sayang kalau nggak trekking :)

      Delete
  19. Rencana perjalanannya seru banget. Memang kalau mau jalan2, mesti dipersiapkan dulu itenary nya ya, biar puas explorenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, plus rekan seperjalanan yang oke sebenernya bagus juga disiapin, hehe :)

      Delete
  20. Pergi liburan ke Labuan Bajo, memang juga jadi salah satu impian liburan saya untuk tahun ini. Semoga bisa kesampaian ya, jalan-jalan, menikmati hidup di kapal dan bermalam di pulau sambil barbeque di sana.

    ReplyDelete
  21. temenku yg udh ksana juga bilang bgs bangettt. aku jujurnya memang blm banyak visit kalo tempat2 di indonesia, secara tiketnya lbh mahal drpd ke LN. tp pgn juga sesekali ajakin keluarga liburan ke sini. ajakin anak2 liat komodo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang tiket wisata dalam negeri lebih mahal dari ke luar negeri ya Mak, semoga tiket ke Labuan Bajo masih kejangkau, hihi. Cus sama keluarga agendakan ke Labuan Bajo Mak :D

      Delete
  22. Mupeng juga bisa nginjakin kaki di labuhan bajo. Pantainya menggoda sekali buat dijelajahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pantai2nya kelihatan jernih dan pasirnya lembut ya Mak :)

      Delete
  23. Wah asyik kalau nanti beneran ke Labuan Bajo. Dulu itinerary saya justru agak beda, tidak sampai ke Pulau Komodo, cuma ke Pulau Rinca karena sama-sama dihuni the dragon pun hehe. Hari pertama tiba dengan pesawat langsung sorenya ke Goa Batu Cermin, Bukit Cinta, sama daerah Binongko, sama makan malam di pinggir pantai. Hari kedua ke Pulau Kanawa, tidur di sana. Hari ketiga ke Pulau Rinca pakai paket dari Kanawa Island and Resort, baliknya eksplor sekitaran Kanawa. Hari keempat balik Labuan Bajo, tiba, terus sewa sepeda motor ke Cunca Wulang dan eksplor sekitarnya. Tapi ya masing-masing punya itin dan destinasi lokal berbeda ya Kak wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih sharing referensi itinerarynya Mba, pengen ke Ende juga nih sebenarnya :D

      Delete
    2. Hwah kalau ke Ende kabarin siapa tahu bisa ketemu wkwkwkwkwk :D

      Delete
  24. Setiap kali lihat Laboan Bajo, aku selalu berdoa suatu saat bisa ke sana, mba. ENtah kapan. Keindahan alam dan budayanya sungguh sangat mempesona :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga bisa ke sana sama keluarga ya Mak, kan anaknya udah bisa diajak trekking, hehe.

      Delete
  25. Kamu lagi ikutan tes apa? jangan bilang lagi ambil sertifikasi diving..makanya pgn ke labuan bajo..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, aku renang aja ga lulus kayaknya MBa, wakakaa. Aku tes potensi akademik kemarin. Ke Bajo snorkling aja gapopo wes :p

      Delete
  26. Saya sudah dua kali ke sana tapi nyesel banget jadinya. Menyesal nggak ngajak keluarga. Apalagi pas sampai di Pulau Kanawa duh ya ampun jerit-jerit sendiri lihat ikan segitu banyaknya. Malah keingetan sama anakku terus. Kenapa nggak diajak gitu dalam hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah ke Labuhan Bajo tapi cuma di bandaranya doank numpang lewat haha.
      Btw katanya Pulau Komodo akan ditutup sementara ya mbak?
      Ah pengen sekali bisa ke Labuhan Bajo dan bener2 eksplore area wisatanya, moga ada rezeki dan kesempatan ke sana aamiin

      Delete
    2. Wah, Mak Lina tapi anakku masih bayik belum berani ngajak nih. gapapa nanti balik lagi sama anak aja Mak semoga ada rejeki :D

      Delete
    3. Yang ditutup bukan Gili Lawa aja ya Mak April? aku juga ga begitu tau, ini agendanya untuk November sih jadi masih lama. Semoga dah buka ya, hihi.

      Delete
  27. Wiih Mbak Nia meuni hebat euy pengen backpakeran ke Labuan Bajo. Aku pergi sendiri aja beraninya cuma ke pasar 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran Mak? Wkwk, aku pas masih single emang suka pergi sendiri. Macem ke Bangkok misalnya, yang udah familiar aja :)

      Delete
  28. Sebenarnya rencana ke Labuan Bajo Feb lalu, bareng Backpacker Jakarta, biaya trip 1,7 (di luar pesawat)
    Tapi suami enggak ngijinin karena bulan itu dia sibuk syekali di kantor lagi repot. Maklum kalau ditinggal pergi mesti Bapaknya yang ngurusin anak sekolah, les dll..Jadi batal deh
    Semoga nanti bisa berdua ke sana atau sekalian ajak anak-anak aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah oke banget harganya Mak, semoga layanannya bagus ya. Nanti kalau suaminya senggang dikasih izin ya semoga Mak :D

      Delete
  29. beneran cuma 3-4 juta..ah aku mau..kasih rinciannya dong mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rincian biaya Mak? Wah itu tinggal pilih paket tour ajah plus cari tiket pesawat :D

      Delete
  30. Labuan Bajo juga menjadi salah satu destinasi keinginannku, cuma sampai sekarang ini belum kejadian. Tapi lihat foto beberapa teman yang pergi kesana suka bikin iri, hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya fotonya bagus bener yak di Labuan Bajo :D

      Delete
  31. Salah satu wish list Aku nih... Padahal kalau mudik ke kampung suami di BiMA NTB, sudah dekat banget ke Labuan Bajo. Mudah-mudahan bisa segera terwujud 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya deket banget Mba Memez, semoga bisa ke sana ya :)

      Delete
  32. Aku iriiiii, cantik banget pink beach-nya kak. Oiya kalau ke Labuan Bajo ini baiknya di bulan apa ya kak? Kadang kan males juga kalau misalnya travelling tapi cuaca nggak mendukung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang agak susah ya nentuin kapan nggak hujan. Sekitar Mei Juni sepertinya curah hujan dah mulai berkurang Mak, eh tapi puasa ya. Juli dan setelahnya kali ya :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Most Popular

Instagram