Berbagi Nutrisi Istimewa Melalui ASI

22:50

Saat ini saya sudah berada di penghujung masa menyusui. Mau bilang nggak terasa, tapi kenyataannya banyak perjuangannya juga sih dalam dua tahun masa menyusui ini. Untuk yang baru mengalami atau sudah berpengalaman menyusui, tentu masih ingat pesan-pesan saudara atau teman sekitar kita bahwa menyusui harus happy. Kenyataannya banyak faktor lain yang mempengaruhi selain dalam diri kita. Faktor eksternal misalnya. Bagi saya kondisi lingkungan juga berpengaruh meski pada akhirnya kita sendiri yang memutuskan untuk menjadikan kondisi eksternal tersebut menjadi masalah atau tidak.

Kesulitan pertama saya pada masa menyusui terjadi tepat ketika anak baru lahir, ASI saya tidak langsung keluar bahkan sampai keesokan harinya. Mungkin karena saya terlalu tegang sepanjang persiapan melahirkan hingga saat harus menyusui. Kata-kata yang biasa dari orang sekitar jadi berasa super panas di telinga waktu itu. Kemudian saya mencoba minum susu khusus untuk ibu menyusui atau yang dikenal dengan ASI booster dan kemudian dibantu massage oleh perawat di rumah sakit tempat saya melahirkan. Alhamdulillah kemudian ASI keluar dan bahkan bisa pumping dengan mesin pompa milik rumah sakit. Rasanya senang sekali. Dua puluh empat jam yang menegangkan menanti ASI keluar akhirnya selesai dan digantikan perjalanan baru, saya bisa menyusui anak saya. 

Tantangan selanjutnya adalah mengatur stok ASI karena saya bekerja. Selama cuti melahirkan saya mencoba menyetok ASI tapi hasilnya sedikit sekali menurut saya. Bahkan hanya bisa untuk stok seminggu saja di daycare. Belakangan saya bertemu teman-teman yang cemas dan mengalami hal serupa, kemudian saya berbagi cerita saya juga supaya mereka tidak pesimis dan supaya ASI mereka tetap lancar jaya. Ternyata benar bahwa penting sekali untuk menjaga kebahagiaan dan mengurangi kecemasan selama masa menyusui. 

Ketika usia anak saya 5 bulan, kejar setoran ASI semakin mengerikan karena anak saya bisa habis minimal 600 ml sehari. Sementara setiap harinya saya biasanya bisa pompa ASI di kantor hanya sekitar 400-500 ml. Tekor dong. Harus pompa malam atau dini hari.

Sampai kemudian saya menrima donor ASI tapi bukan karena saya minta, kebetulan ASI teman saya sudah hampir 3 bulan di freezer dan takut mubazir karena anaknya hanya mau menyusu langsung. Saya terima dengan senang hati karena suami saya juga tidak masalah. Rasulullah saja punya ibu susu ya. Saya juga mendapat tambahan rasa tenang karena stok terjaga kemudian karena senang ya ASI lebih lancar lagi, hehe. Kemudian ada satu orang lagi yang mendonorkan ASI nya untuk Kai sesekali karena beliaunya hiperlaktasi dan saya mulai tekor ASI lagi saat puasa. Kedua ibu susu ini teman kantor yang segedung dengan saya, jadi insyaAllah kenal baik.

Ketika Kai lewat usia 14 bulan, ternyata giliran saya mendonorkan ASI ke teman saya lainnya karena anak saya sudah tidak mau pakai dot. Jadi dia tidak minum ASI di siang hari, saya berikan UHT untuk tambahan nutrisinya. ASI yang disiapkan dan hasil pumping ssaya berikan ke teman saya karena bayinya masih belum 6 bulan. Kemudian selesailah masa-masa pompa ASI di kantor bagi saya.

Menyusui ternyata tidak hanya memberikan pengalaman istimewa dan bonding luar biasa bagi saya dan buah hati, namun juga saya jadi merasa sangat didukung oleh ibu-ibu lain dan rasanya senang sekali karena ternyata kemudian saya juga bisa menjadi supporting system teman saya lainnya yang membutuhkan tambahan ASI. Mengingat istimewanya nutrisi ASI, saya beruntung dipertemukan dengan mereka yang mendonasikan ASI dan juga yang kemudian membutuhkan ASI ketika stok saya tidak berkurang karena tidak diminum anak saya.

Hal lain tentang menyusui yang menurut saya penting adalah tersedianya ruang pumping yang memadai untuk di kantor. Namun demikian ketika Kai jelang setahun, saya lebih sering pumping di kubikel karena ingin bisa pulang on time. Jadi pumping sambil kerja, hihihi. Teman pumping yang pembicaraannya positif juga menyenangkan lho. Teman saya ada yang suka nonton drama korea kesukaannya sambil pumping supaya happy dan ASI makin banyak.

Dukungan keluarga juga menjadi kunci utama di sini. Ibu menyusui sebisa mungkin tidak terlalu kelelahan, asupan makanannya terjaga, dan juga pikirannya tenang. Untuk hal ini saya rasa suami saya sudah sangat supportif membantu pekerjaan rumah dan tidak pernah menuntu saya untuk masak kecuali saya yang mau, hehehe.

Selama masa menyusui saya sangat menjaga asupan makanan, selain itu saya juga minum suplemen yang mengandung nutrisi penting untuk ibu menyusui. Kalau tidak didukung suplemen ini, sepertinya busui jadi lebih ringkih karena nutrisinya jauh lebih banyak dari orang yang tidak menyusui. Jangan sampai kita sudah susah-susah menyusui atau pumping tapi ternyata kualitas ASI nya kurang bernutrisi karena asupan makanan kita kurang baik. Maka dari itu bisa coba ditambah suplemen menyusui bila perlu.

Ketika hamil jelang melahirkan, sesekali saya minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setelah konsultasi dengan obgyn. Kondisi nutrisi dan zat besi saya bagus saat hamil namun kata obgyn saat menyusui akan butuh suplemen. 


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan suplemen dengan kandungan lengkap, mengandung 17 Nutrisi Esensial yang membantu memenuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI berkualitas untuk Buah Hati. Jadi kalau dihitung, saya sudah dua tahun minum Blackmores varian tersebut hingga saat ini. Setelah melahirkan saya selalu minum setiap hari, jarang skip atau lupa.  

Adapun detail 17 kandungan nutrisi esensial pada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold tersebut antara lain:

       Tinggi asam folat yang dapat membantu menjaga Ibu dari resiko anemia,

  Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu,

      Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit,

     Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi,

       Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui.

Bulan Agustus ini merupakan World Breastfeeding Week, Blackmores juga turut serta dalam mendukung para ibu hamil dan menyusi dengan bekerjasama dengan Bumi Sehat Foundation. Saya senang sekali ternyata produk kesayangan saya ini sangat supportif kepada para Ibu.

Jadi dari pengalaman saya menyusui selama ini, alangkah lebih baik untuk mempersiapkan nutrisi ASI sejak masa kehamilan karena penting untuk mengusahakan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa. Namun demikian kondisi setiap ibu berbeda, jadi silakan konsultasikan juga dengan obgyn masing-masing ya Mom mengenai tambahan suplemen ini. Pada umumnya yang saya tahu Blackmores  Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini aman dikonsumsi untuk ibu menyusui.

Ada yang merasa dengan minum suplemen ASI nya makin banyak, kalau saya cenderung ke merasa lebih yakin bahwa ASI yang berkualitas, hehehe. Soal volume produksi ASI ini sebisa mungkin usahakan tidak membandingkan dengan ibu lain karena akan mengganggu ketenangan, jadi seberapapun hasilnya yasudah disyukuri rejekinya segitu, berdoa semoga dicukupkan. Kemudian usaha juga dengan ASI booster yang cocok dan Mommies suka. Karena kuncinya kadang kembali ke "being happy" lagi, hihihi. Jadi mari para busui pinter-pinter cari sumber kebahagiaan positif supaya nutrisi yang sudah kita jaga asupannya bisa optimal kita berikan kepada buah hati kita melalui ASI. 

Namun demikian apabila mommies mengalami kendala seputar ASI dan harus memilih jalan lain, nggak masalah selama sudah usaha dan konsul dokter. Hal terpenting adalah tercukupinya nutrisi buah hati pada masa emas mereka.

Untuk teman-teman sedang mencari produk Blackmores, bisa di Official Store Blackmores di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee. Senang sekali sekarang gampang belinya bisa online aja karena masih masa pandemi COVID-19 yang membuat saya enggan keluar rumah untuk belanja. Di official store tersebut tersedia juga produk Kalbe Blackmores Nutrition lainnya. Bila ingin tahu lebih banyak tentang Blackmores, Mommies bisa mengunjungi Blackmores di sini.   Atau langsung saja ke akun instagram : @blackmoresid. Semoga Mommies yang akan dan sedang menyusui dilancarkan perjalanannya ya, amiiin.

You Might Also Like

46 komentar

  1. Memang, menyusui kudu dilakukan dgn keras kepala dan semangat berjuang yg luar biasa
    Gak boleh gampang nyerah!
    SpoG-ku dulu juga rekomen Blackmores.
    Keren bgt ini emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba setuju, hehe. Keras kepala dan semangat juang ditunjang nutrisi yang tepat seperti blackmores ini ya :D

      Delete
  2. Nutrisi ASI memang luar biasa dan istimewa, jadi harus terjaga kualitasnya..Rutin konsumsi blackmores membantu para ibu menjaga kualitas ASI yang diberikan untuk anak ya

    ReplyDelete
  3. Saya suka bagian ini :

    Namun demikian apabila mommies mengalami kendala seputar ASI dan harus memilih jalan lain, nggak masalah selama sudah usaha dan konsul dokter. Hal terpenting adalah tercukupinya nutrisi buah hati pada masa emas mereka.

    Bagaimanapun, di era sosmed ini, perihal mengasihi juga bisa menjadi pemicu mom-war. Duh sedih ya kalau niat baik malah jadi bikin ribut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaa padahal kondisi setiap orang beda2 yah. Semoga kita bisa menularkan semangat kebaikan mulai dari diri sendiri :)

      Delete
  4. Masalah nutrisi dan volume asi, emang terkait erat dengan faktor genetik dan gaya hidup seorang ibu. Bila asi tak sebanyak yang kita mau, sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu ya Mbak. Setelah itu tambahin suplment. Mudah-mudahan ibu dan bayi selalu sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin makasih Mba.volume asi ini memang banyak faktor terkaitnya dan saya ga beranj sembarangan ngomong karena tidak tahu bagaimana perjuangan tiap orang yang pastinya masalahnya beda2 :)

      Delete
  5. Yes tak ada yang mengalahkan istimewanya ASI maka untuk menghasilkan yang seistimewa mungkin, butuh suplemen yang istimewa juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba suplemen untuk ibu menyusui istilah kata jangan kaleng kaleng lah ya :)

      Delete
  6. Jadi kangen masa-masa mengASIhi dulu, apalagi jaman itu aku masih jadi ibu bekerja. Pernah juga kejar-kejaran sama stok asip efek waktu itu aku sempat di rawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mbaaa perjuangan busui banget yah sampe dirawat pasti capek sekali. sekarang perjuangannya berbuah manis ya Mba, ga nyesel memperjuangkan asi insyaAllah :)

      Delete
  7. Waah setuju banget nih kalau ibu menyusui tidak boleh kelelahan dan asupan gizinya terjaga. Pengalaman pas anak kedua karena kelelahan urus dua batita dan makan sembarangan jadi produksi ASI dulu tidak maksimal dan harus dibantu dengan Sufor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah iya Mba kalau punya dua batita ampun deh pasti capek sekali. Gapapa asinya ditunjang susu formula yang penting masa eksklusifnya aman yah :)

      Delete
  8. Nutrisi suplemen ini juga baik untuk ibu hamil dan menyusui. Makasih infonya mbk. Ohya, harga satu botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini beraoa ya mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macam2 Mba berdasar kemasannya, tapi mohon maaf saya ga apal. Bisa dicek langsung di ecommerce aja Mba, kira2 mulai dari di atas 100 ribuan untuk kemasan terkecilnya :)

      Delete
  9. Semakin semangat menyusui karena ada dukungan nutrisi yang komplit banget dari Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini yaa mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba jadi berasa lebih fit dan semangat pumping untuk aku :)

      Delete
  10. Aku kok ikut senang ya baca ini..bagaimana para ibu saling support untuk memperjuangkan ASi bagi putra-putrinya. Keren semangatnya!
    Dan memang suplemen seperti Blackmores akan membantu kelancaran pemberian ASI pada buah hati yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ikut senang juga Mba baca komentarnya. Kalau bisa menghasilkan asi memang kudu semangat supaya ga nyesel juga. iya Mba Blackmores membantu memenuhi nutrisi busui :)

      Delete
  11. Next kalau hamil lagi perlu nih multivitamin Blackmores karena kandungannya super lengkap. Terimakasih sudah berbagi pengalaman kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, sebelum hamil juga bisa dikonsumsi tapi mungkin satu saja. Cuma ini nggak scientific sih hanya dari ibu2 yang biasanya jadi merasa cepat hamil karena mengandung asam folat kan Blackmores ini :)

      Delete
  12. momen menyusui salah satu momen terbaik sepanjang hidup... apalagi ditunjang dengan asupan ASI Booster terbaik dengan kandungan nutrisi istimewa untuk Si Kecil dari Blackmores

    ReplyDelete
  13. Jadi inget ASI aku di kulkas sebanyak 30 botol udah hampir 1 tahun lebih gak dikonsumsi, kayaknya basi dah :(
    Asi aku sempet berlimpah gara2 aku minum blackmores ini nih :) skrg mah produksinya udah agak menurun krn anaknya udah jarang minum ASI :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepertinya sudah tidak bisa dikonsumsi itu Mba Olin. Karena kalau di freezer kulkas satu pintu hanya 3 bln, dua pintu 6 bulan. Mantap efeknya blackmores ke Mba Olin yah. Gpp klo produksi menurun krn anak sudah di atas setahun Mba, udah banyak makan, hehe.:)

      Delete
  14. Menjadi ibu hamil dan menyusui bagi saya penting banget ya mbak menambah ilmu. Sewaktu anak pertama, saya hanya bisa menyusui sampai enam bulan saja tapi alhamdulilah anak kedua full. Kayak sekarang ada juga suplemen Blackmores gini ya yang mendukung bumil dan busui. Jadi, kesehatan pun bisa terjaga, menyusui lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba anak pertama tuh belajar banget semuanya ya. Syukurlah Mba sudah dapat ASI eksklusif kedua anaknya. :)

      Delete
  15. ASI is good nutrition for baby as like new born. The mommy must give her baby with good nutrition too as like ASI

    ReplyDelete
  16. Senang ya sesama ibu menyusui saling mendukung, bukannya berkomentar yang bikin mental jadi down

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaa,wadu aku jauh2 ama yang mulutnya bikin kuping panas :p

      Delete
  17. aku jugaaa pake makkkk. enak pakai in nutrisinya lengkap kalau misalnya makanane asl-asalan*eh
    masa menyusui itu memang luar biasa ya mak :"
    ). doakan aku sampe 2 tahun ya si rafif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sepupuku jg gitu bilangnya gapapa aku kadang makan sembarangan tapi kan minum blackmores, wkwkwk. InsyaAllah Mba Echa bisa menyusui Rafif sampe dua tahun. Aku baru nyapih ini :)

      Delete
  18. Wah komposisi nutrisinya komplit banget nih.. Busui sama yang promil jadi makin mantep.. gak ragu lagi pake Blackmores untuk nutrisi terbaik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diane, yg sedang promil banyak yang cerita minum ini dan ada cerita2 kalau mereka berhasil hamil gitu karena minum Blackmores sebagai usaha penunjang ikhtiar

      Delete
  19. mba lihat isinya tinggi asam folat juga kalsiumm, kalau diminum bukan oleh busui atau bumil gpp kali ya? atau jagan jangan bisa bikin hamil lagi ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba kayaknya menunjang jadi semacam makin subur untuk dibuahi yah, hehe. Katanya sih gitu, udah saya tulis juga di post ini sharing teman2 yang promil dengan minum asam folat atau blackmores varian gold ini.

      Delete
  20. Aku juga konsumsi Blackmores Mba, dan emang kerasa beda nya, asi lebih kentel badan juga lebih fit selama masa2 menyusui ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ASI berasa lebih berkualitas alias kentel itu ya Mak, sama ga gampang sakit juga yang aku rasain. Dua manfaat utamanya di aku pas itu juga Mba sama kita :D

      Delete
  21. aku juga dulu konsumsi Blackmores untuk vitamin penambah daya ingat, brand ini banyak varian vitamin yang mengandung banyak khasiat sesuai kebutuhan tubuh kita :D boleh dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada juga yang penambah daya ingat ya Mak. aku baru tahu yang buat bumil busui ini sama yang vitamin c. Makasih rekomendasinya Mak, nanti bisa dicoba buat kuliah lagi vitamin penambah daya ingat dari blackmoresnya :D

      Delete
  22. Blackmore nih banyak direkomendasiin untuk bumil dan busui ya. Jaman saya hamil Afek Fi blm kedengeran kabarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak aku kebetulan tau pas hamil kayak teman2 banyak yang minum ajdi aku beli, hehe. Pas menyusui kepake banget ternyata :)

      Delete
  23. Alhamdulillah ya mbak ada blackmores menyelamatkan bunda-bunda yang sedang berjuang
    karena ASI emang penting banget untuk tumbuh kembang anak. Semangat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba ini penyelamat buibu suaya nggak defisiensi nutrisi :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram