Tempat-Tempat Belanja di Bangkok

12:25

Kayaknya banyak sekali online shop di Indonesia yang kulakan di Bangkok. Wisatawan Indonesia yang hobi banget belanja di Bangkok juga nggak kalah banyak. Dari hasil penelusuran saya selama semingguan di Bangkok, berikut beberapa mall dan tempat belanja yang wajib dikunjungi jika kalian sedang plesiran di Bangkok:

1. Chatuchak Weekend Market
Puncak keramaiannya pada saat weekend, yakni pada hari Sabtu dan Minggu. Pada hari biasa kios yang berjualan hanya sekitar setengahnya.

Jangan khawatir jika kelaparan saat sedang asik belanja. Makanan halal cukup mudah ditemukan. Cari saja menara jam di tengah pasar Chatuchak maka akan Anda temukan beberapa kios makanan dengan label halal.

Chatuchak agaknya merupakan pasar ter-ramai di Bangkok. Selain baju dan aksesoris, banyak juga jajanan khas Thailand, misalnya mango sticky rice dan coconut ice cream yang disajikan dengan batok kelapa lengkap dengan buah kelapa mudanya yang masih menempel; pada batok. Karya seni dari seniman lokal, perlengkapan rumah tangga dan bahkan tas serta koper juga ada. Barang-barang yang dijual di Chatuchak ini lumayan murah, terutama pada penjual kaki lima di pinggir jalan. Mungkin karena mereka nggak bayar sewa tempat makanya berani ngasih harga lebih murah.

Di dalam pasar ada dua bank besar Thailand yakni HSBC dan Maybank. Kita bahkan bisa menukar uang cash atau tarik tunai via ATM di mesin berlogo yang sama dengan kartu kita. Tapi jangan kalap belanja ya Girls :D

Di pasar ini saya membeli beberapa kemeja formal dengan harga @ Rp 40.000 (100 Baht) dengan kualitas kain yang sangat bagus. Selain itu saya juga mendapatkan sandal gladiator yang masih awet sampai sekarang, hanya Rp 40.000 (100 Baht) juga. Namun sayang flatshoes hitam yang saya beli di sana seharga Rp 60.000 (150 Baht)  sudah jebol setelah 3 bulan dipakai.

Transportasi menuju Pasar Chatuchak:
vis BTS: turun di Stasiun Mo Chit, lalu berjalan ke pintu exit sebelah kiri. Jika bingung bisa mengikuti keramaian saja, orang-orang yang berduyun-duyun itu biasanya juga menuju Chatuchak.

2. Pratunam Market
Pasar ini merupakan pusat oleh-oleh khas Thailand. Dari gantungan kunci, dompet, kaos dan bahkan sutra khas Thailand bisa didapatkan di dalamnya. Saran saya kalau ke sini jangan sore-sore karena jam 4 sore sudah banyak kios yang mulai tutup.

Melihat harga yang lebih murah dari pada di tempat lain di Thailand, jangan kalap belanja banyak dulu, coba putari kios-kios lainnya daripada menyesal karena melihat barang yang sama di kios lain dengan harga lebih rendah. Kita bisa tawar menawar ketika berbelanja di sini seperti halnya di chatuchak, namanya juga pasar :D

Di sini saya dapat rok yang saya gunakan untuk kuliah seharga Rp 80.000 (200 Baht) dengan lipit-lipit yang saya suka, bahannya tebal. Saya belum pernah nemu rok serupa di Jakarta dengan kualitas yang sama dengan harga segitu. Roknya saya beli di penjahit di dalam Pasar Pratunam. Di dalam pasar memang banyak penjahit yang menjual pakaian ready to wear. Biasanya sih yang banyak tersedia adalah celana kantor, blazer, jas dan rok. Oiya rok yang saya beli itu merupakan rok anak sekolahan di Thailand, hihihi. Saya juga membeli beberapa kaos khas Thailand di sini, kalau nggak salah saya dapat yang seharga Rp 40ribuan/kaos. Banyak celana kain yang bahannya adem di sini, rata-rata harganya Rp 40ribuan semua. Kalau beli banyak bisa jadi Rp 30.000 atau Rp 35.000 per item.

Transportasi:
- Via BTS: Turun di Stasiun Ratchathewi, atau
- Jalan langsung dari komplek Mall di Siam,
Keduanya sama-sama harus berjalan kaki sekitar 2 km. Namun relatif lebih dekat dengan berjalan dari BTS Ratchatewi. Jika tidak terbiasa jalan kaki bisa naik ojek dari bawah BTS, di sana banyak abang ojek yang standby :p

3. Shibuya19 Shopping Mall
Mall ini semacam ITC, di dalamnya persis ITC di Indonesia walaupun dinamai dengan embel-embel "mall." Banyak barang bagus dan cute untuk cewek, terutama baju dan pernak pernik terkait fashion. Saya lupa tidak memperhatikan kalau buat cowok banyak fashion item yang tersedia juga atau tidak. Sayangnya saat itu sedang ada Bangkok Shutdown, jadi mall ini tidak terlalu ramai. Sebagian pedagang tidak berjualan. Kios-kios yang buka juga mulai tutup sejak pukul tiga sore. Jadi saya tidak sempat membeli apa-apa.

Jika kalian menginap di area Pratunam bisa menyusuri night market di lorong sebelah mall ini, barangnya murah-murah banget, Rp 100ribu dapat 3 item.

Lokasinya pas sebelum Pratunam Market jika berjalan dari BTS Ratchathewi.

4. Platinum Fashion Mall
Tadinya saya menyangka mall ini  isinya tenant-tenant brand high end. Namun ternyata di dalamnya seperti ITC juga. Dari segi luas area lebih luas daripada Shibuya 19. Mall ini sangat besar, bahkan saya tidak kuat mengitarinya karena sudah terlalu banyak berjalan pada hari itu. Banyak food court dan ada Bank untuk tukar tunai dan tentu saja ada ATM. Inilah pusat kulakan online shop-online shop di Indonesia. Jadi silakan belanja sepuasnya.

Lokasinya persis di seberang Pratunam Market.

5. Pantip Plaza
Plaza yang satu ini merupakan pusat gadget, seperti di mangga dua, apa aja ada. Surga belanja buat cowok kali ya :p

Lokasinya cuma di sebelah Platinum Fashion Mall.

Kelima tempat belanja tadi lokasinya di area Pratunam, selanjutnya kita akan membahas mall yang ada di area Siam

6. Siam Paragon
Dulu waktu SMA liat MTV Asia ada event VJ Hunt yang hadiahnya jalan-jalan ke Siam Paragon kok kayaknya keren betul. Akhirnya kemaren saya udah ke sana dong beberapa kali. Mimpi masa kecil sudah jadi nyata XD
Semua high-end brand ada di sini, tempatnya cozy, design interior tenant-tenantnya tentu saja sangat elegan.

Tempat makan halal ada di food court yang di lantai dasar, tenant nomor 15. Sistem pembayarannya dengan menukar uang dalam kartu voucher yang nantinya bisa direfund jika sisa. Harga makanan halalnya terjangkau kok, cuma sekitar 80 Baht.
Saya suka nitip tas di pojokan Gourmet Market, gratis lho sampai jam 6 sore. Jadi biasanya saya nitip tas di mall ini jam 10 an pagi, lalu saya main-main ke area lain sampai jam 5 sore, baru kembali lagi ke Siam untuk mengambil tas :p

Siam Paragon ada musholanya di lantai dasar deket tempat parkir, meski lokasinya agak nyempil tapi musholanya luas dan nyaman.

Lokasinya bisa langsung diakses dari jembatan penghubung BTS Siam. Mall ini sudah seperti iconnya Kota Bangkok, jadi jangan lewatkan meski sekadar mampir atau numpang melintas :p

7. Siam Center
Lokasinya ada di sebelah Siam Paragon. Kemarin saya ke Forever 21 nya, lagi diskon lumayan gede, barang-barangnya lebih murah dari di Indonesia. Saya nyobain VAT refund juga di sini. Dengan dalih penasaran, saya sebagai fiskus belum pernah menangani VAT refund di negeri sendiri, jadi nyobain alur VAT refund di negeri tetangga  :p

Siam Center ini kayaknya lebih fokus ke brand-brand yang digemari anak muda. Banyak juga brand lokal yang unik dan bold designnya. Mungkin di sinilah sentra perkembangan industri fashion indie dan designer lokal Thailand.

8. Siam Discovery
Lokasinya di sebelah Siam Center. Madame Tussauds dan Ocean Park ada di sini. Mall ini cukup ramai karena ada dua tempat wisata terkenal itu. Isi tenantnya mirip dengan yang ada di Siam Center. Nike juga ada di sini.

9. MBK (Ma Boon Khrong)
Entah kenapa di sini banyak sekali orang Indonesia.

Tips: Jika naik Air Asia, tunjukkan foto dari majalah Air Asia ke tempat penitipan tas/bag drop di lantai 6 maka kita akan mendapatkan kaos dan kartu diskon untuk belanja atau makan di toko tertentu. Jika sempat silakan mampir saja ke sana, lumayan kaosnya masih awet nih sampai sekarang. Tapi sayangnya saya dapat kartu diskon yang sudah kadaluarsa. Jadi cek dulu aja kartu diskonnya sebelum pergi dari area bag drop ini.

Biasanya orang Indonesia membeli oleh-oleh di MBK karena MBK ini lumayan lengkap barang-barangnya. HP, gadget, komputer, gantungan kunci, magnet kulkas, baju, celana dan tas dengan motif dan gambar gajah khas Thailand banyak banget pilihannya di sini. Bioskop dan salon juga tersedia di sini. Foodcourt tentu saja banyak.

Musholanya ada di lantai dasar di dekat parkiran, dingin dengan AC juga sama seperti di Siam Paragon. Saya sempet ngobrol dengan muslimah Thailand dan ketemu orang Indonesia yang sedang kuliah di sana. Dari mushola jadi nambah kenalan muslimah di negeri gajah, alhamdulillah.

Makanan halal ada di lantai 5 di Yana Restaurant, karyawannya (atau jangan2 beliau pemiliknya? :p) ada yang bisa bahasa Melayu. Kebeulan saya datang berdekatan dengan kedatangan segerombol orang Indonesia yang memasang wajah sombong dan terkesan memerintah ke pelayan resto, maka saya akhirnya mengurungkan niat mengobrol dengan si Bapak dengan Bahasa Indonesia, karena saya malu kok rekan senegara saya sok2an gitu. Sayanya jadi ngobrol pakai bahasa Inggris ala kadarnya. Jadi semacam self reminder supaya saya lebih ramah pada orang asing.

Tom yum-nya uenak seger, harganya nggak mahal lho. Thai Ice Tea with milknya juga wuenak. Makanan mulai 80 Baht, minuman mulai 30 atau 40 Baht.

MBK bisa diakses dari BTS National Stadium.
Kaos gratisan dan kartu voucher
Saya nggak belanja apa-apa di sini karena merasa lebih murah di Pasar Pratunam.

10. Terminal 21
Yang ini mall favorit saya. Di dalamnya memang banyak brand high end, namun juga banyak tenant yang berisikan karya designer lokal yang cute dan edgy. Tiap lantai mempunyai tema dekorasi yang berbeda. Ada Tokyo, London, Istambul, dll. Saya menghabiskan waktu berjam-jam di sini karena keasikan menyusuri uniknya design mall per lantai. Bahkan toiletnya pun ada temanya tersendiri.

Di sini saya beli postman bag yang sedang diskon, jadinya seharga Rp 120ribu.

Terminal 21 bisa langsung di akses dari BTS Asok.