Menyeberang Dari Thailand ke Kamboja via Perjalanan Darat

00:34

Entah kenapa postingan mengenai cerita saya menyeberang ke Kamboja melalui Thailand cukup ramai dikunjungi dan seringkali banyak yang menanyakan detail lebih lanjut, baik dalam komen maupun email langsung ke saya. Kayaknya postingan tersebut cukup diminati namun saya masih kurang jelas menyampaikan mengenai pilihan moda transportasi lainnya, jadi saya akan mencoba menyampaikan beberapa alternatif lain untuk berkunjung ke Kamboja melalui perjalanan darat dari Thailand.

Sekadar penjelasan ulang, kota terakhir Thailand yang berbatasan dengan Kamboja namanya Aranyaprathet atau biasa disebut dengan Aran saja. Sedangkan perbatasan Kamboja dengan Thailand adalah Kota Poipet. Imigrasi perbatasan keduanya TIDAK BUKA 24 JAM, hanya buka pada jam kerja saja. 

Biasanya kota yang dituju oleh para wisatawan yang hendak ke Kamboja via darat adalah Siem Reap karena ingin mengunjungi Angkor Wat dan angkor-angkor lainnya. Jarak antara Poipet sampai ke Siem Reap jika ditempuh menggunakan mobil pribadi sekitar 3 jam perjalanan. 

Adapun beberapa alternatif yang bisa kita tempuh akan saya jabarkan dari yang paling mudah dulu ya:

Direct Bus Bangkok Siem Reap
Bus ini dioperasikan oleh pemerintah kedua negara tersebut. 
Keberangkatan dari terminal Mo Chit (Nothern Bus Station) pukul 09:00
Tiket bisa dibeli di loket nomor 22 dengan operator The Transport.co Ltd 
Pembelian tiket bisa langsung/on the spot atau membeli pada hari sebelumnya.

Sebaliknya, keberangkatan dari Siem Reap pukul 08:00.

Moda transportasi ini adalah yang termudah karena tidak perlu memikirkan mengenai tempat menginap jika tiba di perbatasan ketika imigrasi tutup, juga tidak perlu memusingkan moda transportasi lain untuk pilihan mengejar waktu.


Naik Kereta Api Bangkok-Aran
Kereta api di Thailand mirip dengan di Indonesia. Keberangkatan kereta melalui stasiun Hua Lampong yang ada di Bangkok. Stasiun tersebut merupakan stasiun sentralnya Thailand. Lama perjalanan sekitar 6 jam. Untuk jadwal kereta dari Bangkok ke Aran adalah sebagai berikut.
Tarif kereta api yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
Firts Class 222 Baht
Second Class 111 Baht
Third Class 48 Baht (mirip kereta ekonomi di Indonesia)

Pilihan berkereta bisa ditempuh jika tertinggal bus pemerintah tadi. Karena tersedia keberangkatan di siang hari baik dari maupun ke Bangkok. 

Kereta ini hanya sampai Aran, artinya masih di Thailand dan masih perlu menyeberang ke Poipet lalu melanjutkan perjalanan ke Siem Reap. Untuk menuju imigrasi Thailand bisa menggunakan tuktuk/ojek/bus (saya belum tahu detailnya mengenai bus).

Namun jika sudah terlalu sore maka saya sarankan menginap saja di terminal Aran. Detail mengenai pilihan hotel bisa dibaca pada post saya sebelumnya, link pada kalimat pertama post ini ya, silakan tinggal klik ^^

Naik Bus ke Aran
Ini yang saya lakukan pada perjalanan saya kemarin. Pilihan ini bisa ditempuh jika jadwal keberangkatan direct bus tidak sesuai dengan rencana perjalanan kita, sedangkan jadwal keberangkatan kereta yang siang juga tidak cocok dengan itinerary kita. Naik busnya dari terminal Mo Chit. Loketnya banyak, tinggal pilih aja. Bus tersedia setiap satu jam sekali. Pemberangkatan terakhir pukul 17:30. Lama perjalanan sekitar 5 hingga 7 jam.

Detil perjalanan saya juga sudah dipost dalam link di atas ya, hehe. Kami sampai Aran sudah malam dan memilih menginap di hotel lalu menuju perbatasan dengan tuktuk.

Poipet ke Siem Reap
Bus
Untuk menuju Siem Reap dari Poipet bisa menggunakan bus resmi yang tersedia pada pukul 10:00 di tempat menunggu bus yang sederhana setelah pos imigrasi Kamboja. Saran saya silakan menunggu di depan Kantor Imigrasi Thailand saja, sebelum masuk pos imigrasinya lho ya, di sana lebih nyaman untuk menunggu. Mungkin pukul 8:30 merupakan waktu yang ideal untuk masuk imigrasi Thai dan lanjut ke imigrasi Kamboja. Jadi setelah keluar imigrasi tidak terlalu lama menungggu dan tidak didekati banyak calo, hehe. Serius, di sana banyak scam, ada scam yang menawarkan menuju tourist terminal yang sepi. Udah paling aman nunggu bus pemberangkatan pukul 10:00 saja.

Saya kurang tahu jadwal bus resmi ini kembali ke Poipet.

Sewa Mobil & Sopir
Berdasarkan pengalaman saya kemarin, sewa mobil sebaiknya memang plus supir karena di Kamboja berkendara di sebelah kanan, tidak sama dengan di Indonesia, jadi kita pasti kagok untuk menyetir sendiri. Lagipula repot masalah SIM kan? Untuk mendapatkan tarif yang lebih murah, jangan ngobrol dengan orang yang berseragam/ orang yang mencurigakan/ calo. Pura2 aja lagi jalan-jalan melihat sekitar, trus kalau ada mobil camry dengan supir yang sedang mangkal samperin aja tawar menawar pakai bahasa tarsan, hehe. Namun jika terpaksa sudah ngobrol dan tawar menawar harga ya tak apelah, jadikan pelajaran saja. Tapi tawar lagi aja barangkali dapat harga yang lebih oke. Bakalan lebih murah jika kita tawar menawar langsung sama si supir sih. 

Sebaiknya jika memilih untuk menggunakan moda transportasi ini jangan sendirian. Bukan apa-apa, mahal aja sih soalnya kan pakai USD tuh bayarnya. Jika sudah punya travelmate, sewanya sekalian aja buat keliling Angkor2 di Siem Reap, nganter makan dan nganter balik lagi ke Poipet jadi nggak repot plus barangkali dapat harga diskon :))

Aran-Bangkok
Travel
Saya jadikan travel sebagai opsi pertama karena kemarin saya memilih naik travel untuk kembali ke Bangkok. Bisa minta diantar langsung ke bandara Don Mueng ataupun Terminal Mo Chit. Mobilnya seperti mini bus/elf angkutan ke bandara semisal Xtrans gitu. Travel tersedia tepat setelah kita keluar dari imigrasi Thailand. Jadi sangat mudah dan tidak perlu naik transportasi penghubung. Saran saya tawar aja kalau misalnya harga yang mereka tawarkan berbeda jauh dengan tarif bus. Paling tidak jangan sampai 200% tarif bus ya ^^

Kereta Api
Untuk kembali ke Bangkok tersedia kereta Aran-Bangkok (stasiun Hualampong). Sesampainya di Poipet maka silakan langsung ke Imigrasi Kamboja lalu menyeberang ke Imigrasi Thailand. Menuju stasiun dapat menggunakan moda transportasi yang sama ketika dari stasiun. Mengenai tarif sama ya dengan Kereta Bangkok-Aran. Berikut jadwal keberangkatannya:
Jadwal kereta ini sepertinya kurang bersahabat bagi yang tidak mau menginap ^^

Bus
Untuk mendapatkan bus Aran-Bangkok maka kita harus kembali ke area terminal Aran. Bisa naik tuktuk/ojek untuk menuju ke sana. Terminal Aran merupakan lokasi tepat di depan area perhotelan yang telah saya sebutkan pada post sebelumnya. Jadwal keberangkatan bus setiap satu jam sekali dan keberangkatan paling sore pukul 17:30. Namun untuk berjaga-jaga karena Aran merupakan kota kecil, sebaiknya diestimasikan bus terakhir pukul 16:30 saja untuk penyusunan itinerary.

Semoga informasi tersebut cukup jelas dan bermanfaat ya. Jika ada informasi dari saya yang salah mohon koreksinya. Informasi ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan regulasi pemerintah setempat. Untuk mengecek jadwal dan tarif kereta api silakan ke www.railway.co.th

have a great vacation :D

You Might Also Like

13 comments

  1. Bookmark, siapa tahu nanti saya bisa jalan - jalan kesini ya mbak :).. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Mba sudah berkenan bookmark, semoga bermanfaat ya ;)

      Delete
  2. numpang nanya nih kak. :D perjalanan kemarin dari bangkok ke siem rap trus balik lagi ke bangkok (include penginapan di aran dan siem rap) habis berapa ya kak ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangkok-aran lupa tepatnya tp ga sampe 200ribuan rupiah kayaknya. Mgkn malah 180 baht
      Hotel di Aran (yg pink) 385 baht waktu itu, ada di post yg ini http://www.nianastiti.com/2014/03/cerita-saya-menyeberang-via-darat-dari.html?m=1
      Dr hotel ke border tuk2 20-40baht (lupa, sekitar itu, minta org hotel nawar buat kita aja)
      Stlh jln dr border kami sewa sedan camry untuk poipet-siem reap, keliling siem reap, dianter makan, balik ke poipet lg total 1000 usd per orang termasuk makan
      Dr border poipet jln ke border aran
      Dr exit imigrasi aran ke bangkok naik travel, mobilnya nissan serena, lupa tepatnya brp. Mgkn 250-300baht
      Sori lupa udah lama soalnya :)

      Delete
  3. mbak, kalo kita masuk ke thailand dari kamboja via darat, itu masa berlaku kita tinggal di thai 30 hari kayak masuk dari bandara gak?

    ReplyDelete
  4. tulisannya bagus dan sangat informatif mbak, tapi saya mau sedikit mengkoreksi mengenai masa tinggal
    kemarin saya habis dari kamboja dari thailand via aran, waktu masuk ke kamboja saya dikasih masa tinggal 30 hari, tapi pas saya balik ke thailand dari kamboja cuma dikasih 14 hari masa tinggal
    jadi kalau kita masuk thailand via darat cuma dikasih 14 hari masa tinggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke makasih banyak informasi dan perhatiannya ya :)

      Delete
  5. Klo angkutan yg malam hari ada ga?supaya waktunya lbh efisien

    ReplyDelete
  6. Klo angkutan yg malam hari ada ga?supaya waktunya lbh efisien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus ternalam yang saya tahu seperti yang saya sebutkan di postingan ini. :)

      Delete
  7. boleh tau website booking kereta nya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini website kereta api Thailand, kalau booking onlinenya saya belum pernah nyoba. Silakan ya http://www.railway.co.th/checktime/checktime.asp?lenguage=Eng

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)