Preppy Chic with Leather and Tenun

05:30

Assalamualaikum. Tanggal 2 Oktober kemarin merupakan Hari Batik Nasional. Momentum ini pas banget untuk dijadikan alasan untuk membahas batik sebagai salah satu warisan budaya kita yang sudah diakui oleh UNESCO. Pada hari itu saya terinpirasi postingan IG Mas Ef, bahwa yang diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO adalah proses membatiknya, yakni dengan metode tulis dan cap. Jadi, mari kita berbangga mengenakan batik tulis dan cap yang dibuat oleh pengrajin lokal. Selain melestarikan budaya, jika kita membeli kain batik yang dibuat dengan tulis dan cap, kita juga akan meningkatkan kesejahteraan para pengrajin batik.
Selain batik, kita juga warisan budaya yang tak kalah cantiknya, yakni tenun. Menurut Wikipedia, tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang antara benang lusi dan pakan secara bergantian. Kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, atau bahan lainnya.

Apakah teman-teman tau SMESCO? Kepanjangan dari SMESCO adalah Small and Medium Enterprises and Cooperatives atau Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) dalam Bahasa Indonesia. Jadi, SMESCO ini merupakan wadah bagi UKM Indonesia untuk mendisplay kerajinan yang mereka produksi. Mulai dari busana, lengkap dari pakaian hingga aksesoris, juga aneka oleh-oleh/makanan khas daerah dan ukiran ada di sana. Lokasi SMESCO ada di SME Tower, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 94. Bagi yang belum tahu, lokasi tersebut dekat dengan Tugu Pancoran. 
Sudah pernah ke SMESCO belum? Kalau belum, nanti bisa lihat video saya keliling-keliling mencari pakaian batik di Galeri Indonesia Wow - SMESCO di akhir postingan ini. Nah, di sana saya mencari produk yang cocok untuk foto OOTD (Outfit of The Day) untuk diposting di blog ini. Saya mendapat dua tampilan. Salah satunya adalah preppy chic dengan outer kulit dan tenun dalam postingan ini.

Saya memilih outer yang juga bisa dijadikan atasan yang terbuat dari kulit dan tenun. Sebelumnya saya nggak pernah kepikiran kalau tenun, simbol warisan budaya yang cantik ini bisa dipadukan dengan kulit yang membuat tampilan terlihat cool. 
Saya menamai tampilan ini preppy chic karena kesan preppy yang didapat dari tenun dan kacamata saya. Keduanya memberikan sentuhan formal. Untuk menambah kesan preppy-nya, saya membawa leather clutch dan open toe wedges shoes motif tenun yang juga karya pengrajin UKM di SMESCO. Namun paduannya yang berbahan kulit dan bawahan jeans kulot membuat tampilan ini juga terlihat chic, makanya preppy chic menjadi pilihan sebutan yang tepat. 

What do you think about this look? Apakah produk-produk UKM Indonesia yang berkualitas ini berhasil membuat penampilan saya preppy chic? 
Oiya, jika teman-teman suka dengan produk UKM, suka dengan batik, tenun, dan aneka kerajinan lokal tapi tidak sempat ke SME Tower maka kalian bisa juga membeli produk-produk karya pengrajin UKM Indonesia di smescotrade.com. Bangga nggak sih kalau memakai produk lokal yang berkualitas dan membuat penampilan kita makin kece? Psst, harga outer kulit dan tenunnya cukup affordable lho! :D

Mau tau serunya belanja di Galeri Indonesia Wow dan di smescotrade.com? Tonton video youtube ini dulu ya :D
Semua foto dan video ini diambil oleh Mas Dani dari danirachmat.com. :)

You Might Also Like

39 comments

  1. Blm pernah ke SMESCO soalnya ribet muter hahaha.. Tapi aku sukaa banget sama tenun2an beberapa koleksi tenun lombok & tenun dari daerah di Indonesia lainnya masih berbentuk kain & blm dijahit, karena sayang :D smoga produk UKM tambah maju & batik Indonesia tidak kehilangan jati dirinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak itu Mba di SMESCO, pankapan horeey bisa lah ke sana bareng. HEhe. Amin smg makin maju ya industri kreatif dan UKM Indonesia :D

      Delete
  2. Outernya kece banaaaaaa. Aku naksir nia. Yuk horeey ke smesco, aku mauuu..

    ReplyDelete
  3. Kalo lagi traveling slalu ga nahan buat beli kain tenun khas daerah yg aku kunjungi, kalo tinggal di jakarta wahh bisa tiap minggu ke smesco nih.
    Lengkap banget disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba SMESCO ini memudahkan cari produk kerajinan lokal. Mba Ainun tinggal di luar Jakarta kah? :)

      Delete
  4. Omigod... kece benerrr sih mbak? Kereen kereen, chic and classy

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  5. Setuja, apa next arisan kita di smesco ajah ???


    Emang kece sisteriuz kita nih, preppy chic emang "nia" banget 😘😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa pereuz amat nih mamtir ada apaa. Ke smesco jalan2 aja kaga usah arisan :p

      Delete
  6. Setuja, apa next arisan kita di smesco ajah ???


    Emang kece sisteriuz kita nih, preppy chic emang "nia" banget 😘😘😘

    ReplyDelete
  7. Keceee gayanya Nia... eh btw aku baru tau kepanjangannya SMESCO itu tohh rupanya.. thanks for sharing Nia :)

    ReplyDelete
  8. Barruuu tempee kepanjangan dari SMESCO.. Hidup pengrajin lokal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pengrajin lokal kita makin jaya ya :D

      Delete
  9. Iriiii sama jacket eh atau outer si ni? kok kecenya kebangetan. Aku beberapa kali pernah ke SMESCO tapi nggak berani beli hahahha, takut shock liat harganya. But, Nia your style is so awesome!!! gorgeous anet kakaa.. me like it lah pokoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi kaka complimentnyaah warbiyasak rasanya dipuji Kaka Aie yang cetar. Ada yg mahal emang Mba, tapi banyak yg affordable kok. Sepatu2 batik dan tenunnya 100rebuan banyak :D

      Delete
  10. Yaduhh... outernya 😭😭😭😭

    ReplyDelete
  11. Aku jadi penasaran pengen ke SMESCO. Dulu mah seringnya ke sebelahnya. Ke kampus suami. Hahahahah.. Ternyata menarik juga yaa disana. :)

    Kamu gayak deh ootd preppy chic gitu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unpar ya Mba, ihiw kencan yak di sana. Maaciw Mamiir :D

      Delete
  12. bagus outernya. karena outer udah agak formal, bawahannya jadi bisa di mix sama jeans ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba biar lebih santai kesannya chic gitu, hihi :p

      Delete
  13. Paling suka kalau main ke smesco, bikin jatuh cinta sama produk2 khas Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba cakep2 ya, dr yg mure ampe mihil ada :D

      Delete
  14. Cakep Nia..videonya resmi hihihi udah kaya presenter acara lifestyle nia ihiyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh masih grogi belibet Mbaa :p, maaci Mba Witha :*

      Delete
  15. Cakep, Niaaaaa.. :D

    Aku jugak seneng banget pakek batik. Motifnya itu loh.. Bagus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Beb, ada yang abstrak sampe bentuk buah2an aku ada nih batiknya. Emang warisan budaya kita bagus2 ya :D

      Delete
  16. batiknya lumayan kak..coba deh batik solo pasti lebih okey :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik solo biasanya warna-warnanya elegan ya :D

      Delete
  17. Uuw selalu suka gaya ootdnya sisterius. Daebak!!! Btw aku kalo ke smesco buat jobfair aja wkwkwkkw sama pernahnya jd panitia acara apa gitu:"")

    Pernah muter muter dikit tp mundur teratur liat harganya. Aku gashanggup kaak:"")

    Btw beralih profesi nih jd vlogger. EyaaakB-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang mure lho Fa, sepatu2annya banyak yg 100ribuan. Mungkin Ifa salah tengok ke area yg premium. Hahaha. Maaci komplimen Ifa yg selalu warbiyasaak. Aku pengen belajar vlog jg Fa :D

      Delete
  18. Duh cantiknya, cocok pake gaya preppy chic :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)