Dolce Gusto Piccolo Experience: The Compact and Powerful Coffee Machine

Halo! Saya mau cerita kelanjutan postingan “Ngafe di Rumah dengan Mesin Kopi Dolce Gusto.” Gara-gara saya post di IG dan blog tentang mesin tersebut, teman-teman kantor minta saya bawa si mesin kopi mungil mirip penguin yang super cool itu. Jadilah si Dolce Gusto Picollo seolah bagian dari alutsista di kantor. Nggak boleh saya bawa balik lagi. Yaudah deh saya ikhlas aja, soalnya mesin ini jadi sarana saya ibadah. Iya ibadah menebar kebahagiaan sama teman-teman. Hahaha. Semua pada suka sama mesin ini karena mereka jadi bisa bikin kopi enak dengan rasa presisi dan crema melimpah cuma dalam waktu semenit. Nah, selain senang bisa berbagi kebahagiaan, saya juga dapat keuntungan nih setelah mindahin piccolo ke kantor. Teman-teman jadi pada beli kapsul yang beda-beda rasa gitu.
Kalau saya beli sendiri, palingan saya beli satu atau dua box aja. Berkat sharing, kami jadi punya stock kapsul dolce gusto dengan lebih banyak varian. Jadilah kami makin akrab karena bisa ngopi bareng sambil tukeran kapsul dan ngobrol-ngobrol singkat di sekitar kubikel. Ngantuk hilang, semua senang. Experience pakai  piccolo bareng-bareng ternyata powerful banget menyatukan saya dan teman-teman satu subbagian. Nggak cuma powerful cepet mendidihkan air dan menyajikan kopi nikmat berlimpah crema.
Biasanya sih saya ngopi sehari sekali di siang hari. Tapi kalau lembur saya bikin Choccocino buat indulging supaya badan tetap hangat di ruangan ber-AC seharian.

Kalau siang itu paling enak minum Grande Intenso. Jenis kapsul ini hanya butuh satu untuk sekali seduh. Efektif banget bikin mata melek. Yang tadinya saya harus beli biji kopi dikit-dikit supaya ngejaga kesegarannya kalau mau saya grinder kemudian saya seduh dengan V60, sekarang tinggal beli satu box kapsulnya aja.
Selain bikin saya bebas ribet, dengan kapsul ini saya merasa ngopi lebih higienis. Minim ceceran kopi dan alat yang saya cuci cuma gelas aja. Mesin kopinya gampang banget dibersihinnya. Tinggal isi air seperti saat mau bikin kopi, masukin sparepart pembersih yang biasanya buat tempat naruh kapsul, lalu nyalain deh mesinnya. Kalau sudah hijau indicator powernya, tinggal alirkan airnya ke arah cold dan kemudian ke arah hot supaya keduanya bersih kembali. Saya sih biasanya pakai gelas bekas minum kopi yang sudah saya tandaskan untuk menampung air bekas ritual bersih-bersih ini. Gampang banget kan? 
Dari yang saya baca, Nescafe Dolce Gusto mengemas kopinya dalam kapsul kedap udara supaya aroma biji kopi terbaik di dunia tetap terjaga. Saya pikir claim ini tadinya berlebihan ya. Tapi setelah mencoba sendiri, emang biji kopinya terasa banget berkualitas. Nah kapsul tadi dibuat dengan teknologi pintar yang bisa menentukan sendiri tekanan yang tepat untuk setiap jenis minuman. Jadi si kapsul akan menjaga Espresso yang kuat, Cappucinno yang lembut, Grande yang aromatik, Coklat yang nikmat dan teh yang harum.
Saya biasanya belanja kapsul dolce gusto di supermarket terdekat. Terakhir saya beli di Hero Pondok Indah Mall I. Stocknya waktu itu baru datang, jadi masih lama masa kadaluarsanya. Kalau lagi males ke supermarket atau nggak punya waktu, bisa juga kok belanja kapsul via online seperti di blibli.com, tokopedia, atau di Lazada yang biasanya ada promo. Pilih mana yang lebih bikin nyaman.
Kalau abis belanja kapsul, jangan dibuang ya struknya. Soalnya struk pembelian kapsul tadi bisa kita pakai buat pengumpulan poin dengan berbagai rewards dari Nescafe Dolce Gusto Club. Saya daftar karena benefit rewardnya itu. Lumayan kan sambil belanja malah dapat rewards, hehe. Kalau teman-teman punya mesin ini juga, silakan buka website dolce-gusto.co.id/club dan kemudian tinggal daftar aja jadi anggota NDG Club di sana. Saya jadi ngerasa punya genk pecinta mesin kopi manual yang smart, yang sama-sama pilih ngopi praktis pakai mesin manual yang smart.

Saya tadinya masih bingung lho ngapain mesin kopinya dibikin manual, kenapa nggak otomatis sekalian? Ternyata hal ini supaya memberikan si pemilik mesin bebas berkreasi sesuai selera masing-masing. Kalau yang nggak suka susu, maka bisa mengurangi takaran waktu penyeduhan susu. Bisa pilih kopinya mau lebih encer atau lebih pekat. Bisa juga memadukan cokelat dan teh. We can choose and enjoy our coffee in a whole new way! :D 

Tutorial penggunaan mesin ini bisa dilihat di video berikut:


36 comments:

  1. Wah sudah borong nih kapsulnya. Pengin yang Cochocinno

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mba pas nemu kalap, sekalian titipan teman2 juga sih. Hehehe. Enak Mba Chococinonya :D

      Delete
  2. Mba Nia baik banget ya, aku mau deh jadi temen mba Nia biar bisa ngopi pake Piccolo ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk Mba sini mampir tempatku, hehe

      Delete
  3. Enaknya bisa bikin kopi ala cafe di rumah. Pastinya jadi menghemat budget ngopi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba mayan hemat ongkos transport dll :D

      Delete
  4. Punya lebih banyak varian bisa di mix and match ya Nia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Olin, bisa saling icip juga :D

      Delete
  5. Niaaa koleksi kapsulnya banyak ya, kalo bisa sharing enak banget bisa tuker-tukeran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba jadi lebih hemat juga,hihi

      Delete
  6. NDG semakin membuat betah ngopi di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngopi di kantor Mas kalau saya dan teman2 :D

      Delete
  7. kreasi tanpa batas dgn Piccolo manual :D happy ngopiii

    ReplyDelete
  8. wah...lengkap ya. banyak pilihannya nih. kesana ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mayan lengkap Mba, tapi kayaknya lengkapan di AEON yang dikasihtau Mas Dani :D

      Delete
  9. Aaa keren, kayaknya aku harus propose si bos beli dah wkwkwk. Secara kami sedepartemen hobi kopi semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mayan enak2 kok kapsulnya, keunggulan yang manual bisa disesuaikan selera. Tapi kalau kantor bisa beli yang otomatis sekalian sih :D

      Delete
  10. Klo sy mending beli kapsul pintarnya di onlineshop byak promonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin aku cek klo yang online masa kadaluarsanya udah pendek gitu Mas :D

      Delete
  11. Enak tuh kalau bisa sharing sama temen pas beli kapsulnya. Jadi kita beli kapsul apa, ntar temen beli yang beda rasa trus bisa barter atau saling coba deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba, ini aku saling barter juga :D

      Delete
  12. Itu syurgaaa banyak banget jenisnyaaaa.. Aku udah nyobain cortado dan pakai susu kental manis. Uenak tenan niaaa.. hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum tau cortado itu apaan Mba? Haha. Wah nice info,susu kental manis bisa juga ya :D

      Delete
  13. Tulisannya keren Nia. Kalo belom punya mesin kopinya bakalan mupeng beli deh gue... Two thumbs up!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha makasi Mas Danii, kuterharuu :p

      Delete
  14. Boleh lah ni, bikinin satu gelas kopi kalau aku ke kosan hihihihi..:D Ternyata beli ini jg ada poin2nya, jadi ngga rugi & malah nguntungin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke kantorku aja Mba, bumil choccocino ajalah ya :D

      Delete
  15. Gabung diklubnya juga tuh, biar optimal penggunaannya ^^ bisa dapat gratis kapsul gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa lumayan belanjanya dapat timbal balik ya Mas :D

      Delete
  16. supermarket mana lagi ya yang lagi diskon kapsul hehehe *berburukapsul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Mas Dani bilang itu Mba, di AEON apa ya? Kayaknya yang diskon kebanyakan ecommerce ya, yang belanja online :D

      Delete
  17. Hayuuu ah berburu kapsul lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas dah keabisan yang chococcino nih, hayuk berburu lagi Mba :D

      Delete
  18. Wah udah borong kapsul, kalo ikutan nescafe dolce gusto club cepet kumpul banyak tuh poinnya. Biar bisa ditukar sama mesin atau kapsul kesayangan lagi yah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Dee, mayan jadi balik modal :p

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Powered by Blogger.