Sharing Tentang Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Anak dengan Susu Formula

08:03

Saat ini anak saya memasuki usia dua tahun. Selain menyapih, agenda saya dan suami sebagai orang tua adalah memikirkan kecukupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan anak sehubungan akan disapih dari ASI. Saya tadinya belum pernah memberikan susu formula, sekarang ini baru mulai mencari dan mencoba. Ada yang seperti saya juga kah?

Sebenarnya saya sudah membaca beberapa tulisan bahwa anak tidak perlu diberi susu formula selepas dua tahun. Nutrisi yang dicari pada susu bisa dipenuhi dari asupan makanan. Namun demikian, saya tidak selalu bisa menyediakan makanan penuh nutrisi karena sekarang ngapa-ngapain di rumah ya, termasuk saya harus kerja dari rumah.

Kalau protein hewani dan sayur masih bisa sih saya masakin, namun saya khawatir masih belum optimal karena anak banyak gerak. Makanya saya tetap mencoba menambah dengan nutrisi penunjang pertumbuhan anak di usia emasnya. Karena saya nggak mau menyesal di kemudian hari, waktu tak bisa diulang. Harapan saya semoga saya dan suami sebagai orang tua, sudah mengusahakan yang terbaik untuk anak. Masalah hasil kita serahkan saja dengan Yang Maha Kuasa.

Saya baru mencoba susu Morinaga Chil*Kid Platinum untuk diberikan ke anak nih. Morinaga Chil*Kid Platinum ini merupakan susu penunjang pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun. Saya coba share dan review berdasar pengalaman nyobain beberapa waktu belakangan ini ya. Salah satu kelebihan susu Morinaga Chil*Kid Platinum adalah kandungan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus yang saya baca di laman Morinaga bahwa kandungan tersebut mendukung kecerdasan multi talenta anak, pertahanan tubuh ganda pada anak, dan juga mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Kita coba kupas satu-satu yuk tentang manfaat MoriCare+ Zigma Triple Bifidus tadi. Pertama, manfaatnya dalam mendukung kecerdasan multitalenta. Apa itu kecerdasan multitalenta? Di antaranya adalah kemampuan melihat/mendengar, bicara dan bahasa, serta kecerdasan yang lebih kompleks.

Laju tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh 3 faktor, yakni faktor genetik, faktor stimulasi, dan faktor nutrisi. Saya dan suami merasa nggak boleh alasan karena dulu kami sama-sama kurus banget sewaktu kecil, bukan jadi pembenaran anak saya kurus jadi nggak papa. Saya harus mengusahakan bagaimana mencoba mengatasi faktor genetik kurus tadi supaya anak tidak kurang dari batas normal berat badannya dengan memberikan menu makanan sehat dan bernutrisi, ditunjang dengan pemberian nutrisi tambahan.

Sedangkan untuk stimulasi, saya mencoba selalu menyempatkan setiap harinya untuk mengakomodir kegiatan yang menstimulasi motorik halus dan kasar pada anak saya, juga sensori dan kognitif. Misalnya selalu membacakan buku ketika anak minta, mengajak anak bermain air yang diberi pewarna makanan. Kami bisa bermain mencampur warna atau belajar tuang menuang. Selain itu anak saya juga suka sekali kalau diberikan kuas dan palet cat air. Dengan gembira, ia akan sibuk mencoret-coret kertas yang sudah kami tempel di tempat yang disediakan. Belajar jadi menyenangkan karena dilakukan sambil bermain.

Rutinitas anak saya sebelum masa pandemik covid-19 ini sebenarnya setiap harinya di daycare, namun demikian meski belakangan hampir selalu di rumah aja, saya mengusahakan kegiatan untuk anak yang sama menariknya dengan di daycare supaya anak tetap mendapatkan stimulasi yang sesuai usianya.

Untuk faktor penunjang laju tumbuh kembang anak yang ketiga, yakni faktor nutrisi. Kalau anak kekurangan salah satu nutrisi penting, biasanya akan ada masalah. Misalnya jadi rewel atau kurang nafsu makan seperti yang pernah dialami oleh salah satu teman saya yang juga punya balita. Ternyata setelah konsultasi ke dokter, anaknya kekurangan zat besi. Sejak mengalami hal itu, teman saya dan juga saya sendiri yang mendengar ceritanya, jadi lebih perhatian lagi dengan asupan makanan anak dan memberikan nutrisi tambahan.

Masih dari hasil baca-baca di laman Morinaga ya Buibu, saya mendapati bahwa pemberian nutrisi yang tepat ini bahkan disebut investasi nutrisi, terutama pada 6 tahun pertama periode emas si kecil. Beberapa kandungan Morinaga Chil*Kid Platinum yang menunjang perkembangan kecerdasan multi talenta antara lain:

Anak sangat rentan terhadap bakteri dan virus. Namun demikian anak kita tidak bisa selalu dihindarkan dari keduanya. Karena interaksi dengan bakteri dan virus tadi dapat membantu memunculkan imun atau kekebalan pada tubuh anak. Selain ketiga kandungan yang pada gambar di bawah, Morinaga Chil*Kid juga mengandung Laktoferin yang terbukti secara klinis mengurangi infeksi agar si kecil tumbuh optimal. 

Di tengah pandemi virus covid-19 yang sepertinya sudah sangat dekat dengan kita semua, saya merasa lebih aman ketika nutrisi anak saya tercukupi. Morinaga Chil*Kid yang sedang saya coba berikan untuk anak saya memiliki fungsi pertahanan tubuh ganda sehingga semoga menunjang imunitas anak menjadi semakin baik.

Setiap usia anak memiliki milestone perkembangan masing-masing. Setiap anak sangat unik sehingga berbeda-beda perkembangannya. Namun demikian, ada garis besar yang bisa menjadi acuan kita untuk tahu apakah perkembangan anak kita normal. Memasuki usia dua tahun, anak saya berada pada tahap mulai menguasai gerakan dasar dimana sebelumnya gerakan tersebut belum sempurna. Nanti di usia 6 tahun biasanya anak mulai memiliki sport skills. Senang rasanya melihat anak aktif bergerak dan berbicara dengan bahasanya. Morinaga Chil*Kid juga memiliki kandungan nutrisi yang menunjang tumbuh kembang anak seperti yang terangkum di samping.

Memberikan susu formula pada anak tidak mudah bagi saya. Karena anak saya sudah tidak mau pakai dot sejak usia 14 bulan, makanya jadi pekerjaan rumah banget untuk menawarkan susu ke anak dengan gelas. Pakai sedotan pun ia tak mau, hehe. Saya biasanya mencoba memberikan susu dengan gelas favorit anak bergambar binatang sambil main. Pelan-pelan nanti habis juga susunya. Ibu-ibu punya tips menarik lainnya? Boleh bagikan dong tips menarik mengajak anak minum susu. :D

 

Anak saya mencoba Morinaga Chil*Kid Platinum yang rasa Vanila nih. Ada rasa madu juga lho tapi saya belum coba. Nanti pengen dicoba kalau yang Vanila sudah habis. Kalau Mommies mau melihat info lengkap tentang produk Morinaga beserta edukasi tentang kandungan nutrisinya, bisa mengunjungi laman morinagaplatinum.com atau kunjungi akun Instagram @morinagaplatinum.

Demikian sharing saya mengenai pengalaman memperkenalkan susu formula sebagai  tambahan nutrisi pertumbuhan anak. Saya mencoba memberikan nutrisi tambahan sebagai wujud usaha memberikan asupan nutrisi lengkap supaya pertumbuhan anak optimal, karena waktu tak bisa kembali.


You Might Also Like

42 komentar

  1. Anak sholih, makin pintar, tangguh, hebat, membanggakan keluarga yaaaa
    Bener banget Mak.
    Tumbuh kembang anak tuh periodenya terbatas
    jadi kudu kita optimalkan banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba setidaknya kita mengusahakan yang terbaik untuk anak yah :)

      Delete
  2. Alhamdulillah putranya sehat dan tumbuh kembangnya baik, ya Mbak. Memang nutrisi tambahan sebagai wujud usaha memberikan asupan nutrisi lengkap supaya pertumbuhan anak optimal penting sekali.
    Karena waktu tak bisa kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak, waktu berharga banget untuk pertumbuhan anak :)

      Delete
  3. Kalau aku, anak minum susu formula ya gak papa tapi setelah lepas ASI. Tapi bukan berarti nutrisi lain dari makanan gak dipenuhi ya. Kudu sama-sama dikonsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak sama kok saya baru kasih setelah 2 tahun dan ternyata anak saya bukan yang doyan sufor d effort banget ngasihnya. Padahal enak lho ya, haha

      Delete
  4. Belum ada teknologi mesin waktu. Jadi benar-benar harus dimanfaatkan dengan memberikan yang terbaik. Termasuk, saat memberikan susu formula

    ReplyDelete
  5. Salah satu kelebihan susu Morinaga Chil*Kid Platinum adalah kandungan MoriCare+ Zigma Triple Bifidus ... wah baru tahu ...
    Fungsinya untuk mendukung kecerdasan multitalenta anak ya. Masya Allah. Semoga anak makin sehat dan cerdas, in syaa Allah.

    ReplyDelete
  6. Senang lihat si kecil tumbuh sehat dan aktif mbak. Btw, memang wajib nih di masa golden age anak salah satu kebutuhannya,yaitu nutrisi harus terpenuhi sebaik-baiknya. Soalnya biar tumbuh kembang optimal

    ReplyDelete
  7. Banyak juga ya faktor yang menunjang/mempengaruhi tumbuh kembang anak...Apalagi nutrisi..penting banget untuk pertumbuhan yang optimal..Alhamdulillah ada Morinaga...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak sekarang dimudahkan dengan susu formula yang kandungannya udah lengkap :)

      Delete
  8. Maaf mak, saya enggak punya tips ngasih susu ke anak, karena anaknya udah otomatis suka, hihihi...
    Sama nih susunya morinaga platinum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAhaa saya karena baru ngasih pas dia dua tahun ini jadi effort banget Mak, anak lagi merasa punya otoritas suka nolak2in segala sesuatu, padahal aku cicik morinaga platinum chilkid ini enak banget :P

      Delete
  9. Aku pun menambah kebutuhan nutrisi juga memberikan susu formula, setelah asi baru aku berikan susu formula. Karena ibu bertanggung jawab dengan apa yang harus didapatkan oleh anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Chichie saya batu nyona nih setelah anak disapih :D

      Delete
  10. Pemberian nutrisi yang baik bikin pertumbuhan anak optimal ya. Sehat2 selalu ya buat puteranya.
    Anak-anakku dulu juga minumnya susu Morinaga. Sampai mengumpulkan sendoknya dan ditukar dengan tas ransel dorong, binder dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin makasih Mba, sehat-sehat juga untuk Mba sekeluarga. Oiya hadiahnya morinaga memang menarik-menarik banget yaa :D

      Delete
  11. Memamg betul ya mbak, waktu tak bisa kembali. Kita mempersiapkan anak sejak dini supaya pertumbuhan badan dan pikiran berkualitas. Makin sehat, kuat dan pintar itu dambaan semua orang tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba amin semoga ikhtiar kita diijabah Allah ya :)

      Delete
  12. alhamdulillah ya mba Nia, tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih terjamin dengan hadirnya susu formula ini dengan cakupan kebutuhan nutrisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba produk sufor ini membantu untuk pemenuhan gizi dan nutrisi anak :)

      Delete
  13. Setelah makan-makanan yang bergizi, anak-anak perlu diberi gizi tambahan seperti susu ya. Semoga dengan usaha ini pertumbuhan anak semakin maksimal, anaknya tumbuh makin sehat dan makin cerdas Mbak

    ReplyDelete
  14. Nanti lama-lama in syaa Allah ananda senang minum sendiri susunya. Morinaga Chil*Kid Platinum yang rasa Vanila kan enak ya. Masa-masa penuh perjuangan memang nih saat ini hehe, semangaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Maak hehehe, iya ini sekarang udah doyan bener Mak :D

      Delete
  15. Asupan nutrisi tambahan berupa susu formula untuk anak di usia batita membantu tumbuh kembangnya makin optimal

    ReplyDelete
  16. Idem anak2 juga sblm pandemi di daycare mbal, tp untuk skrng aku blm berani nitip2 lg. Tapi alhamdulillah kami sama ibuk daycarenya kompak sih, aku suka bawain makanan dan ibuk daycarenya paham itu yg dimakan anakku.
    Anak2 jg msh minum susu sampai skrng supaya tumbangnuya optimal :D

    ReplyDelete
  17. Kecerdasan multi talenta anak harus teru sdidukung ya kalau nutrisi ada Morinaga yang siap mendukung kebutuhan nutrisi anak

    ReplyDelete
  18. Masa kecil apalagi golden age tidak akan terulang ya Mbak, jadi kita sebagai orang tua memang harus memaksimalkan nutrisi dan stimulasi terbaik untuk tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  19. My kidz always drink of milk to support they health. 3-4 x in day.

    ReplyDelete
  20. Anak-anakku juga minum Chil School.
    Rasanya enak dan memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak.
    Senang melihat anak aktif dan tumbuh sesuai dengan usianya.

    ReplyDelete
  21. Setuju Mbak, di tengah pandemi seperti ini, pemberian nutrisi yang tepat kepada anak akan membuat imun tubuhnya meningkat sehingga membuat hati tenang.

    ReplyDelete
  22. waktu yang tak bisa kembali ini idealnya diisi dengan asupan terbaik untuk buah hati kita yaa mba

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah, aku dulu tim sufor juga, tetep sehat dan daya tahan tubuhnya bagus. Sehat sehat ya semua..

    ReplyDelete
  24. Menjadi ibu pasti ingin mmeberi nutrisi yg terbaik bagi anaknya ya mbak...
    Agar anak tunbuh sehat dan cerdas

    ReplyDelete
  25. Laktoferin dalam susu ini penting loh untuk menjaga imunitas anak agar tak mudah terserang infeksi. Semoga tetap bisa memberikan yang terbaik untuk perkembangan buah hati ya.

    ReplyDelete
  26. Nutrisi merupakan salah satu faktor penting untuk menunjanh pertumbuha si kecil agar tumbuh oprimal dan memiliki pertahanan ganda ya moms.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram