Festival Sepasan - Padang

12:28


Salah satu agenda sampingan yang lumayan penting dalam hidup saya di Sumatera Barat adalah mengikuti upacara-upacara tradisionalnya.

Ajaibnya ketika kuliah semester 3 atau 4 kemarin saya dapat jatah presentasi Budaya Nusantara pas Kebudayaan Minang :D, ealah jadi seperti merasa semacam ditakdirkan di sini -____-"

Festival Sepasan yang berlangsung di kota Padang ini belum pernah saya dengar sebelumnya, dan bahkan orang-orang asli Padang yang saya kenal pun tidak tahu tentang festival ini. Saya kebetulan tahu dari twitter @infosumbar, hohohooo... Langsung saya catat di agenda saya saat itu n captured the event!! yeayy \m/

Penyelenggaranya adalah masyarakat Pondok yang merupakan nama suatu daerah di Kota Padang, kebanyakan masyarakat yang tinggal di Pondok keturunan Cina. Jadi Pondok bisa dikatakan sebagai Pecinan-nya Padang.

Tahun 2011 kemarin Festival ini diselenggarakan tanggal 31 Desember, pukul 16.00 karnaval mulai jalan dari sekitar Pondok ke Lapangan Imam Bonjol kemudian di sana mengadakan pertunjukan dan kembali lagi ke Pondok.

Di Ranah Minang ini ternyata masih ada budaya etnis lain yang gak kalah seru selain budaya Minang yang rancak bana, ga nyesel deh tinggal di sini *pencitraan* eheheheee

So, lets check out the photos from the fest :D


Pembukanya Naga ini, ada atraksi mereka yang melingkar-lingkar dan si pemegang tongkat penyokong naganya lompat2 gitu bergantian tanpa ada yang jatuh, keren!! Mereka ini anak2 muda semua loh, kokoh2 ganteng :p

Kalau atraksi naga yang ini cuma dimainkan kepalanya, mereka bergantian gitu soalnya keliatan berat banget. Kali ini atraktornya Bapak2 :)
 See, ternyata ada barongsai yaa
Grup atraksi pertunjukan barongsai yang saya upload tadi itu pernah menjuarai kompetisi di salah satu negara bagian di Malaysia, jadi meskipun menjadi kaum minoritas di Padang, mereka tetap aktif ikut kompetisi dan membuktikan kualitasnya :)
naga besar yang diusung bapak2 tadi ternyata membawa anak-anak yang lucu lucuu banget ini, pantesan yah Bapak2, mungkin mereka sekalian ngejagain anak2nya :D

ya ampuun chubbynya :p

adik2 kecil nan lucu ini memakai pakaian adat dr china, mongol, korea, jepang dan bahkan ada yang jd Santa :D

musik yang mengiringi atraksi inilah yang bikin suasana makin seru

eh ada boneka Jepang, kawai desu ne >.<

barongsai2nya banyaaak

rombongan terakhir dari festival ini berupa entah seperti truk yang dimodifikasi, isinya Bapak2 dan Ibu2 paruh baya yang gak kalah aktif, mereka menyanyikan lagu2 berbahasa mandarin :)


What a wonderful celebration :D

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)