Phuket Day2 (Tour To PhiPhi Island and Snorkling at Mahya Bay)

18:45

Agenda kami hari ini mengikuti one day tour ke Mahya Bay, snorkling, kemudian makan siang dan keliling PhiPhi Island. :D

Banyak paket2 tour Phi Phi Island yang ditawarkan di Phuket. Sebaiknya cari tahu mana yang paling kita minati diantara paket tour dan jenis olahraga air yang hendak dicoba. Pengennya yang mana, apakah Snorkling? Kayaking? Diving? Selain PhiPhi, paket yang paling sering diambil banyak turis adalah ke James Bond Island, yang dulunya menjadi spot shooting film James Bond. Kami memilih paket snorkling di Mahya Bay dan keliling Phi Phi Island, jika dirupiahkan kala itu sekitar 210 ribu rupiah.

Kami bangun pagi-pagi, packing lalu menitipkan backpack ke staff Lub Sbuy Homestay, tempat kami menginap. Pukul 7 kami sudah standby di lobby Lub Sbuy karena khawatir ketinggalan mobil jemputan ke Pelabuhan. Namun ternyata kami baru dijemput sekitar pukul 9. Ternyata waktu penjemputan yang pukul 07:00 adalah untuk para turis yang menginap di Patong, kami yang di Phuket Town dijemput belakangan.

Baru 10 menit di dalam mobil ternyata kami sudah sampai di pelabuhan. Pantas saja kami dijemput yang paling akhir. Saya takjub dengan ukuran kapal kami. Ukurannya besar seperti kapal pesiar Eropa Amerika. 

Dengan harga paket seperti yang saya sebutkan di atas, saya sangat puas dengan makanan yang disediakan. Prasmanan, bebas makan berapapun. Menu pagi hari ada kopi dan cupcakes. Menjelang siang dikit ada buah-buahan khas daerah tropis: nanas dan semangka dengan jumlah melimpah ruah. Minumannya juga boleh refill berapa kalipun. Tersedia fanta aneka rasa disajikan dalam gelas plastik.Sehabis snorkiling tak perlu khawatir lengket, karena kita bebas mandi dalam kapal, airnya tawar dan bersih.

Pelayanan yang prima ini membuat saya sedikit berharap wisata di Sumatera Barat dapat berkembang sebesar itu, dengan pelayanan yang tak kalah saing.
Setelah satu setengah jam, akhirnya kami tiba di Phi Phi Island. Kapal berhenti sebentar di sana, menurunkan turis yang tidak mengambil paket snorkling di Mahya Bay. Di sana banyak kapal-kapal lain yang menakjubkan, sangat sesak sepertinya. Meski paket saya bukan yang eksklusif, tapi setidaknya terasa jauh lebih nyaman. Kapal berjalan lagi melalui lautan biru yang jernih dengan pemandangan tebing-tebing tinggi yang baru pertama kali saya lihat. Saya takjub bercampur sedikit takut tentang keamanan tempat snorkling nanti seperti apa. Meredakan rasa takut, saya segera berganti pakaian renang muslimah dan bersiap untuk snorkling, tentu saja tak lupa berfoto dulu,
Kapal sandar di Phi Phi
Ghost ship?
Snorklingnya ternyata di area yang tidak terlalu dalam. Peralatan snorklingnya berkualitas dan lengkap disertai pelampung plus kaki katak. Saya yang tak bisa renang pun percaya diri untuk nyebur dan berenang ke sana kemari mencari ikan-ikan yang cantik dan berwarna-warni. Kami dibebaskan untuk snorkling di suatu area luas nan apik di Mahya Bay. Areal pinggir pantai yang langsung ditutup oleh tebing-tebing tinggi sehingga bebas dari ombak.

Setelah hampir satu jam, saya sudah cukup puas dan segera mentas. Lapar melanda dan buah-buhan telah ludes. Kami bersiap menuju Phi-Phi Island untuk makan siang.
In front of PhiPhi Island Gate
another side of PhiPhi Island

Makanan yang disediakan prasmanan dan cukup melegakan, Tidak ada daging sama sekali sehingga saya cukup yakin atas kehalalan seafood yang disajikan. Saya memilih tomyam seafood yang segar dan nikmat. Cocok sekali dinikmati sehabis snorkling. 

Tak disangka-sangka ketika kami berkeliling pulau Phi Phi, ternyata banyak juga warga Phi Phi yang berkerudung, meskipun baju yang dikenakan hanya sampai siku tapi banyak yang berkerudung. Saya menebar senyum pada mereka. Rasanya seperti bertemu saudara jauh. Melihat beberapa kaum muslim di sana membuat saya merasa lebih aman. Tak berselang lama setelah berjalan kaki, kami menemukan Mushola di sana. Subhanallah... Di pulau ini ada tempat sholat dan wudhu juga selain mushola ini, lokasinya ada di dekat gerbang masuk. Alhamdulillah.
nemu mushola :D
Musim tulip di Phi Phi ^^
Keramaian gang-gang di Phi Phi
Penyuka belanja dan hingar bingar tak perlu khawatir, segala macam hiburan dan aneka barang yang dijual di Phi Phi tak kalah lengkap dibandingkan di Patong, yang tak ada hanya barang-barang branded. Tapi buat apa sih di pulau indah begini mikirin branded? Pasti pada lupa tuh, hihi.
Byebye PhiPhi T.T
 Pulang dari PhiPhi kami melewati Phuket Square untuk kembali ke Lub Sbuy.
Sesampainya di Lub Sbuy, kami hanya bisa duduk-duduk di lobby. Nggak bisa tidur2an di room lagi karena td pagi sudah checkout. Malam ini kami akan ke Hat Yai untuk selanjutnya menyeberang ke Malaysia menggunakan kereta melalui Butterworth. Sembari menunggu jadwal keberangkatan bus kami ke Hat Yai, kami melihat penutupan SEA GAMES dari TV di Thailand. Lucu juga melihat Palembang dari Thailand. Terbersit rasa bangga Indonesia bisa menyeleggarakan event tersebut.

See you on my next trip :) 

You Might Also Like

8 comments

  1. Haloo, Nia..
    Foto2 liburannya seru sekaliii~~ Ommo~~
    Salam kenal yah!

    Much Love
    xx
    http://heilyra.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. thx Lyra :D
    salam kenal jugaa ;)

    ReplyDelete
  3. mba, untuk explore phuket dan Phi phi island kira2 perlu berapa hari ya??

    Keren banget potonya pengen kesana jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrn saya cuma 2 hari dua malam dan itu kurang Mba, kalau mau nginep di PhiPhi kayaknya 5 hari ya, kalau mau cukup singkat dan ke Phi-Phinya cuma pulang hari bisa 3 hari 3 malam :)

      Delete
  4. Hallooo ka nia saya mau tanya2 pengalaman liburannya di phuket dong. Soalnya aku ada rencana mau ke sana bulan september boleh minta emailnya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, silakan ke sarinastitinia@gmail.com :)

      Delete
  5. halo mbak, harga tiket one day tournya pake kapal yg kayak gitu kalo skrg harganya berapaan ya kira2? mau liat foto kapal keseluruhan dong mbak? klo digoogling keywordnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap Mba saya beli on the spot dan sudah lupa nama kapalnya. Ini paket yang kapal lambatnya sih. Mungkin sekaramg 300ribuan kali ya kalau dirupiahkan. Yang kapal cepat mulai dari 600ribuan rupiah kayaknya Mba. Aku nggak googling waktu itu di agen wiksata yang cukup bagus di deket lampu merah Phuket Town.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)