Es Durian di Padang

08:46

Setiap orang yg berkunjung ke Padang pasti maunya merasakan nikmatnya kuliner khas Minang dan indahnya alam Sumbar. Salah satu kuliner favorit saya di Padang adalah Es Durian. Bisa dibilang durian adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui di sini! Maksud saya ada terus sepanjang tahuun, gak pake musiman. Meski kadang penjualnya hanya segelintir, tapi selalu ada yang jual di Jalan Ganting. Durian di Padang disupply dari berbagai Kabupaten lain di Sumatera Barat. Durian yang dikenal paling enak adalah yang dari Painan (Kab. Pesisir Selatan), Sijunjung, dan yang tidak kalah enak Durian Kayu Tanam (Pariaman).
Es Durian di Padang itu beda dengan Es Durian yang pernah saya coba di daerah lain. Durennya super banyak. Teman-teman saya yang tidak suka durian biasanya tetep bisa menikmati es durian ini lho. Varian es durian bisanya terdiri dr tebak, cincau, dll yang ditutup serutan es dan diatasnya disiram durian kemudian diberi toping es krim atau yang lainnya.

Es Durian di Padang dapat kita jumpai di daerah Pondok, kawasan pecinannya Padang. Cerita tentang awal mula penyebab menjamurnya kedai es durian di daerah Pondok bermula dari sebuah kedai es durian yang saat itu sangat enak. Kedai es durian saat itu hanya satu itu saja. Kedai itu kemudian pindah lokasi entah karena gempa atau mungkin karena masalah internal jadi tidak berjualan di tempatnya yang dulu.

Kemudian muncullah beberapa kedai es durian baru yang namanya semuanya sama kalau kita terjemahkan dalam Bahasa Indonesia artinya "Gantinya yang Lama." Ada "Iko Gantinyo" ada "Ganti Nan Lamo," dan lainnya. 

Kedai Es Durian yang paling sering saya kunjungi yaitu Es Durian Ganti Nan Lamo, kedainya relatif lebih kecil dibandingkan kedai yang sering saya kunjungi lainnya. Tapi menurut saya dan beberapa teman saya, rasa duriannya lebih alami, jadi kalau tujuan utamanya kuliner, bukan nongkrong, kami lebih memilih ke sini. Tersedia juga makanan seperti misalnya empek-empek, absolutely sate padang dan bahkan macam-macam jus buah. Favorit saya di sini adalah Es Durian Thok. Durennya bener2 memuaskan lidah! Variasi lainnya juga banyak. Keunggulan Ganti Nan Lamo adalah rasa dan tekstur duriannya yang lebih orisinil tingkat ke-durianannya (blah entah itu apa artinya) :p
 salah satu varian es durian dengan toping es krim, maap yak es krimnya udah sedikit diacak-acak :p
 Empek-empeknya nih, ala Padang not as spicy as in Palembang.
ada mie putihnya jg, sy kurang suka mie putihnya, lbh suka empek-empek original Palembang


Kedai es durian yang 1 lagi lebih nyaman tempatnya, ber AC, lbh luas, jauh lebih bersih dan lebih banyak varian snack/makanan ringannya. Rasa durian di dalam es nya manis dan bertekstur lembuuutttt. Aneka variasi es durian ada juga. Saya tidak menyimpan fotonya, penyajiannya mirip kok sama yang di atas tadi, menu es durian thok tidak ditulis, tapi saya pernah request bisa kok. Kalau mau nongkrong lama saya lebih pilih di sini, namanya "Iko Gantinyo", lokasinya tepat di seberang Ganti Nan Lamo. 


Tapi sejak tahun 2013 Ganti Nan Lamo sudah membuka kedai baru di seberang kedai yang lama. Fasilitasnya sudah sama dengan di Iko Gantinyo. Nyaman juga uintuk berlama-lama. 

Kalau kalian mau mencari lokasi es durian di google maps, cari aja dengan keywords: Jalan Pulau Karam Padang atau bisa langsung cari berdasarkan nama kedai yang hendak kalian kunjungi.

Kalau ke Padang jangan lupa mampir icip-icip es durian lho ya :D

You Might Also Like

2 comments

  1. Ini mah ajib banget. Gue pernah mampir kesini, es duriannya emang maknyus..

    ReplyDelete
  2. Iya saya juga belum nemu es durian di tempat lain yang se-maknyus di Padang :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)