Jangan Sakit

00:54

Kebanyakan dari kita pasti baru sadar betapa berharganya kesehatan ketika sudah sakit. Akhir-akhir ini beberapa teman di lingkungan saya sedang sakit dan bahkan ada yang harus opname. Padahal sekarang lagi ujian.

Disadarkan oleh teman saya yang sedang disayangi Yang Di Atas dengan diminta istirahat, saya mulai mengingat-ngingat gimana caranya jaga kesehatan. Sedikit cerita ya, saya pernah opname di Padang, saat itu terkena malaria, butuh waktu dua atau tiga hari sampai akhirnya saya menemukan rumah sakit yang langsung mau mengecek kondisi saya yang jika terlambat sedikit lagi akan berakibat sangat fatal. Sakit sendirian di rantau pasti nggak pengen ngerepotin teman-teman kita dan tentunya juga orang tua. Nah, saya mau nulis tips-tips jaga kesehatan biar kita nggak jatuh sakit buat saya sendiri yang pelupa, kalau mau nambahin atau sharing boleh lho.

Know Your Body
Saya mulai memperhatikan kondisi tubuh saya setelah sembuh dari malaria. Saya akan lebih memperhatikan asupan makanan, jam olahraga dan waktu istirahat ketika menjelang siklus menstruasi karena lemahnya kondisi saya saat siklus ini.
Selain itu jangan memforsir diri dengan berlebihan. Coba sadari batas maksimal daya tahan tubuh kita masing-masing.

Jaga Asupan Makanan
Dokter maupun siapapun yang berkecimpung di dunia kesehatan pasti selalu menyarankan kita untuk tidak makan di luar alias jajan di warung atau resto dan sejenisnya, apalagi kalau setiap hari. Asalkan sedang tidak ujian saya pasti usahain masak sendiri apabila kondisi fisik dan waktu memungkinkan untuk itu. Masak sendiri jauh lebih higienis dan bebas penyedap rasa. Enaknya lagi bisa nyesuain pengen makan apa ya tinggal bikin. Seru lho nyoba resep-resep baru. Perbanyak sayuran dan protein di menu.

Makan jangan telat, udah setua ini pasti bisa ngerti kan batas kemampuan pencernaan kita cuma ahan berapa lama untuk telat makan. Saya terpaksa skip sarapan kalau kuliah pagi dan sayanya nggak sempat masak atau butuh tidur lebih jadi waktu persiapan saya potong. :p

Olahraga
Yang paling ringan dan murah adalah: LARI!
Nggak perlu jago lari kan buat memulai lari? Nggak perlu member gym atau trainer. Cuma butuh berkorban waktu di pagi dan sore hari, juga niat yang kuat kalau larinya sendirian. Kalau nggak pede sendirian bisa tuh ajak temen biar lebih seru dan menyenangkan.

Lain lagi bagi yang suka olahraga permainan seperti basket, voli atau badminton, lebih seru kalau olahraga sambil maen bareng temen-temen pastinya. Jangan bilang nggak ada temen, mungkin kitanya aja yang kurang buka mata hati telinga buat gabung sana sini ke temen kantor, kampus atau komunitas. Open your mind, open your heart and you'll got many friends.

Jadi jangan banyak alasan menunda olahraga ya, mulai aja dari yang kamu suka. Menjaga kesehatan menurut saya wujud nyata bersyukur yang kelasnya paling tinggi atas karunia sehat dari Tuhan.

Jaga Kebersihan
Hayo jangan malas cuci tangan sebelum makan. Kamar jangan sampai berdebu atau pengap banget, kalau sibuk ya boleh lah berdebu sehari dua hari, besoknya wajib sempetin sapu pel. Kamar mandi juga jangan lupa dikuras dan disikat lantainya seminggu sekali juga cukup kok.
Kalau pake kipas angin atau AC inget tuh jadwal dibersihinnya biar kita nggak menghirup debu.

Kurangi makan mie instan dan begadang
Begadang itu menurunkan daya tahan tubuh kita, yang biasanya digigit nyamuk palingan cuma gatel bisa jadi kena DBD atau malaria, yang biasanya telat makan dikit nggakpapa bisa jadi maag atau tipes. Begadang seminggu maksimal dua kali aja deh. Hihi. Lagian saya nggak kuat melek.

Mie instan emang enak, tasty dan ngangenin. Tapi... mirip sama begadang, bikin daya tahan tubuh kita kurang karena banyaknya bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Mulai dari penyedap rasa sampai bahan pengawet. Oiya kurangi juga minum soft drink atau minuman dalam kemasan yang berpengawet. Biar fit sampai tua insyaallah kalau nggak banyak zat karsinogenik yang kesimpen di badan kita. Hohoho.

Banyak minum air putih
Air putih ini semacam obat bagi segala macam penyakit. Sakit apa aja apsti disuruh banyak-banyak minum air putih. Jadi mumpung masih sehat mari kita banyakin minum air putih, dua liter sehari biar rajin ke toilet, hahaha. Kan semakin sering buang air kecil toksin yanga da di tubuh kita makin banyak yang dikeluarin :p
Setelah air putih baru prioritaskan suplemen alami misalnya makan buah dan sayur, minum jus yang kaya vitamin C seperti jus jambu juga bagus. Selain itu herbal seperti habbatussauda dan sari kurma juga tangguh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara yang saya ingat ini dulu, ayo kita jaga kesehatan, sakit itu nggak enak. Mau opname aja susah, banyak rumah sakit yang penuh. Lagian sakit itu mahal. Spend money for trevelling is better :p

You Might Also Like

3 comments

  1. Yang nomor lima mustahil banget, Mb.. Ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurangi aja kurangi bukan hilangkaaan.. Hahahaa

      Delete
  2. Makasih mba untuk artikelnya.. hehe
    Kunjungan balik ke situs aku ya Box Makanan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)