5 Tips Memilih Sunglasses untuk Liburan

12:08

Apa yang kalian pikirkan pertama kali saat mau liburan? Barangkali selain itinerary, pakaian yang akan dikenakan juga sudah direncanakan supaya liburan lebih nyaman dan kita terlihat keren saat difoto. Di negara tropis seperti Indonesia, matahari hampir sepanjang tahun selalu ada. Jadi kita wajib banget melindungi diri dari sinar UV yang berbahaya ketika beraktifitas di luar ruangan.
Liburan kan biasanya identik dengan aktifitas outdoor. Jangan lupa lindungi kulit kita pakai sunblock yang ber-SPF. Tapi ada satu bagian wajah yang nggak bisa di-sunblock-in nih. Apa hayo? Yak betul, mata.

Kayaknya saya belum pernah lihat sunblock mata. Jadi gimana dong supaya mata kita terlindung dari bahaya sinar UV? Sunglasses lah solusinya. Mata kan jendela hati, jadi musti dijaga dong supaya tetap berbinar dan kulitnya yang sensitif tidak cepat keriput. Nyengir-nyengir sewaktu kena sinar matahari itu memicu keriput lho.

Sunglasses ini bisa dikatakan investasi berharga juga. Kita nggak perlu punya banyak-banyak. Satu, atau dua saja sudah cukup kok. Kenapa disebut investasi? Karena kalau belinya tepat maka bisa dipakai berkali-kali dan bahkan bisa awet sampai bertahun-tahun.

Investasi nggak harus yang harganya mahal banget kan? Hal yang paling penting tuh insestasinya sesuai sama budget yang kita punya. Jangan beli produk yang murah tapi fungsinya ternyata nggak lengkap. Misalnya beli sunglasses yang tidak melindungi dari sinar UV.

Jujur aja sih saya dulu pernah suka beli-beli sunglasses yang murah gitu supaya punya banyak dan bisa gonta ganti. Tapi ternyata malah rugi. Selain nggak ada UV protectionnya, juga ringkih. Salah satu sunglasses tersebut langsung patah pas ditaruh di dalam tas yang isinya banyak barang.

Emang sih meski murah tapi kalau dipakai tetep bikin makin kece. Apalagi pas difoto. Tapi sebenarnya nggak nyaman ketika dipakai karena sunglasses murah kadang terlalu gelap. Bisa kesandung-sandung tuh kalau dipakai jalan.

Kalau sunglasses yang dibeli sudah rusak atau nggak nyaman dipakai jadinya harus beli lagi dan lagi deh. Selain gagal investasi sunglasses karena beli barang murah, barangkali ada juga yang pernah beli sunglasses mahal tapi nggak sesuai bentuk muka dan akhirnya jarang dipakai? Duh sayang banget ya.

Supaya terhindar dari hal-hal merugikan tadi, yuk mari kita bahas apa aja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kacamata hitam alias sunglasses:

1. UV Protection
Pilih sunglasses yang berlabel UV 400 atau 100% UV Protection. Biasanya tertera pada sunglassesnya di pojok atas salah satu lensa atau dibelakangnya. Jadi tujuan utama dari pakai sunglasses untuk melindungi mata kita dari sinar UV, bukan sekadar gaya-gayaan lho ya. Kabarnya sinar UV bisa sampai mengakibatkan kebutaan jika mata kita terpapar terlalu lama di cahaya yang terlalu menyilaukan. Serem ya. Semoga jangan sampai ngalamin. Makanya yang belum punya sunglasses nanti segera beli ya setelah baca tips-tips dari sini ^^
2. Lens Material
Kaca
Sebenarnya lensa yang paling tahan gores tanpa perlu pelapis tambahan adalah lensa kaca. Tapi biasanya berat ya jadi nggak bikin wajah kita relaks. Selain itu juga mudah pecah, saya yang ceroboh cenderung menghindari lensa kaca.
CR-39
Merupakan lensa yang terbuat dari polimer plastik. Nggak sekuat polycarbonate tapi memiliki lapisan anti gores dan tahan dengan bahan kimia. Bagi yang hendak berlibur ke Fukushima Daichi, silakan bawa kacamata hitam berbahan CR-39 saja. Hehe. 
Polycarbonate
Merupakan lensa plastik yang tipis dan ringan dibandingkan semua jenis lensa lainnya. Selain itu lensa polycarbonate juga merupakan lensa paling kuat dibandingkan yang lain. Cocok untuk aktivitas berat. Kalau liburan ke tempat ekstrim misalnya gunung, paling tepat pakai lensa berbahan ini.

Kita harus menjauhkan sunglasses dari aseton (penghapus kuteks) karena bisa mengelupaskan lapisan UV di sunglasses. Selain itu, jangan taruh kacamata hitam di pasir pantai, karena pasir pantai dapat mengikis lapisan UV di sunglasses.

3. Lens Tints (Warna Lensa)
Saya baru tahu jika tiap warna sunglasses punya fungsi tersendiri, bukan cuma untuk menahan silau aja. Tadinya sih saya pilih warna berdasarkan selera atau mood. Misalnya lagi girly banget pilih yang pink. Kalau lagi mau terlihat vintage pilih coklat. Ternyata beda warna beda fungsi dalam menyerap cahaya. Yuk mari jabarin satu-satu:
Abu Abu dan Hijau: 
Fungsinya mengurangi pencahayaan/silau tanpa merubah warna asli benda atau pemandangan yang kita lihat. Sunglasses dengan lensa warna ini cocok untuk yang melakukan travelling via darat dengan membawa mobil sendiri. Buat nyetir pas banget. Oke untuk dipakai sepanjang hari. 
sunglasses saya ^^
Cokelat: 
Mengurangi silau termasuk frekuensi biru sinar matahri, meningkatkan kontras atau ketajaman visual terhadap warna hijau dan biru seperti rumput dan langit. Cocoknya dibawa untuk aktiviats liburan seperti sepedaan, olahraga air, sepedaan, dan golf. 
Kuning/Orange: 
Meningkatkan ketajaman visual pada kondisi cahaya rendah dan berkabut. Objek akan tampak lebih jelas baik indoor maupun outdoor. Tapi lensa ini mendistorsi warna, jadi apa yang kita lihat dari sunglasses ini bisa beda sama warna aslinya.
Rose/Merah/Pink: 
Kayaknya ini kacamata yang paling banyak dipakai kaum perempuan. Soalnya warnanya girly banggeet. Fungsinya untuk memblokir pantulan cahaya biru pada sinar matahari. Meningkatkan ketajaman visual juga. Paling cocok dipakai dalam jangka waktu lama dibanding warna lensa lainnya. Bisa juga dipakai saat terlalu lama di depan layar laptop/PC soalnya lensa warna ini akan mengurangi kelelahan mata dan silau dari pantulan cahaya yang terlalu terang. Kayaknya warna ini paling cocok untuk segala aktifitas. Termasuk aktifitas yang sudah disebutkan di warna lensa lainnya tadi.

Semakin gelap warna lensa bukan berarti proteksinya makin baik. Jadi jika ingin tahu mengenai kemampuan proteksinya, balik lagi cek ke poin 1. Ada nggak label UV Protectionnya di sunglasses itu.

4. Kesesuaian dengan bentuk wajah
Jangan sampai investasi sunglasses kita terbengkalai tak tersentuh karena kurang cocok sama bentuk wajah kita. Jadi nggak pernah dipakai lagi padahal udah dibeli. Mubazir kan. Jangan sungkan untuk mencoba sunglasses berkali-kali sebelum membelinya ya. Sekadar referensi, berikut beberapa tips memilih model frame dan lensa sunglasses supaya cocok dengan bentuk wajah:
Wajah Bundar: 
Pilih sunglasses yang membuat wajah lebih panjang. Biasanya sunglasses yang sudutnya tajam bakalan cocok. Misalnya cat eye frame atau sunglasses yang framenya persegi panjang. Retro juga bisa dicoba.
source

Wajah Persegi: 
Ciri wajah persegi adalah kening dan dahi yang lebar dengan rahang tajam. Contohnya wajah Lea Michele. Pilih sunglasses yang memberikan efek tampilan lebih lembut bagi wajah, frame oval atau bulat akan cocok untuk bentuk wajah ini.
Wajah Oval:
Cocok dengan frame apapun. Beruntung banget ya yang punya bentuk wajah oval bisa pilih model frame macem-macem. Biasanya si empunya wajah oval ukuran wajahnya mungil, jadi jangan pilih sunglasses yang ukurannya gede banget ya. Khawatir mukanya jadi nggak kelihatan.
Wajah Hati:
Cirinya dahi lebar, tulang pipi tinggi, dagu sempit. Tipsnya pilih sunglasses yang membuat kening tak terlihat lebar dan rahang makin luas. Aviator sunglasses udah paling cucok. Hindari kacamata yang framenya tinggi dan lebar.
5. Nyaman
Dituliskan pada urutan lima bukan berarti nggak penting lho ya. Justru kenyamanan sangat amat penting. Tapi kalau bisa sunglasses nyaman kita juga memiliki UV protection yang baik dan cocok dengan bentuk wajah. Ya kan? Hihi.

Udah punya sunglasses andalan apa belum? Bagi yang belum menemukan kacamata hitam kesayangan semoga segera ketemu ya. Saya doain segera dapet yang cocok. Eh ini ngomongin sunglasses apa jodoh sih. :p

You Might Also Like

12 comments

  1. Walah.. Kalo saya malah cuma mikirin modelnya ajah. Hihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mas dulunya aku juga gitu, haha :D

      Delete
  2. nek aku kemana mana pake nya kacamata minus, heuheuheu... tapi yang otomatis jadi item kacanya pas kena sinar matahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah multifungsi banget tuh. Semoga UV protectionnya 100%juga ya ;)

      Delete
  3. niaaa aku jg punya tuh yg bisa dilipet2 gtu.. oke sip brarti kudu beli yg abu2 ya buat nyetir. mlipir k zalora ahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih kita samaan ya BuYuu, punyaku tu forever 21 apa ya. Dah lama bingit tp awet. Praktis banget ya kalau bawaannya segambreng. Hihi. Cuss atuh ke link, makasih Mba Ayuu yang ayu tenaan XD

      Delete
  4. ka niaaa kacamata keceh keceh nih, infonya bagus banget ka, jadi bisa lebih selektif lagi memilih kacamata untuk berlibur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou aini, semoga bermanfaat ya artikelnya :)

      Delete
  5. baru ngeh ama sunglasse setelah baca postingan ini. Selama ini sih suka sama yang hitam tapi dipake kelamaan bikin lelah hu hu hu, Aviator nya ketjeh ikh, berarti beli yang abu2 aja kali yak ha ha ha....apa Aviator aduh jadi keder sendiri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kamu memang lelah Jeung, iya abu-abu aviator ajaa :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)