Style Diary: Preppy Look for IFW Day 2

11:57

What is preppy look?

Preppy style berasal dari subkultur di Amerika yang diindentikkan dengan pakaian yang sering dikenakan colleges students dari Ivy League dan booming pada sekitar tahun 70-an. Segal, seorang penulis novel best seller "Love Story" (1970), diakui sebagai orang pertama yang menggunakan istilah preppy dalam common usage. Segal mendefinisikan preppy adalah seseorang yang "dresses perfectly without trying to … [and] appears to do everything well without trying to." Yap, effortless! Itulah kenapa saya suka style ini. Preppy look juga sangat simple dan bisa diaplikasikan dalam keseharian kita. Misalnya untuk ke kampus, ke kantor atau bahkan sekadar untuk ke mall.

Datang ke Fashion Week kadang menimbulkan pressure tersendiri bagi saya. Bingung mau pakai apa. Supaya nyaman, penting untuk mengenakan pakaian yang memang "kita banget." Saya pikir-pikir akhir-akhir ini saya sedang suka dengan tampilan yang rapi dan sedikit formal. Ketika menulis ini saya baru sadar kalau saya cenderung sering berpenampilan preppy untuk pergi kemana-mana. Mungkin hal ini terpengaruh kebiasaan ngantor bertahun-tahun dan jadi mahasiswa yang pakaiannya sudah ditentukan pakemnya dari kampus. Hingga tanpa disadari saya merasa nyaman dengan preppy look. Maka saya memilih tampilan ini untuk datang ke IFW 2016 hari kedua.

Kunci dari penampilan preppy adalah simple, klasik dan rapi. Warna yang biasa digunakan adalah putih, navy, kuning, hijau lemon, pink, coklat, krem. 

Dalam tampilan ini saya memilih memadukan warna putih yang merupakan ciri khas preppy look dengan outer sleeveless vest panjang hitam, serta jilbab dan celana jeans coklat. Cara mengenakan hijabnya juga sangat simpel, kedua ujung disilangkan ke belakang lalu dirapikan. Untuk aksesorisnya, saya hanya mengenakan tas hitam putih dengan sedikit detail quilted serta sepatu slip on quilted juga. I think quilted is really into preppy style.
Ngomong-ngomong tentang preppy, semestinya diperuntukkan untuk orang yang selalu bersiap, prepare dalam menghadapi apapun. Kenyataannya, saya masih jauh dari itu. Masih sering telat datang ke tempat janjian dan sering banget menyiapkan segala sesuatu hal mepet-mepet. Semoga preppy look bisa bikin saya jadi orang yang lebih baik dalam merencanakan target dan kegiatan ya. Hihi.
Preppy look sering banget dikira penampilan yang mahal. Karena rapi dengan blazer maka sering dikira menguras rekening. Jika kalian sudah suka berpenampilan preppy, bisa banget lho diakali dengan belanja yang terencana. Berikut beberapa tips dari saya:
  1. Belanja hanya fashion item basic yang bisa dipadukan dengan pakaian apa saja. Miliki satu jenis item basic misalnya satu kemeja polos putih, satu kemeja polos warna kesukaan. Selain itu blazer, jeans, rok dan fashion item lainnya hanya perlu punya satu saja, Preppy selalu lekat dengan kemeja motif kotak-kotak. Jika mengenakan outer pilih yang tidak stuffy. Sleek is the key. Kalau ada budget lebih, silakan tambahkan item yang menjadi kesukaan dan bakalan sering dipakai.
  2. Aksesoris yang dipadukan untuk tampilan preppy sangatlah simple. Jadi sepatu dan tas dengan design klasik seperti loafer dan sling bag yang simple saja seringkali sudah lebih dari cukup. Namun jika merasa tampilan terlalu plain, maka statement necklace akan mempercantik tampilan preppy-mu. 
  3. Vintage shop atau thrift shop seringkali adalah surga tersembunyi. Karena tampilan preppy biasanya timeless, jadi mudah sekali ditemukan di kedua tempat ini. If you don't mind, coba aja kunjungi vintage shop atau thrift shop terdekat. Jangan lupa direndam dengan air mendidih dulu dan jika perlu dicuci beberapa kali sebelum dipakai. 

Bergaya preppy artinya kita tidak perlu mengikuti perkembangan fashion terkini, preppy look bisa dikenakan kapan saja. Jika merasa preppy look terlalu formal, kita bisa menyesuaikannya dengan personality kita. Kenakan apa yang menurutmu nyaman dan akan cocok dipadukan dengan item preppy yang akan digunakan. Let's get prep! :D

You Might Also Like

21 comments

  1. Nia keren deh gaya preppy looknya. Hihihi. Btw gitu ya filosofinya preppy looknya? harus siap dengan segala sesuatu?
    Btw pressure itu beneran kerasa ya Nia kalo buat dateng ke acara fashion gini? emang gak mungkin pake baju yang gak dipikirn sih ya. Takut ada fasion police di sana. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih.Interpretasi preppy look beda2 sih, tp biasanya kesannya rapih simple aj gitu. Kedernya sama tmn2 lain yg kece2.. hihi

      Delete
  2. Replies
    1. Aih Puput juga selalu keceehh.. makasiw :*

      Delete
  3. Emang iya suka ada pressure sendiri ya klo dateng ke fashion week macam kemarin,hahaha. Keren amat si gadis preppy kakak nia,hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish lebih keren Kak Lisna yg selalu kece ;)

      Delete
  4. Wahh senengnya kak nia bisa dateng ke Indonesia Fashion Week 2016
    Semoga taon depan aku bisa dateng ke IFW 2017
    Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bantu aminin juga ya Mba semoga tercapai, hihihi. Kmrn knp gbs dtg Mba?

      Delete
  5. Nggak seru ikh nggak sempet poto pas dikao lagi preppy begini ha ha ha, next janjian preppy look nyoookkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kutunggu dirimu 30 menit tak muncul jua,kudatangi me booth malah lg pergi. Nyahahaa. Pankapan yuk mari kita atur. Preppy style-ku mah sepatunya pasti masih sporty jua. Hihihi

      Delete
  6. Aku pun merasa under pressure pas dateng kesana. Akhirnya malah gak ada fashionablenya sama sekali hihihi >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting nyaman Lia.. klo fashionable nggaknya relatif kan ya ;)

      Delete
  7. niaa.. makasih info dan tipsnya :D hana baru tahu soal preppy look ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Hana, aku jg baru belajar :D

      Delete
  8. setuju banget, dateng ke acara begini bikin pressure tersendiri hhihi. berakhir dengan pake yg nyaman aja. aku suka style kamu kemarin pas ketemu di IFW, sampai ketemu lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai ketemu lg Mba Retno.. Iya paling utama yg nyaman ya Mba :)

      Delete
  9. aaa aku ketinggalan IFW 2016 nih, gak sempet kesananya... padahal pengen sekali2. tiap tahun cuma sekali doang ya nia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Put. Masih ada JFW akhir tahun ntar. Skrg ada Plaza Indonesia Fashion Week klo mau nonton. Tp ga ada designer muslim kayaknya :)

      Delete
  10. Eh ce pake baju tumpuk2 gitu apa ngak gerah yaaa ???
    gw aja yg pake kaos di tumpuk kemeja ngerasa panas banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mas, ini kebetulan buat ke event ini ajah. Malah duingin ntar kalo pake one piece :p

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)