Nabung Yuk!

11:32

Tahun baru selalu jadi ajang yang tepat untuk memulai hal baru. Apalagi masih Januari gini, masih gede semangat merencanakan dan masih tertib menjalankan rencana itu. Nah, saya mau ngobrolin tentang nabung di post ini. Nabung bisa dijadikan resolusi untuk dilaksanakan secara konsisten lho. Tahun kemarin saya beneran dapat benefit dari nabung. Pas tiba-tiba lamaran dan ditentukan tanggal nikahannya cuma dua bulan saja sejak tanggal lamaran, saya nggak terlalu shock ataupun ngoyo ngumpulin dana lagi. Karena di tahun itu dan tahun sebelumnya saya selalu menjaga saldo tabungan untuk keperluan ini, ya meski nggak banyak-banyak amat tapi alhamdulillah cukup. Karena suami saya jauh lebih baik lagi perencanaan keuangannya, saya makin termotivasi buat nyisihin dana bulanan supaya mengendap di tabungan dong (di luar investasi ya). Kompetitif banget yak :p
Pas lagi semangat gini, kemarin Jumat saya diajak Mas Timo dari BP Network buat datang ke pengundian salah satu produk tabungan yang sudah menggunakan financial technology (fintech) dengan izin Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Saya tertarik karena untuk buka rekeningnya nggak harus ke bank. Nabungnya pun demikian. Mana tinggal pakai aplikasi di smartphone doang. Download aja di google play atau app store trus buka aplikasinya dan buka rekening sesuai tahapan-tahapan di aplikasi. Saya pikir ini sangat memudahkan. Soalnya saya bener-bener susah banget nyempetin ke bank di hari kerja. Jam kerja kantor saya 07:30 s.d. 17:00. Bank udah tutup dong kalau mau nunggu pulang kerja. Kalau ke bank di jam makan siang biasanya antri lama karena petugasnya cuma satu atau dua gitu. Jadi saya antusias buat lebih tau tentang produk tabungan yang namanya SOBATKU ini.

Menabung untuk Mengumpulkan Dana Darurat

Sebelum bahas acara dan si SOBATKU. Saya mau jabarin dulu tujuan saya menabung. Tujuan pertama saya adalah mengumpulkan dana darurat. Tiba-tiba nikah, artinya ada pengeluaran mendadak dalam jumlah besar. Makanya penting banget untuk nggak nunda-nunda memulai nabung. Makin cepet dimulai makin banyak saldonya kan tentunya. 

Berapa sih dana darurat yang harus kita punya? Untuk dana darurat pasangan menikah, yakni 6 kali pengeluaran bulanan. Tadinya saya sebagai perempuan single alokasi dana daruratnya hanya 3x pengeluaran bulanan. Untuk pasangan menikah dengan satu anak dan dua anak masing-masing 9x dan 12x pengeluaran bulanan. Ini patokan aja sih, jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Fungsi utama dana darurat adalah untuk keperluan mendadak seperti misalnya tiba-tiba sakit dan harus dirawat di rumah sakit, ini akan sangat mengerikan kalau kita nggak punya dana di tabungan. Secara ada rumah sakit yang mengharuskan bayar beberapa hal dulu sebelum opname. Lain lagi sih kalau yang udah punya asuransi yang bisa dipakai di depan. Tapi setau saya kebanyakan asuransi menggunakan sistem reimburse ya, jadi kita harus bayar dulu juga.

Selain itu, dana darurat juga bisa digunakan untuk keperluan keluarga, misalnya orang tua yang sakit. Kegunaan dana darurat lainnya untuk jaga-jaga kalau misalnya tiba-tiba kita tidak bekerja. Jadi nantinya kita masih bisa memenuhi kebutuhan bulanan kalau terjadi hal seperti ini.

Sebenarnya dana darurat nggak harus dikumpulin dengan menabung ya. Bisa juga disimpan di instrumen keuangan lain yang mudah dicairkan seperti deposito atau emas. Ada juga yang menyimpannya dalam bentuk reksadana. Tapi sebaiknya sih tetap disimpan di instrumen keuangan jangka pendek. Meski sarana menyimpannya banyak, menurut saya cara mengumpulkannya cuma satu, yakni dengan menabung. 

Jujur Sebelum Mulai Nabung

Apa maksudnya disuruh jujur? Hihi. Jadi, sebelum nabung kalau bisa lunasin dulu semua hutang tidak produktif. Kalau hutang KPR atau sejenisnya mah boleh. Tapi maksimum cicilan sehatnya 30% aja dari pendapatan bulanan ya supaya tetap sehat secara finansial. Hutang kartu kredit wajib banget dilunasi sebelum memulai menabung. Karena percuma banget kalau nabung tapi punya utang cicilan kartu kredit yang menumpuk dan berbunga-bunga, OH NOO...

Memulai Menabung

Kalau hutang dan dana darurat udah beres, ini saat yang cihuy sekali untuk mengumpulkan tabungan. Cara paling gampang buat saya dengan nyisihin 10% dari penghasilan buat tabungan. Kalau mau investasi, bisa sisihkan 10% lagi atau sesuai kebutuhan dan tujuan finansial masing-masing. Saya nggak akan bahas tentang investasi di sini karena perlu penjelasan yang lebih detail yang sepertinya saya belum capable juga ngomonginnya. 

Kalau untuk para ibu yang tidak bekerja triknya lebih ke nyisihin pengeluaran harian kali ya. Misalnya dengan wajib nabung 20 ribu sehari. Ini setahunnya udah Rp 7.200.000,00 lho. Lumayan bisa untuk liburan sekeluarga. Tapi kalau untuk dana darurat sepertinya perlu dikordinasikan dengan suami ya supaya lebih cepet terkumpul duluan. Baru deh abis itu bisa ngumpulin dana untuk keperluan lain seperti liburan atau umroh. Nabung itu paling enak kalau udah ada tujuannya. Bikin semangat! Jadi jangan lupa tentukan tujuan. Atau kalau belum punya tujuan yaudah kumpulin aja dulu minimal 10% dari pemasukan bulanan ya. :D

Kalau ibu-ibu pakai SOBATKU, bisa disetor tuh ke rekening SOBATKU ke Alfamart atau Alfamidi terdekat dengan waktu layanan mulai pukul 07:00 s.d. 21:00. Nggak ada alesan malas nabung karena nggak keburu sama jam kerja bank lagi dong, hehe. Ke Alfa terdekatnya bisa seminggu sekali aja, sekalian belanja gituu. :)

Apa itu SOBATKU?

SOBATKU ini merupakan tabungan online berbasis aplikasi dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mitra Sejati yang brandingnya lebih dikenal dengan Sahabat UKM (www.sahabat-ukm.com). Kantornya ada di Gedung sampoerna Strategic Square (lokasi pengundian hadiah kemarin). Koperasi ini bersinergi dengan Bank Sampoerna sehingga lahirlah produk SOBATKU yang berbasis fintech dan memudahkan kita menabung.

Selain setor ke Alfamart atau Alfamidi, cara menabung di SOBATKU bisa juga dengan transfer bank, transfer sesama SOBATKU, dan juga transfer ke nomor hp. Makanya kalau ada dana nganggur atau yang tujuan finansialnya untuk jangka pendek bisa ditaruh sini aja karena sekarang lagi banyak hadiah undian nih teman-teman.

Kemarin pas acara undian saya pesimis dapat, tentu saja karena saya baru banget tahu tentang produk ini, mana ngarep hadiah lah. Tapi ternyata semua nasabah berhak dapat undian ini. Sistemnya pakai poin gitu, untuk saldo di bawah 500 ribu rupiah poinnya 10 per 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk saldo tabungan di atas 500 ribu sampai 10 juta rupiah poinnya 30 per 50 ribu. Di atas 10 juta, poinnya 40 per 50 ribu. 

Acara pengundian hadiah kemarin itu seru banget. Saya datang dari kantor sehabis jam kerja jadi acara udah mulai duluan. Lagi ada live music lagunya The Beatles yang seru banget. Abis itu ada penampilan magician juga. Di sela setiap hiburan ada pengundian hadiah yang nggak terlalu saya perhatiin karena saking banyaknya hadiahnya. Mulai 100rb, 500 ribu, 1 juta, 5 juta, dan 10 juta. Nominal ini sebenarnya juga ada di hadiah undian bulanannya SOBATKU lho. Semua berhak menang berapapun saldonya dan bahkan untuk yang sudah dapat hadiah sekalipun. Pengundiannya terbuka gitu, kadang yang hadir yang ngambil undiannya, blogger juga dikasih kesempatan ambil undian pemenang. 
Selain hadiah bulanan, ada juga undian hadiah triwulanan yang diselenggarakan 19 Januari 2018 kemarin ini. GRAND PRIZE nya 100 juta rupiah dong! Saya langsung ikut mendekati panggung pengen tahu siapa yang beruntung itu. Selamat ya untuk Bapak yang kemarin beruntung. Gila 100 juta, kalau teman-teman yang dapat mau diapain tuh dana segitu?

Undian triwulanan dari SOBATKU masih ada lho sampai akhir tahun ini. Malah di periode berikutnya grand prizenya selain 100 juta rupiah juga ada 4 hadiah UMROH untuk 4 orang pemenang! Kalau yang suka undian berhadiah gini, sok atuh download aja SOBATKU di smartphone. Saya tertarik banget sama kemudahan dan bebas administrasi bulanannya nih. Selengkapnya silakan dicari infonya di www.sobatku.co.id ya :)

You Might Also Like

20 komentar

  1. Hana baru tahu soal dana darurat 3x pengeluaran bulanan dan klo udah nikah 6 kali pengeluaran bulanan. iya klo lagi kerja susah ya ke bank, makasih infonya Nia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Hana, baeknya punya dana darurat sendiri buat yang masih single, buat jaga-jaga aja sih. Thankyou sudah mampir :D

      Delete
  2. Asik nabungnya ya. Di minimarket juga bisa. Jadi gak usah antre panjang :)

    ReplyDelete
  3. Dana Darurat yang selalu nelum bisa disiplin menyisihkannya, kembali ke 0 mulu wkwkwkwkkw. Sobatku memudahkan banget Jeng buat orang kantoran, ibu rumah tangga maupun mahasiswa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tar tiba2 menika gmn Jeung, sisihin atuh :p

      Delete
  4. Bener banget sebelum nabung harus jujur dulu sama diri sendiri dengan lunasin utang terlebih dahulu :D sobatku ini mirip mirip jenius kayaknya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu, sekarang banyak jasa perbankan digital ya :D

      Delete
  5. Wah pengalaman menabung dan informasi tentang dana daruratnya boleh juga nih lumayan buat tambahan info. Jadi makin semangat nabung di SOBATKU nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, seneng baca respons positifnya Mba :D

      Delete
  6. iya di sobatku bisa nabung untuk sekalian dana darurat juga bisa ya. Aku malah baru kepikiran :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mempermudah ngumpulin DD sih Mba :D

      Delete
  7. Menabung itu penting banget, suoaya bahagia di masa depan. Nabung di Sobatku makin untung ya.

    ReplyDelete
  8. sekarang saya sudah mempersiapkan diri untuk menabung, pengen juga mendapat hadiah dari SOBATKU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan banget ya Mba kalau nabung malah dapat hadiah :)

      Delete
  9. Hikmahnya rutin nabung ya. Bisa ada dana cadangan utk nikahan yeayyy. Wah dapat suaminya pun yg pinter merencanakan keuangan. Nah sekarang ada SOBATKU nabung jadi lebih gampang kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba Feb, ini bisa nabung dan ambil duit di alfa. Malem pulang kantor juga bisa, weekend apalagi, kusenang ada solusi praktis :D

      Delete
  10. aku lagi bujukin sodaraku yg di pedesaan, biar nggak harus jauh2 ke kota kalau mau nabung/narik tunai ^^ SOBATKU keren ya bikin solusi spt ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar sodarnya bebas ribet ya Kak :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram