Menikmati Hasil Pembangunan Infrastruktur Pendukung Asian Games di Taman Mataram

14:36

Assalamualaikum. Nggak berasa ya Asian Games udah mau mulai 4 hari lagi. Saya agak ragu tentang kesiapan infrastruktur pendukungnya nih, terutama dari sisi transportasi penunjang. Secara Jakarta sangat rawan macet. Sejak memasuki Bulan Agustus sih saya lihat beberapa jalan mulai lebih lancar karena diterapkannya sistem ganjil genap. Jadi semoga alur transportasi para atlet dari tempat menginap ke venuenya bisa efektif dan efisien.
Kalau transportasi untuk masyarakat gimana ya kira-kira? Apakah dengan adanya Asian Games jadi lebih lancar juga kah? Akhirnya kebingungan saya mendapat jawaban nih. Kamis, 9 Agustus 2018 lalu Holcim Indonesia mengadakan media gathering bersama dengan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta di Old Town White Coffee. Karena acaranya di jam makan siang, saya iyain. Soalnya penasaran bakalan diajak ke area publik yang sudah direvitaliasi untuk menyambut Asian Games. Kebetulan load kerjaan di kantor lagi oke jadi izin dikasih. Asik.
Waktu pihak Holcim Indonesia dan Bina Marga Provinsi DKI menyampaikan paparan tentang apa saja yang sudah dilakukan jelang Asian Games, saya salut sekali. Keduanya ingin memberikan yang terbaik pada perhelatan istimewa yang akan tiba ini. Sebagai salah satu partner kerja sama Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Holcim Indonesia terus memberikan support pembangunan infrastruktur dengan produk mereka yang bernilai lebih.

Masih inget nggak postingan saya tentang revitalisasi Gelora Bung Karno? Area pejalan kaki dan taman-taman di sana direvitalisasi dengan beton berpori ThruCrete oleh Holcim. Kelebihan ThruCrete adalah bisa menyerap air dalam volume besar dengan cepat sehingga tak ada lagi genangan karena hujan. Ternyata pembangunan dengan ThruCrete ini udah lebih luas sekarang. Selain area GBK, area pejalan kaki yang sudah direhabilitasi dengan ThruCrete sudah melingkupi Jalan Gerbang Pemuda mulai dari depan gedung TVRI hingga Jalan Palmerah. Yeay makin banyak area bebas becek.

Revitalisasi jalur TransJakarta dengan SpeedCrete

Khusus di acara ini kami diceritain tentang pembangunan jalur transjakarta dari Sisingamangaraja-MH Thamrin. Juga dari Jalan Sisingamangaraja-Patung Pemuda. Jalur kedua ini kami lihat langsung sekalian berkunjung ke Taman Mataram yang sekarang udah cakep banget. 

Saya sempet mikir kapan sih perbaikan jalur transjakartanya? Kayaknya nggak pernah ada penutupan jalur yang udah saya sebutin tadi. Ternyata jalur tersebut direvitalisasi juga dengan produk Holcim Indonesia yang bernama SpeedCrete. Waktu pengerjaannya cukup 8 jam aja. Jadi dipasangnya malam, esok paginya udah bisa dipakai gitu jalur transjakartanya. Ini sih GILA banget produknya luar biasa. Tahu nggak sih beton biasanya berapa lama jangka waktu pemasangan hingga boleh digunakan? Minimal bisa belasan hari deh. Ini sangat membantu persiapan pemerintah untuk menyajikan yang terbaik bagi para kontingen dan tamu Asian Games dalam waktu yang super singkat.
Waktu pengerjaan jalur busway ini hanya tiga minggu dan alhamdulillah puji syukur zero accident lho. Proyek ini diadakan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggara Asian Games yang menargetkan waktu tempuh antara tempat atlet menginap ke venue lokasi pertandingan hanya 30 menit saja. Supaya atletnya nggak kelelahan di jalan kali ya.

Selain waktu pemasangannya yang sangat kilat hingga bisa digunakan, juga manfaat untuk Asian Games, hasil perbaikan jalur busway ini juga sangat bermanfaat untuk pengguna moda transportasi bus Transjakarta. Sekarang jalur tersebut jadi lebih rata. Nggak ada lagi benjolan benjolan alias gundukan aspal yang naik gitu. Penumpang nggak bakalan ngerasain bumpy lagi, perjalanan jadi lebih nyaman dan mulus. 

Perbaikan Area Pejalan Kaki dengan DekoCrete yang Cantik

Waktu tahu ada produk yang namanya DekoCrete, saya sempet mikir bisa nggak ya dipakai buat bangun rumah. Kenapa sampai mikir gitu? Karena DekoCrete ini bisa dimacem-macemin dengan tujuan fungsi dan estetika. Bisa dibikin menyerupai batu granit segala lho. Untuk yang di Taman Mataram ini DekoCretenya menyerupai cor-coran batu kali tapi keliatan alus ya. Kalau pakai material trotoar yang biasa atau batu kali masa pakainya cuma dua tahun, DekoCrete bisa sampai 10 tahun lho masa manfaatnya kalau dijaga dengan baik. Bagus banget ya bisa bikin hemat anggaran dong, hehe.
Detail DekoCrete yang dipasang di area pejalan kaki Taman Mataram
Selain DekoCrete, di Taman Mataram dan area pejalan kaki sekitarnya juga menggunakan ThruCrete, cirinya yang berwarna hingga ke bawah seperti foto di atas. Jadi warna warni ini menunjukkan fungsi juga, bukan cuma estetika.
Ada yang belum tahu area warna kuning itu untuk apa? Itu untuk rekan-rekan yang tunanetra. Saya terharu dan seneng banget kalau lihat renovasi area pejalan kaki yang memperdulikan fasilitas ini. Sulit sekali untuk teman-teman difabel bisa mandiri di sini karena fasilitas umumnya belum mendukung. Kalau semua jalur pejalan kaki ada area jalan khusus untuk tunanetra begini, mereka jadi bisa lebih mandiri.
Dua area ini akan dihubungkan dengan bridge bump
Ada kabar baik lagi nih, pembangunan infrastruktur penunjang Asian Games ini nggak cuma berakhir untuk perhelatan acara ini aja. Tapi bakal dilanjutkan. Jadi kalau tadinya kita harus turun area pejalan kaki untuk menyeberang, nantinya akan dibangun bridge bump (kalau nggak salah nama) untuk menghubungkan dua area pejalan kaki sehingga pejalan kaki lebih nyaman dan pengguna kendaraan yang melewati area inilah yang harus lebih hati-hati dan pelan-pelan karena areanya diprioritaskan untuk berjalan kaki. Tentu saja bukan di jalan utama ya bridge bumpnya, jadi nggak ganggu lalu lintas juga.
Sebagai penyuka jalan kaki dan pengguna transjakarta, saya sangat senang dengan perbaikan ini. Teman-teman bisa lihat sendiri area pejalan kaki dan jalur transjakarta yang sudah direnov sepanjang Patung Pemuda Membangun hingga Jalan Sisingamangaraja. Foto di atas di depan Al Azhar.

Fasilitas publik sudah banyak yang jadi syantik, emang ya musti ada perhelatan akbar seperti Asian Games ini untuk jadi pemicu getolnya perbaikan infrastruktur publik. Sekarang giliran kita sebagai masyarakat untuk ikut menjaga infrastruktur yang sudah mulai bagus ini. Main-main ke Taman Mataram oke juga lho, bisa foto-foto dengan latar area pejalan kaki warna warni khas beton Holcim. :)

You Might Also Like

27 komentar

  1. Gils sih, bersyukur banget ada ASIAN GAMES jadi lebih cantik, tertata dan pejalan kaki lebih nyaman. Walau dibeberapa tempat atau titik masih suka dikuasai motor dan PKL yang nakal (plus jorok)....padahal udah disediain lahan


    mentalitas menjaga dan melestarikan dari pemuda kita yang harus digalakan *edisicintatanahair :D

    ReplyDelete
  2. Gils sih, bersyukur banget ada ASIAN GAMES jadi lebih cantik, tertata dan pejalan kaki lebih nyaman. Walau dibeberapa tempat atau titik masih suka dikuasai motor dan PKL yang nakal (plus jorok)....padahal udah disediain lahan


    mentalitas menjaga dan melestarikan dari pemuda kita yang harus digalakan *edisicintatanahair :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga kondisi ekonomi mereka membaik jadi kesadarannya lebih baik juga buat ikut ngejaga fasilitas publik ya Nggi :)

      Delete
  3. Semoga segala persiapan yang telah dilakukan dapat mendukung kegiatan akbar nanti, dan semoga kegiatannya berjalan mulus lancar jaya! Amiiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, ikut deg2an nih Mba yang Jakarta selesai nggak ya renov2nya, hehe :)

      Delete
  4. Semoga selesai ASIAN games nanti, proyek pembangunan trotoar begini terus berlanjut dan berkembang ke kota-kota lain juga. Aku juga suka jalan kaki, ngamatin bangunan-bangunan di kota itu menyenangkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, setuju banget semoga di kota lain juga direvitalisasi area pejalan kakinya ya Mba biar warga ngga kurang jalan kaki, hehr :)

      Delete
  5. Hebatnya holcim sampai sedetail begitu penataannya. Smoga ngga hanya karena asian games, penataan pedetrian dan transjakarta ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga kontinyu ya Mba. Katanya sih berlanjut, yg brigde bump paling nggak sampai Oktober ya kalau ga salah :)

      Delete
  6. Entar jalan bareng lah ya ke taman mataram poto2, hahaha. Kalo baca begini baru berasa bangganya masaaa, hahaha. Nia tulisannya bisa kuandalkan as usual. Mmuaaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk kita hang out ke Taman Mataram pepotoan, hahaha. Wkwkwk kutersadjung nih Mba :*

      Delete
  7. Jakarta keren, kalo setiap jalur pedestriannya dibikinin holcim semuaaa ehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, kalau gitu semoga Holcimnya laba terus ya biar bisa berkontribusi berkelanjutan buat ruang2 publik di Jakarta :D

      Delete
  8. Gak terasa ya sebentar lagi Asean Games dimulai:) Semoga jalan-jalan lain diperbaiki juga agar pengguna jalan nyaman :) Semangat juga buat para atlit yang akan bertanding ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah selesai Mba untuk renov jalan, tinggal nunggu MRT nih, hehe :)

      Delete
  9. Berkah Asean Games yah sisteuuur. btw keren amat sih teman2 tuna netra pun bisa menikmati fasilitasnya. Salut!!

    dan wagelahseh banget produknya holcim. 8 jam doang macem bangun candi semalam yah siis. cool abis!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena abis Asian Games mau ada Asian Para Games ya Fa, tapi itu di Surabaya kalau nggak salah ya. Sejatinya emang udah wajib menyediakan jalur tunanetra untuk setiap pembangunan jalur pdestrians, hehe. Iya itu SpeedCrete kayak bangun candi, Roro Jonggrang kalau mau nantangin yang ngelamar jaman sekarang gabisa lagi nih, bisa selesai semalam beneran, wkwk :p

      Delete
  10. Malah penasaran dengan pasca Asian Games. Ingin melihat cantiknya Jakarta dengan mobilitas normal. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba, sama menanti apakah ganjil genap yang sekarang akan dilanjutkan. Hehe. Kebetulan aku diuntungkan karena pengguna transportasi umum, jadi ngga macet kalau naik taksi/taksi online pas pulang kantor :)

      Delete
  11. Ini kan daerah dkt blok m y brarti, secara dpn al azhar hihi

    #nostalgia jakarta
    Kok ku naksir decocrate y, bisa kali buat ku renov rumah ntar biar ada efek granit2nya gitu di kamar mandi #ngimpi dulu huhuhu

    Hmm, persiapan asian games y, mayan kekejer jg si walo rada balapan ma jadwal ceremonial beberp hari egein, smoga semuanya lantjar jaya deh y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deket Blok M. Nah bener kan aku juga pengen pakai dekocrete, enak bisa dipake buat apa aja. Oke juga tuh buat kamar mandi kayaknya. Nah iya setelah tau ada speedctere yang bisa 8 jam aja siap pakai, aku jadi ikut optimis terkejar pembangunannya :)

      Delete
  12. semoga area pejalan kaki bisa digunakan lebih baik oleh yg berhak ya.. udh bagus kayak gitu, dan ada tempat untung para tunanetranya, jangan sampai dipake sama motor2 & pedangan kaki lima lagi... suka gemes kalau pengen jalan kaki tapi ngga ada trotoar yg memadai & nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang ketutup tenda ama banyak motor ya Mba, amin semoga bersih terus area pejalan kakinya :)

      Delete
  13. hikmahnya ASIAN GAMES, banyak pembangunan dan perbaikan yang cepat banget yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu salah satu dampak positifnya, jadi getol membangun dan memperbaiki sana sini dalam jangka waktu yang jelas :)

      Delete
  14. Sekitar rumah saya, baru saja pedestrian dipasang paving block yang rapi, eh, belum ada setahun, dibongkar lagi semua. Paving dihilangkan, diganti dengan beton semua. Entah, pakai beton jenis ini kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga betonnya nggak dibongkar lagi ya, pemborosan ntar jadinya :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram