Sharing Pengalaman Prenatal Yoga di Jakarta: Gudang Gudang Yoga Studio, Klinik Hygea, dan Pro V Clinic

10:29

Assalamualaikum. Setelah sharing tentang Senam Hamil di RSIA Asih, saya pengen sharing pengalaman lagi tentang olahraga ketika hamil. Saya merasa infonya masih minim atau kaalaupun ada kurang lengkap. Jadi saya coba share 3 tempat prenatal yoga di Jakarta ini supaya kalau ada loner yang butuh info seperti saya bisa lebih mudah mendapatkannya.
Olahraga ketika hamil itu bikin badan enakan, jadi berkurang banget keluhan kehamilan. Lebih fit di kerjaan rumah dan kantor. Kalau buibu sering sakit pinggang atau punggung, sebaiknya cobain prenatal yoga biar kehamilannya lebih menyenangkan.

Oiya sebelumnya silakan dikonsultasikan dengan obgyn atau bidan masing-masing ya mengenai boleh tidaknya melakukan prenatal yoga. Pada umumnya prenatal yoga atau yoga saat hamil diperbolehkan sejak usia kehamilan 20 minggu. Saya sendiri baru mulai yoga juga di kisaran minggu ke-20sekian. 

Karena merasa yoga sendiri dengan nonton youtube kurang optimal (kalau gerakan saya nggak tepat tentu nggak ada yang benerin dan jadi kurang optimal dong yoganya). Maka saya memberdayakan diri untuk ikut prenatal yoga dengan pengajar yang bersertifikasi. Supaya lebih mantap dan dapat sharingnya gitu. Ini urutan tempat yoganya berdasar mana yang duluan saya cobain. 

Sebagai catatan, saya sudah rutin yoga sejak sebelum hamil ya. Cuma berhenti begitu tau testpack positif dan mulai lagi di minggu 20-an kehamilan. Jadi ketika saya masuk kelas prenatal yoga nggak ada kesulitan sama sekali. Untuk ibu hamil yang baru mencoba yoga ketika sudah hamil, jangan sungkan sampaikan jika saat itu adalah kali pertama ibu mencoba yoga, supaya gerakannya dikasih yang nggak terlalu sulit atau berat. Tapi jangan khawatir juga sih, gerakan prenatal yoga itu cocok-cocok aja bagi pemula karena tingkatannya dari 0 dan gerakannya cenderung gerakan-gerakan dasar yoga, seperti Hatha Yoga.

Gudang Gudang Yoga Studio

Lokasi: Jl. Kemang Timur 88, Jakarta Selatan.

Tempat: Tempat yoganya oke banget nih di sini. Bisa dibilang ini favorit saya. Dindingnya kaca menghadap area terbuka dari Gudang-Gudang Yoga Studio. Di atasnya ada tanaman juga. Ambiencenya paling oke untuk yoga. 

Fasilitas: Dari sisi perlengkapan yoga, di Gudang Gudang Yoga Studio ini juga paling lengkap dan bagus. Premium semua kualitas perlengkapannnya. Lantainya juga dari kayu itu lho, apa sih namanya, hehe. Jadi cocok banget buat yoga. 

Biaya: Nah ini yang agak jadi masalah bagi saya, setau saya dari menyimak instagram Gudang Gudang Yoga Studio, untuk prenatal yoga tuh 100 ribu. Tapi pas saya datang ke sana seminggu setelah lebaran ternyata Rp 200 ribu. Pesertanya cuma tiga sih waktu itu. Mungkin karena masih suasana libur dan karena yang hadir cuma segitu dihitung privat kali ya. Beberapa hari setelah yoga di sana saya tanya berapa biaya prenatal yoga, iseng aja gitu buat tes. Tapi tidak di balas. Jadi bisa disimpulkan prenatal yoga di sini ada di kisaran 100-200 ribu rupiah ya. Bayarnya pas datang di lokasi, tidak perlu booking dulu.

Gerakan Yoga: Untuk gerakan yoganya jujur aja di sini paling enak flownya.Enak banget deh di badan abis yoga. Saya baru menyadari ibu hamil masih gampil banget buat tree pose level 3 juga di sini. Hehe. Pas savasana kening diolesin oil gitu yang wangi lemon, enak wanginya merilekskan. Saya sukaa. Tapi karena tidak ada sharing tentang persiapan melahirkan (mungkin sebenarnya bisa nanya aja ya sama pengajarnya), jadi saya memutuskan untuk mencari tempat yoga yang ada sharing tentang persiapan melahirkannya. 

Oiya kalau kurang lancar Bahasa Inggrisnya bilang aja sama guru yoganya. Karena kemarin di grup yoga yang saya datang ada bumil dari luar negeri, jadi pakai full English. Saya nggak kesulitan karena udah tau nama-nama beberapa gerakan yoga jadi nggak usah nengok-nengok terus ke pengajar. Kalau salah juga dibenerin dengan lembut. 

Kelebihan: Sesuai yang sudah disebutkan tadi. Dari sisi tempat, fasilitas, dan gerakan dari pengajarnya di sini top banget deh. Terbaik dibanding yang lain.

Jadwal: Prenatal yoga hanya ada hari Sabtu pagi pukul 09:00. Lebih detailnya bisa ke instagramnya Gudang Gudang Yoga Studio ya.

Klinik Hygea

Lokasi: Jalan Dewi Sartika No.261, RT.7/RW.5, Cawang, Kramatjati, Kota Jakarta Timur

Tempat: Tempat yoganya di lobi klinik Hygea. Tapi sudah dibersihkan supaya aman untuk ibu hamil. 

Fasilitas: Cuma ada matras, balok, dan selimut. Matrasnya yang kualitas biasa, bukan yang bagus. Selimut dipakai untuk alas lutut pas gerakan-gerakan variasi dari table top. Disediakan air mineral dari klinik.

Biaya: Saya udah ikut satu paket isi 4x jadi 300 ribu rupiah. Murah banget kan jadi 75 ribu rupiah aja per kedatangan. Selanjutnya saya ikut kelas yang bayarnya per kedatangan 80 ribu rupiah. Di sini harus booking dulu ya sebelum yoga. Bisa kontak ke Bidan Nurul via whatsapp 085740350621. Ini saya ambilin infonya dari instagram Bidan Amel untuk kontaknya. Info detailnya ada di instagram Bidan Amel ya. 

Gerakan Yoga: Di sini lebih diajarin ke fokus pernafasan perut yang akan bermanfaat banget untuk kontraksi nanti. Awalnya kenalan dulu gitu semua pesertanya. Bisa sharing kalau ada keluham. Kemudian latihan nafas dicek satu-satu. Setelah itu baru masuk ke gerakan yoga.

Kelebihan: Selain murah, di sini yang ngajar bidan yang sudah bersertifikasi mengajar yoga. Jadi bisa nanya-nanya teknis banget tentang kontraksi dan melahirkan. Khusus untuk sesi II ada jadwal sharing session. Kadang ada materi khusus misalnya merawat newborn. Kalau lagi nggak ada materi khusus, boleh nanya apa aja.

Jadwal: Setiap Minggu. Sesi I pukul 07:00-9:30. Sesi II pukul 8:45-11:00.

Pro V Clinic


Lokasi: Jl. Permata Safir 1/W 5 Permata Hijau Selatan DKI, RT.4/RW.2, Grogol Utara, Kby. Lama, Jakarta Selatan.


Tempat: Lokasinya ada di ruangan khusus di Pro V Clinic. Alasnya karpet. Nyaman gitu ruangannya meski tertutup.

Fasilitas: Hampir seperti di Gudang-Gudang Yoga Studio, tapi masih lebih lengkap Gudang-Gudang. Beda tipis deh perlengkapan yang disediakan.

Biaya: 150 ribu rupiah per kedatangan. Harus booking dulu. Harus transfer H-1 sebelum jadwal yang kita pilih ketika sudah dapat jadwalnya. Kalau ikut harga paket 3x kedatangan 420 ribu rupiah.

Gerakan Yoga: Gerakannya oke dan enak di badan. Saya baru sekali ke sini dan agak telat. Jadi awalnya afirmasi positif buat janin dulu baru yoga. Pas sesi tanya jawab nggak ada yang nanya, karena saya datang telat jadi blank deh mau nanya apa. Haha.

Kelebihan: Pro V Clinic kan terkenal dengan hypnobirthing Ibu Lanny Kuswandi ya, makanya saya pengen yoga di sini. Dan ada Mba Jamilatus yang terkenal banget sebagai doula itu. Tapi kebetulan saya belum dapat jadwal yoga dengan Mba Mila sih sampai sekarang. 

Jadwal: Karena jadwalnya ada banyak dan satu hari ada 4 sesi, silakan cek aja langsung jadwalnya di instagram Pro V Clinic aja ya. :)

Saya baru nyobain 3 tempat prenatal yoga ini jadi cuma bisa berbagi segini aja. Di Jakarta Selatan ada lagi Union Yoga Dharmawangsa, untuk jadwal dan biaya bisa ke websitenya Union Yoga. Lokasinya ada di Jalan Wijaya.

Selain itu ada Nujuh Bulan Studio di Bintaro yang terkenal juga prenatal yoganya. Setau saya di sini harus ikut kelas persiapan yoga dulu (introductory class). Jadwal Agustus terlampir ya. Selanjutnya kalau mau cari info silakan ke websitenya Nujuh Bulan Studio aja.
Khusus di Bintaro saya pernah review 3 Pilihan Tempat Yoga di Bintaro lho. Silakan bisa dibaca juga untuk referensi yoga ketika sedang tidak dalam kondisi hamil.

Untuk teman-teman yang mampir ke postingan ini dalam kondisi hamil, semoga persiapan melahirkannya lancar. Yang penting kita usaha optimal, hasil serahkan pada Yang Maha Kuasa aja sembari banyak-banyak doa. :)

You Might Also Like

22 komentar

  1. wah kayanya aku kudu belajar yoga nih buat investasi masa depan wkwkkw. aku anaknya lebih demen zumba sis. yoga tuh aku ga lentur samsek wkwkkwkw

    yoga ibu hamil bikin lebih happy dulu ya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting rajin olahraga aja Fa, manfaat banget pas dpt rejeki hamil badan lebih fit. Terus pas musti senam hamil atau yoga juga enak-enak aja jadinya. Yang bikin happy hypnotherapi kayaknya Fa. Tapi yoga juga bisa disugesti begitu. Kecuali kesulitan ngikutin gerakannya dan jadi tersiksa. Hahaha

      Delete
  2. Saya tuh suka kepengen ikutan Yoga tapi kadang suka maju mundur niatannya. Padahal manfaatnya banyak banget, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain dulu aja Mba, hehe. Tapi pilih yang pengajarnya enak :D

      Delete
  3. Jujur aja nih mba belum pernah ikutan kelas yoga manapun. Tapi kalo buat bumil aja bikin badan enak gitu apalagi buat yang lagi nggak hamil ya. Kumpulin niat dulu deh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama cari info yang gurunya enak Nes :)

      Delete
  4. aku udah pernah ke gudang2 yoga juga, tempatnya luas dan nyaman, sayang aja jauh dari rumah dan pricey hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas event ya Mba? Kalau yg prenatal yoga di ruang lain yang lebih kecil. Sebenernya lumayan affordable kalau sekali datang 100an. Tp kalau ada yang lebih mure emang jd berasa mahalan, hehehee. Enak sih guru dan tempatnya :)

      Delete
  5. Saya belum pernah yoga, karena di tempat saya belum ada tempatnya. Tapi kalau ada kesempatan ke Jakarta boleh juga datang Gudang Gudang Yoga Studio sementara di rumah ngikutin tutorial Youtube dulu hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba sekarang buanyak yang bagus tutorial yoga di youtube :)

      Delete
  6. Udah lama bgt nggak yoga. Dulu di kantor suka ikutan. Sehat2 ya kamuh bumil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pas nggak hamil cuma yoga di kantor Mba karena iurannya murah, hehehe. Amin makasih doanya Mba. Sehat-sehat juga untuk Mba sekeluarga :)

      Delete
  7. sehat terus bumil, sewaktu hamil kemarin belum sempat ikut kelas ibu hamil bahkan yoga, penting juga lah untuk bumil, belum tau nih di bogor apa ada kelas yoga untuk prenatal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Ev, sekarang banyak kayaknya kelas-kelas prenatal gini, bisa dicek di instagram prenatalgentleyoga juga buat lihat bidan bersertifikasi ngajar prenatal yoga di lokasi tinggal kita Mba. Amin untuk doanya, sehat-sehat juga untuk Mba Evrina dan keluarga ya :)

      Delete
  8. Betul. Belajar yoga atau yoga sendiri di rumah memang bisa dilakukan hanya dengan menonton video dan/atau gambarnya, tapi saat gerakan kita salah, tidak ada yang memperbaiki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, tapi kalau ngga ada tempat yoga yang gurunya bagus yaudah youtube aja sebagai penyelamat :)

      Delete
  9. Hoooooo yogaaaa-yogaan ya. Saya belum pernah mencoba yoga gitu sih, mbak ._. lha gimana ya, duduk atahiyat akhir saja lemak berlipet wgwgw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cowok biasanya badannya ga fleksibel Mas jadi kurang cocok yoga. Tapi ada juga sih yang cocokan yoga. Kalau badan kurang fleksibel mending yang gerakan2 body building :D

      Delete
  10. Aku jadi member FF gegara kenalan sama dirimu dan senapsaran mau belajar Yoga ternyata menyenangkan wkwkwkwk ketagihan walau masih Gentle doangan dan sering bolos.


    Artikel ini aku kasih ke temenku lho, karena pas banget dia nanya kamu posting wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun aku merasa sudah balas ternyata belum yaak. Makasih udah direferensiin ke temennyke temennya Nggi. Yoga emang enakeun. Kalau buat jaga kesehatan gpp gentle yoga aja :)

      Delete
  11. Boleh tanya mom, bedanya prenatal yoga dengan hypnobirthing apa yah? Kalo untuk prenatal yoga apakah ada yang tau sekitaran di sudirman atau weekend di tangerang kota? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir Mba Meli. Boleh banget kalau mau nanya di sini, hehe. Hypnobitrhing seperti namanya lebih ke hipsnosis ya Mba, sama ama yoganya di di atur pernafasan sama fokus ke afirmasi positif. Cuma hypnobirthing lebih dalam fokus afirmasinya gada gerakan2nya kayak yoga. Kira2 gitu Mba. Untuk di sudirman atau tangerang aku kurang tau Mba mohon maaf. Cuma taunya yang aku share di post ini aja :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram