Bersihin Luka #GakPakePerih dengan Hansaplast Spray Antiseptik

17:29

Halo teman-teman. Udah lama ya saya nggak ngomongin perkembangan Kai. Sekarang Kai baru saja satu tahun dan alhamdulillah baru lancar jalan. Kai suka minta keluar rumah. Maunya jalan sendiri. Padahal jalan depan rumah kami itu aspal. Meskipun aman dari keramaian lalu lintas, saya agak khawatir soal aspal karena Kai kadang-kadang suka menjatuhkan diri gitu deh. Entah becanda atau beneran jatuh. Kai suka tiba-tiba nurunin lututnya ke aspal. Jadi saya sering khawatir Kai lecet entah di tangan atau lutut. Makanya kemudian saya mencari produk apa ya yang cocok untuk membersihkan dan membantu menyembuhkan luka karena gesekan di anak bayi yang baru mau menjadi toddler ini.
Meski udah setahun, saya masih hati-hati banget soal perawatan kulit Kai. Kalau kelembapan alhamdulillah aman dan bahkan Kai nggak alergian seperti saya. Soal sering jatuh itu saya khawatir karena takut luka atau cedera.

Ternyata tentang cedera ada penelitiannya dari Riset Kesehatan Dasar (Rikerdas) di tahun 2013. Berdasarkan urutan proporsi terbanyak untuk tempat terjadinya cedera, sebanyak 36,5% cedera terjadi di rumah dan penyebab cedera terbanyak adalah karena terjatuh yakni di angka 40,9%. Berarti nggak cuma bayi baru jalan aja ya yang sering jatuh, ternyata sebagian orang juga.

Buibu pada nyediain produk apakah untuk pertolongan pertama di rumah? Dulu kalau ada yang luka atau lecet gitu dikasih produk pembersih luka yang bikin perih dan meninggalkan noda ya. Ternyata kata dokter Adisaputra Ramadhinara (satu-satunya Certified Wound Specialist Physician di Indonesia), pembersih luka yang meninggalkan noda tidak tepat menjadi pilihan karena menutupi luka dengan warna yang bukan aslinya sehingga keadaan luka sebenarnya tidak terlihat. Dokter Adisaputra menyarankan menggunakan obat pembersih luka yang mengandung Polyhexadine (PHMB) karena tidak meninggalkan noda, tidak berbau dan tidak meninggalkan rasa perih.

Pernyataan beliau cocok banget dengan kebutuhan saya. Bayi mana mau ya diolesin sesuatu yang bikin dia perih. Pasti jadi nangis, huhu. Kalau ada warnanya juga dia bisa takut. Makanya kemudian saya cari produk apa yang tersedia di pasaran yang sesuai kriteria dr, Adisaputra. lalu nemulah saya Hansaplast Wound Spray atau yang sering disebut Hansaplast Spay antiseptic.
Kandungan utama Hansaplast Spray Antiseptic ini PHMB tadi, zat antiseptik yang banyak digunakan para dokter karena tidak meninggalkan rasa perih, tidak meninggalkan noda dan tidak berbau. Pemakaiannya yang tinggal semprot aja memudahkan saya untuk membersihkan lecet si bayi baru gede yang maunya mandiri, no gendong-gendong lagi. Tapi saya makeinnya masih pake gendong bentar biar tepat sasaran, hehehe.

Tadinya produk antiseptik untuk luka yang mengandung PHMB ini tidak beredar di pasaran, jadi hanya digunakan di klinik atau rumah sakit. Thanks to Hansaplast yang memproduksi Hansaplast  Spray Antiseptik ini sehingga kita bisa membelinya over the counter atau menjadi produk yang dijual bebas tanpa resep dokter.

Kemasan Hansaplast Spray Antiseptik ini handy banget. Lihat aja di foto, ketutup di genggaman saya ya. Jadi dimasukkan ke tas juga nggak makan tempat. Jadi saya suka bawa ke mana-mana kalau lagi pergi sama Kai. Karena membersihkan luka pakai air juga sepertinya bukan solusi ya, bikin perih.
Cara penggunaan Hansaplast Spray Antiseptik adalah dengan menyemprotkannya ke area yang luka dengan jarak sekitar 10 cm. Area yang luka dan sekitarnya diusahakan kena semua ya. Kemudian perlahan keringkan.

Dari hasil baca-baca referensi, saya nemu 3 tahapan dalam membersihkan luka. Ternyata begini urutannya:
1. Bersihkan luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik,
2. Lindungi luka dengan plester luka berkualitas,
3. Smbuhkan luka.

Saya tuh dulu sering denger kalau plester luka itu katanya sumber tumbuh kuman. Ternyata itu mitos lho. Luka lebih baik ditutup dan tidak terekspos udara. Jadi membiarkan luka terbuka bikin cepet sembuh itu mitos juga lho Buibu. Luka terbuka bikin mudah tergesek atau tergores lagi dan mudah kena bakteri atau kuman, makanya harus dilindungi dan dirawat. Sekarang karena udah tahu, kita bersihin luka dan rawat dengan benar yuk supaya kita atau anggota keluarga cepat sembuh saat ada luka. Semoga sehat terus semua dan bebas dari luka serta jatuh ya. Have a good day :D

You Might Also Like

17 komentar

  1. Wah bagus juga nih terobosan barunya hansaplast, kalau anak kecil dikasi spray gini pasti seneng. Apalagi nggak pakai perih

    Inget banget, dulu waktu kecil abis jatuh nangisnya biasa aja. Baru.. Nangis jejeritan waktu diobatin, karena perih

    ReplyDelete
  2. Travel Friendly banget ya mbak HAnsaplast spraynya. Anak-anak yg aktif2nya kalau terluka, emang lebih cepat ditangani dengan tinggal spray handsaplastnya aja hehehe.
    Makasih sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
  3. Setuju mba kalau luka kasih yang berwarna malah bikin ngeri karena pengalaman kecil aku dipakein itu yang kemasannya warna merah duh perih mana bau lagi :(

    di rumah aku stock juga hanspalast spray ini mba alhamdulilah yah pertolongan pertama atasi luka anak

    ReplyDelete
  4. Paling repot memang ngobatin Luka pada anak, pastinya akan nangis krn takut perih.

    Untungnya ada Hansaplaat spray yang ga bikin perih dan ga ada drama waktu ngobatin.

    Ga ada yg mau anaknya jatuh Dan terluka tapi apa salahnya kalau stok Hansaplast spray ya

    ReplyDelete
  5. Anak kecil memang rentan cedera. Anakku yg umur 3 tahun tuh, lagi gak mau diem, jadi ada aja ceritanya. Jatuhlah, kepelesetlah, apalah. Wajib banget sedia antiseptik di rumah. Hansaplast plester nih sellau ada, kalau yang spray antiseptiknya malah belum punya. Lebih praktis ya?

    ReplyDelete
  6. Kai makin pintaaarrr kreatif dan aktif ya Mak
    Iya nih, kudu banget sedia Hansaplast spray antiseptik
    apalagi kalo anak lagi aktif2nya banget
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Anak umur segini emang mobilitasnya makin tinggi, ya. Jatuh terluka kayaknya bisa jadi pemandangan sehari-hari. Perlu sedia hansaplast spray memang biar luka cepet pulih tanpa perih

    ReplyDelete
  8. Wah, obat lukanya samaan sama aku. Berhubung anakku agak over aktif, jadi obat kayak gini tuh nggak boleh out of stock di rumah. Nah, kalau dulu aku masih pakek obat merah. Sekarang seneng banget ada yang spray kayak gini. Karena anakku jadi nggak ngeri dan malah sekaligus membersihkan lukanya.

    ReplyDelete
  9. Menolong banget ni mba..apalagi karenA bentuknya yang spray..jadi anak nggak takut (pas disentuh) dengan obat luka

    ReplyDelete
  10. Asyiknya karena bentuknya spray ya mba, jadi lukanya ga kesentuh... Soalnya rata2, anak2 terutama...klo jatuh dan kemudian luka, nggak mau diobati karena takut luka nya tersentuh saat pengobatan .

    ReplyDelete
  11. aku kemarin jatuh di pasar, ugh sakit! perlu punya hansaplast spray antiseptik di tas nih untuk jaga2 kalo ada yg jatuh :)

    ReplyDelete
  12. wahh samaaan nih sama aku, di rumah aku juga siap sedia antiseptik ini. bukan cuma buat anak2 sih, tapi buat aku juga bisa. karena kalau terluka kerja di rumah, berdarah, suka aku pakaikan ini, gak perih sama sekali :)

    ReplyDelete
  13. Lebih praktis juga ya mba hansaplast spray. Harus sedia di rumah nih, anakku sering banget jatuh kalau lagi lari-lari.

    ReplyDelete
  14. Bener banget mba, anakku sering banget drama kalau lagi dibersihkan lukanya. Apalagi kalau pembersih lukanya meninggalkan warna dan rasa perih. Duuuh nangisnya malah makin jadi

    ReplyDelete
  15. Aku juga pake ini mom dirumah selalu sedia ini di kotak p3k gitu pokonya

    ReplyDelete
  16. Anak kecil itu kalau ada lecet karena jatuh, lihat mamanya bawa tissue buat bersihin lukanya aja udah teriak dan malah menjauh. Bagus ya sekarang ada terobosan dari hansaplast, memudahkan orang tua buat membersihkan luka di tubuh anak-anak

    ReplyDelete
  17. Duh coba tahu ini dari lama, ya. 2 bulan lalu anak saya jatuh sampai dagunya terluka cukup parah. Sebelum dibawa ke dokter saya kasih obat yang berwarna itu lalu dia nangis. Perih banget pasti huhuhu, jadi sediiih. Punya anak kecil apalagi kalau anaknya aktif harus banget sih sedia hansaplast spray antiseptik, ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram