Air Terjun Lembah Harau

15:26

Harau merupakan nama salah satu kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota.
Kabupaten tersebut berbatasan langsung dengan Kota Payakumbuh.
Payakumbuh sepertinya lebih terkenal dibandingkan "Kabupaten Lima Puluh Kota" sehinggga kebanyakan orang lebih kenal Harau di Payakumbuh :)

Yang istimewa di Harau adalah adanya lembah yang terdiri dari 5 air terjun (menurut wikipedia).
Tapi ketika saya ke sana, sepertinya lebih dari lima air terjun karena saat itu debit air dari sungai di atas lembah cukup deras.
Jadi sebaiknya pergi ke Lembah Harau saat musim hujan, plus banyak2 do'a supaya malamnya hujan tapi siangnya cerah jadi air terjunnya banyak dan deras :p

Kebetulan saat saya menuju Harau saat cuaca hari itu sangat cerah, saya bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sepanjang jalan yang dipayungi awan berarak-arakan :)

Suasana pedesaan di Sumbar identik dengan rumah penduduk yang berhalaman kolam ikan, mungkin agar lebih praktis dan ekonomis untuk budidaya ikan air tawar.

Pemandangan saat kita memasuki lokasi wisata lembah harau kira2 seperti ini
Panas terik yang kita lewati tadi langsung berganti dengan kesejukan, mak cesss....
Sesampainya di lokasi, ada dua jalan ke kiri atau ke kanan, apabila akan menginap maka silakan belok ke kiri, di sana banyak cottage2 untuk menikmati sejuk dan asrinya suasana lembah harau, apabila hanya ingin menikmati air tejunnya maka silakan belok ke kanan :D
And, here we were ;)





Jangan kawatir kalau mau mandi-mandi di bawah air terjun, gak dalam kok, semuanya dangkal, airnya bersih dan jernih. Ada tempat bilasan, toilet dan mushola. Penjual cendera mata dan makanan pun banyak.

Ada satu lagi air terjun yang lebih deras dari yang lain tapi butuh perjuangan untuk ke sana, cara mudah menuju air terjun ini adalah menyusuri sungai kecil yang jernih seperti dari mata air, setelah berjalan kaki kira-kira 15 menit kita akan sampai di air terjun tersebut, karena saya cuma pakai kamera blackberry jadi hanya bisa terfoto bagian bawahnya :D

 Ini saya saat jadi korban teman yang sedang belajar fotografi, padahal mukak saya udah gosong gitu :p

Jadi kalau ke Sumbar jangan lupa mampir ke sini yah :D
Highly recommended deh bagi yang suka wisata alam.

You Might Also Like

2 comments

  1. Wah, baru tau ada air terjun lain di Lembah Harau yg letaknya ngumpet. Pokoknya tinggal menyusuri aliran sungai saja kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ikuti sumber aliran sungai aja, tapi jangan sendirian ya. Soalnya sepi banget :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)