Mengurus Pengajuan Kartu TASPEN

10:58

Assalamualaikum. Saya baru saja mengurus TASPEN. Sepertinya banyak PNS yang belum mengurus TASPEN ya, saya pengen sharing nih supaya pada bikin juga. Pelayanan PT, TASPEN sudah modern lho.
PT Taspen Padang
Awalnya saya pikir saya perlu membuat surat pengantar atau surat keterangan dari kantor, ternyata tidak perlu. Tapi boleh kalau mau bikin surat pengantar dari kantor untuk pengajuan kartu taspen. Saya mendapatkan informasi ini dengan menelpon TASPEN Padang yang alamatnya saya dapatkan dari website PT TASPEN. Silakan masuk ke web tersebut dan cari tahu alamat serta nomor telepon TASPEN di kotamu. Petugas layanan teleponnya ramah dan informatif. Saya menanyakan persyaratan untuk mendapatkan kartu taspen.

Syarat untuk mengajukan kartu taspen adalah sebagai berikut:
1. Fotocopy SK CPNS dan SK Pangkat Terakhir
2. Fotocopy slip gaji (waktu itu saya menggunakan fotokopi slip gaji pertama)
3. Fotocopy Karpeg (bagi yang sudah punya)
4. Fotocopy KP4 (bagi yang sudah berkeluarga)
5. Foto copy KTP
6. Fotocopy SPMT

Saya ke kantor PT. Taspen Padang sekitar pukul 09:00, ada tempat parkir khusus motor di Taspen Padang. Ruang tunggunya luas dan cukup nyaman dilengkapi AC. Saya disambut dua security yang menanyakan apakah saya sudah membawa kelengkapan persyaratannya apa belum, ketika saya jawab sudah kemudian saya ditanya lagi sudah mengisi form apa belum, saya jawab belum. Ketika saya menanyakan pinjam pulpen malah disuruh beli di koperasi sekalian beli map katanya harus pake map. Saya pikir pupen saya sudah banyak banget di kantor dan di rumah, jadi saya cuma beli map dan pinjam pulpen ke ibu2 penjaga koperasi. Semoga lain kali PT Taspen menyediakan pulpen di tempat pelayanan, dengan pengikat juga tidak apa, supaya tidak diambil pengunjung yang pelupa yang khilaf membawa pulpen yang mereka sediakan.

Oiya ada tambahan persyaratan yang tertulis dalam form tapi tidak disebutkan Mbak yang angkat telepon, yaitu Fotocopy SK terakhir (jika sudah punya), saya sih punya tapi terlanjur nggak bawa yaudah saya bawa seadanya.

Berkas yang sudah dalam map diminta mbak security kemudian diantarkan ke dalam. Saya diminta menunggu. Saya nggak dapat nomor antriam, tadinya gusar juga sih soalnya orang-orang lain yang disitu dapat nomor antrian. Mungkin mereka mengurus dokumen yang berbeda.

Fyi, copy SK CPNS saya gak ada legaslisirnya karena ketika saya mau ke TASPEN kasubbag kepegawaian sedang dinas, sedangkan slip gaji saya ada legalisir dari subbag keuangan. Dokumen lain yang saya bawa tidak ada legalisir apapun. 

Setelah menunggu sekitar 20 menitan, mbak security tadi memanggil saya. Kemudian saya diminta mengisi buku tanda terima, kartu saya sudah jadi rupanya. Alhamdulillah kartu saya udah jadi, hehe, 

Mudah bukan? Yuk urus hak kita yang satu ini, bikin kartu taspen gampang kok ;)

You Might Also Like

4 comments

  1. hahahah...tutup pulpen nya masih kita simpan..n pake plastik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho baru baca komennya... Hahhaa random banget ya saya ngomonginnya fokus ke pulpen gitu. Haha I was ever so silly like that :p

      Delete
  2. perlu dibuat 2 rangkap atau ndak ya?Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mas saya lupa tapi kayaknya sih enggak. Atau telpon dulu aja taspen terdekat ya :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)