Kebun Binatang Sawahlunto

10:24

Beberapa bulan sebelum pindah ke Bukittinggi, saya berkesempatan mengunjungi Kebun Binatang Sawahlunto. Sebenarnya di Sumatera Barat ada satu lagi kebun binatang yang berlokasi di Bukittinggi. Meski sudah beberapa kali main ke Bukittinggi, saya belum sempat singgah ke kebun binatang di sana. Jadi belum bisa membandingkan kondisi antara dua kebun binatang di Sumatera Barat tersebut. Saya kagum dengan Sawahlunto dan Bukittinggi yang punya kebun binatang karena Kota Padang yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Barat saja tidak ada kebun binatang. Kenapa nggak punya? Saya juga nggak tau :p

Hewan yang ada di Kebun Binatang Sawahlunto diantaranya aneka jenis unggas seperti merak hijau dan beragam burung. Ada juga gajah, onta, kijang, orang utan, dan bahkan beruang madu. Beragam jenis primata lainnya juga banyak. Di sana terdapat sebuah danau buatan untuk menikmati suasana sejuk kebun binatang. Kita bisa menyewa sepeda air seperti bebek-bebekkan untuk menghabiskan waktu dan bersenang-senang berkeliling danau. Sebenarnya suasana di kebun binatang selain di area danau juga cukup asri dengan banyak pepohonan, namun barangkali karena kandungan batubara di perut bumi Sawahlunto masih sangat banyak, sehingga udara kota tambang ini seringkali panas dan membuat gerah. Di dalam kebun binatang ini terdapat museum kupu-kupu dengan gerbang masuknya yang cantik. Gapuranya dihiasi tanaman rambat yang berbunga. Hmm rasanya kalau kita punya adik, ponakan atau bahkan anak usia SD dan kita tinggal di Sawahlunto atau hanya sedang berkunjung ke sana, maka akan bagus sekali jika mengagendakan jalan-jalan ke kebun binatang. Bisa dijadikan sarana edukasi untuk memperkenalkan aneka ragam hewan dan spesies kupu-kupu dengan melihat secara langsung.

Jika sedang jalan-jalan ke Sawahlunto nggak ada ruginya mampir ke sini. Semakin sering dikunjungi kebun binatangnya, naka pemasukan kebun binatang turut bertambah pula. Tapi jangan memberikan makanan pada hewan dan jangan buang sampah sembarangan ya.
Di kebun binatang yang lokasinya jauh dari kota ini ada toilet yang bersih dan mushola sederhana. Semoga nantinya ada pembangunan mushola permanen :)

You Might Also Like

2 comments

  1. kalo ke bonbin kok seringnya malah kasian ya liat hewan2 itu...
    mereka seperti kesepian dan stress... mungkin mereka pengen pulang ke homebase... (ah sudahlah..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gitu deh, tapi kalau dilepas di alam bebeas bahaya nggak bisa bertahan hidup soalnya hutan kita (sumbar riau) udah dialihfungsikan jadi lahan sawit kan. Sama2 kasiannya, huhu
      Makanya kita kunjungi semoga tiket yang masuk bisa buat nambah2 pakan hewan yang bergizi :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)