Easy Breakfast Recipe: Pancake With Strawberry Sauce

10:47

Assalamualaikum, 
Tumben nih pingin nulis resep lagi, tentu saja yang gampang-gampang, hihihi
Pagi ini saya bingung mau sarapan apa, kemudian ingat masih ada banyak strawberry di kulkas. Jadilah saya ingin bikin pancake. Ini pertama kalinya saya bikin. Meski yang saya buat sedikit berbeda, tapi saya mendapatkan cukup banyak info dari sini http://www.justtryandtaste.com/2011/01/delicious-pancakes.html

Pancake yang saya buat tipis-tipis biar nggak cepet mblenger, sausnya juga relatif manis karena khawatir strawberrynya asam sehingga saya tambahkan gula pasir lebih. Nah mari kita langsung ke resep dan step by stepnya. Mudah kok.

Bahan yang diperlukan untuk pancake:
(untuk 6 lembar pancake tipis tanpa cetakan)
110 gram tepung terigu serba guna (saya menggunakan Segitiga Biru)

1 1/4 sendok teh baking powder

1 1/2 sendok makan gula pasir

1/4 sendok teh garam

1 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas

135 ml susu cair ( atau bisa diganti dengan 3 sendok makan susu bubuk full cream + 130 ml air aduk rata)

2 sendok makan mentega atau 40 gram, cairkan. Jika menggunakan margarine, skip penggunaan garam     di resep.

2 sendok teh white vinegar, bisa dibeli di supermarket. Bisa diganti dengan air jeruk nipis. (Saya menggunakan air jeruk lemon impor)

Cara Pembuatannya:

Cairkan mentega dan biarkan dingin

Campur susu cair dengan air lemon lalu diamkan sekitar 5 menit agar susu menjadi asam, fungsi dari keasaman susu ini agar pancake lebih lembut dan empuk

Secara terpisah campurkan bahan kering yakni tepung terigu, garam, gula pasir dan baking powder. Aduk hingga tidak ada gumpalan tepung.

Mentega yang telah dingin dikocok dengan telur ayam, lalu dicampur dengan susu

Masukkan adonan tepung ke dalam campuran susu dan mentega tadi lalu ratakan seperlunya tanpa perlu dikocok berlebihan. Maka adonan pancake siap digoreng.

Panaskan mentega secukupnya, tuangkan satu sendok sayur adonan, tuang pelan-pelan sehingga otomatis membentuk lingkaran, Goreng dengan api tidak terlalu besar agar tidak gosong. Jangan lupa dibalik ya. Ulangi tahap ini sampai adonan habis. 

Bahan Saus Strawberry:
Strawberry 15 buah
Gula pasir 5 sendok makan atau sesuai selera
(apabila strawberrynya cukup besar cukup 8 buah saja dengan gula pasir 3 sendok makan)

Cara membuat Saus Strawberry:
Cincang strawberry lalu panaskan dengan gula pasir tanpa menambahkan air, strawberry akan mengeluarkan airnya sehingga tidak perlu ditambah air. Aduk terus seperti membuat karamel, panaskan dengan api kecil agar tidak gosong.

Sajikan pancake yang telah masak tadi dengan siraman saus strawberry ini, hmm what a yummy breakfast, yuk dicoba, super gampang kan :D

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)