Komitmen Detox

21:49

Ceritanya saya menderita eczema sejak tahun 2005. Waktu itu penyebabnya kata dokter spesialis kulit adalah terlalu sering di bawah matahari. Kebetulan dulu emang lagi sering latihan basket, yah meski sayanya nggak jago. Jadi saya percaya pada dokter dan kemudian sembuh. Lalu muncul lagi dalam rentang waktu tahunan dengan penyebab yang berbeda-beda. Namun beberapa tahun terakhir intensitasnya munculnya mulai naik, meski saat ini cuma sedikit munculnya, saya sudah mulai bosan mengatasinya, haha. Dulu dikasih pantangan apa aja saya nggak peduli. Ini entah karena kepribadian saya yang sudah lebih  terbuka mungkin ya, makanya jadi mau belajar mengatasinya. Saya mulai belajar tentang menu vegetarian. Daripada jadi vegetarian abal-abal seperti selama ini, yakni jadi vegetarian beberapa waktu lalu kemudian kembali makan daging, atau ikan karena merasa kurang nutrisi, maka saya mencoba detox aja dulu TIGA HARI. Saya tinggal ngikuti resep yang udah ada, no sugar, gluten and meat.

Sebenarnya saya tau detox sudah lama dari TV dan dari baca-baca. Pernah tuh saya kepengenan ikut kelas detoxnya Gede Prama di Ubud, namun karena benturan prioritas alokasi dana sampai sekarang belum saya laksanakan. Hehehe. Kemarin-kemarin ini saya kebetulan dapat banyak info tentang vegetarian. Lalu saya coba googling-googling juga tentang makanan vegetarian yang bagus untuk eczema. Lalu ketemulah saya dengan blog http://www.naturallysassy.co.uk/. Penulisnya seorang balerina cantik yang masih muda. Sama, dia juga pernah eczema dan gatau penyebabnya, trus merasa harus dia atasi sendiri jadi dia bikin menu-menu enak yang bahannya dari "plant" semua. Terus ngga sengaja saya nemu bagian yang ada jadwal 5 hari detox ini di sini. Jadi segera saja saya siapkan bahannya dan mental saya. Yang nggak siap hanyalah lambung saya, padahal semua resep memanjakan lambung yang nggak perlu memproses seberat biasanya. Namun agaknya lambung saya kagok nggak ada yang dicerna. 

Dimulai pada hari ini, Rabu 3 Desember 2014, merupakan hari libur pertama setelah ujian, jadi nggak ada suatu kewajiban saya untuk melakukan sesuatu sehingga waktu saya luang dan bisa ngubek2 dapur 5x sehari spesial untuk menyiapkan asupan makanan detox.

Tadi pagi rasanya enak banget, pertama minum air anget dengan irisan lemon dan jahe. Sejam kemudian saya minum Green Juice. Failed bikin jus nya karena bayamnya saya ikutin batangnya, jadi kurang alus hasilnya, trus airnya dikit banget jadi saya tambahi air mineral setengah gelas. Mungkin buah di London sana berair banget alias juicy kayak lemon impor kali ya. Isinya nih sayur mayur termasuk bayam, ternyata bayam enak juga dijus mentah-mentah bersama bahan lain yang menyegarkan.

Midday alias siang pas dzuhur saya bikin Dragonfruit and coconut smoothies. Hasilnya halus jadi enak diminum, trus berlebih lagi, jadi 1 1/2 porsi gitu jadi saya kenyang. Rasanya enak dan manis. Sore pas ashar saya bikin lagi Green Goddess Smoothies, ada bayamnya lagi, ada alpukatnya. Padat banget tapi beda sama Green Juice jadi nggak bosen. Enak karena saya udah tau cara bikinnya yang bener.

Abis magrib saya bikin Butternut Squash Soup. Makan sup padat gini jadi pengalaman pertama bagi saya. Jadi inget Masha and The Bear, Masha kalau lapar dibikinin makanan sama Mischa kira-kira begitu itu tapi warnanya nggak pink ya, butternut oranye warnanya. Rasanya manis seger karena pake apple vinegar alias cuka apel. Dan terakhir malam sebelum tidur saya bikin almond milk sendiri, dihangatkan sebentar biar enak di badan. 

Alhamdulillah nggak nyangka saya bisa melewati hari pertama dengan lancar (kelihatannya :p).
Semoga masih kuat untuk hari kedua dan ketiga.

Oiya alasan saya kenapa tiba-tba detox sekarang karena mumpung  waktunya luang aja sih.
Nanti kapan2 saya share resep adopsi dari Naturally Sassy, emang ada yang disesuaikan karena bahannya ada yang stoknya lagi habis dimana-mana sampai capek keliling. Juga karena bahan-bahan lain sudah menyerap dana cukup besar dari biasanya. Hihi.

Sampai jumpa di post berikutnya :p

You Might Also Like

6 comments

  1. Replies
    1. Hai Iena makasih sudah mampir dan komen, dicoba pelan2 aja biar ga berat :D
      Selamat mencoba ya ;)

      Delete
  2. Halo Mba Niaa!
    Aku mau coba deh ini detox-nya kapan2, kayaknya menunya lumayan enak2 yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mira menunya variatif dan kaya nutrisi, dari foto2nya kelihatannya enak2 banget dan gampang cara bikinnya. Cuma butuh komitmen ngejus2 mulu sama blendernya musti yg bagus soalnya ada bahan yg agak keras kan :p

      Delete
  3. Detox manfaatnya apa ya mbak? *kuper* *edisi males googling*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi nggak tau detox bukan berarti kuper kok Mba Rosa ^^
      Jadi detox ini sebenarnya tujuannya adalah menghilangkan/mengurangi racun dalam tubuh kita serta mengurangi kerja lambung yang sudah kita forsir seumur hidup sejak dulu ketika kita bisa makan makanan berat. Detox pake green smoothies bikin lambung istirahat karena jadi lebih ringan kerjanya, nggak perlu mencerna makanan berat beberapa waktu namun masih mendapat asupan nutrisi yang mencukupi dari bahan2 dalam green smoothies itu. Nah tujuan lainnya beda-beda, ada yang biar kurus atau ada juga untuk mengatasi suatu alergi seperti saya ini. Asupan makannya ngikut tujuannya sih Mba. :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)