The Icon 05 of Bintaro

00:00

Jadi Icon 05 ini bukan nama area residensial ataupun apartemen lho ya. Icon 05 merupakan nama sebuah tempat ngopi sekaligus resto yang berlokasi di Sektor V Bintaro. 
Saya masih ingat waktu itu h-3 Ramadahan kemarin. Ada jajaran karangan bunga yang mencolok. Isinya mengenai ucapan selamat atas opening Icon 05 Coffee and Resto. Tadinya saya meragukan perkembangan popularitas cafe ini karena openingnya aja pas mau bulan puasa.

Dua minggu kemudian rasanya saya pengen ke sana. Ikut penasaran karena  beberapa teman saya sudah mencoba icip-icip ngupi di Icon 05, katanya tempatnya enak. Maka ketika saya sedang tidak puasa, dan kebetulan teman-teman dekat saya kolom agama di KTP-nya bukan Islam, hampir tiap sore (selama saya tidak puasa), kami pasti di sana. Ngabuburit di cafe gitu ceritanya... Saat itu tempat ini sudah mulai disukai anak gahul Bintaro dan sekitarnya.
Cappuccino awalnya disajikan dengan biskuit
Tak lama kemudian, Icon 05 jadi tempat yang sangat sering saya kunjungi. Tentu karena lokasinya yang hanya berada di seberang kampus STAN. Juga karena dekat dengan tempat tinggal saya. Alasan lain kenapa dengan singkat jadi tempat favorit saya adalah karena minuman dan makanannya enak-enak. Tempatnya nyaman dan semua pihak di Icon 05 ramah. Jadi berasa disambut. Harga minumannya juga cukup terjangkau. Capuccino dan kawan-kawannya ditawarkan dalam harga 20k. Lalu latte-latte 30 k.

Cappuccino dan teman sebelahnya yang saya lupa namanya
Green Tea Latte dan Cappuccino
Hot Chocolate
Kalau ini minuman dingin yang sangat menyegarkan, namanya Blue Sky. Kalau ke sini dalam keadaan haus bandel, maka jangan ragu pesan Blue Ocean saja. (35k) 
Seorang teman yang pernah bertugas 3 tahun lebih di Bulukumba, Sulawesi Selatan menyatakan Coto Makassarnya enak, maka saya mencobanya. Emang beneran memuaskan lidah dan perut. Porsinya cukup besar. Daging coto di Icon 05 disajikan tipis-tipis, didampingi dengan irisan ketupat. Sepulang dari Bali bulan lalu, saya juga sempat memesan nasi bali karena harganya merupakan harga makanan berat termurah, 28k. Haha... Cita rasa Balinya masih terasa.

Coto Makasar (35k) dengan Ice Vanilla Latte (30k)
Nasi Campur khas Bali (28k), Ice Hazelnut Latte (30k)
Di lain waktu ketika saya sedang ngumpul dengan teman-teman SMA, ternyata teman saya kenal dengan pengelola Icon 05. Namanya Emil. Masih muda banget tapi udah ngerti gimana berbisnis. Emil ini ramah, suka nyamperin pelanggan yang ia kenal. Atau kadang juga yang belum ia kenal. Asalkan terlihat friendly untuk diajaknya mengobrol dan duduk bareng, tentu akan dihampirinya. Biasanya ia suka membicarakan bagaimana pelayanan di Icon 05 apakah sudah baik, makanannya enak apa tidak. Bahkan ketika ada live music ketika diminta nyanyi oleh teman-temanya, ia pun ikut nyanyi. Dari Emil inilah saya jadi tahu jika salah satu chef di Icon 05 adalah mantan koki Sultan Brunei. Maka jika sedang lapar sekali ketika ke sini, cobain deh Nasi Briyaninya. Enaaak, porsinya banyak banget. Bisa untuk berdua. Saya juga mencicipi Nasi Kebuli punya teman saya, gurihnya pas. Porsinya juga raksasa. Makanan di sini diclaim no MSG.

Waktu itu Emil merekomendasikan supaya kami mencoba menu yang baru akan dilaunching. Namanya Icon 05 Waffle, di dalamnya ada ovomaltin sama krim strawberry. Di atasnya dilengkapi dengan ice cream. Duh rasanya luar biasa enaknya. Luarnya gurih, dalamnya lembut. Mana es krimnya enak. Waffle yang lebih mihil yang pernah saya cobain lewat deh. Tergantikan sama yang ini. Teknik masaknya pas bener. Waktu itu belum dipublish harganya jadi saya kurang tahu berapa. Sekarang sih waffle ini udah bisa diorder kapan aja. Silakan dicoba, range harganya kayaknya sih masih under 50k ya.
Ingin melihat bagaimana chef-chef tadi menyiapkan sajian atau bagaimana barista meracik kopinya? Bisa banget. Open kitchen ada di lantai bawah, sedangkan barista ada di lantai atas. Dipilih saja Kakak, mau lihat yang mana. Jalan-jalan naik turun atas bawah juga nggak bakal dimarahin kok. Hihi.
Open Kitchen
Tiap Jumat dan Sabtu malam ada live music. Nah, saat-saat ini biasanya banyak ABG yang suka nongkrong di sana. Jadi jika teman-teman lebih menyukai suasana cafe yang tenang, lebih baik datang di malam lain. Atau siang hari saja, seperti kebiasaan saya dan teman-teman. Tempat ini sering sekali dibooking untuk acara ulang tahun. Biasanya pihak yang berulang tahun mem-booking seluruh lantai dua. Pelanggan reguler masih bisa duduk-duduk di lantai bawah. Namun di situ merupakan area dilarang merokok.
Emil ikutan nyanyi, diiringi band pengisi live musicnya Icon 05
Wifi? Ada kok. Selama ini saya belum pernah mengalami kendala log in atau kendala koneksi jika menggunaka Wifi Icon 05. Tanyakan kepada Mas dan Mbak yang melayani teman-teman, mereka akan dengan ramah atau bahkan sambil bercanda memberikan password wifinya :D

Icon 05 juga sangat fotogenic lho. Di tiap dinding dan bahkan tembok pagar depannya dipenuhi gambar mural. Kata Emil butuh waktu 3 hari khusus untuk menyelesaikan semua gambar-gambar itu. Sampai saat ini Icon 05 masih jadi tempat favorit saya, meskipun kondisinya sudah sering ramai. Semoga jika teman-teman hendak berkunjung ke sana bukan saat sedang ramai-ramainya ya. Supaya bisa menikmati suasana yang nyaman. Tak jarang saya melihat pengunjung yang menyendiri, asik membaca buku di sini.  
Downstairs
Upstair
Pojok kanan tempat mangkal Abang Barista :D
 ICON 05 COFFEE & RESTO
Jalan Bintaro Utama 5 Blok EA 2 Nomor 47 Bintaro Jaya
021-735 8963
icon05coffeeandresto@yahoo.com
Instagram: icon05.coffeeandresto

You Might Also Like

7 comments

  1. Weekend lalu baru lagi lewat sekitar sana, baru tau juga kalo ada cafe icon 5 ini, ternyata udah opening sejak Ramadhan lalu ya. Wah thanks review tempatnya mba, masuk list rekomendasi tempat nongkrong baru hhii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir Chintia. Iya cobain deh mampir sini, deket kan ya dari rumah. Lbh asik sore2 gitu, dah ga panas dan nggak terlalu rame ;)

      Delete
  2. weleh, saiki sekitar STAN akeh tempat nongkrong yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak tempat baru nih di sekitar kampus sampe sektor 9 sana Ir, main2 sini :D

      Delete
  3. Terimakasih udah sharing, kebetulan lagi nyari yang ada live musik nya nuh. Pengunjung boleh pake live musik nya ga? Nyanyi2 aja gitu, kalau lantai 2 khusus untuk merokok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengunjung boleh nyanyi kok, iya tp lt. 2 buat yg ngrokok. Tp tiap atas meja smoking ada blower yg menghisap udara. :)

      Delete
  4. artikel yang menarik, terimakasih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)