Melepas Rindu di Smecotrade.com, e-Commerce UKM Indonesia

Pertengahan Desember kemarin saya ikutan eventnya smescotrade.com dalam rangka meramaikan Harbolnas 2016. Udah pada tau kan ya tentang Harbolnas? Paling nggak teman-teman pasti tau kepanjangannya Harbolnas, Hari Belanja Online Nasional. Di mana hampir semua e-commerce menggelar diskon besar-besaran secara serempak. Biasanya di sekitar tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Smescotrade.com, e-commercenya SMESCO yang nantinya akan berkembang menjadi marketplace, ikut menyemarakkan Harbolnas juga lho. 
Di acara Harbolnas Smescotrade.com kemarin saya sempat menyimak talkshow dengan Pak Joni. Beliau salah satu pengusaha yang mendisplay produknya di Galeri Indonesia Wow-Smesco. Pak Joni merupakan pemilik brand Jagonya Kriuk. Saya kira brand tersebut memproduksi snack semacam ciki-cikian yang kurang saya suka. Ternyata oh ternyata Jagonya Kriuk milik Pak Joni ini memproduksi aneka snack tradisional dengan bahan pilihan yang berkualitas dan dijamin sehat karena bahan bakunya ditanam sendiri.

Salah satu produk Jagonya Kriuk misalnya produk Pia Kembang yang terbuat dari ubi ungu. Yup, ubi ungu ternyata bisa dibikin pia lho. Pak Joni menanam sendiri ubi ungunya dengan mendatangkan bibit dari Jepang. Bahkan produk ubi ungu yang difrozen dari kebun Pak Joni ini dipakai oleh Starbuck Jepang lho. Tim dari Jepang selalu menginspeksi kebun dan pabrik beliau setahun 3x. Kebayang kan gimana standar Jepang? Kualitasnya pasti terjaga. 
Selain hasil panen ubi ungu yang diekspor ke Jepang dan pia ubi ungu yang dipasarkan di dalam negeri, Jagonya kriuk juga punya produk andalan lainnya. Saya sempat mencoba kripik tempenya yang merk IMOS. Keripik tempe IMOS nggak berminyak, kering gitu tapi tetap gurih dan renyah. Kedelai hasil tanam sendiri pastinya bebas GMO yang biasanya ada di kedelai impor. GMO merupakan salah satu bahan yang dapat memicu kanker. 

Selain kripik tempe, ada lagi keripik singkong pedas, kacang vegan dan kacang bawang Bali merk Imos. Pengalaman Pak Joni di bidang kuliner tak bisa dibilang singkat, beliau telah bekerja selama puluhan tahun di salah satu BUMN yang mensupply katering untuk para penumpang maskapai Garuda Indonesia sebelum akhirnya pensiun dini. Visi beliau memulai bisnis adalah ingin menyediakan camilan yang menutrisi dan nggak bikin sakit si konsumen. Soalnya beliau pernah sakit parah, jadi beliau nggak mau ada orang lain mengalami hal serupa.
Nah, itu tadi salah satu perkenalan produk makanan yang ada di Smesco. Kebayang kan yang lain juga sama okenya. Produk makanan UKM kita ternyata kualitasnya mantap jaya. Hayuk ramaikan konsumsi produk dalam negeri.

Paviliun Provinsi, Seperti Taman Mini Indonesia Indah

Walaupun sudah tiga kali ke Smesco, pada kunjungan kali ini saya baru tau lho kalau di Smesco ada paviliun provinsi. Paviliun ini menampilkan produk-produk UKM hasil binaan Smesco di tiap provinsi di Indonesia. Biasanya tiap provinsi mendisplay kain khas seperti batik dan tenun. Makanan khas tiap daerah yang seringkali susah kita dapatkan kalau bukan nitip teman yang sedang ke sana untuk dibawakan oleh-oleh pun ada di sini!
Saya kegirangan sewaktu melihat kopi AAA di Paviliun Provinsi Jambi. Dulu gampang banget dapetin kopi ini ketika tinggal di Padang. Tapi sejak di Jakarta baru sekali lihat di Smesco. Teman-teman saya di Jakarta yang pernah bilang kangen kopi ini langsung saya kasih tau. 

Tentu saja saya mampir dong ke Paviliun Provinsi Sumatera Barat dan Riau. Dua provinsi yang paling sering saya kunjungi. Duh, jadi kangen Bukittinggi karena Paviliun Provinsi Sumbar mendisplay jam gadang dan aneka sulam Bukittinggi. Berasa kembali ke daerah Kubang Putih, di mana sebagian besar produsen kain dan pakaian khas Bukittinggi tinggal. 
Ada juga Tenun Pandai Sikek, fotonya persis banget sama Rumah Tenun Pandai Sikek yang pernah saya datangi ketika tinggal di Bukittinggi. Mukena Bukittinggi yang khas juga ada. Saya sudah mengincar beberapa mukena jika nanti keluarga saya ada yang minta dibelikan lagi. Mereka pada suka. Udah nggak perlu ngeribetin teman yang di Bukittinggi lagi deh kalau ada teman atau sodara yang minta dibeliin. 

Di Provinsi Riau saya menemukan Lempuk Durian yang sudah lama tak saya jumpai juga. Very nostalgic! Melepas rindu sama tempat-tempat yang paling sering saya kunjungi 5 tahun lalu. Sumbar, Riau dan Jambi. :')

Dari paviliun Provinsi Sulawesi Utara, saya nemu sambal roa! Dulu saya pernah diberikan jilbab dari Gorontalo dengan bordir khasnya. Karena udah lama, entah ke mana tuh jilbab. Nah, kemarin di Paviliun Provinsi Gorontalo dijual jilbab dan bahkan baju dengan bordir serupa. 
Dijamin bingung pengen beli makanan atau kain khas daerah pas keliling-keliling paviliun. Mana harganya beda tipis atau bahkan sama dengan harga di provinsi asalnya lho. Duh, ati-ati bisa kalap kalau belanja ke sini. Tas rotannya juga lucu-lucu.

Pegawai yang jagain paviliun tiap provinsi udah dibekali info tentang masing-masing provinsi tempat mereka bekerja. Jadi ngobrol sama mereka asik banget. Dapat banyak info atau seru-seruan matchingin tempat kesukaan di provinsi yang sama-sama pernah dikunjungi. Beberapa dari mereka ada yang sudah pernah diundang oleh pemprov asal paviliun provinsi yang mereka jagain.

Mudahnya Belanja Produk UKM di Smescotrade.com

Selepas keasikan menghabiskan waktu keliling paviliun provinsi, kami dibagi per kelompok untuk lomba belanja. Jadi semangat banget dong dikasih voucher terus disuruh belanja? Tapi syaratnya kita harus belanja produk yang ada di smescotrade.com. Jadi musti cek dulu di webnya.

Ternyata tampilan mobile smescotrade.com lumayan gampang dilihat. Saya dengan tim langsung bagi tugas, dua orang membuka web smescotrade.com supaya cepat dan satu orang mencatat kira-kira kami akan membeli apa saja. Tampilan mobile smescotrade.com cukup enteng. Meski sinyal agak kurang bersahabat, display produknya muncul juga. Cuma memang pengkategorian produknya masih kurang detail sih. 
Tim juara tercepat belanja :D
Kita langsung pilih berdasarkan harga termurah, karena lombanya nanti banyak-banyakan produk yang dibeli dengan voucher yang sudah diberikan. Kelompok kami nggak jadi juara satu gara-gara ada satu item yang ternyata nggak ada di situs e-commerce smescotrade.com (jadi ketahuan nih ada barang yang nggak kami cek dulu di smescotrade, haha). Tapi kami dapat predikat juara tercepat. Jadi masih dapat hadiah. Lumayaan. 

Harbolnas memang sudah lewat, tapi saya yakin teman-teman masih pengen tau ada produk apa aja di Smesco gara-gara lihat beberapa produk yang ada di postingan ini. Silakan lihat-lihat aja sampai puas barang yang kalian cari di smescotrade.com. 
Saya udah mengagendakan mau ke Smesco lagi buat beli aneka makanan khas lokal. Saya penasaran banget sama sirup Jeruk Kalamansi khas Bengkulu dan mau beli sambal roa! Sambal-sambal khas daerah lainnya ada juga lho. Tempat tinggal saya kebetulan dekat banget sama Smesco, tapi karena kadang mager, jadi tetep sih kalau ada yang urgent misalnya mau ngado teman dengan kain batik, saya kadang intip smescotrade.com dulu. Kalau nggak sempat ke Smesco yasudah belanja via e-commerce nya aja. 

Ada yang kangen makanan khas lokal atau kain khas provinsi tertentu yang pernah kalian kunjungi tapi waktu itu belum beli karena mungkin sedang minim budget atau over bawaan? Cuss langsung aja mampir ke e-commerce nya Smesco di smescotrade.com. Eh, yang suka kesel kalau dititipin oleh-oleh mulu kalau mau jalan-jalan ke luar Jawa mending suruh teman kalian beli sendiri di sini! Haha :)

Fashion Inspiration from Smesco

Kemarin itu saya paling kalap sama kain batik. Saya dapat kain Batik Madura yang banyakan motif putihnya, bakalan lucu banget kalau dibikin outer. Harganya cuma 116 ribu lho per kainnya. Ini termasuk yang paling murah karena banyakan polosnya. Kata Mbaknya yang jaga Paviliun Provinsi Jawa Timur, kain Batik Madura yang saya suka itu paling cepet ludes. Jadi kalau kalian suka langsung aja meluncur ke smescotrade.com deh dari pada nyesel. 
Jadi kepikiran buat koleksi batik-batik khas tiap provinsi. Ada dua pilihan nih, baju atau dress batik dan kain batik. Batik tulis dan cap-nya ada. Batik print-nya sangat affordable dan lucu-lucu. Baju batik biasa saya pakai ke kantor atau kalau bikin bajunya di penjahit langganan bisa dibuat sesuai selera supaya bisa dipakai buat jalan-jalan atau ke event casual. Kesannya keren gitu ya tampil fashionable dengan batik. Sambil ikut mendukung warisan budaya lokal dan mendukung keberlangsungan bisnis UKM. :)

Kalau mau belanja di Smescotrade.com, saya punya video tutorial belanjanya nih. Videonya dibuat oleh Mas Dani dan saya. Please take a look!
Longer youtube video on my channel: https://www.youtube.com/watch?v=E3HC5XOjtqM&t=173s

10 comments:

  1. huaa aku suka batik yang putih ituuu

    btw ada Lombok gak disitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaaan, makanya aku langsung pilih itu. Hehehhee. Ada Lombok Ir, maap ga diupload poto provinsimu :p

      Delete
  2. itu kripik pak joni kayaknya ngga ada di super/mini market ya? Aku doyan yg kayak gitu2 tap kalau musti beli ke smesco rada sulit hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di smescotrade.com aja Mbaa tinggal klik2 doang :D

      Delete
  3. Kmrn aku ada temen dari belanda datang ke jakarta, gw ajak ke smesco dan seneng banget karena semua produk indonesia lokal ada disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Om Cumi kecee, cucok jadi duta smesco. :D

      Delete
  4. Replies
    1. Iya bisa belanja online di smescotrade.com aja kalau ga sempat ke Pancoran :D

      Delete
  5. Aku penasaran menjelajah smesco kaaak.. pankapan ke sana yuk kaaak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuklah, deket ini dari tempatku, hehe :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Powered by Blogger.