Aidijuma x World Hijab Day, Empower Each Other with Hijab

18:25

Assalamualaikum. Tanggal 1 Februari merupakan peringatan World Hijab Day. Sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia, tentunya kita harus ikut memperingati dong. Nah, kebetulan di Jakarta ada event peringatan World Hijab Day yang disponsori oleh Aidijuma, salah satu brand hijab dari Malaysia yang sering bangat saya lihat bawal scarfnya dipakai sama para muslim fashion blogger. Eventnya diselenggarakan tanggal 19 Februari, barengan sama di Turki dan Brunei lho. Selain di ketiga negara tersebut, Aidijuma x World Hijab Day ini juga sudah diselenggarakan di UK dan ditutup di Malaysia sebagai tuan rumahnya Aidijuma. Penyelenggara event di Indonesia adalah Thinkfashion. 
Tujuan diperingatinya World Hijab Day ini untuk mensupport saudari sesama muslim yang telah berhijab dan mendapatkan perlakuan yang berbeda karena hijabnya. Selain itu event ini juga bertujuan untuk merangkul dan mendukung muslimah yang baru akan berhijab. Makanya saya tertarik banget untuk ikutan event ini. 

Apalagi saat acara kita bakalan seragaman pakai scarf dari Aidijuma, seneng deh bisa ikutan campaign empowerment ini. Scarf khusus Aidijuma yang kami pakai seragaman ini cuma ada 100 di Indonesia, dan nggak dijual. Sebenarnya Datin Norjuma memproduksi 10.000 scarf sih, tapi dibagi-bagi ke 5 negara plus buat charity #SpreadLove selama Februari ini. Saya tuh seneng banget kalau umat muslim bikin campaign empowerment yang positif begini. Adhem rasanya. 
bareng teman-teman hijab blogger :)
Event Aidijuma x World Hijab Day di Indonesia diadakan di Bebop Food Studio Tebet yang deket banget sama Taman Honda yang banyak pohon. Venuenya di lantai atas dengan ruangan semi terbuka bikin nggak bosen selama acara. Apalagi temanya "casual hangout" ya. Jadi rasanya kayak lagi pergi makan siang sambil ngobrol-ngobrol aja gitu.
Acara utama dari rangkaian event Aidijuma x World Hijab Day adalah talkshow dengan influencer muda Shirin Al Athrus dan Darin Al Athrus yang emang udah terkenal banget sejak beberapa tahun lalu. Saya ngikutin dari jaman mereka masih SD kayaknya deh. Sejak 2012. Haha udah lama ya. Selain itu ada juga Nesa Aqila yang merupakan Putri Muslimah 2015.

Sharing dikit tentang Shirin dan Darin ya, saya salut sama mereka karena mereka udah pakai jilbab sejak kecil. Atas kemauan mereka sendiri lho. Style berjilbab mereka kelihatan simple dan chic tapi asik gitu. Saya yakin deh banyak anak muda yang jadi ikutan berhijab dan istiqomah pakai hijabnya setelah lihat Shirin dan Darin.  
Talkshow seru: Nesa-Shirin-Darin | Photo by BloggerCrony
Shirin dan Darin sendiri sewaktu talkshow cerita kalau mereka nunjukin hijab itu nggak bikin mereka terbatas dan nggak ribet. Sejak menyadari mereka mendapat perhatian lebih dengan banyaknya followers di sosial media, mereka terus menebarkan hal-hal positif dan keseruan berhijab. Bahkan Darin suka basket dan dia bisa main basket meski berhijab. Shirin yang suka banget fashion experiment dengan mix and match aneka outfit selalu mengakali pakaian yang kurang cocok dipakai hijabi supaya wearable dan modest untuk dipadukan dengan hijab yang ia kenakan.

Kendala jadi influencer di usia muda pastinya tentang memilah mana yang boleh dishare dan mana yang nggak baik diunggah di sosmed kan ya. Hal ini sebenarnya diterapkan juga oleh kita-kita yang udah dewasa. Makanya sewaktu ada blogger yang nanya ke Shirin tentang hal tersebut, Shirin bilang dia nggak share saat dia merasa negatif atau emosi. Dia akan keep itu, supaya nggak ada yang ikut-ikutan atau terpengaruh hal negatif darinya. Mereka maunya berbagi hal-hal yang positif aja.
Photo by BloggerCrony
Lain lagi cerita Nesa. Puteri Muslimah 2015 ini cerita kalau dia emang suka banget beauty pageant dan modelling. Ketika akhirnya memutuskan untuk berhijab, Nesa khawatir mimpinya tersebut nggak bakalan terwujud. Ternyata cuma beberapa waktu sejak Nesa bimbang itu, kemudian ada event pemilihan Puteri Muslimah. Nah, dia langsung daftar tuh di tahun kedua event tersebut. Nggak tanggung-tanggung ya, Nesa langsung jadi juaranya. Jadi, Nesa udah membuktikan bahwa hijab ini nggak jadi penghalang buat dia meraih mimpinya.
Hijab Tutorial by Nesa | Photo by BloggerCrony
Acara ini makin seru ketika tiba waktunya hijab tutorial dari Nesa dengan menggunakan scarf dari Aidijuma. Bahannya yang lembut tapi nggak gampang kusut bikin gampang banget dimodifikasi. Bisa dipakai dengan berbagai cara sesuai selera layaknya makan mie. Haha. Nesa memulai tutorial dengan memakaikan hijab seperti yang dikenakan Datin Norjuma di poster event ini.

Kakak-Kakak blogger makin heboh sewaktu ada kompetisi pakai scarf Aidijuma. Nggak cuma yang ikutan, penonton juga ikut tegang dong lihat para peserta buru-buru pakai hijab tanpa kaca. Seseruan ini ditutup dengan pengumuman tweet dan post IG terbaik. Congrats teman-teman yang dapat hadiah! :D
Sa ndak kelihatan :'( | Photo by BloggerCrony
Ternyata meski narasumber talkshownya muda-muda, semangat dan kisahnya benar-benar inspiratif ya. Saya berharap event seperti Aidijuma x World Hijab Day akan terus ada dan menjangkau para muslimah muda yang memang butuh banget untuk selalu disupport. Shirin sendiri juga cerita kalau reminder tentang berhijab ini penting banget untuk teman-teman seusianya. 
Do Good, Be Good! :D
Dari event ini saya jadi semakin bersyukur saya bisa berhijab dengan bebas di Indonesia. Saya bisa sekolah dan bekerja dengan hijab. Demikian pula saya bersyukur karena saya memakai hijabnya bukan dipaksa karena kewajiban. Semoga umat muslim terus menebar kedamaian dan kebaikan dengan hal positif ya. Saya sedih sekali jika ada saudara kita yang menjadi korban kerusuhan atau perang. Makin sedih lagi kalau ada yang jadi pelaku kekerasan. Mari kita tebarkan semangat positif dan campaign terus bahwa Islam itu damai. Ditunggu kegiatan menyenangkan lainnya dari Aidijuma, World Hijab Day, Thinkfashion, dan tentunya Blogger Crony. Semoga saya bisa bergabung di acara lainnya yang juga menebarkan empowerment. :D

You Might Also Like

10 komentar

  1. Replies
    1. Wahahaha Mamaci Kaka Aie yang cantiq :*

      Delete
  2. Semoga bisa ikutan di acara yang empowering gini yaa, jadi ikutan semangatnya. Dan bener alhamdulillah di Indonesia masih bebas untuk berhijab, tanpa ada aturan yang mendiskriminasi muslimah berhijab. *serius* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh Mba Lisna jangan serius, aku aja yang serius. haha. Semoga ada event empowerment lainnya ya Kak :D

      Delete
  3. seger gitu ya motif hijabnya, playful

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ungunya bikin makin unyu :D

      Delete
  4. naksir sama aidijuma scarf 😍😍😍

    semoga taun depan bisa ikutan eventnya ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, aku suka aksen warna ungu di salah satu pojokan scarfnya Mba ;)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram