IFW 2017 YOUNIVERSE

14:15

Assalamaualaikum. Masih ingat kan ya IFW 2017 kemarin? Saya pengen mengulas tentang rangkaian pagelaran busana yang diselenggarakan Wardah: Youniverse, Celebration of Colors. Adapun designer yang tergabung di dalamnya adalah Dian Pelangi, Barli Asmara, Ria Miranda, Zaskia Sungkar, Mel Ahyar, Norma Hauri, Kursien Karzai dan Malik Moestaram. Semuanya merupakan designer dengan karya yang memiliki ciri yang kuat. 
Ketika mendapat undangan dari Mba Via (Wardah Cosmetics), saya segera mengiyakan dong setelah melihat 8 nama designer yang akan tampil. IFW tahun ini saya sengaja hanya datang di show dari Wardah ini saja. Soalnya biasanya temanya unik-unik gitu. 

Sempat ada kejadian kurang mengenakkan sebelum show. Saya yang mendapat invitation diminta ke atas karena di bawah sudah penuh. Ketika saya menunjukkan undangan tersebut, pihak penyelenggara bilang kalau undangannya sama. Ada beberapa teman yang dapat undangan tapi ikutan ke tribun juga seperti saya. Belakangan ketika show hendak dimilai, ketahuanlah banyak yang duduk di kursi undangan padahal mereka bukan yang berhak. Rasanya tentu kesal ya. Soalnya saya bawa kamera dengan lensa kit, bukan lensa yang bisa mengambil gambar dan video dari jarak jauh. Semoga nggak ada lagi kejadian seperti ini di IFW tahun depan. Secara keseluruhan IFW tahun ini sepertinya sudah lebih baik dari tahun lalu. Cuma acara di mini stagenya sepertinya kurang publikasi.
Mari kembali ke show Youniverse. Ketika lampu di panggung catwalk dinyalakan, tiba-tiba ada penyanyi pria dengan suara merdu muncul. Ternyata Vidi Aldiano. Suaranya jernih bener. Padahal live lho. Kemunculan Vidi kemudian disusul oleh para model yang membawakan karya para designer. Nggak semua sih, cuma sampling saja beberapa. 

Saya dan teman-teman sempat ngobrol dan mengira fashion show ini akan disajikan seperti Victoria Secret, model berjalan dengan iringan musik dan nyanyian life dari penyanyi terkemuka. Ternyata kami salah mengira. Ketika Vidi menghilang ke belakang layar, para model keluar berurutan membawakan rancangan Ria Miranda sebagai pembuka. 
Ria Miranda mengusung koleksi Spring Summer yang cukup santai pada show Youniverse. Koleksi yang ditampilkan adalah Prncipia yang terinspirasi dari buku Isaac Newton, Philoshopiae Naturalis dan Principia Mathematica, dan dari obrolan Uni Ria dengan Pak Sunaryo tentang keseimbangan dengan sekitar, yakni orang-orang terdekat dan alam. Kebanyakan koleksinya mengandung unsur warna earth tone, sehingga tidak terlalu pastel. Muse Uni Ria pada show kali ini adalah Tatjana Saphira. Koreo shownya casual banget, bahkan modelnya ada yang sambil selfi dan telpon gitu.
Berikutnya Norma Hauri menampilkan koleksinya yang ready to wear. Tapi tetep elegan banget dan cocok dipakai ke event formal. Koleksi Integrated dari Norma Hauri ditampilkan dengan make up look brave dari Wardah.
Pata Runa dari HAPPA by Mel Ahyar membuat suasana kembali santai dengan musik pengiring suara anak-anak sedang tertawa. Design pakaian yang ditampilkan juga playful dengan warna cerah yang dipadu dengan motif kotak kotak wana hitam putih dan merah putih. Perpaduan yang kurang lazim ini ternyata bagus juga. Motif lain yang banyak ditampilkan pada koleksi Mel Ahyar dalam Youniverse adalah aneka motif etnik yang juga berwarna warni. Make up look yang diterapkan adalah Genuine. 
Panggung menjadi gelap lalu gemerlap cahaya biru bermunculan. Kalian harus nonton video youtube saya supaya bisa merasakan misteri dalam keanggunan yang elegan pada pembukaan show Flor de La Vida by Malik Moestaram lengkap dengan koreografi apik yang dibawakan oleh para model. Koleksi yang ditampilkan bagus-bagus semua, saya yakin semua wanita nggak ada yang nolak kalau ditawarin salah satu dari koleksi yang ditampilkan. Tapi sayangnya siapa yang mau nawarin? Hihi. Raline Shah menjadi muse koleksi Malik Moestaram dalam Youniverse by Wardah. Make up look untuk koleksi ini adalah Faithful.

Vidi Aldiano kembali ke panggung menyanyikan beberapa lagu. Ternyata ada hiburan semacam ini bermanfaat banget buat kami-kami yang ngefoto dan ngerekam show terus-terusan. Jadi sarana relaks sejenak menikmati musik dan alunan lagu dari suara emas Vidi.
Dian Pelangi melanjutkan show dengan karya-karya baurunya yang cukup segar dan berbeda. Temanya adalah Originality is a by Product of Sincerity dengan make up look Genuine. Hmm, jadi pengen tahu karya DP berikutnya akan seperti apa. Ini motifnya nggak biasa. Para model membawa dedaunan berwarna hijau, semakin menyegarkan rangkaian show Youniverse.
Outfit kembar antara ibu muda yang cantik dengan seorang gadis kecil yang lucu berhasil menarik teriakan kagum dam tepuk tangan para penonton show Youniverse malam itu. Zaskia Sungkar mengejutkan kami dengan koleksi matchy matchy antara ibu dan anak. Nuansa warna yang disajikan hampir semuanya hitam dan putih, tone yang selalu membawa kesan elegan. Beberapa dress yang ditampilkan mengandung unsur metalic, cocok dengan nama koleksinya: KILAU. Make up look yang digunakan pada koleksi ini adalah brave.
Berikutnya Kursien Karzai menyajikan gaun-gaun elegan dengan diiringi musik orkestra. Saya merasa dibawa ke Eropa tempo dulu. Ternyata dugaan saya benar, koleksi ini mengangkat tema The Glory of Victorian. Saya suka dress-dress era Victorian karena selalu graceful. Make up look Serene membuat tampilan ala Lady Victorian ini semakin elegan. 
Barli Asmara menutup show ini dengan koleksi gaun-gaun haute couture pada koleksi Balck Orchid Verfor. Warna yang digunakan hanya hitam putih dengan make up look faithful. Parade peragaan busana ini ditutup dengan elegan.

Koreografi pada peragaan tiap designer berbeda-beda sehingga saya tak merasa bosan. Tiap designer menampilkan make up look terbaru dari Wardah, yaitu Genuine, Faithful, Brave, dan Serene menyesuaikan dengan karakter design yang ditampilkan.
Maliq! :D
Sudah puas dimanjakan dengan koleksi apik para designer tau-tau ada Maliq and D'essentials! Wah sudah berapa lama ya nggak lihat Maliq? Rasanya sudah lama sekali. Koreografi Maliq juga asik sekali. Lalu mereka duet dengan Vidi dan semua model muncul ke panggung. Jadi seolah mood kami dibuat berubah ubah dari santai ke serius kemudian ke santai lagi. Para model dan designer kemudian menjadi satu di atas panggung. Puas sekali rasanya bisa menyaksikan Youniverse. Thankyou so much Wardah! :D

What I Wear

Saya datang dengan teman-teman IHB, jadi kami sepakat untuk mengenakan dresscode menyesuaikan palet warna yang ada di undangan. Pink, putih, dan coklat. Akhirnya saya memilih mengenakan kemeja putih, outer coklat, dan jilbab pink. Untuk celananya saya memilih mengenakan celana flanel abu-abu dengan garis tartan tipis dari Restu Anggraini. Ini celananya nyaman banget. Seperti biasa, padu padan outfit yang saya kenakan adalah preppy chic, preppy look yang tak terlalu kaku.
Preppy Chic
Teman-Teman IHB

IFW 2017 Blogger Horeey Plus Plus

You Might Also Like

18 komentar

  1. Hahhaha blogger horeey plus plus, macam pijat etapi ga boleh ya plus plus kalo pijat mah XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa kalau plus plusnya menipedi :D

      Delete
  2. aku merinding pas nonton video Flor de La Vida by Malik Moestaram, baguss banget ya x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ingga, aku juga merinding pas liatnya. Koleksinya bagus, koreonya oke, dramatis :D

      Delete
  3. Huah...aku masih bete hahaha, gegara di atas dan orang di depan plus samping gie annoying banget >,< Suka banget sama Kursien Karzai *mudah2an ada yang beliin* GONG nya mah pas maliq "Maukah kau tuk...menjadi pilihanku...." nyanyi sambil monyong2 hahaha ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hempaskan saja kebetanmu Kaka. Ehm ada yang beliin (?)

      Delete
  4. wow, keren-keren fashion yang ditampilkan di sana, mbak. desainer indonesia tak kalah kreatifnya dengan perancang luar ya. show-nya pun menarik dan futuristik kalau saya bilang, soalnya catwalk-nya ada tangga-tangganya, tidak datar seperti biasa. tapi jangan-jangan show sekarang sudah seperti itu semua, ya, haha.
    saya baru tahu kalau ada tema-tema make up juga, mengikuti tema pakaian yang dipamerkan. tapi saya belum paham muse itu apa, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gara kadang-kadang ada fashion show yang seru begini. Nah brand make up sering ikut support fashion show jadi kadang ada temanya macem-macem gitu, hihi. Kalau muse, itu semacam sumber inspirasi buat designernya. Icon mereka pada koleksi itu, kurang lebih gitu deh penjelasan simpelnya, hehe :p

      Delete
  5. untunglah IFW kemarin ngadain live di IG pas fashion show, jadi lumayan bisa nonton juga hahaha... kolaborasi Wardah ini selalu penuh kejutan ya Nia. Duuh keren-keren banget semuanyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inovasi baru yang bermanfaat banget ya Mba IG live buat event fashion. Iya nih Mba idenya fresh dan menghibur ;D

      Delete
  6. Foto nia itu dapat dari depan ya bagus2, aku tampak samping semuaaaa, hahaha. Tapi Mas Malik oh rancangannya menghipnotiiissss. Udaaaa belikanlah satu, aku rela puasa beli olshop-an deh udaaaa, hahaha.. *ngarep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Uda Mba Lisna pasti bisa ga belanja online, tapi nggatau ya belanja ke Kokas or Thamcit, huhahhaa :p

      Delete
  7. wiww.. skip banget nih sama perhelatan fashion show ini huhuhuhu lucky you Nia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Put, lumayan nonton 1 show aja tapi dapatnya yang kece langsung, hihi. Puput kalau malam gini mah mending sama baby Zayd aja :D

      Delete
  8. Foto-fotonya selalu bagus deh mba Nia... Naksir bgt sama Flor de La Vida, kayaknya semua cewek bakal naksir sih ya lihat yg ini. Detailingnya kece abis. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya detailnya bagus banget yaa. Makasih Retnoo, ini sedih banget deh hasil crop2an foto dari jauh nh foto yang kupajang :D

      Delete
  9. subhanallah .... luar biasaaa
    nikmat mana yang dapat engkau dustakan ....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram