Puasa Makin Lancar dengan Larutan Cap Kaki Tiga

05:31

Assalamualaikum. Lebaran sebentar lagi, sedih banget ramadhan berlalu dengan cepat. Rasanya saya belum optimal ibadahnya. Teman-teman gimana nih puasanya? Masih lancar kan? Saya mau sharing tentang puasa lagi nih. Masih ada hubungannya sama postingan saya yang judulnya Sharing Tentang Puasa Saat Hamil, tapi kali ini spesifik tentang puasa secara umum.

Kendala Selama Puasa

Biasanya karena puasa, sore menjelang waktu berbuka jadi kalap bikin-bikin atau beli jajanan. Gorengan, kolak, atau es buah udah pasti jadi jajanan favorit. Makanan berminyak, bersantan, dan dingin rawan bikin sakit tenggorokan atau panas dalam ya kan.

Belum lagi kalau kurang makan sayur dan buah, bisa-bisa kita jadi nggak lancar buang air besarnya. Ini bahaya apalagi buat yang sedang hamil seperti saya, bisa memicu hemoroid. Duh serem.
Kalau teman kantor saya lain lagi ceritanya, dia selalu buka pakai gorengan dan cabe. Jadinya kena sariawan deh. Ada lagi yang kena flu, batuk pilek gara-gara kalau buka minum es terus. Gangguannya seputar kesehatan yang biasanya bukan sakit berat, tapi mengganggu. Ada juga sih yang kebanyakan asupan makanan manis kemudian jadi rawan kena diabetes atau kolesterol. Duh sedih jadi harus pantang makanan. Kalau teman-teman kendalanya apa?
Ternyata kendala-kendala yang tertangkap saya ini semuanya disebabkan oleh asupan makanan yang kurang sehat ya. Mantang makan sesuatu emang susah. Karena merasa sudah menahan diri seharian, jadi beberapa orang cenderung kalap ketika berbuka. 

Solusi Supaya Tetap Sehat Selama Puasa

Jaga asupan nutrisi tentu jadi faktor utama yang harus dipegang. Nggak cuma yang hamil ya, yang sedang dalam kondisi normal dan sehat-sehat aja juga perlu untuk memperhatikan asupan makanan. Sunah berbuka dengan kurma memang sangat bagus untuk mengembalikan gula darah dan memenuhi kebutuhan serat. Abis itu minum air putih minimal segelas untuk menhidrasi tubuh. Nah silakan deh kalau mau menikmati kudapan favorit seperti gorengan, kolak, atau es buah. Kalau lagi rajin saya juga makan buah potong.

Sehabis sholat magrib bisa menyantap kudapan besarnya. Ini juga godaan banget deh pilihan menunya. Masakan Padang, kari, atau sop iga gitu rasanya menggoda dan enak banget. Kalau kebanyakan makan yang bersantan bahaya juga sih, apalagi yang banyak minyak dan gajihnya. Waduh, bisa bikin tenggorokan nggak enak. Dan bisa memicu panas dalam. Kalau pencernaan makanannya nggak lancar juga bisa memicu sariawan.
Makanya saya coba penuhi kebutuhan mineral dengan minum Cap Kaki Tiga sehabis makan tiap sahur dan buka. Normalnya 200ml sih. Tapi kadang saya nyetoknya Cap Kaki Tiga kemasan 500ml. Ini bisa saya minum dua kali saat sahur dan berbuka.

Larutan Cap Kaki Tiga aman karena kandungannya untuk botol 500 ml itu hanya gypsum fibrosium (450mg), Calcitum (225mg), dan air hingga 500 ml. Sudah ada nomor POM dan tentu saja sudah ada sertifikasi halal MUI dan logo halal MUI sudah terpampang di setiap kemasannya ya.
Nah, untuk yang hamil seperti saya, jangan lupa tetap penuhi kebutuhan air putih dengan minum air putih yang banyak untuk menghidrasi kebutuhan cairan supaya kita dan baby dalam kandungan insyaAllah sehat. Untuk orang dewasa dalam kondisi normal atau panas dalam dan sariawan bisa minum Larutan Cap Kaki Tiga lebih bebas karena pada dasarnya manfaatnya adalah untuk memenuhi kebutuhan mineral.

Oiya Cap Kaki Tiga punya produk untuk anak-anak juga lho dengan rasa buah-buahan dan kemasan yang lucu. Saya malah suka sih karena ada rasa manisnya, hehe. Ada rasa jeruk, strawberry, jambu dan lainnya. Enak-enak sih, anak-anak pasti suka apalagi kalau diminum dalam kondisi dingin setelah disimpan di kulkas. 
Dampak yang paling lumayan sih bibir pecah-pecah yang saya dan suami alami jadi berangsur hilang karena lebih terhidrasi. Selain itu alhamdulillah saya jadinya belum pernah kena panas dalam dan sariawan selama puasa ini. Ke belakang juga jadi lancar tiap hari, makanya mungkin jadi nggak ada gangguan panas dalam dan sariawan tadi kali ya, hehe.

Jangan lupa sempatkan olahraga ringan, minimal jalan kaki selama bulan puasa. Apalagi yang lagi hamil, harus banget memberdayakan diri kalau kehamilannya sehat. Banyakin jalan kaki atau yoga malam hari biar tetap fit menyambut hari perkiraan lahir. 

Kebiasaan ini kayaknya bakal dilanjutin sampai lebaran nanti. Udah pasti di rumah ortu saya ada opor atau lontong sayur yang bersantan. Kalau bosan makan di rumah kami biasanya jajan bakso. Panas semua makanannya. Haha. Mana lagi nggak di rumah sendiri, asupan sayuran hijau dan buah jadi kurang terkontrol deh nanti.

Alhamdulillah ya di penghujung ramadhan ini sehat dan bisa puasa terus. Di 10 hari pertama saya sempet bolong beberapa hari sih, hihi. Sekarang nggak takut puasa tiap hari karena lebih terhidrasi. Kalau teman-teman tertarik bisa cobain beli Cap Kaki Tiga di minimarket, supermarket atau bahkan warung terdekat ya. Jaga terus asupan nutrisi dan mineral supaya tetap sehat sampai lebaran nanti. :D

Mau baca review tentang Cap Kaki Tiga lainnya? Silakan cek review teman-teman saya berikut ini:
Mba Sandra Nova: Cap Kaki Tiga Cegah Panas Dalam Saat Puasa untuk Ibu Menyusui
Mba Lisna Dwi: Panas Dalam, Musuh Saat Berpuasa Dari Masa Ke Masa
Mba Andiyani: Puasa Bebas Panas Dalam dengan Cap Kaki Tiga

You Might Also Like

36 komentar

  1. Mangganya seger amatan. Salah focus aku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya enak banget ituh, apalagi yg di dalem es buah :p

      Delete
  2. gorengan dan panas dalam memang menjadi teman yang lekat.. apalagi kondisi badan yang tidak terlalu fit.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi menggoda banget ya kalau abis puasa, hihi

      Delete
  3. Assalamu'alaikum Nia, bumiiil sehat2 yaaa.. Btw kok sama ya dengan suamiku yang kalau makan gorengan kudu disediain kecap plus irisan bawang dan cabe kayak gitu.. gorengan jadi lebih endeus dan jadi makan lebih banyak tapi gak khawatir karena udah punya stock Cap Kaki Tiga di rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Bundo. Amin. Sehat2 juga utk Bundo.Itu khas jawa tengah kayaknya Bundo, serasa makan mendoan bumbu kecap cabe gitu, hahaa. Ngangenin. Alhamdulillah udah nyetok sekardus nih pasti :D

      Delete
  4. Bumiill kudu banyak minum yaaa hihi.. Ud paling bener emang pilihannya cap kaki tiga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Put, mayan buat menghidrasi :D

      Delete
  5. Berarti pas silaturrahim Lebaran harus siap cap kaki tiga di tas ya :D jaga2 habis makan opor dan kawan2nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya bahaya banget Mba nanti makan opor, rendang, ketupat sayur. Waduw :D

      Delete
  6. Sehat terus ya bumil , aku jg Alhamdulillah sariawan ga mampir padahal paling gampang kena kalau ga minum cap kaki tiga , sepertinya krn ter hidrasi dengan baik Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Amin, sehat-sehat juga untuk Mba Witha. Lumayan menambah asupan mineral banget nih Mba buatku :D

      Delete
  7. sehat - sehat ya bumiiilll. jd inget dulu pas hamil rafasya jg puasa. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu Yu keliatannya yang kuat puasa pas hamil nih. Amin amin, makasih :)

      Delete
  8. Bacanya jam 09.47 pagi dan bikin ngeces liat es buahnya. Simply liat cap kaki tiganya aja bikin aus sih, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha es buah dan cap kaki tiga bikin aus karna diminum untuk menghidrasi pas magrib ya Mba :)

      Delete
  9. Selamat menjalankan ibadah puasa, ibu Nia.
    Minuman larutan penyegar ini memang bermanfaat untuk mengatasi panas dalam yang timbul akibat banyak mengkonsumsi makanan gorengan dan pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget, pas puasa gorengan dan puasa emang menggoda banget :)

      Delete
  10. Senengnya bisa tetap berpuasa selama hamil. barakallah fiikum nia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba masih diberikan nikmat sehat pas puasa. Waiyyaki Mba Des :)

      Delete
  11. selama puasa emang harus didoping sama banyak cairan, pake cap kaki tiga udah paling bener banget, apalagi lg hamil.. Sehat2 ya bumil & debay :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi super mommy, sehat2 juga buat Mba Sand sekeluarga :*

      Delete
  12. Awal-awal puasa bibirku pecah kering semua. Untung ada ini jadi ada solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah alhamdulillah cucok ya Mba Dew :)

      Delete
  13. Aku kok gagal fokus sama es yang disamping gorengan yaa..

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es nya emang seger banget itu Dee, aku jadi sering banget bikin pas puasa kemarin :D

      Delete
  14. buka puaa tanpa gorengan dan es buah sungguh melewatkan kenikmatan yg haqiqi wk wk.
    btw ku juga suka cap kaki tigaa biar anti panas dalem club ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karna panas dalam itu ga enaa :p

      Delete
  15. Favorite aku banget deeh ini nia.. larutan cap kaki tiga oceeeh..

    ReplyDelete
  16. Bener banget mbak Nia, bibir pecah-pecah aku juga langsung terbaru dan cepat sembuh saat puasa kemarin karena rutin konsumsi Larutan Cap kaki Tiga. Alhamdulillah jadi lebih nyaman karena bebas panas dalam selama berpuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ga enak banget panas dalam pas puasa ya Mba. Enakan makan gorengan pake rawit sama es buah terus dicegah pake cap kaki tiga biar ga panas dalam :D

      Delete
  17. Memang wajib banget ya menyiapkan Cap Kaki Tiga ini. Ngga cuma pas bulan Ramadhan aja sih yaa.... Kalau aku sih selalu nyetok di kulkas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Memez, aku pun masih nyetok nih. Tapi emang ramadhan bikin lebih aware ya sama kesehatan jadi lebih rajin nyetok cap kaki tiga :D

      Delete
  18. Puasa kemarin emang lebih rentan panas dalam dan konstipasi. Apalagi pas batuk, huhuhu... Jadi makan gorengan berkurang kan *eaaa

    Cap Kaki Tiga udah jadi langganan dan punya stok di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha jadi gabisa makan gorengan ya pas batuk, haha :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram