Senam Hamil di RSIA Asih, Jakarta Selatan

12:03

Assalamualaikum. Selama hamil ini saya banyak banget mencari info-info terutama tiap mau makan di awal kehamilan. Mau makan apa saja buka google dulu apakah kira-kira boleh dikonsumsi. Tentang kandungan dalam kosmetik, skincare, dan body care juga saya heboh nyari. Tentang hal itu udah banyak banget informasinya di intenet ya, tinggal cari aja dan ambil yang sesuai dengan yang diyakini. Karena tentang makanan dan skincare tadi emang beneran balik ke keyakinan masing-masing orangnya. Nah, kalau tentang senam hamil ini sepertinya agak jarang yang sharing, atau sayanya aja yang kurang getol nyari. Sedangkan tentang prenatal yoga udah lumayan banyak infonya. Nah, supaya teman-teman yang baru pertama hamil dan minim pengalaman seperti saya nggak kebingungan, saya coba sharing tentang pengalaman senam di RSIA Asih yang ada di Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Saya tau ada senam hamil di RSIA Asih ketika cerita ke teman kantor saya yang lahiran di sana kalau saya pindah kontrol dan rencana lahiran di Asih. Terus dia ngasih tau supaya ikut senam hamil di Asih sekalian, biar kenal ama bidan-bidannya, gitu katanya. Saya tadinya bingung, emang kenapa ya kalau kenal bidannya. Tapi kemudian saya pikir akan sangat lebih nyaman kalau pas lahiran nanti misalnya ketemu bidan yang ngajar senam kan beliau jadi tau riwayat kita, kalau udah kenal pasti lebih saling percaya, hehe. Tapi bidan dan perawat di Asih emang super baik semua sih.

Saya mulai senam hamil pas usia kehamilannya udah 29 minggu. Menurut saya nggak masalah sih, malah jadi merasa pas banget dapat manfaatnya. 

Jadwal Senam Hamil di RSIA Asih

Pertama mau senam agak bingung dan ragu nyari jadwal. Singkat cerita saya dapat jadwal senam hamil di RSIA Asih dari akun twitter mereka. Ini saya upload di bawah paragraf ini ya. Masih sama persis kok jadwalnya.

Apakah Senam Hamil di RSIA Asih Perlu Booking Dulu?

Jawabannya: tidak perlu. Jadi kalau mau senam datang aja langsung jelang waktu yang tertera di jadwal. Ke pendaftaran yang ada di lobi utama RSIA Asih ya. Nanti di tempat pendaftaran kita bakalan ditanya nama, tanggal lahir, dan nomor telepon. Kemudian dikasih form pendaftaran yang nggak usah diisi, tinggal dibawa ke kasir aja. Setelah lunas dan dapat bukti bayar kita tinggal masuk ke ruang senam. Ada di dalam gitu, naik tangga persis sebelah pos perawat.

Tolong jangan datang telat karena ganggu konsentrasi kelas yang lagi asik senam, huhu. Tapi biasanya telat dikit dah penuh kuota sih. Saya pertama nyoba kelas Sabtu jam 10 itu penuh tapi ada yang masuk telat, jadi makin penuh. Kuota maksimal sekitar 9 atau 10 orang. Selain itu saya pernah coba yang Sabtu pagi jam 8, itu lebih cepet penuh dan kalau dah mulai biasanya yang datang telat disarankan ikut yang kloter berikutnya aja. 

Biaya dan Fasilitas Senam Hamil di RSIA Asih

Biayanya Rp 75ribu per kedatangan. Di ruangan senam udah disediain matras dengan sprei bersih, ini beneran kasur bukan matras yoga ya. Diaksih satu per ibu hamil. Ada bantalnya juga. Kasurnya dan spreinya bersih banget. Ruang senamnya juga bersih banget. Ada AC-nya tapi nanti dimatiin sih kalau udah senam.

Abis senam dapat secangkir susu ibu hamil rasa coklat yang masih hangat. Air mineral gelasan juga disediakan di sini. Kalau lagi ada produk sponsor suka dapat tambahan produk, saya pernah dapat jus jambu, hehe.

Senam Hamil Ngapain Aja?

Sebelum senam kita bakal diminta nimbang dan tensi, seperti mau kontrol kehamilan ya. Nah di sini saya sering keliatan tinggi tensi yang depannya yang misalnya 120/80 itu tinggi di 120nya. Jadi saya musti jelasin kalau saya sering kena masalah ini kalau pakai alat yang buat tensi yang elektronik. Tapi pas kontrol dan tensi di ruang obgyn nggak pernah masalah tuh normal terus kisaran 120. Hihii.

Karena saya sering datang mepet jadi saya sering dapat matras di posisi yang sisa aja. Kalau datang duluan bisa pilih tempat yang menurut buibu nyaman.

Saya nggak merasa rugi ngulang senam hamil lagi karena tiap datang ada ilmu baru meski ga banyak. Di kedatangan pertama banyak banget ilmu barunya. Misalnya tentang tiga jenis nafas yang kita perlu latih untuk digunakan saat melahirkan. Ada nafas perut, nafas dada, dan nafas cepat. Biasanya cuma denger, baca, atau nonton videonya aja. Di sini jadi praktek beneran.

Dijelasin juga tuh kapan tiap jenis nafas sebaiknya diaplikasikan. Tentang nafas ini saya masih kurang jelas gimana mraktekin nafas dada di keikutsertaan saya senam yang pertama. Di kedatangan berikutnya saya baru bisa praktek yang saya rasa lebih bener. Makanya saya sengaja usahain masih ikut senam hamil meski seminggu sekali atau dua minggu sekali. Soalnya saya merasa kurang optimal dan nggak ada yang ngawasin kalau praktek sendiri. Hehe. Kenapa kadang dua minggu sekali, karena saya ikut prenatal yoga juga, ini lebih bikin keringetan.

Gerakan senamnya nggak berat kok, nggak bakal bikin keringetan gobyos. Karena utamanya emang di latihan nafas, buka panggul, memperkuat otot-oto penunjang untuk melahirkan, dan beberapa gerakan kegel.

Hal penting banget yang saya dapat dari senam hamil di RSIA Asih tuh saya jadi nemu posisi tidur yang enak untuk kehamilan trimester tiga. Beneran bikin cepet tidur buat saya yang kadang susah tidur cepet. Selain itu posisi tidurnya juga bermanfaat banget buat yang sering sakit pinggang. 

Kalau ada yang posisi babynya masih di atas atau melintang, bakal dikasih waktu khusus diajarin posisi yang optimal untuk ngajakin baby muter. Diajarin beneran satu-satu sama bidannya. Nah kalau yang udah 36 minggu ke atas abis kelas bubar juga diajarin khusus sama Bu Bidan. Tapi saya belum tau ngapain aja karena udah kelaur duluan. Sebaiknya ajak suami kalau udah usia kehamilan segitu karena bakalan ditraining berdua tuh. Saya masih 32 minggu nih usia kehamilan di senam terakhir. Nanti kalau berkesempatan ikut yang 36 minggu ke atas, saya share di sini deh ngapain aja. Sepertinya latian nafas buat lahiran juga sih. Doakan dilancarkan dan dimudahkan ketika saatnya lahiran tiba ya teman-teman. 

Saya nggak share foto ruangan dan saat senam hamil ya, karena saya tidak mau melanggar privasi ibu-ibu lain yang mungkin bakalan masuk foto. Atau nanti kapan-kapan kalau saya datang cepat saya potoin sekenanya matrasnya atau ruangannya deh. Bersih dan nyaman semua kok. 

Jadi buat buibu yang masih ragu mau senam hamil dimana, bisa cobain di RSIA Asih ini karena sangat nyaman dan dapat semua gerakan. Badan jadi enak deh abis senam. Bukan pasien Asih juga bisa kok nyobain ikut senam di sini. Kalau udah trimester tiga sayang banget kalau nggak olahraga. Bisa sering sakit badannya. Buat yang pengen mengusahakan lahiran normal juga bisa jadi ikhtiar supaya badan kita lebih fit dan lebih siap ya insyaAllah.

Oiya di deket RSIA Asih banyak tempat makan enak. Haha. Favorit saya Ayam Goreng Berkah, bisa jalan kaki dari RS. Selain itu banyak banget tempat jajan dan makan di Melwai yang tinggal nyebrang doangdari RS. :D

Alamat RSIA ASIH:
Jalan Panglima Polim 1 No. 34, RT 1 RW 3, Kebayoran Baru, Melawai, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12760
Layanan Pelanggan: (021) 2700 610/09

You Might Also Like

14 komentar

  1. pas hamil kedua aku ga pernah senam hamil mba wkwkwk klo dulu rajin sampe ketiduran :p sehat2 y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow sampe ketiduran ya, enak banget dong. Amin makasih Mba, smg dilancarkeun juga ASI nya ya Mba :)

      Delete
  2. Aku mlh kekurangan info detil tentang makeup aman buat bumil khususnya foundation, dirimu ada saran ga? Apa blas ga pake? Pas hamil anak pertama diriku ga pke make up, tp kdg pnasaran make up foundation apa yg kiranya aman
    Samaaaa...ku juga paling deg degan klo ditensi soale pas hamil tm ke 3 anak pertama kmaren tensiku tinggi jeh duuuh uda takut knapa2 haha
    Trnyata setelah treatment makan pnurun tensi kyk buah normal lg

    Senam hamil dulu krbetulan aku nda disarankan cz placenta previa hiks,
    Penasaran juga sih gimana ngefek k badannya

    Itu murah jg y 75 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ada sisaan shiseido dapet free,aman sih tapi mahal. Yang beneran amal buat bumil setauku clinique. Tapi ya agak mahal juga. Aku ga punya referensi selain dua itu yg beneran kupake. Wkwkwk mon maap takut coba2. Kayaknya foundation relatif aman asal bukan yang whitening atau yang anti jerawat. Retinol itu yang bahaya kan.

      Kalau gitu aku banyakin makan buah ah. Eh buah apa yang paling ngefek normalin tensi? Semangka ama melon kali ya? :D

      Aku kurang tau senam hamil di tempat lain berapa tapi prenatal yoga lebih mahalan soale. Aku kemaren sempet plasenta posisi rendah gitu tapi pas ngalamin nanya dokter tetep boleh yoga untungnya. Dan alhamdulillah belum pernah flek dari dulu ampe sekarang.

      Senam hamil kalau bener bikin seger dan buat yang gampang pegel2 tuh ngurangin banget pegelnya :D

      Delete
  3. wuah aku anak pertama sempat nih rajin senam hamil dan setuju
    abis senam bisa tidur nyaman hahaha
    tapi pas anak kedua, senamnya ganti jadi jalan-jalan kemana2 ke mall tentuhnya hahah
    sehat2 terus ya Nia
    infonya bermanfaat banget ^,^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Qia kan masih punya baby ya pas hamil kedua, keren banget itu udah strong bangeet. Sekarang gede bareng gitu seru liatnya lucu, meski pasti Maknya capek dua kali lipat, hehe. Makasih doanya Kak, amiin. Sehat-sehat juga untuk Kakak sekeluarga ya :)

      Delete
  4. Wah, rajin senanm hamil. Saya gak pernah ikutan senam hamil. Tapi, memang dari dulu juga yang namanya olahraga suka agak malas hahaha. Semoga sehat selalu, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takut kurang ilmu Teh makanya senam hamil, biar nyimak bidannya bilang apa aja sama latian nafas, hehe :)

      Delete
  5. Wah bagus nih pake dicek timbangan & tensi dulu, waktu hamil Raya sempet ikutan senam hamil disalah satu RS ngga pake ginian & disatuin sama ibu2 yg udah sering senam, jadinya bengong doang karena ngga ngerti gerakan2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, ini ditanya dulu pertama kali ikut senam nggak. Kalau ada yang pertama, nanti dijelasin lebih detail, kalau semua pernah senam di situ baru ke level yang lebih expert :D

      Delete
  6. asyik nih bisa ikut senam hamil. Aku dulu jauh dari fasilitas ini. Jadi senam sendiri di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Mba rajin senam sendiri. Aku kalau sendiri gitu ga kelakon2, haha :p

      Delete
  7. mba niaaaa... sampe sekarang aku bingung nek senam hamil itu jadi kayak yoga atau ada gerakan stretching2 gitu mba? terus terus datengnya berdua suami apa sendirian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sendiri gapapa kok. Tapi kalau udah 37 minggu lebih, sebaiknya ajak suami kalau RSIA Asih ini bakal diajari kira-kira gimana ngadepin bukaan biar suami juga tau, hehe. Gerakannya lebih ringan dari yoga kok.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram