Menghadirkan Suasana Alami Seperti Vila dan Rumah yang Dijual di Bali

23:14


Assalamualaikum. Salam Sejahtera. Saya tuh penasaran, ada nggak sih yang kalau ke Bali sering suka gitu sama rumah-rumah di sana? Rumahnya biasanya asri, ada pohonnya. Kemudian desain eksterior dan interior rumahnya bagus. Saya pernah nginep di vila yang bikin naksir banget desain interiornya. Sebagian besar dari kayu. Kalau bangun rumah rasanya pengen pakai konsep alami seperti yang sering dilihat di iklan - iklan rumah dijual di Bali. Tamannya hijau, lingkungannya tenang, terus ada kesan hangat. Kebayang kan enaknya tinggal di rumah seperti itu sepulang kerja dari kota super hectic seperti Jakarta. Ideal dan idaman banget ya rasanya.


Kalau dicari garis besarnya, ada tiga hal utama yang bisa kita terapkan supaya punya rumah yang ada nuansa seperti di Bali tadi. Apa saja itu? Nanti bisa disimak ya. Kalau ada yang punya tips lain boleh banget ya ditambahkan via kolom komentar. Ps. Ini tipsnya yang nggak menguras kantong lho. 

Menanam Pohon Berdaun Lebat

Taman ala Bali biasanya menggunakan tanaman berdaun lebat sehingga ada kesan sejuk dan adem. Itulah mengapa bila kita melihat iklan rumah dijual di Bali kebanyakan akan langsung merasa 'hijau'. Kebanyakan dari kita juga mengasosiasikan rumah dijual di Bali pasti ditanami pohon kamboja.

Kalau merasa kurang sreg dengan pohon kamboja, bisa diganti dengan pohon palem, pohon pisang, atau philodendrons selloum. Tanaman tersebut bisa dicari di tukang jual tanaman di sekitar tempat tinggal dengan harga yang masuk akal. Tinggal disesuaikan dengan budget.

Mengganti Warna Cat

Warna yang digunakan kebanyakan rumah di Bali adalah 'earthy tone' sehingga menimbulkan kesan hangat dan kalem. Referensi warna nuansa earth tone yang bisa dipilih misalnya soft brown dan soft green. Ternyata selain bisa menghadirkan kesan alami atau natural, penggantian warna cat rumah juga bisa mempengaruhi kondisi otak serta perasaan atau mood kita dan keluarga.

Penggantian warna cat nggak harus diterapkan ke semua bagian dinding. Bisa lho dipilih di area yang mau diubah nuansa atau moodnya. Misalnya ruang keluarga alias living room, yang mana biasanya merupakan tempat keluarga paling sering berkumpul. Bisa juga ruang tidur atau kamar, karena misalnya pengen istirahat lebih nyaman selepas lelah bekerja seharian.

Tambahkan Aksesoris

Untuk mempercantik dekorasi dalam rumah, kita bisa membeli aksesoris atau printilan rumah dengan unsur alam, misalnya pohon atau daun imitasi. Rumah dan vila di Bali biasanya ada pajangan berbentuk binatang seperti patung. Kalau kurang cocok dengan pajangan berwujud makhluk hodup bisa hadirkan aneka pajangan dari kayu dengan konsep lain misalnya seperti yang ada di depan Museum Nasional. Sekarang banyak yang jual ya sepertinya aneka aksesoris untuk memperindah interior rumah. Pahatan juga bisa dijadikan pilihan. Biasanya aksesoris interior rumah di Bali menggunakan aksesoris yang ukurannya besar ya. Bisa dicontek kalau cocok.Supaya unsur alami dari kayu makin terasa di rumah.

Biasanya desain interior rumah di Bali menggnakan bahan kayu. Soalnya kalau bahan metal kan cenderung masuknya ke konsep desain interior yang futuristik atau skandinavian. Bisa coba cek iklan rumah dijual di Bali, biasanya foto-foto atau rumah contohnya menggunakan unsur yang bersentuhan dengan alam.

You Might Also Like

44 komentar

  1. Buaugussss bangeeett Mba
    Duh, moga2 aku segera ada rezeki utk renov rumah. aamiiinnn
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  2. ah bener, ganti cat warna itu pengaruhnya bisa besar banget... Yg lagi in sekarang warna apa ya selain soft brown atau soft green? Pastinya ada alternatif lain, gak hanya warna putih atau biru yang biasanya digunakan dalam rumah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ganti warna emang bisa ngganti vibes ya Mba. Kalau trend warna 2019 kayaknya soft green itu Mba. Tapi ga ngikutin trend gapapa sih, lebih ke disesuaikan dengan selera dan suasana yang mau dihadirkan kali ya :)

      Delete
  3. Saya nih lagi diskusi sama suami mau tanam pohon apa. Pengennya yang bikin halaman belakang adem. Enak kan rumah kalau suasananya adem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Mira, mungkin bisa coba tanaman buah Mba biar sekalian meneduhkan juga seru ada saat-saat panen kalau berbuah :)

      Delete
  4. Aku suka rumah2 di Bali itu karena bentuknya khas. Ada ukir2an gaya bali gitu.. trus biasanya ada pura kecil di samping rumah, ada pohon kamboja di depan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, mau nerapin naroh pohon kamboja di depan rumahkok kayak serem ya kalau di Jawa. Hehe. Mengingatkan pada kuburan :p

      Delete
  5. Aku suka suasana rumah yang simpel dan minimalis, supaya enggak repot mengurusnya hehehe, tapi memang suasana alami di sekitar rumah bikin lebih adem dan pastinya lebih sehat karena semakin banyak pohon maka udara menjadi lebih bersih dan segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba pohon bikin adem. Rumah minimalis juga sesuai selera aku banget :)

      Delete
  6. Setuju mba, mengganti warna cat putih atau kayu sekalian jadi natural. Lalu pakai aksen bebatuan dan pohon pohon, jadi asri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba bebatuan di taman kecil rumah bikin nambah adem ya kesannya :)

      Delete
  7. Aku suka rumah yang adem, ada aliran udara dan sinar matahari sehingga terang dan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok Mba, sama. Yang ceilingnya tinggi ya :D

      Delete
  8. Duh, pingin banget punya rumah dengan suasana bali, pasti betah banget ya, hohoho...

    ReplyDelete
  9. Saya juga pengen punya rumah yang adem, sejuk dan nyaman. Memang hal yang pertama harus ada tanaman yang berdaun lebat. Buar rumah terasa benar-benar sejuk. Dan selanjutnya cat, warna cat memang sangat mempengaruhi kondisi orang. Jadi perlu hati2 untuk menentukan warna catnya. Kalau aksesories, kalau saya ada tambahan uang lagi, beli aksesories yang sepadan. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aksesoris bisa disesuaikan warna cat ya Mba :)

      Delete
  10. Iya ya... Sebenarnya ada cara untuk bikin rumah jadi terasa hijau, sejuk dan asri. Gak harus beneran beli di Bali atau di dataran tinggi. Thanks tips-nya, Mbak

    ReplyDelete
  11. Taman ala Bali emang dengan tanaman rimbun, rumah lama dulu juga model tamannya taman Bali. Aku kasih juga kolam dan air mancur dengan patung angsa putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolam ikan dengan angsa putih, wah rumahnya udah sekece taman outdoor untuk umum tuh Mba :)

      Delete
  12. Fokus sama gambarnya...
    Rumah di Bali itu bagus2, nyaman, khas bgtlah pokoknya. Apalagi yang ada gapura dan pohon kambojanya, Bali banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba tapi kalau di Jawa pohon kamboja ngingetin sama kuburan nggak sih, hehe.

      Delete
  13. Sy setia sm cat warna putih atau krem putih buat rumah hehe tp walaupun cat putih klo udah cat ulang dgn warna putih lagi rasanya beda...krn lebh bersih kali ya sebelumnya dekil heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba meski putih kalau baru di retouch itu jadi kesannya baru gitu ya suasananya :)

      Delete
  14. Susana rumah yang adem, nyaman, segar dan ala-ala Bali gitu emang bikin pewe maksimal

    ReplyDelete
  15. Saya termasuk pengagum rumah-runah di Bali, rata-rata mirip vila dengan suasana sekitar yg asri,adem sejuk.

    Daaaan pengeen banget punya suasana rumah spt di Bali itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dihadirkan di rumah kita ternyata ya Mba dengan cara yang sederhana :)

      Delete
  16. Bagus bangeeeet. Wah, kalo ide bikin kolam mini dengan taman dalam rumh gitu aku pengen banget, tapi budget buat renovasinya yang belum ada. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolamnya bisa pakai semen bikin sendiri aja Mba biar hemat, hehe

      Delete
  17. Selalu suka lihat rumah-rumah di Bali. Jadi pengen punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dihadirkan suasananya di rumah sendiri ko Mba :)

      Delete
  18. Rumahku kurang adem, karena ga ada space buat taman. Padahal seneng kalau halamannya banyak pohon kayak rumah ala Bali. Cuma kalau pake pohon Kamboja aku rada gimana gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibikin tanaman sayur di pagar rumah pakai paralon itu kali ya Mba :)

      Delete
  19. Huhuhu Bali adalah tempat dengan sejuta rumah dengan keindahan dan keasrian lingkungannya
    Punya sepupi tinggal di Bali dan aku jadi seperti ga mau pulang ke Jawa kalau ke sana haha

    ReplyDelete
  20. Baguus, mba. Ih, aku punya teman di Bali rumahnya asri indah, dicat warna hijau bikin hati ayem lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicontek buat menghadirkan suasana serupa di rumah ya Mba :)

      Delete
  21. Aku langsung pingin nyebur ke kolam renangnya. Duh rumah idaman banget itu mba. Aku pun punya cita-cita memiliki rumah hunian yang nyaman dan bikin betah karena nuansanya yang asri dan tenang. Oya, bisa tambahkan aroma terapi juga supaya bikin relax

    ReplyDelete
  22. Pengen diterapkan di rumahku juga meskipun bukan di Bali. Nanam pohon berdaun lebat bisa bikin sejuk udaranya ya.

    ReplyDelete
  23. Ah paling cakep memang rumah dengan warna soft brown. Keceh abisssss.....

    ReplyDelete
  24. Aku ke bali kok ya nginep di hotel terus ngga pernah ke villa. Kayaknya yg rimbun2 banyakan di daerah ubud ya ni?! Rumahku pingin banget dibikin taman ala-ala gitu juga, tapi sering mati tanaman karena rumahku pinggir jalan banget, huhu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram