Sentuhan Cinta Johnson's Baby Untuk Tumbuh Kembang Bayi yang Optimal

15:44

Assalamualaikum. Saya udah pernah nulis tentang infant massage alias pijat bayi ini sewaktu masih hamil trimester tiga. Waktu itu saya belajar pijat bayi juga dengan Johnson's baby. Bersyukur banget deh saya dapat kesempatan belajar pijat bayi. Bermanfaat untuk masa newborn Kai. Saya jadi bisa memijat Kai sendiri. Pernah memanggil jasa pijat bayi dari bidan sekali juga sih. Kemudian pernah juga menggunakan jasa pijat bayi dari yang udah tersertifikasi, ternyata gerakannya sama lho dengan yang diajarin di event Sentuhan Cinta Johnson's Baby. Saya jadi lebih hemat karena bisa memijat sendiri.
Kalau teman-teman mau belajar tentang step by step pijat bayi bisa cek di laman Johnson's Baby berikut ini ya: Pijat Bayi untuk Tumbuh Kembang Bayi Optimal.

Selama tiga bulan setengah pertama usia Kai di dunia, saya bisa memijat Kai dua kali sehari setiap sebelum mandi atau setelah mandi. Oiya untuk memijat sebelum mandi bisa pakai baby oil ya. Karena kulit bayi masih sangat tipis dan rentan jadi mijatnya sebaiknya dibantu dengan baby oil yang nggak bikin kulit bayi iritasi. Saya pakai Johnson's Baby Oil, yang botolnya bening dan tutupnya pink. Kalau memijat Kai setelah mandi, cukup pakai lotionnya aja, yang warna pink.

Setelah saya kerja, Kai kan di daycare Senin-Jumat, jadi saya cuma mijat Kai di hari Sabtu dan Minggu saja. Mijat anak tuh ngangenin karena berasa banget bondingnya, saling tatap sambil ngajak ngobrol dan memijat.
Sejak Kai 6 bulan dan bisa merangkak, susah banget diajak pijat. Maunya gerak terus ke sana kemari. Kadang bisa ajak Kai pijat kalau dia agak ngantuk sehabis mandi. Hal inilah yang bikin saya langsung bilang IYA ketika diajak The Urban Mama untuk ikut kelas pijat bayi lagi. Saya suka sama rangkaian kegiatan Sentuhan Cinta karena selain dapat manfaat jadi bisa memijat bayi sendiri, juga sekalian ikut memantau kegiatan Sentuhan Cinta udah ke mana aja.

Jadi, Sentuhan Cinta merupakan komitmen Johnson's Baby untuk fokus pada perkembangan holistik anak dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup bayi dengan Sentuhan Cinta yang berwujud pijat bayi. Tapi pijat bayinya fokusnya untuk bayi sehat lho ya. Kalau bayinya ada indikasi khusus maka sebaiknya tetap harus ke dokter anak.
Sentuhan Cinta mendorong para ibu untuk mendukung perkembangan bayi pada periode emasnya. Tahun lalu, Sentuhan Cinta Johnson's Baby menggapai wilayah yang angka kematian ibu dan bayinya masih tinggi yakni di pelosok Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara. Lalu pada event kali ini saya mendapat info dan bisa melihat sendiri foto dan video kegiatan edukasi Sentuhan Cinta di Posyandu yang ada di Desa Randusongo yang berada di Gresik, Jawa Timur. Johnson's Baby bekerjasama dengan Habitat for Humanity untuk pembangunan posyandu tersebut. 
Seperti event Sentuhan Cinta sebelumnya, para peserta beneran praktek memijat bayi. Untuk yang sudah punya baby bisa memijat babynya. Kalau yang masih hamil dapat boneka untuk praktek memijat. Kalau ibu-ibu tapi nggak bawa anaknya seperti saya juga dikasih boneka.

Selain belajar dan praktek langsung tentang pijat bayi, kami juga seseruan dong di event ini. Bisa foto-foto dengan dekorasi gemas dari Johnson's, kemudian menyimak tentang Johnson's Baby dan perjalanan sentuhan cinta dari Ibu Devy Andrie Yheanne (C&PA Leader Johnson & Johnso nIndonesia). Kemudian mendapat tambahan info product knowledge tentang produk Johnson's Baby yang untuk newborn dari Mba Wynne Lukman selaku Brand Manager Johnson & Johnson Indonesia. Makanya jadi tahu kapan pakai baby oil dan kapan pakai baby lotion untuk pijat bayi.
Selain itu, kami juga mendapat edukasi tentang kesehatan kulit pada golden period pada bati dan anak dari dr. Bernie Endyani Medise SpA(K), MPH tentang pentingnya sentuhan stimulasi harian untuk tumbuh kembang bayi dengan pijat bayi. Bayi baru lahir itu sangat rentan, kulitnya belum berkembang sehingga rawan terjadi gangguan dan infeksi. Kemudian daya tahan tubuhnya juga masih lemah, sehingga mudah terserang penyakit. Selain itu pencernaannya juga masih belum, berkembang sehingga asupan nutrisinya harus tepat, diusahakan ASI.

Sejak baru dilahirkan, bayi belajar melalui panca inderanya setiap hari. Tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya, terutama bagi perkembangan kecerdasan, emosi, fisik, dan mental. Sehingga bayi baru lahir perlu stimulasi sehari0hari yang rutin dalam perawatannya.

Cara Terbaik Perawatan Bayi dan Anak

Pertama, kita harus memenuhi kebutuhan fisiknya yakni nutrisi dan stimulasi karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bayi belajar melalui panca inderanya sejak baru pertama lahir, bahkan sebenarnya sejak dalam kandungan. Selain itu orang tua harus memenuhi kebutuhan mental/emosional bayi dan anak dengan ikatan/bonding yang baik antara anak dengan orang tua.

Saat indera penglihatan bayi berkembang, ia akan belajar mengenai koordinasi mata dan tangan. Termasuk memegang dan meraih objek. Dengan dipijat oleh orang tuanya, maka bayi dan orang tua dapat saling bertatapan sambil orang tua mengajak berbicara atau tersenyum sembari memberikan stimulasi dengan sentuhan cinta dalam wujud pijat bayi. Saat bayi mulai bergerak, selain melatih keahlian mobilitasnya, juga akan ada banyak stimulasi multi sensori yang terjadi pada dirinya. Simulasi multi sensori tersebut menurut Murray (2012) akan bermanfaat bila terjadi secara bersamaan, terintegrasi, terkait satu sama lain.
Ibu-ibu yang hadir sangat antusias bertanya sama dokter. Jadi pertanyaan yang ada di benak saya udah pada ditanyain duluan. Terutama tentang mengatasi baby gede yang sudah nggak mau diem seperti Kai, hihi. Kuncinya emang di kesabaran kreatifitas yah. 

Selanjutnya Sentuhan Cinta dari Johnson's Baby akan terus melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama Tim Edukasi Profesional dari Johnson's untuk mendukung perkembangan bayi pada masa pertumbuhan optimalnya. Nah, kalau ada yang lagi nungguin event Sentuhan Cinta, bisa dicek aja info tentang campaign ini di laman Johnson's Baby berikut ya: Sentuhan Cinta. Atau bisa juga kepoin akun instagram resmi @JohnsonsBaby_id dan Facebooknya di @JohnsonsBabyIndonesia.
Dengan menggunakan produk Johnson's Baby, kita juga udah ikutan membantu para ibu dan bayi yang ada di daerah yang masih kurang mendapat fasilitas dan edukasi tentang stimulasi untuk perkembangan bayi yang optimal dengan sentuhan cinta. 

You Might Also Like

23 komentar

  1. Maaf saya malah salah fokus ke kemasan Johnson & Johnson yang baru, terlihat lebih sleek dan fresh, meski kurang aman untuk travelling ya.

    Kalo untuk pijet bayi, ini memang penting banget, selain buat kesehatan juga sekaligus bonding ibu dan bayi.

    ReplyDelete
  2. Saya jadi kangen saat anak-anak masih kecil. Seneng banget deh mereka dipijat. Saya juga senang karena bisa sambil becanda ma anak. Sekarang mah udah pada gede. Udah gak ada momen begini lagi hihihi

    ReplyDelete
  3. Ish ish ishhh gemaaaayyy banget kalo lihat acara bayi bayi gini.
    Jadi pengin punya bayi buat dipijit2 hihihi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. stimulasi multi sensori yang terjadi pada bayi ini ya yang membuat bayi merasa nyaman sekaligus merasakan sensasi panca indera mereka.

    Duh kangen uyel uyel bayiiii

    ReplyDelete
  5. beberapa bulan lalu di surabaya jg ada event serupa dan saya berkesempatan hadir. duh seru banget...bisa nambah banyak ilmu yak tentang cara mijat dan bonding dengan sang anak

    ReplyDelete
  6. sebenarnya saya penasaran nih, kapan pemakaian baby oil dan baby lotion saat pemijatan bayi... kasih bocoran dong mak :)

    ReplyDelete
  7. Memijat bayi memang mempererat bonding banget ya dengan ibu dan anak, bayi juga jadi nggak rewel dan tidurnya nyenyak

    ReplyDelete
  8. romantisme hubungan ibu dan anak terasa saat menyusui, dan saat memijat si kecil. di situ terasa sekali bonding makin mesra terjaga. jadi inget aku cukup rajin pijit darell sebelum mandi dan sebelum tidur, setiap hari waktu di bayi dulu

    ReplyDelete
  9. Ah pijat bayi memang moment yang istimewa indeed. Aku jadi inget waktu anak-anak kecil.. benar-benar saat istimewa

    ReplyDelete
  10. Pijat bayi memang banyak manfaatnya, tapi paling suka saat memijat si kecil bisa kontak mata yang intens rasanya bahagia selalu. Johnson memang paling tahu kebutuhan ibu.

    ReplyDelete
  11. Lucunya si dedek di pijat, tapi memang si baby bisa nyenyak tidurnya ya jika habis dipijat dengan benar

    ReplyDelete
  12. Problem kita sama mba, dulu sering pijat bayi setiao hari bisa 2-3 kali tapi saat udah gedean minta ampun susahnya mau memijat karena anaknya gerak terus. Hehehe. Jadi kuncinya hanya sabar dan kreatif ya. Oke lah.

    ReplyDelete
  13. Kiyuuuttnya bayi-bayi ini..
    Aku kangen sama wangi bayi. Biasanya memang kalau bayi rewel, susah tidur sampai susah BAB, andalannya yaa...dipijat.

    Alhamdulillah edukasi oleh Johnsons baby.
    Semoga tulisan ini bisa dibaca banyak Ibu yang memiliki anak usia batita.

    ReplyDelete
  14. Sentuhan dan pijatan bayi ini memang bermanfaat ya. Aku dulu cuma tahunya biar bayi nyenyak tidur dan banyak makannya. Padahal juga menambah bonding ibu dan anak ya.

    ReplyDelete
  15. Bonding dengan anak memang sangat penting ya bun untuk tumbuh kembangnya.. dari anak saya baby langganan pake johnson sampai sekarang sudah mau 3 thn 😍

    ReplyDelete
  16. Kalau udah merangkak, dipijat sulit bgt... Huhuhu
    Aku jadi ingat anakku dulu... Kalau habis mandi suka mijat2 meski cuma sebentar

    ReplyDelete
  17. Edukasi seperti yang dilakukan oleh Johnsons baby ini bermanfaat banget, terutama bagi new comer mommy, jd ada bekal ketika punya baby, bagaimana memberikan pijatan yg tepat, baik dan benar.

    ReplyDelete
  18. inget banget kalau saya dulu ngandelin vcd bonus dari paket produk johnson untuk mijat anak2 pas masih bayi. soalnya hidup jauh dari asal, nggak ngerti di mana tukang pijat yg terpercaya

    ReplyDelete
  19. Johnson ini merk yang udah dipercaya puluhan tahun dalam merawat kesehatan kulit bayi ya.
    Pijat bayi ini memang banyak manfaatnya. Selain memberikan stimulasi kepada buah hati, bonding pun jadi makin lekat antara ibu dengan bayi.

    ReplyDelete
  20. bonding ibu dan bayi itu gampang, ya. Tinggal pijat pakai baby oil Johnson's baby aja udah nyaman banget untuk si bayi. Bener lho setelah dipijat, bayi tidur lebih nyenyak.

    ReplyDelete
  21. Setuju sama kaka Nia, memijat anak-anak itu memang ngangenin koq. Aku rutin setiap mereka mau tidur.

    ReplyDelete
  22. Johnsons wanginya enak..khas bayi . Pijit bayi memperkuat bonding juga ya. Jd inget jaman anak2 masih baby

    ReplyDelete
  23. Seru banget ya acaranya, dapat ilmu yang manfaat seputar pijatan untuk bayi. Johnsons memang merek lama yang tetap dicinta ya mak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram