Mengenal Tartan

07:44

Pernah penasaran nggak sih tentang nama-nama beragam motif kotak-kotak yang sering kita lihat atau bahkan sering kita pakai. Apa bedanya tartan, plaid dan flanel? Jika belum tahu perbedaan dari ketiganya, simak terus postingan ini ya. :) 
 

Apa itu TARTAN?

Tartan merupakan motif pakaian yang berupa pola garis-garis vertikal dan horizontal yang saling bersilangan dalam aneka warna.  Tartan juga dikenal dengan istilah PLAID. Ciri utama dari motif ini adalah ukuran kotak-kotaknya yang cukup besar, menyerupai motif sarung.

Sejarah Tartan

Cerita mengenai asal muasal tartan cukup beragam, namun tartan yang kita kenal saat ini berasal dari Skotlandia. Pada abad ke-16, tartan merupakan pakaian nasional kenegaraan pria Skotlandia. Pada awalnya motif tartan memang hanya dikenakan pria Skotlandia pada acara tertentu sebagai kilt, yakni bagian dari pakaian yang menutupi tubuh bagian bawah, seperti rok. Kilt berupa kain yang melingkar di pinggang dan diikat dengan belt serta dilengkapi dengan sporran (tas kecil yang menggantung pada bagian depan). Meski dulunya tartan merupakan pakaian pria, sekarang justru banyak dikenakan oleh wanita. Selain kilt, pada waktu itu motif tartan juga digunakan untuk stocking dan sepatu yang unik.

Awalnya tartan bisa dipakai sesuai minat atau kesukaan tanpa preferensi khusus seperti halnya sekarang. Namun setelah abad ke-19, banyak pola yang dibuat berdasarkan klan, keluarga, dan institusi Skotlandia yag ingin "terlihat". Pada waktu itu pemakaian tartan dilengkapi dengan aksesoris. Motif dan aksesoris menunjukkan asal klan orang Skotlandia. Klan di Skotlandia sangat banyak jumlahnya, dengan demikian jenis-jenis motif tartan yang ada di sana juga sama banyaknya dengan jumlah klan. Klan Wallace memiliki ciri tartan dengan kotak-kotak yang berwarna merah hitam disertai garis kuning dan logo "Pro Libertate" (for liberty). Tartan memang identik dengan kebebasan/ liberty. Makanya Presiden Jokowi dulu memilih motif ini sebagai ciri khas pendukungnya pada saat kampanye. 

Selain motif tartan yang berbeda-beda sesuai dengan klan, pola tartan juga mencerminkan area regional tertentu. Bahkan pembedaan ini juga terjadi di Amerika Serikat, sehingga jika seseorang mengenakan motif tartan tertentu maka akan mudah diidentifikasi asal daerah orang tersebut. Sekarang motif tartan yang tidak terafiliasi dengan klan, institusi ataupun daerah tertentu, biasanya diciptakan untuk tujuan estetika saja.

Di Skotlandia, plaid biasanya digunakan untuk menyebut motif tartan pada perlengkapan rumah tangga seperti sarung bantal dan sprei. Sedangkan di US, motif tartan biasa disebut plaid.

Teknik Pembuatan Tartan

Tartan dibuat dengan tenun, benang yang terdiri dari warp dan weft yang kemudian digabungkan. Ketika benang di warp melintasi benang di weft yang berwana sama maka akan menghasilkan warna yang solid. Sedangkan ketika benang di warp melintasi benang di weft dengan warna yang berbeda maka akan menghasilkan campuran dari dua warna dan terciptalah motif tartan.

Perkembangan Tartan di dunia Fashion

Dulunya tartan terbuat dari material wol, sekarang berbagai bahan bisa digunakan dengan motif tartan. Setelah lepas dari citra pakaian nasional dan identitas klan. Tartan mulai menjadi trend fashion pada era Victorian. Di era grunge, tartan identik dengan bahan flanel serta jaket berat karena vokalis Band Nirvana selalu mengenakan tartan berbahan flanel ketika konser. Tartan menjadi trend fashion yang paling hits pada tahun 90-an. Beberapa tahun terakhir, tartan kembali muncul dan menjadi favorit dengan material yang relatif lebih ringan. Selanjutnya akan ada beberapa contekan fashion item motif tartan yang bisa kalian pilih nih.

Wear Tartan in Modest Fashion

Kenapa modest fashion? Karena saya berjilbab dan lebih suka mengenakan pakaian yang sopan. Meski saya belum bisa kaffah dalam berpakaian sebagai seorang muslimah, namun saya berusaha untuk berpakaian yang relatif longgar dan tetap chic. Mari kita intip beberapa inspirasi pakaian yang bermotif tartan.

Coat

Source
The Duchess of Cambridge ini memang sudah dikenal sebagai salah satu icon modest fashion. Kita bisa mengenakan coat serupa karena cukup sopan untuk dikenakan dengan hijab. Selain coat, tartan juga bisa kita pilih pada outer untuk mempermanis penampilan di musim hujan ini.

Palazzo/ Cullotes Pants

Saya sangat suka palazzo pants karena bisa menjadi substitusi rok, longgar dan nyaman dikenakan untuk aktifitas yang memerlukan banyak gerak. Jika kalian suka cullotes pants tartan, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri di penjahit langganan dengan membeli motif tartan favorit di toko kain terdekat. Saya membeli kain tartan motif ini di Cipadu. 

 Long Shirt

Kemeja tartan merupakan salah satu fashion item yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Bisa dikatakan hampir setiap orang pasti punya kemeja kotak-kotak. Pilih kemeja yang panjang hingga mendekati atas lutut jika kalian hendak memadukannya dengan skinny jeans seperti ini. Namun jika kamu cowok dan membaca post ini, tentu saja kalian bisa bebas memadukan kemeja tartan dengan bawahan celana panjang berbahan kain atau jeans.

 Long Vest

Long vest bisa menjadi solusi jika kalian kurang suka outer berlengan panjang yang terkesan berat. Lagipula long vest sedang sangat trend dan banyak dikenakan. Supaya long vest-mu tidak pasaran, pilih yang bermotif tartan, misalnya seperti Romanian Outer dari Saggnya ini.

 Long Skirt

Tartan Long Skirt. Source
Long Skirt merupakan pakaian teraman yang bisa dikenakan oleh hijabi. Long skirt mirip sekali dengan kilt yang pertama kali dikenakan oleh pria Skotlandia, bedanya hanya lebih panjang. Untuk memberikan kesan klasik atau vintage, rok tartan bisa dipadukan dengan kemeja polos yang berdetail ruffle.


Ternyata tartan bisa kita pakai dalam wujud yang beragam ya. Selain coat, kemeja, vest, celana cullotes dan rok, tartan bisa juga dipakai dalam wujud scarf lho. Pria maupun wanita bisa mengenakan scarf tartan di leher. Sedangkan hijabi bisa mengenakannya sebagai hijab atau turban. Nah, sudah punya tartan belum? Fashion item tartan apa yang menjadi favorit kalian? :D 



You Might Also Like

15 comments

  1. Duhhh itu Mba Kate cantik banget yaaa... #salahfokus
    Aku dulu sering bertanya kenapa pria skotlandia pakai rok bermotif tartan ini, ternyata ada ceritanya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, pakaian nasionalnya sono dan untuk identitas klan ternyata :D

      Delete
  2. Aku belom punya deh baju dengan motif plaid gini. Malah banyakan garis item putih hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin gingham tuh yg udah Lia punya :D

      Delete
  3. ya ampun ternyata tartan bisa jadi modest fashion
    baru tahu..
    suka gayanya nia..
    pantes banget :D
    makasih tipsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya ketinggalan tuh kmrn lupa bisa dijadikan dress juga. Hihi thankyou for your compliment Hana ;)

      Delete
  4. Uwuwu aku sebagai cowok paling suka sama kemeja flanel kotak-kotak heheh :D tapi buat tartan ._. aku baru denger sekarang mbak ._. mirip-mirip ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flanel bahan/material kainnya, klo motif kotak2nya besar namanya motif tartan atau plaid. Klo kotak2nya kecil namanya gingham. Haha iya mirip2 ya :D

      Delete
  5. Ini biasa yg di pake rok co2 skotland itu yaaa

    ReplyDelete
  6. Baru tahu soal Tartan ini loh sayanya.... :D selama ini pokoknya ya motif kotak aja. hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya MAs tadinya aku juga sama, gabisa bedain tartan sama gingham. Hehe.. Makanya aku bikin postingan ini :D

      Delete
  7. Very inspiratif for a designer like me.i like tartan too. Everytime i see a relief of it,i can make 10 models thats match with it. Thanksss

    ReplyDelete
  8. Very inspiratif for a designer like me.i like tartan too. Everytime i see a relief of it,i can make 10 models thats match with it. Thanksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou for stopping by and commented in my post. Glad to hear my post was visited by a designer. I agree that tartan is really easy to mix and match with many styles :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)