Berakhir Pekan di Kampung Sampireun Garut

15:02

Tak terasa hari Jumat sudah tiba dan besok weekend! Yeay! 
Sumber: blogspot.co.id
Untuk teman-teman yang sedang jenuh dengan kemacetan dan hiruk pikuk ibukota, bisa nih berakir pekan ke luar kota bersama keluarga atau orang tersayang. Garut bisa jadi pilihan menarik karena di sana belum terlalu ramai sehingga bebas macet. Di Garut ada tempat oke untuk staycation nih, namanya Kampung Sampireun. Tak hanya penginapan, di Kampung Sampireun ini ada juga ada danau buatan yang semua pengunjungnya boleh main perahu di situ. Selain itu ada restorannya yang terkenal enak dan tempat spa yang sudah tak usah diragukan lagi kredibilitasnya, yakni Taman Sari Royal Hertitage Spa. Meski fasilitasnya oke punya, tema yang diangkat oleh resort ini adalah suasana Kampung Sunda yang konsepnya dibuat dekat dengan alam. Mau tau detailnya seperti apa? Simak terus postingan ini ya.

Ketika baru tiba di Kampung Sampireun, pengunjung akan disambut oleh staf resort yang memakai pakaian khas Sunda. Selain itu pengunjung akan dimanjakan dengan makanan dan minuman ringan khas Sunda yakni bajigur dan rengginang. Hari gini makin susah ya nemu rengginang selain di desa. Sepertinya pengelola Kampung Sampireun ingin membuat kita benar-benar merasakan suasana pedesaan sejak pertama kali tiba di sana.

Bagi yang menginginkan privasi, bisa menyewa cottage yang ada di sekeliling danau. Untuk menuju cottage bisa dengan jalan darat maupun dengan naik perahu. Pengunjung bisa memilih salah satunya dan akan diantarkan oleh staf resort ini. Jika menginap di cottage yang ada di dekat danau akan diberikan satu perahu per cottage. Lumayan lho bisa main perahu di area danau seluas 1,4 hektar ini. Selain asik dayung mendayung, kita boleh memberi makan ikan yang ada di danau. Makanan ikannya bisa kita minta pada pihak resort Kampung Sampireun. Ada yang unik dari tiap kamar di Kampung Sampireun, semua kamar mandinya didesain terbuka sehingga terasa lebih dekat dengan alam. Meski begitu, privasi pengguna kamar mandi akan tetap terjaga tanpa perlu khawatir ada yang mengintip.
Sumber: Kampungsampireun.com
Di Kampung Sampireun hanya ada 22 bungalow, jadi jangan khawatir terlalu ramai atau berisik. Ada beberapa tipe cottage yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Ada Kalapalua Suite, cottage yang terdiri dari satu kamar tidur dengan teras. Cocok buat yang honeymoon nih. Ada Kurjati Suite, cottage dengan satu kamar tidur, ruang tengah dan teras. Selain itu ada juga Waluran Suite yang menyediakan dua kamar tidur dengan ruang tengah dan teras. Pilihan lain yang serupa dengan Waluran Suite adalah Cikuray Suite dan Papandayan Suite. Jangan khawatir bagi yang butuh tiga tempat tidur, ada Manglayang, yaitu tipe cottage dengan tiga kamar tidur, ruang tengah, dan teras.
Sumber: blogspot.com
Sumber: Varawedding.com
Cukup banyak ya pilihan jenis cottage-nya. Tapi jangan puas dulu, karena Kampung Sampireun punya fasilitas tambahan lain seperti kolam renang, warung kopi ala kampung, Bale Putri Amantie dan Seruling Bambu Restaurant. Di sini ada juga Meeting Room dengan design tradisonal yang sangat apik, yakni Kiara Payung yang bisa menampung 45 orang. Selain itu di dalam Kampung Sampireun juga terdapat Sanghyang Dayu Garden yang biasanya di sewakan sebagai tempat acara makan malam bersama rombongan, keluarga, ataupun pesta perayaan. Kayaknya cucok untuk acara lamaran, pertunangan atau malah private wedding party nih. 

Kalau sedang capek karena rutinitas, sesampainya di sini bisa langsung ke Taman Sari Royal Heritage Spa untuk menikmati pijatan dari ahlinya. Pegel-pegel dan lelah letih langsung ilang deh. Katanya sih Taman Sari Royal Heritage Spa yang di Kampung Sampireun ini sudah ada dari 2003 dan sudah cukup terknal di kalangan masyarakat sekitar. Bahkan peresmiannya waktu itu dihadiri Amelia Vega, Miss Universe 2003.

Bagi yang biasa menikmati kudapan snack pagi dan sore, bakal betah nih kayaknya di Kampung Sampireun. Setiap pagi tamu dapat mencicipi kue surabi manis yang masih hangat, diantar ke setiap cottage. Pas banget di pagi hari yang dingin dapat santapan hangat. Tiap sore tamu juga akan mendapatkan camilan berupa jajanan, gorengan atau keripik.
Sumber: blogspot.com
Tentang makan malam juga tak perlu khawatir, tersedia masakan Indonesia dan bahkan makanan Internasional. Santap malam yang akan didapatkan bukan hanya makanan utama tetapi juga appetizer dan aneka jenis minuman. Makin istimewanya makan malam di Kampung Sampireun tentunya suasana pedesaannya. Kapan lagi makan malam diiringi alunan suara kecapi dan seruling.  

Menarik banget kan ya relaksasi di Kampung Sampireun ini. Bagi yang sedang jenuh atau stress kayaknya bakal cocok nih menyepi di sini. Untuk sekadar bonding tanpa gadgdet dengan keluarga juga oke. Daripada staycation di hotel yang di kota melulu, sesekali back to nature gini kayaknya damai banget. Range tarifnya dari Rp 2.000.000 s.d. Rp 5.000.000, tapi kemarin saya intip di Traveloka ada yang di bawah sejuta juga kok. Selamat berburu penginapan ya untuk yang berminat liburan ke luar kota.
*sponsored post
Happy Weekend! :)

You Might Also Like

14 comments

  1. tempat ini emang cantiknya parah yaa

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah mau lihat tempat ini. Tapi kalau bukan tamu menginap, ternyata gak boleh masuk. Mungkin untuk menjaga privasi para tamu. Padahal saya penasaran hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mgkn supaya benar2 tenang suasananya kali ya Teh Myra. Coba nginep mgkn kapan2 ;)

      Delete
  3. nia jalan-jalan terus nih... btw thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Aie, sesekali aja kok jalannya Mba ;)

      Delete
  4. ajak aku dong kakak kalau kesini hehehe.. belum pernah nich, beberapa kali ngajakin teman buat sharing cost selalu tanggal nya nga cocok, sampai sekarang batal mulu dech hiksss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba Adel, kita planning dulu. Tapi kayaknya Mba Adel sibuk yah, hihi

      Delete
  5. Halo mba Niaa...
    Garut yaa...Jadi inget dulu ga sengaja manjat gunung guntur..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Mas Andhika. Wah seru ya kayaknya Gunung Guntur, aku belum pernah, baru pernah ke Gunung Papandayan aja. Mainstream banget ya :p

      Delete
  6. ya ampun cottagenya cantik banget :D
    makasih infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Hana, iya cakep banget yak :D

      Delete
  7. Sekarang di garut banyak banget penginapan setipe kampung sampireun ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi ngetrend resort yang tradisional gitu ya berarti. Pada suka suasana pedesaan kali ya :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)