My First Airbnb Experience at Froufrou House Bandung

19:50

Assalamualaikum,
Ada yang suka nge-Bandung seperti saya? Banyak pilihan penginapan ya di Bandung. Selain hotel dan hostel, kini ada airbnb. Belum tahu airbnb itu apa? Jadi airbnb ini semacam perpaduan antara hotel dan couchsurfing. Kita tinggal di rumah/apartemen/propertinya si penyedia jasa airbnb. Layanan yang kita dapatkan adalah kamar (bed) dan sarapan (breakfast). Beda pengalaman menginap di airbnb dibandingkan di hotel tuh airbnb lebih homey kalau menurut saya. Selain itu biasanya lebih murah dari rate hotel tapi lebih nyaman dibanding hostel.
Ketika saya dan teman saya memutuskan untuk menginap di Bandung, teman saya mengusulkan untuk memilih menginap di airbnb karena dia nanti akan tinggal di Eropa mulai Agustus. Di Eropa airbnb sedang sangat trend. Sebelum nyobain airbnb di sana, teman saya mengajak saya untuk mencoba airbnb di Indonesia dulu. Saya langsung setuju karena penasaran pengen merasakan pengalaman menginap di airbnb. Kami memilih rumah yang designya paling cantik di Bandung meski lokasinya agak jauh dari pusat kota. Sejak nemu Froufrou dan mengintip foto-foto rumah ini, kami gagal move on dan merasa yang lainnya kurang menarik.

Pemilik Froufrou adalah Mba Wida dan Mas Pandu. Mereka baik dan menyenangkan. Ketika saya lupa belum menghubungi mereka di hari H, saya di-whatsapp Mas Pandu sekitar jam 10 pagi menanyakan nanti saya sampai jam berapa. Karena kami jalan-jalan dulu, kira-kira akan sampai Frouforu sekitar jam 8 malam. Mereka oke-oke aja meski kami sampainya malam. 

Kami tiba di sana beneran pukul 8 malam, saat itu hujan deras sekali. Untunglah lokasi yang digambarkan Froufrou di website airbnb sesuai kenyataan, jadi kami tak kesulitan menemukan Froufrou meski lokasinya di dalam komplek perumahan. Saat itu Mba Wida dan Mas Pandu sedang keluar namun kami tak kesulitan untuk masuk rumahnya untuk segera bersih-bersih. Begitu masuk, kami makin naksir sama design interior rumahnya yang cantik banget sesuai dengan foto yang dipajang di laman airbnb Froufrou. Meski tadi sedih banget kena hujan deres di malam hari pas naik motor, kami langsung happy begitu masuk kamar. Gimana nggak happy lihat penataan kamar yang lucu banget dan kamar mandinya yang luas. Fasilitas kamar mandinya lengkap banget, cuma memang tidak disediakan handuk. Tapi sayangnya saya lupa bawa kamera, jadi maaf ya foto-fotonya sedanya pakai hp. Foto di laman Froufrou pada website airbnb jauh lebih bagus dan lebih detail dari postingan ini. Link nya sudah saya cantumkan di awal paragraf ini ya.
Malam itu kami tidur dengan nyenyak. Meski tanpa AC, udara di sini sejuk. Pagi di Froufrou juga damai banget. Lingkungannya tenang. Kami sarapan dengan roti bakar dan teh hangat buatan sendiri. Roti, teh dan segala perlengkapan untuk membuatnya sudah disediakan Mba Wida. Beberapa saat kemudian Mba Wida muncul dan kami ngobrol-ngobrol. Sayang sekali kami harus berpamitan pada pukul 10:00. Ingin rasanya berlama-lama di Froufrou yang sangat cozy. Jarang-jarang kan ada kesempatan menginap di rumah orang lain yang tidak kita kenal, tapi kita dapat fasilitas lengkap dan bisa menikmati keunikan design rumahnya. Jadi bisa dapat ide untuk menata kamar atau rumah sendiri deh.
Dari pengalaman menginap di airbnb gini ternyata bermanfaat untuk mengusir kebosanan saya pada rutinitas sehari-hari. Seperti melihat dunia yang berbeda. Seolah baru pergi ke tempat yang sama sekali asing. Padahal ya cuma keluar kota doang seperti saya yang cuma ke Bandung. 

Jangan khawatir tentang keamanan airbnb. Pemilik rumah boleh lho menolak tamu yang mereka rasa kurang cocok atau mencurigakan. Termasuk kita juga bisa tertolak. Selesai menginap biasanya pengunjungnya kan yang menulis review? Di airbnb beda. Selain pengunjung, penerima tamu juga wajib menuliskan review untuk tamunya. Jadi baik pengunjung maupun penyedia jasa airbnb akan punya track record history yang bisa dilihat.

Nah, untuk yang mau mencoba menginap di airbnb, bisa coba download aplikasi airbnb di hp kalian. Baik sebagai tuan rumah maupun tamu, akan ada promo kredit di akun airbnb kalian sebesar 250ribu rupiah. Tapi daftar akun airbnb-nya pakai akun saya di link berikut www.airbnb.co.id/c/nias27. This isn't sponsored post, just a satisfied customer. ;)

Refrensi pilihan tempat menginap di Bandung Lainnya:
Hotel Amaris Cihampelas, Pilihan Menginap di Pusat Kota Bandung. 

You Might Also Like

16 comments

  1. niaa (teriak kegirangan) makasi referensinya, kece banget tempatnya *lgsg masukin list

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Ai, jangan lupa pake link aku ya biar dapat potongan harga ;)

      Delete
  2. Wahhh..pengen banget cobain Airbnb, kok aku ngerasa lebih aman ya dibanding couchsurfing. "baik pengunjung maupun penyedia jasa airbnb akan punya track record history yang bisa dilihat." mungkin karena ini ya? Kebetulan si bapak di rumah punya ide untuk jadi host airbnb di Jakarta..kayaknya asik ya ^^. Interiornya kece bener, susah tuh cari hotel se unyu itu. Seninya travelling memang kenal orang baru ya,seru!

    Visit my blog:
    giraffesjournal,blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Asti makasih ya sudah mampir. Aku pun pengen jd penyedia jasa airbnb nih kalaua da rumah di Jakarta. haha. Oiya jangan lupa nanti Bapaknya kalau bikin akun airbnb pakai kode referral link yang aku kasih itu ya. Rumahnya dibikin unik aja biar ada daya tarik lebihnya Mba. Iya serunya ketemu orang baru :D

      Delete
  3. Lucu banget rumah nya, itu kasur nya di taruh diatas kayu2 bekas packing yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rumahnya lucu bingiits. Nah itu gatau apa kayu bekas packing atau dibikin unfinished gitu, jadinya lucuuk.

      Delete
  4. DI Cikarang aku punya kamar baru, sampe sekarang gak semangat banget utk desain interiornya (*kebanyakan pindah2 rumah), tp liat foto di sini bikin semangat lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg Mba tiap tahun pindah. kamar gitu2 aje. Mikirnya benatran juga aku pindah lagi. Hahahha. Ayo semangat percantik kamar :D

      Delete
  5. Huah...baru tau ada beginian, kalau ke bandung mainstream nginep di emak, uwak atau hotel deket rumah hahaha. Boleh lah sesekali coba beginian, suka banget liat design nya tapi ya gitu, cuma suka doang hampir nggak pernah diaplikasiin....males dekor :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ente pan rumahnya pindah2 Buuuk mirip sama sayaa :p

      Delete
  6. woooow aku baru tau airbnb juga froufrou. Kok namanya gemas yah? *salahfukus* bacanya gimana sih ni yg bener si airbnb? Ih rumahnya ketje yah, kewl!
    aku masukin list aku yah buat nginep2 syantik sama gengges kalo ke bandung. Btw ada max-nya-kah se kamarnya berapa orang Ni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Airbnb bacanya pake English Neng Ifaa. Iya rumahnya cakep yak. Ini maksimal 3 orang aja :D

      Delete
  7. Mba, airbnb ini apaan sih..apa mirip Uber gitu ya, cuman ini untuk penginapan/hotel..hihihi, maklum masih agak kuper..salam kenal Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sejenis itu, memanfaatkan kamar berlebih di rumah untuk disewakan. Kayak uber memanfaatkan mobil yang sekalian jalan juga buat dpt tambahan penghasilan. Salam kenal juga Mas Ari :D

      Delete
  8. Belum pernah yang begini, menarik juga sepertinya.. (jadi pingin coba) :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)