Online Shopping di Bulan Ramadhan Menyelamatkan Saya dari 5 Hal Ini

14:21

Assalamualaikum.
Di penghujung ramadhan gini pasti banyak yang kepikiran tentang belanja baju baru ya. Apalagi iklan-iklan diskon online shopping bertebaran di mana-mana. Meski lebaran tak melulu harus berbaju baru, tapi kalau koleksi pakaian di lemari sudah terasa buluk atau sudah tak sesuai gaya berpakaian kita lagi, gimana dong? Itu sih artinya koleksi pakaian kita butuh penyegaran. Sekalian kita bisa menyumbangkkan pakaian yang masih bagus tapi tak terpakai sebelum belanja baju baru yang sesuai kebutuhan.
Belanja di bulan ramadhan itu perlu usaha ekstra. Sedang puasa gini gampang lemas dan khawatir kehausan kalau kebanyakan jalan. Kebetulan saya bukan tipikal orang yang suka meluangkan waktu untuk berkeliling area perbelanjaan hanya untuk mencari baju bagus yang sesuai selera dan budget. Makanya saya lebih suka online shopping aja kalau butuh baju di bulan ramadhan. Di post ini saya mau sharing tentang 5 kemudahan yang saya alami berkaitan dengan belanja online di bulan ramadhan.

Lebih Fokus Ibadah

Di akhir ramadhan, sayang banget kalau waktunya dihabiskan di mall dan pusat perbelanjaan lainnya. Penghujung ramadhan itu musti dipol-polin tadarus yang masih ketinggalan dan ibadah sunah lainnya yang rasanya masih minim saya laksanakan. 

Online shopping menjadi penyelamat saya supaya lebih fokus ibadah di malam hari. Membuat saya bebas dari guilty feeling mikirin belum tarawih dan tadarus saat belanja dan sibuk keliling pusat perbelanjaan atau event-event bazar. Tapi jangan kebablasan juga ya online shoppingnya. Kalau saya suka online shopping sehabis tarawih aja.

Bebas Capek

Rasa capek yang bisa muncul dari online shopping mungkin tangan pegel dikit karena terlalu banyak pegang mouse. Mata juga bisa lelah sih kalau terlalu banyak membandingkan warna warni dan berbagai model pakaian karena diskon-diskon yang menggiurkan di sana sini. 

Sedangkan jika belanja langsung capeknya banyak. Pertama capek saat persiapan keluar: dandan, pilih baju, dan menyiapkan kendaraan. Kemudian harus menghadapi kemacetan karena semua orang sepertinya suka berbuka bersama di mall, jadi jalanan ke beberapa mall hampir selalu macet di sore hari. Belum lagi keliling ke sana kemari saat mencari barang yang kita mau. Kaki gempor, rasa lapar, haus, dan lelah bisa bikin kita asal-asalan memilih barang yang mungkin sebenarnya tidak kita butuhkan.

Rugi dong kalau beli barang yang sebenarnya tidak sesuai dengan yang kita mau? Makanya saya lebih pilih online shopping karena bebas capek dan kalau sudah lihat-lihat tapi belum ada yang cocok ya tinggal lihat-lihat lagi nanti ketika punya waktu senggang. Cukup dengan duduk manis di rumah atau kantor aja.

Lebih Irit


Irit karena online shopping tidak membutuhkan biaya transportasi, biaya parkir dan tidak membuat kita makan di luar. Biaya perolehan yang akan kita keluarkan jika berbelanja dengan online shopping hanyalah kuota internet.

Puas Komparasi Harga


Sebagai perempuan yang tak suka membandingkan harga dari satu toko dengan toko lainnya dengan alasan nggak mau capek, saya lebih memilih online shopping karena kalau online shopping saya bisa dengan mudah membandingkan harga dan diskon pakaian yang ada di berbagai website e-commerse. Tiada lagi penyesalan karena mendapatkan barang lebih mahal dari toko sebelah. Psst, biasanya harga pakaian di Hijabenka oke banget lho.

Penyelamat Para Perempuan di Kota Kecil

Saya berasal dari kota kecil di Jawa Tengah yakni Purworejo. Di masa sekolah dulu, saya sering kesulitan mendapatkan pakaian lebaran yang saya inginkan. Dulu pernah berburu pakaian lebaran sampai ke Jogja sama teman-teman. Puasa-puasa dibela-belain jauh-jauh ke Jogja demi nyari baju lebaran doang. Repot banget ya.

Dua tahun lalu saya pernah ditugaskan di Bukittinggi selama beberapa bulan. Kebetulan penugasan itu pas ada bulan ramadhan dan libur lebarannya. Tahu sendiri kalau pekerja kantoran cuti bersamanya selalu mepet lebaran. Mau cuti buat nyari baju doang rasanya kok sayang banget. Jadilah sempat bingung nanti pulang kampung kalau sholat Ied mau pakai baju apa. Untungnya saat itu sudah ada beberapa e-commerse pakaian muslim seperti Hijabenka, jadi saya tingga pilih pakaian yang saya suka. Biasanya saya lebih suka maxi dress atau gamis gitu untuk dipakai Sholat Ied.
Anak muda sekarang yang tinggal di kota kecil seperti saya, kayaknya nggak perlu lagi mengalami hal serupa. Tinggal berkunjung ke salah satu website online shopping yang ia suka via smartphone atau laptop, klik ini itu terus bayar. Pakaian yang diinginkan sampai deh di rumah. Nggak ada lagi kerepotan nyari baju lebaran ke luar kota segala.

Nah, itulah 5 pengalaman bagaimana online shopping memudahkan saya di bulan ramadhan. Teman-teman punya alasan lainnya atau punya preferensi belanja lain terkait belanja di bulan ramadhan? Ditunggu komentarnya ya.

Post ini diikutsertakan dalam Blog Competition HIJABENKA X IHB


*Semua gambar diambil dari google.images

Nantikan post tentang fashion dan journey di nianastiti.com lainnya ya. :)

You Might Also Like

18 comments

  1. Wah, poin tentang penyelamat para wanita di kota kecil... Itu bagus banget Nia!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihi maaciw Mba Tiaaa, kujadi senaang :D

      Delete
  2. Bebas capek! Setujuuu
    Apalagi kalo belanjanya di mall atau pusat grosir bisa thawaf berapa kali baru ketemu baju yg cocok, tapi udah capek duluan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Indah, akhirnya milih asal2an kalau udah capek ya, huhu

      Delete
  3. Setuju...kalo belanja offline lebih banyak capeknya daripada belanja online. :)

    ReplyDelete
  4. I love diskonnya, hihihi. Aku mah makanan buat buka aja pake belanja online, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Online shopping bener2 memudahkan hidup ya Mba Lisna :D

      Delete
  5. lebih fokus ibadah ya? hohoo kayaknya gak berlaku deh di akyu, soalnya tetep nyambangi mall meski udah dpt belanjaan dari online. parah emang,hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku males belanja Put, ke mall palingan cuma bukber ;D

      Delete
  6. Tapi ke mall itu seru lho, bisa cuci mata biar manjah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lebih suka cuci mata manja pas travelling, ye kan Mas enakan pas travelling? *uhhuk :p

      Delete
  7. Kalo belanja offline ujung-ujungnya beli pilihan awal yah sist? :p
    cuma ya itu kekurangan belanja online kadang suka fotonya baguuus banget tapi pas dateng B aja hehehehe. Cuma keknya kalo Hijabenka udah trusted banget yah sist? ;)

    Oke deh jeung Nia selamat berbelanja biar makin ketje :p

    Sama satu lagi sih menurutku kelebihannya adalah nggak PHP. Soalnya jelas ketersedian barangnya stocknya available apa nggak hehe. kadang udah naksir berat sama satu outer, eh nggak ada stok barunya cuma yg dipajang aja ;"")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Siap sist Ifa, makasi suda mampir yaa ;D

      Delete
  8. Aku kadang beli online, kadang ke mall.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balance gitu ya Mba, sesuai kebutuhan :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)