Pengalaman Susahnya Mencari Hotel Murah Saat Peak Season

20:04

Seringkali saya cuma bisa tersenyum simpul saat membaca artikel mengenai tips mencari hotel murah jika isinya menganjurkan untuk berlibur pada saat low season. Bagi pekerja kantoran seperti saya dengan jatah cuti tahunan 12 hari dikurangi cuti bersama, tentu hal itu agak mustahil. Mau tak mau saya harus memanfaatkan long weekend atau libur cuti bersama yang sudah pasti merupakan musim liburan alias high season atau peak season pemesanan hotel untuk berlibur.


Meskipun saya kadang-kadang bepergian sendirian, saya sudah pernah mengalami kesulitan mendapatkan hotel karena mengandalkan pemesanan langsung/direct booking ke hotel langganan di kota tujuan. Namun Bulan Agustus lalu, saya sempat mengalami kesulitan mencari hotel gara-gara kebiasaan ini. Semua hotel di Medan pada tanggal kunjungan saya ke sana penuh karena ada acara beberapa instansi pemerintah dan kantor-kantor swasta yang kebetulan serempak di waktu yang sama. Terpaksa saya menginap di condominium dengan bantuan kenalan saya. Mau tidak mau saya harus menguras rekening. Rasanya? Getir Kakaaak.
Senyum ceria sekeluarga ini tak akan terwujud jika ada drama kehabisan hotel. (Sumber Gambar : duniamisskhallisa.com)
Ngga kebayang deh kalau yang mengalami kejadian seperti saya tadi adalah keluarga kecil dengan dua anak yang masih belia. Pasti panik bukan kepalang. Apalagi jika semua anggota keluarga sudah lelah. Jangan sampai anak-anak jadi cranky dan semua menjadi melelahkan padahal niatnya liburan mau senang-senang.
Pada saat musim liburan tiba, pasti harga tiket pesawat dan hotel akan naik antara 30% hingga 50%. Walaupun pada saat itu harganya naik, akan sangat sulit menemukan hotel yang kosong. Selain pengalaman di Medan tadi, saya pernah mengalami kesulitan mencari hotel juga di Padang pada bulan yang sama. Benar-benar tidak belajar dari pengalaman ya. Hehe. Lagi-lagi saya harus menganggarkan dana lebih untuk membayar hotel karena saya terlalu mengandalkan direct booking untuk memesan hotel. Sebagian besar hotel yang saya harapkan kosong, ternyata sudah full booked.
Saya bukan orang yang suka menginap di hotel mahal demi fasilitas wah. Kamar yang saya pesan setiap kali menginap di hotel pasti kelas standard atau maksimal kelas deluxe room. Kedua tipe kamar tersebut tentu saja merupakan kamar yang paling cepat penuh dan paling banyak diminati pada saat musim liburan. 

Boleh dikatakan persaingan mendapatkan kamar standard dan deluxe ini cukup ketat.Orang-orang cenderung memilih kelas kamar standard atau deluxe pasti dengan alasan yang sama dengan preferensi saya, yakni karena harganya yang murah. Selain itu, banyak orang yang cenderung tidak terlalu mempedulikan fasilitas atau ukuran luasan kamar, faktor hargalah yang menjadi perhatian utama. 

Booking Hotel dengan Online Travel Agent

Booking kamar hotel via apps (Sumber Gambar :.scmp.com)
Setelah dua kali mengalami pengalaman pahit berliku tentang sulitnya mendapatkan kamar hotel, akhirnya saya memutuskan untuk meninggalkan kebiasaan mencari kamar dengan langsung ke hotel. Padahal awalnya saya suka direct booking karena saya pikir akan mendapatkan penawaran harga kamar yang lebih murah.

Setelah saya banding-bandingkan, booking hotel melalui Online Travel Agent  (OTA) ternyata tidak jauh berbeda harganya dibandingkan dengan melakukan pemesanan dengan datang langsung ke hotel. Bahkan tidak jarang OTA memberikan diskon atau voucher. Jadi selain lebih praktis, booking kamar hotel melalui agen travel online juga bisa jadi lebih murah.

Keuntungan Pesan Hotel di Agen Travel Online

Dengan memesan kamar melalui agen travel online maka saya bisa pesan kamar jauh-jauh hari tanpa khawatir catatan booking saya dilupakan atau ter-skip oleh petugas. Saya pernah apes belum tercatat bookingnya padahal sudah pesan kamar dengan telpon langsung ke hotelnya. 

Selain itu saya bisa memilih tanggal menginap di musim liburan berbulan-bulan mendatang. Jadi bebas dari rasa cemas karena khawatir nggak kebagian kamar hotel terjangkau saat peak season liburan deh. Apalagi kalau pemesanannya sudah bisa langsung dibayar. Jadi kita punya bukti valid ketika hendak check in ke hotel yang dituju. Kalau pemesanannya baru DP atau bayar langsung ketika sudah sampai, khawatirya kamar tersebut akan diambil oleh orang lain yang datang duluan. 
Senyum bahagia hari ke-2 di Medan, dapat hotel murah tapi bagus dari salah satu agen travel online :D
Satu lagi manfaat booking online yang paling saya suka: kita bisa memilih beberapa hotel sekaligus dan melihat langsung harga yang ditawarkan, baik melalui aplikasi maupun melalui website yang dimiliki oleh agen online. Hanya dengan memilih tujuan wisata dan memilih kriteria hotel, kita akan mendapatkan beberapa informasi hotel yang sesuai dengan yang kita cari. Metode ini sangat membantu dan sangat memuaskan bagi pemburu hotel murah tapi ingin yang kualitasnya bagus seperti saya.

Pesan Hotel Jauh-Jauh Hari ke Destinasi Ini

Menurut pengalaman saya, beberapa tujuan liburan yang mengharuskan kita memesan hotel jauh-jauh sebelumnya antara lain: Bali, Bandung, Bogor (puncak), Lombok, Kota Wisata Batu dan Malang. Ini merupakan tujuan wisata yang paling banyak diminati karena banyak objek wisata di kota-kota tersebut.
Keindahan Bali selalu memanggil kita untuk kemBali :D
Kalau di Bali, kita tidak hanya bersaing dengan wisatawan lokal melainkan juga dengan wisatawan mancanegara. Begitu juga di Lombok dan Puncak. Berbeda halnya dengan di Batu dan Malang yang kebanyakan wisatawannya adalah wisatawan lokal yang ingin menikmati berbagai obyek wisata terpadu seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, BNS, Batu Secret Zoo, Museum Angkut, dan lain-lain.

Semoga pengalaman saya dalam memilih dan memesan hotel bisa membantu teman-teman yang satu tipe dengan saya, suka cari hotel-hotel murah namun dengan nilai review terbaik atau bagi keluarga yang menginginkan kamar murah pada saat high season atau peak season.

You Might Also Like

23 comments

  1. pengennnn juga jalan2 terus hahahah :D
    ke Makassar sini aku guide :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum berkesempatan ke sana nih Mba, smg ada rezeki dinas ke sana ya. Amiiin :)

      Delete
  2. emang susah banget ya nyari hotel murah saat peak season..

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya Nia. Cocok buat yang seneng berpergian nih;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia, mayan dimudahkan ya dgn booking online :)

      Delete
  4. hotel mahal saat peak season itu menguras kantong ya... hehehe aku mending menguras bak mandi aja kalo gitu... nice info nia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, tapi aku juga malas menguras bak mandi, gmn dong :p

      Delete
  5. Great tips dear... thank you for sharing!
    http://sepatuholig.blogspot.com
    Instagram @grace_njio

    ReplyDelete
  6. hi Niaaa... setuju sama topik blog nyaaa... yang paling enak sih booking hotel online nya gratis karena menang giveaway.. hahaha barangkali ogeng Blogger Horrey next giveaway nya mau bagi2 voucher nginep di hotel ? ;p *ngarep* :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doain murah rejeki Mba biar bisa bikin giveaway itu, haha :D

      Delete
  7. Wuah Nia... Aku selalu suka kalo kamu share ttg traveling 😍😍😍😍 pankapan jalan2 bareng ya kakaniaaaa

    ReplyDelete
  8. Wuah Nia... Aku selalu suka kalo kamu share ttg traveling 😍😍😍😍 pankapan jalan2 bareng ya kakaniaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bulan depan ya insya Allah :D

      Delete
  9. pengen travelling lagi ahh, selama ini "travelling" aku adalah klo dinas dari kantor, hahaha miris bener, jalan2 ke daerah2 baru tapi isinya bawa kerjaan *curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Anin, aku jg skrg seringnya dinas nih jalan2nya. Aku sih gapapa biar hemat tiket pesawat, extend bayar hotel sendiri doang jadinya :p *ups

      Delete
  10. Aku pernah nyobain nyari hotel waktu peak season, emang tetep lebih murah si online travel dibanding travel konfensional atau langsung pesen di hotelnya sendiri. Tapi tentunya lbh murah lagi kalau pesen jauh2 hari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba, kalau jauh2 hari semua mua masih oke harganya. But, I'm quite bad at planning :p

      Delete
  11. Aduh foto balinya super mupengg deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal Mba Witha baru dari Bali ya? Udah mupeng pun. Aku yg udah setahun lebih jd pengen balik ke sana :D

      Delete
  12. Kumau travelling lagi. Ke tempat kece bukan ke proyek bangunan. *derita aku ini mah yak,hahaha.* Aku hampir ga pernah go show aka dtg langsung OTA idolaku di musim apapun,hahaha.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)